Image

Tips Cara Mencari Supplier Tangan Pertama yang Terpercaya dan Termurah

Akibat dari pandemi Covid 19 kemarin, banyak pekerja yang di PHK dan beralih ke usaha dan bisnis sendiri. Ada yang memilih menjadi reseller, dropshipper, hingga membuka toko online sendiri. Namun, tidak banyak yang mengetahui tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah. Apalagi kalau masih baru terjun menjadi penjual online.

Apakah di sini ada yang baru terjun menjadi penjual online atau bahkan sudah lama? Apakah di sini ada yang termasuk belum mengetahui tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah? Atau bahkan sudah ada yang paham betul mengenai tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah?

Apabila Anda sudah memahami tips dan cara mencari supplier tangan pertama, itu bagus. Namun, apabila Anda termasuk yang belum mengetahui dan paham mengenai tips dan cara mencari supplier tangan pertama, saya akan meng-share apa tips dan bagaimana cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah di bawah ini.

Namun, sebelum saya beri tahu informasi tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah, saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu supplier tangan pertama.

pengusaha sedang mencari supplier tangan pertama

Definisi Supplier Tangan Pertama

Supplier tangan pertama yaitu produsen yang pertama kali memproduksi barang atau produk dengan jumlah yang besar. Biasanya supplier tangan pertama ini akan memberikan produk mereka kepada dropshipper maupun reseller yang selanjutnya untuk dijual kembali kepada konsumen.

Selain itu, sebelum Anda mengetahui bagaimana tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah, Anda juga perlu tahu apa perbedaan distributor dan supplier.

Dalam rantai pendistribusian barang ada 4 tingkatan, di antaranya yaitu produsen, MD (Master Distributor) atau importir, distributor, dan yang terakhir adalah reseller ataupun dropshipper.

Nah, sekarang saya akan menjelaskan perbedaan distributor dengan supplier. Sebagai seorang pengusaha ataupun pebisnis, Anda harus tahu apa perbedaan distributor dengan supplier. Apabila belum tahu apalagi bagi pemula, Anda bisa pahami penjelasannya di bawah ini.

a. Distributor

Distributor ialah pihak yang membeli produk dari produsen atau pabrik atau orang pertama secara langsung. Kemudian, distributor akan menjual produk tersebut pada perantara berikutnya. Nah, selanjutnya perantara itulah yang biasanya akan menghubungkan produk pada toko retail.

Proses distribusi produk yang dilakukan biasanya menggunakan aplikasi distribusi untuk distributor yang memiliki fitur lengkap mulai dari menerima barang di gudang hingga barang tersebut sampai ke pelanggan atau toko retail.

b. Supplier

Sedangkan supplier ialah perusahaan atau orang yang menjual bahan baku atau bahan mentahan yang akan diolah perusahaan lain menjadi produk siap jual. Memang pada umumnya supplier menjual produk dalam bentuk mentah atau bahan baku.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Contoh Biaya Produksi: Bahan Baku, Tenaga Kerja, dan Overhead

Tips Mencari Supplier Tangan Pertama Terpercaya dan Termurah

Lalu, bagaimana tips dan cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah untuk perkembangan usaha atau bisnis secara online maupun offline yang sedang Anda jalani? Saya akan bocorkan beberapa caranya di bawah ini. Silakan disimak dengan baik!

1. Berkunjung ke Pusat Industri

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah yang pertama adalah dengan mendatangi langsung pusat industri atau bazar bisnis.

Mengunjungi supplier secara langsung ke lokasi produksi atau lokasi berjualannya akan memberikan beberapa keuntungan kepada Anda, karena bisa melihat segala proses produksi dan Anda juga bisa melihat secara langsung serta memilih sendiri produk untuk Anda jual kembali dengan kualitas yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa secara langsung melihat pemiliknya. Sehingga, dapat mengurangi risiko kerugian. Ditambah lagi bisa membangun kedekatan dengan pemilik. Sehingga, dapat menimbulkan kepercayaan pada kedua belah pihak. Bahkan bisa saja harga yang diberikan pada Anda bisa lebih rendah.

2. Rajin Mengunjungi Bazar Bisnis

Perlu Anda ketahui, dalam bazar akan ada banyak bisnis lain yang memperkenalkan produk yang dimiliki dengan harapan bisa terbentuk satu kerja sama. Nah, hal tersebut merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk membangun jaringan dan relasi, kerja sama, serta wawasan.

Saking banyaknya peserta yang mengikuti, Anda akan mempunyai banyak pilihan dan tentu saja itu merupakan salah satu cara mencari supplier tangan pertama dan terpercaya dengan harga termurah.

3. Mencari Supplier Melalui Website atau Toko Online

Apabila belum menemukan supplier yang tepat di sekitar tempat tinggal Anda atau mungkin tidak ingin repot menempuh perjalanan untuk mencari supplier, Anda bisa mengunjungi melalui website resmi atau online shop supplier yang sudah Anda incar.

Bahkan apabila Anda belum memiliki daftar nama supplier yang akan dicari tahu informasi resminya, bisa terlebih dahulu mencari supplier di dunia maya menggunakan situs penelusuran atau media sosial.

Caranya adalah dengan memasukkan berbagai kata kunci yang memungkinkan untuk mendapatkan banyak pilihan. Selain itu, banyak sekali online shop yang juga menyediakan untuk supplier. Pastinya cara mencari supplier tangan pertama yang satu ini lebih memudahkan Anda sebagai pemilik usaha ataupun bisnis.

Ada pun beberapa website yang dapat digunakan seperti telunjuk.com, pricearea.com, priceza.co.ic, priceprice.com, pricebook.com, dan lain sebagainya. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memasukkan jenis produk. Lalu, website tersebut akan memberikan berbagai referensi toko dengan harga yang macam-macam.

Selanjutnya Anda tinggal memilih mana yang cocok dengan keinginan Anda. Biasanya harga-harga yang dibandingkan hanya berasal dari brand resmi yang ada di marketplace yang resmi juga. Sehingga, merchant yang membuat online shop-nya sendiri biasanya tidak ada dalam daftar harga yang tertera.

Baca Juga: Cara Jualan Online Laris di Sosial Media dan Marketplace

4. Mencari Supplier Melalui Marketplace

Selain di berbagai sosial media, kini sudah marak online shop bisa ditemukan di berbagai brand marketplace.

Biasanya lebih menguntungkan apabila berbelanja di marketplace. Kenapa? Karena di sanalah adalah tempat berkumpulnya banyak pedagang, reseller, dropshipper, grosir, distributor, tangan pertama ataupun importir.

Anda bisa mengeceknya secara langung satu per satu para penyedia produk yang ada di marketplace pilihan Anda untuk dijadikan supplier. Dengan membandingkan harga dan melihat deskripsi setiap produk, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan yang termurah dengan produk yang berkualitas.

5. Melalui Forum ataupun Komunitas Bisnis

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah lainnya adalah dengan mengikuti forum atau komunitas bisnis.

Pada forum online seperti Bersosial.com, Kaskus, dan semacamnya Anda bisa mencari dengan mengikuti thread anggota lainnya atau bertanya. Dalam forum seperti tersebut pasti ada saja anggota lain yang akan memberikan informasi seputar produk, supplier, ataupun informasi bisnis lainnya. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas online yang berfokus di bidang bisnis untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mudah.

6. Mencari Supplier Tangan Pertama Melalui Toko Distributor

Selain cara mencari supplier tangan pertama dari pusat industri, bazar bisnis, website atau toko online, marketplace, dan forum ataupun komunitas bisnis, Anda juga bisa mencari dan mendapatkan barang dari toko distributor.

Saya akan meng-share beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mencari dan mendapatkan barang dari toko distributor dengan harga termurah untuk dijual kembali secara online di bawah ini. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Datanglah ke pasar distributor. Misalnya saja ke pasar Tanah Abang, karena di sana ada banyak pedagang distributor, terutama untuk pakaian.
  • Kunjungilah pameran perdagangan. Karena sudah pasti jelas di sana ada distributor.
  • Datangilah pabriknya secara langsung. Karena sudah pasti Anda akan mendapatkan harga yang termurah.
  • Selanjutnya adalah carilah melalui marketplace B2B secara online.

7. Mencari Supplier di Situs Pembanding Harga

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya, termurah, dan praktis juga bisa Anda lakukan dengan cara mengunjungi situs pembanding harga. Pastikan juga situs pembanding harga yang Anda kunjungi tersebut adalah dari Indonesia. Akan tetapi, apabila Anda mencari supplier dari luar negeri, maka silakan Anda sesuaikan saja situsnya.

Apabila Anda sudah menemukan situs pembanding harga, maka cukup masukkan saja jenis atau nama produk yang ingin Anda cari. Nantinya situs tersebut secara otomatis akan memberikan referensi online shop dan detail produk beserta harganya. Cukup Anda bandingkan saja dari brand resmi dari marketplace yang terpercaya.

8. Mencari Supplier di Media Sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram sampai saat ini masih menjadi platform yang banyak digunakan manusia. Bahkan, saat ini sudah ada aplikasi media sosial yang bisa untuk jualan dan sudah menjadi tren masa kini, aplikasi tersebut adalah TikTok.

Cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah di Facebook, Instagram, dan TikTok sangatlah mudah. Anda hanya tinggal ketik kata kunci yang ingin Anda cari di kolom pencarian. Berbagai macam hasil yang akan Anda dapatkan, karena memang berasal dari berbagai macam sumber secara real time. Akan tetapi, Anda juga tetap harus teliti dan cek kredibilitasnya.

Tips Memilih Supplier yang Tepat

Nah, selain saya membagikan informasi tentang bagaimana cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah, saya juga akan memberi tahu beberapa tips untuk memilih supplier yang tepat. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk memilih supplier yang tepat.

a. Memiliki Alamat dan Kontak yang Jelas

Carilah supplier atau toko distributor yang terpercaya dengan cara meminta alamat dan kontak supplier atau toko distributor tersebut. Apabila mereka bersedia memberikan alamat dan kontak, berarti mereka tidak terkesan menutup-nutupi sebagai bukti bahwa tidak ada niat jelek kedepannya. Tentunya alamatnya jelas dan ada serta kontaknya aktif atau bisa dihubungi atau bahkan mudah dihubungi.

b. Adanya Feedback

Untuk mengetahui kualitas supplier yang akan Anda pilih, Anda bisa melihat dari feedback yang diberikan oleh konsumen.

Bagi mereka yang mempunyai toko online sendiri, biasanya mereka mengunggah testimoni konsumen di akun media sosial toko yang dimilikinya.

Apabila Anda mencari di marketplace, coba lihat dan baca pada kolom penilaian konsumen di bagian bawah produk. Akan tetapi, bukan berarti toko yang belum berhasil menjual produknya satu pun dan belum mendapat feedback bisa dikatakan buruk. Karena, bisa saja toko tersebut baru dibuka atau produk tersebut baru dijual. Selain itu, Anda juga bisa melihat kualitas toko dari cara pemilik toko melayani dan merespon konsumen. Jadi, saran saya juga, sebaiknya hindari toko yang malas-malasan merespon konsumennya.

c. Adanya atau Ketersedian Barang

Adanya ketersediaan barang juga wajib Anda perhatikan. Karena pada umumnya supplier pasti memiliki stok yang tidak terbatas. Sehingga Anda bisa memesannya kapan saja dan dalam jumlah berapa pun banyaknya.

Anda sebagai pengusaha retail juga harus bisa mengelola ketersediaan barang Anda. Misalnya ketika barang sudah hampir habis, Anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui sistem aplikasi inventory yang Anda gunakan.

d. Perhatikan Kondisi Produknya

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih supplier, lihat dan perhatikan terlebih dahulu secara saksama kondisi produk yang dijual dengan mengecek keterangan produk. Apabila keterangan yang diberikan tidak terlalu lengkap, maka Anda bisa menanyakannya secara langsung melalui kolom chat pribadi yang disediakan atau kolom komentar.

Memang terkadang sebuah toko memberikan harga yang miring. Akan tetapi, spesifikasi atau kualitas produknya tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

e. Kecepatan Pengiriman Produk

Usaha maupun bisnis penjualan terutama online memiliki kompetisi yang sangat cepat dalam hal ketersediaan barang dan kecepatan pengiriman. Toko yang memiliki riwayat pengiriman yang buruk sebaiknya tidak dipilih menjadi supplier.

f. Peraturan yang Dimiliki Toko

Silakan Anda cek terlebih dahulu peraturan toko yang akan dijadikan supplier. Misalnya saja seperti apakah bisa mengajukan refund atau retur produk serta bagaimana cara mengajukan refund dan retur tersebut. Hal tersebut wajib dipastikan untuk kenyamanan kedua belah pihak.

g. Waktu Terakhir Login Penjual di Akun Tokonya

Poin tersebut biasanya digunakan pada marketplace. Perhatikan waktu terakhir login penjual di akun tokonya.

Pemilik toko ataupun admin toko yang profesional akan selalu mengecek akun marketplace-nya untuk melayani setiap pertanyaan dan pesanan konsumen.

Mencari supplier terpercaya dan termurah untuk usaha maupun bisnis Anda merupakan sebuah keharusan apabila Anda ingin usaha maupun bisnis yang sedang Anda jalani terus berkembang dan mencapai kesuksesan.

Nah, itulah beberapa tips dan cara mencari supplier tangan pertama maupun toko distributor yang bisa Anda coba yang tentunya terpercaya dan termurah untuk dijual kembali secara online maupun offline.

Kemudahan Pengelolaan Barang dengan Mekari

Apabila supplier bermasalah, maka Anda juga harus bertanggung jawab karena terkendalanya laju transaksi Anda terhadap konsumen. Begitu pun dalam pengelolaan usaha ataupun bisnis Anda nantinya, maka dari itu pastikan Anda memilih platform pembukuan toko online dan pengelola keuangan usaha ataupun bisnis yang bisa diandalkan atau terpercaya dan memudahkan proses pengelolaan itu sendiri.

Seperti halnya Mekari Jurnal yang memberi kemudahan dalam pengelolaan keuangan bagi online shop yang Anda miliki. Dengan Mekari Jurnal, toko online Anda bisa mendapatkan pengelolaan inventory lebih cepat yang terintegrasi dengan software akuntansi, sehingga manajemen invoice dan pembukuan transaksi menjadi lebih mudah.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah mulai tahu dengan bagaimana cara mencari supplier tangan pertama? Apakah Anda juga sudah mulai paham tips-tips untuk mencari dan mendapatkan supplier yang tepat?

Apabila Anda sudah tahu dan paham mengenai tips dan bagaimana cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah, silakan bantu share artikel ini ke semua sosial media Anda agar lebih banyak yang tahu.

Apabila Anda belum tahu dan paham mengenai tips dan bagaimana cara mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan termurah, Anda bisa bertanya di kolom komentar, ya. Semoga artikel tentang cara mencari supplier tangan pertama ini bisa membantu Anda dalam menemukan supplier yang tepat dan terima kasih.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami