Image

9 Jenis Metode Pembayaran Online Paling Diminati

Transaksi pembayaran online memang semakin marak di era digital ini. Selain mudah dan praktis, online payment juga relatif aman sehingga tidak mengherankan apabila lebih diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi, ada cukup banyak jenis metode online payment yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Perkembangan teknologi memiliki peran besar dalam meningkatnya popularitas online payment. Bagi pelaku bisnis berbasis online, selain menggunakan berbagai aplikasi bisnis online shop untuk menunjang operasional bisnis online Anda, menawarkan opsi metode pembayaran digital juga sangat penting. Sebab hal tersebut merupakan cara paling mudah untuk melakukan transaksi jual beli.

pembayaran online dengan mesin EDC

Jenis Jenis Pembayaran Online Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Terdapat beberapa jenis metode online payment paling aman dan nyaman yang umum digunakan di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Transfer Bank

Online payment pertama yang paling sering digunakan adalah transfer bank. Terlebih lagi, metode ini dapat diterapkan dengan banyak cara. Mulai dari yang paling manual dengan memanfaatkan mesin ATM, atau internet banking dan mobile banking hanya dengan bermodalkan perangkat smartphone.

Pada dasarnya, transfer bank merupakan metode lama yang masih diminati hingga saat ini. Bukan tanpa alasan, mengingat cara ini juga praktis, aman, dan tentunya mudah untuk dilakukan.

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan online payment dengan via transfer bank:

Kelebihan Metode Pembayaran Transfer Bank

  • Paling banyak diterapkan di platform jual beli online, seperti e-commerce.
  • Dapat dilakukan oleh semua orang, bahkan meskipun tidak memiliki akun bank.
  • Tersedia berbagai opsi transfer, mulai dari melalui mesin ATM atau sms banking dan i-banking.

Kekurangan Metode Pembayaran Transfer Bank

  • Proses transfer cukup panjang dan membutuhkan ketelitian.
  • Baik pihak pembeli maupun penjual harus jujur memberikan konfirmasi.
  • Seringkali terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak (seller dan customer).
  • Membutuhkan biaya administrasi tambahan untuk transfer ke bank lain.

Baca Juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Prinsip, Komponen dan Contoh

2. E-wallet

Metode pembayaran melalui e-wallet atau dompet digital tentu sudah sangat familiar bagi para pelaku bisnis maupun jual beli online. Bahkan, pada beberapa platform e-commerce dan toko offline juga telah tersedia sistem pembayaran melalui dompet digital sebagai salah satu sarana transaksi.

Meskipun begitu, online payment via e-wallet masih memiliki beberapa keterbatasan, terutama karena hanya dapat dilakukan pada merchant tertentu yang sudah bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia dompet digital. Akan tetapi, tampaknya e-wallet memiliki prospek cerah.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan bertransaksi dengan dompet digital:

Kelebihan Metode Pembayaran E-wallet

  • Transaksi payment menjadi lebih cepat karena pengguna hanya perlu melakukan pemindaian barcode untuk melakukan pembayaran.
  • Meminimalisir peredaran uang palsu karena teknologi keamanan pada dompet digital sulit untuk ditembus.

Kekurangan Metode Pembayaran E-wallet

  • Biaya administrasi untuk setiap transaksi akan dibebankan pada pengguna.
  • Merchant yang menerima pembayaran dengan dompet digital masih terbatas.
  • Berpotensi meningkatkan gaya hidup konsumtif.

3. Kartu Kredit

Online payment menggunakan kartu kredit bisa dikatakan aman, sebab penerbit credit card telah membekalinya dengan proteksi ekstra, seperti Fraud Guard, On-Us Routing, dan Dynamics 3DS. Selain itu, kartu kredit juga dapat digunakan bertransaksi, baik di dalam atau luar negeri.

Di era modern ini, hampir semua toko online dan offline yang menjadikan kartu kredit sebagai salah satu opsi pembayaran secara mudah. Sehingga tidak mengherankan apabila saat ini, kartu kredit seolah sudah menjadi kebutuhan, khususnya bagi para milenial.

Apa saja kelebihan dan kekurangan penggunaan kartu kredit? Berikut jawabannya:

Kelebihan Metode Pembayaran Kartu Kredit

  • Memungkinkan pengguna untuk membeli maupun membayar sesuatu secara mencicil.
  • Beberapa penerbit kartu kredit memberikan reward dalam bentuk poin setiap selesai bertransaksi.
  • Keamanan terjamin.
  • Bisa dijadikan sarana dalam membangun track record.

Kekurangan Metode Pembayaran Kartu Kredit

  • Banyak biaya tambahan, seperti persentase bunga tahunan.
  • Skor kredit menjadi penentu apakah pengajuan pinjaman diterima.
  • Berpotensi membuat pengguna ketagihan berhutang.

4. Rekening Bersama / Rekber

Transaksi menggunakan rekening bersama memang dinilai lebih aman oleh banyak pihak. Sebab tujuan penggunaan metode online payment ini adalah untuk melindungi pihak penjual dan pembeli. Rekber semakin marak digunakan seiring dengan maraknya transaksi jual beli online.

Cara kerja rekening bersama adalah dengan melibatkan pihak ketiga yang bertugas menahan dana transaksi hingga kegiatan jual beli selesai dilakukan. Dengan kata lain, pembeli telah menerima barang pesanan secara utuh. Setelah pembeli konfirmasi, barulah dana diteruskan ke penjual. Kenali apa saja kelebihan serta kekurangan Rekber.

Kelebihan Menggunakan Rekening Bersama

  • Tingkat keamanan tinggi.
  • Melayani pembayaran beda bank.
  • Sudah diterapkan di berbagai forum jual beli online.

Kekurangan Menggunakan Rekening Bersama

  • Membutuhkan proses transaksi lebih lama.
  • Penyedia rekening bersama masih terbatas.

5. PayPal

Bagi yang sering belanja online di platform marketplace global atau bekerja untuk klien dari negara lain, tentu sudah sangat familiar dengan istilah PayPal, bukan? PayPal merupakan rekening virtual yang mendukung layanan jasa transfer serta transaksi online payment.

Sarana pembayaran digital populer ini memungkinkan pengguna membuat akun pada platform PayPal yang terhubung ke rekening giro atau kartu kredit pelanggan. Salah satu keunggulan PayPal adalah karena mempunyai jaringan kuat dan melayani transaksi keuangan dalam lingkup global.

Dengan kata lain, pemilik akun PayPal dapat melakukan belanja online luar negeri atau transaksi lintas negara. Selain itu, layanan pembayaran digital ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan cukup baik, sehingga wajar apabila dijadikan pilihan transaksi online oleh banyak pihak.

Kelebihan PayPal

  • Telah digunakan oleh lebih dari 100 negara di berbagai penjuru dunia.
  • Sistem keamanan tinggi.
  • Praktis dan hemat waktu.
  • Tersedia banyak opsi sumber pendanaan.
  • Perlindungan konsumen.
  • Tarif bulanan atau biaya administrasi gratis.
  • Transaksi global lebih mudah.

Kekurangan PayPal

  • Rawan peretasan karena berbasis digital.
  • Akses terbatas.
  • Regulasi ketat, sehingga pengguna perlu membaca ketentuan yang diberlakukan secara teliti.
  • Akses akan diblokir jika IP Address berbeda.

6. Kredit Tanpa Kartu

Istilah kredit tanpa kartu juga dikenal dengan sebutan PayLater. Dengan kata lain, beli sekarang bayar kemudian. Jadi, pengguna layanan digital ini dapat melakukan transaksi atau belanja online secara mencicil (kredit). Transaksi akan diproses setelah pengguna melakukan verifikasi.

Secara umum, kredit tanpa kartu lebih mudah dan praktis dibandingkan transaksi dengan credit card. Pengguna hanya perlu memasukkan PIN sesuai yang sudah didaftarkan pada aplikasi. Di era digital sekarang, cicilan tanpa kartu kredit bisa menjadi cara memenuhi kebutuhan finansial saat darurat.

Jadi, apabila pengguna membutuhkan sebuah produk tertentu tapi kebetulan tidak memiliki anggaran cukup untuk membelinya, maka bisa memilih transaksi dengan kredit tanpa kartu. Akan tetapi, nominal yang dapat digunakan umumnya tidak begitu besar.

7. Ritel Tunai

Metode online payment selanjutnya adalah ritel tunai. Istilah ini merujuk pada pembayaran yang dilakukan menggunakan uang tunai (cash) di toko ritel, seperti minimarket dan supermarket. Namun, toko ritel juga biasanya menerima pembayaran non tunai dengan kartu dan e-wallet.

Kelebihan Pembayaran Ritel Tunai

Transaksi lebih cepat dan praktis.
Bebas masalah mengenai uang kembalian.
Belanja tidak perlu membawa uang tunai.

Kekurangan Pembayaran Ritel Tunai

Risiko akun online payment di hack.
Membutuhkan akses internet lancar.
Ada jumlah minimal belanja.

8. Direct Debit

Debit langsung merupakan sebuah metode pembayaran elektronik yang memungkinkan bank dari pengguna direct debit untuk melakukan penarikan dana dalam jumlah tertentu secara otomatis. Ketika nasabah bertransaksi, bank akan menarik saldo dari rekening yang didaftarkan pengguna.

Kelebihan Direct Debit

Kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi online.
Mengurangi anggaran transaksi.
Tersedia beragam diskon menarik.
Proses transaksi pembayaran jadi jauh lebih praktis.

9. QR Code

Metode pembayaran dengan QR Code juga semakin dikenal dewasa ini karena dinilai lebih praktis. Menurut Otorita Jasa Keuangan atau OJK, QR Code merupakan kode matriks dua dimensi, yang diciptakan untuk membuat kamera digital mampu membaca informasi dari kode tertera.

Untuk melakukan online payment dengan QR Code hanya membutuhkan perangkat ponsel pintar serta koneksi internet. Sedangkan sumber dana untuk transaksi Kode QR antara ain adalah, simpanan maupun instrumen pembayaran lain, berupa kartu kredit, debit, atau e-money.
Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan pembayaran dengan Kode QR, berikut penjelasannya:

Kelebihan Metode Pembayaran QR Code

  • Aktivitas berbelanja menjadi lebih praktis karena tidak membutuhkan kartu dan uang tunai.
  • Hanya dengan modal smartphone, siapa saja sudah bisa belanja produk kebutuhan.
  • Mudah dalam penggunaannya, sebab sekarang tidak perlu lagi repot mencari mesin ATM saat tidak memiliki uang cash. Pengguna cukup buka aplikasi e-wallet dan sejenisnya.
  • Hemat waktu sehingga membuat transaksi pembayaran lebih cepat. Dalam hal ini, kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli akan merasa diuntungkan.
  • Lebih responsif karena telah dibekali sistem penerjemah yang baik. Bahkan, meskipun fisik QR Code rusak, namun smartphone tetap bisa membacanya dengan fitur error correction.
  • Dari segi keuangan, membayar dengan Kode QR juga lebih hemat karena tidak perlu memusingkan kembalian, khususnya dalam nominal kecil atau receh.
  • Mengingat online payment dengan QR Code masih belum begitu familiar di Indonesia, penggunaan metode pembayaran ini menawarkan banyak diskon menarik. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran ketika belanja.
  • Saat ini, QR Code memang masih didominasi toko besar dan ritel, namun sangat memiliki prospek bagus menjangkau pedagang kalangan bawah di masa depan.

Kekurangan Metode Pembayaran QR Code

  • Transaksi pembayaran melalui QR Code sangat bergantung pada koneksi internet. Saat terjadi gangguan internet, otomatis transaksi payment tidak akan bisa dilakukan.
  • Meskipun diklaim memiliki tingkat keamanan tinggi. Namun, tidak dapat dipungkiri kalau tetap ada peluang terjadi scam yang mengakibatkan pencurian data dari akun rekening.
  • Rentan dieksploitasi, khususnya jika ada orang lain yang mengetahui PIN pengaman.
  • Pengguna awam umumnya tidak dapat membedakan QR Code asli dengan palsu.
  • Tidak semua merchant menyediakan layanan pembayaran dengan Kode QR.

Salah satu payment gateway yang lengkap dapat digunakan oleh bisnis adalah Mekari Pay yang memiliki hampir seluruh metode pembayaran di atas seperti transfer bank, virtual account, kartu kredit dan e-Wallet.

Mekari Pay juga sudah terintegrasi dengan sistem invoice dari Mekari Jurnal dan pencatatan transaksi di aplikasi pembukuan Mekari Jurnal.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami