Image

Cara Jualan Online Laris di Sosial Media dan Marketplace

Berjualan secara online saat ini memiliki potensi laris yang cukup besar. Bahkan ada beberapa cara jualan online laris yang bisa kamu coba. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berjualan online.

Selain itu, modal yang digunakan untuk berjualan online juga bisa lebih sedikit dibandingkan dengan berjualan offline. Lalu, bagaimana cara agar jualan online laris? Sebelum membahas mengenai caranya, simak terlebih dahulu apa itu jualan online berikut ini.

cara jualan online di sosial media dan marketplace

Apa itu Jualan Online?

Jualan online merupakan proses jual beli barang maupun jasa yang dilakukan dengan online atau tersambung internet. Proses yang dimaksud mulai dari promosi, pelayanan konsumen, pembayaran dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menjual berbagai jenis produk dan jasa secara online dengan target konsumen yang tidak terbatas. Untuk memulai berjualan secara online hingga bisa menjadi laris juga terbilang sangat mudah.

Cara jualan online laris juga tidak memerlukan modal yang cukup besar, hanya saja membutuhkan promosi yang menarik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.
Kamu juga bisa melakukan promosi melalui sosial media dengan pengguna yang cukup besar di Indonesia, seperti Whatsapp dan Instagram.

Bahkan saat ini juga tersedia marketplace yang memberikan tempat untuk penjual mempromosikan produk mereka dengan mudah. Dengan begitu, cara jualan online laris jadi jauh lebih mudah dibandingkan dengan jualan offline.

Baca Juga: 11 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Masa Pandemi

Cara Jualan Online Laris

Ada beberapa cara jualan online agar laris yang bisa kamu pilih. Tentu saja cara-cara tersebut menggunakan sosial media sebagai media untuk melakukan transaksi jual beli. Lalu, apa sajakah cara jualan online laris yang bisa digunakan? Berikut ini adalah informasinya:

1. Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

Yang pertama ada cara jualan online laris di Whatsapp. Mengapa melalui Whatsapp? Karena Whatsapp merupakan aplikasi dengan pengguna terbanyak di Indonesia sehingga sosial media ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi jual beli online yang tepat.

Apalagi whatsapp juga memiliki fitur yang mempermudah kamu untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Aplikasi ini juga menyediakan wadah lain yang lebih cocok lagi untuk kamu berjualan, yaitu Whatsapp Business API. Aplikasi tersebut memang dikhususkan untuk kamu yang ingin memulai berjualan online dengan melalui aplikasi Whatsapp sebagai medianya.

Ada beberapa cara jualan online laris yang bisa kamu terapkan ketika menggunakan Whatsapp sebagai medianya. Apa sajakah caranya? Berikut ini adalah informasinya:

a. Membuat Rencana serta Target Bisnis

Untuk membuat sebuah bisnis, diperlukan rencana dan target yang matang. Tidak terkecuali dengan jualan online di Whatsapp. Kamu perlu untuk merencanakan target dan cara yang jual beli yang tepat. Dengan begitu, jualan online di Whatsapp jadi lebih mudah untuk dilakukan.

Tentukan juga rencana bisnis untuk jangka waktu yang panjang. Jika perlu kamu juga harus memiliki solusi dari setiap kemungkinan kendala yang nantinya akan terjadi.
Dengan adanya rencana bisnis dan target yang tepat, kamu juga bisa dengan baik mengalokasikan modal yang kamu punya. Sehingga keuntungan yang didapat juga bisa lebih maksimal.

b. Menggunakan Nomor Whatsapp yang Khusus

Cara jualan online laris yang kedua di Whatsapp adalah dengan menggunakan nomor Whatsapp yang khusus. Hal ini berguna untuk memisahkan nomor Whatsapp bisnis dengan pribadi.

Dengan begitu, nantinya kamu bisa fokus untuk mengatur profil Whatsapp mulai dari status, foto dan pesan otomatis yang dapat ditujukan untuk pelanggan.

c. Mengumpulkan Nomor Whatsapp yang Banyak

Karena aplikasi Whatsapp membutuhkan nomor untuk berinteraksi maka mengumpulkan nomor Whatsapp sebanyak-banyaknya bisa jadi sangat perlu.

Dengan memiliki kontak Whatsapp yang cukup banyak, akan lebih banyak lagi orang yang mengetahui mengenai jualan online yang sedang kamu jalankan.

d. Manajemen Kontak

Setelah mengumpulkan nomor Whatsapp, kamu juga perlu untuk melakukan manajemen kontak. Pisahkan kontak Whatsapp yang sering melakukan transaksi dan yang belum pernah sama sekali. Dengan begitu, kamu bisa membuat rencana promosi yang tepat untuk mereka nantinya.

e. Membuat Katalog dengan Rapi

Cara jualan online laris selanjutnya adalah dengan membuat katalog yang rapi agar menarik dilihat bagi pelanggan. Pastikan gambar dalam katalog memiliki kualitas yang bagus dan keterangan yang jelas.

Selain itu, kamu juga harus update mengenai stock dari produk yang ada di dalam katalog. Cantumkan juga harga dari produk di dalam katalog agar meminimalisir pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari pelanggan.

f. Memanfaatkan Story Whatsapp

Whatsapp memiliki fitur story yang nantinya bisa dilihat oleh kontak Whatsapp yang sama-sama disimpan. Kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempromosikan produk yang dijual. Dalam membuat story, pastikan juga kamu menggunakan gambar atau video dengan kualitas yang baik.

Pilih juga waktu upload yang tepat. Gunakan juga kalimat yang bagus untuk menarik pelanggan. Lalu, hindari juga mengunggah gambar yang terlalu banyak sehingga malah mengganggu dan membuat pelanggan malas untuk melihat. Cara jualan online laris ini merupakan cara yang sangat mudah.

g. Menggunakan Broadcast Message

Kamu juga bisa menggunakan fitur mengirim pesan ke banyak nomor yang telah disediakan oleh Whatsapp. Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian para pelanggan. Kamu juga harus membuat kalimat yang tepat agar pelanggan tertarik untuk membaca pesanmu hingga selesai.

Akan tetapi, jangan menggunakan cara ini setiap hari. Gunakanlah disaat-saat yang tepat dan tertentu saja. Karena jika kamu menggunakan cara ini hampir setiap hari, banyak pelanggan yang akhirnya terganggu dan bisa jadi nomor kamu malah diblokir oleh mereka.

h. Berusaha Balas dengan Cepat

Cara jualan online laris selanjutnya adalah membalas pesan pelanggan dengan cepat. Ini termasuk cara melayani pelanggan dengan baik dalam transaksi jual beli online. Kamu juga bisa menggunakan pesan otomatis untuk membalas dengan cepat.

Berikan juga informasi mengenai jam operasional bisnis di profil sehingga pelanggan bisa tahu kapan harus menghubungimu jika ingin dibalas dengan cepat.

i. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Baik berjualan dengan online maupun offline menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan sangatlah perlu. Ini adalah cara pelayanan yang baik. Dengan begitu, pelanggan akan merasa nyaman untuk membeli di toko mu dan melakukan pembelian ulang.

Bisa jadi dengan pelayanan dan cara komunikasi yang baik darimu untuk pelanggan, kamu bisa mendapatkan pelanggan yang loyal.

j. Konsisten

Yang terakhir adalah konsisten. Cara jualan online laris satu ini sangat penting. Karena dengan konsisten menjalankannya, kamu bisa secara bertahap menaikkan bisnis yang dimiliki dan mengevaluasinya.

2. Cara Jualan Online Laris di Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang populer di Indonesia. Bedanya dengan Whatsapp, Instagram lebih mengutamakan konten foto dan video. Selain itu, penggunanya juga tidak perlu menambahkan nomor untuk mencari target pasar. Hanya mencari lewat nama dan kemudian saling mengikuti.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan sosial media ini sebagai sarana berjualan, ada beberapa cara jualan online laris di Instagram yang bisa kamu terapkan. Berikut ini adalah cara-caranya:

a. Menjual Produk yang Banyak Dicari

Salah satu cara jualan online laris adalah dengan menjual produk yang saat ini sedang banyak dicari oleh masyarakat. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih mudah untuk menawarkan suatu produk dan mendapatkan keuntungan yang lebih cepat juga.

Untuk menentukan produk yang sedang populer di Instagram juga sangat mudah. Kamu hanya perlu melihat dalam pencarian atau hastag yang paling populer di Instagram.

b. Membuat Akun Instagram Bisnis

Jika di aplikasi Whatsapp kamu harus membuat nomor Whatsapp tersendiri untuk jualan online, begitu juga dengan akun Instagram. Buatlah akun khusus bisnis agar bisa lebih bebas untuk menjual barang atau jasa saat ini kamu jalankan.

Ini merupakan salah satu cara jualan online laris paling awal yang harus kamu lakukan Selain itu, nantinya akan ada fitur tersendiri yang diberikan oleh pihak Instagram jika kamu mendaftarkan akun untuk bisnis.

Fitur-fitur tersebut yang dapat membantumu untuk mengelola bisnis online menjadi lebih mudah. Salah satu fitur akun Instagram bisnis adalah laporan insight. Dengan adanya laporan insight yang ada, kamu bisa mengevaluasi kembali konten-konten yang telah kamu unggah di Instagram.

Jika ternyata ada konten yang kurang berhasil, kamu bisa tidak menggunakan tema konten tersebut kembali. Begitu sebaliknya, jika ada konten yang menarik kamu bisa menggunakannya kembali dengan mengubah sedikit agar terkesan menjadi konten yang baru.

c. Membuat Konten yang Menarik

Karena Instagram merupakan sosial media yang fokus pada konten foto dan video maka buatlah konten yang menarik dengan kualitas tinggi yang sesuai dengan aturan Instagram.

Tampilkan visual yang bagus untuk produk yang kamu jual dan tambahkan caption atau deskripsi yang tepat untuk menunjang insight yang tinggi pada akun bisnismu di Instagram.

Cara jualan online laris ini sangat cocok untuk digunakan pada semua bisnis online khususnya di sosial media Instagram. Membuat konten yang menarik juga dioptimalkan dengan pemberian hastag yang tepat juga. Hastag ini berguna untuk menaikkan konten yang kamu unggah di Instagram.

Kamu juga bisa membuat konten yang sedang populer untuk mengikuti trend. Dengan begitu, kamu harus selalu up to date dengan konten-konten yang baru di Instagram.

Akan tetapi, pastikan juga bahwa konten yang kamu buat merupakan asli buatan sendiri meskipun terinspirasi dari konten orang lain. Ini untuk mencegah copyright yang nantinya bisa berujung penghapusan kontenmu oleh Instagram.

d. Gunakan Fitur Instagram Stories dengan Optimal

Sama seperti Whatsapp, Instagram juga memiliki fitur story yang dapat kamu gunakan untuk promosi produk atau jasa yang sedang kamu jual. Bedanya, fitur story di Instagram memiliki lebih banyak fitur tambahan lain yang dapat menunjang promosi produk atau jasa yang kamu jual.

Fitur-fitur tersebut, seperti sticker, QnA, polling hingga link tautan yang bisa kamu tambahkan pada konten di Instagram stories milikmu. Ini merupakan cara jualan online laris yang paling mudah karena telah disediakan oleh aplikasi Instagram dan kamu hanya perlu memaksimalkannya.

e. Gunakan Fitur Tautan pada Bio Profil

Instagram juga menyediakan tempat buat kamu untuk menambahkan link tautan pada akun. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah untuk menuju ke akun lain yang kamu gunakan untuk melakukan transaksi lainnya.

Link tautan tersebut juga bisa kamu tambahkan pada konten yang diunggah di Instagram stories. Dengan demikian, pelanggan bisa langsung menuju tautan yang sesuai dengan gambar atau konten yang kamu unggah.

f. Gunakan Fitur Iklan di Instagram

Instagram sendiri juga memberikan cara jualan online laris dengan menggunakan fitur iklan. Fitur ini dapat menaikkan insight akun bisnismu sehingga akan lebih banyak pengguna Instagram yang berkunjung dan mengikuti.

Agar fitur iklan ini berjalan dengan maksimal, buatlah konten promosi yang bagus untuk menarik pelanggan ketika melihat iklan produkmu tayang di halaman akun Instagram miliknya. Selain itu, pastikan juga fitur iklan yang kamu gunakan sesuai dengan modal yang kamu miliki.

g. Gunakan Fitur Instagram Shopping

Cara jualan online laris berikutnya adalah dengan menggunakan fitur bisnis lain yang disediakan oleh Instagram. Jika Whatsapp memiliki aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan bisnis, Instagram juga memiliki fitur lain, yaitu Instagram Shopping.

Dengan menggunakan fitur ini, pelanggan akan jauh lebih mudah untuk melihat gambar produk yang kamu jual dan bisa langsung membelinya.

h. Adakan Giveaway

Jualan di Instagram memang memiliki banyak kompetitor. Namun, ada satu cara jualan online laris yang bisa kamu gunakan untuk bersaing dengan kompetitor lainnya, yaitu dengan mengadakan giveaway.

Tidak perlu mengadakan giveaway dengan hadiah yang mewah. Kamu bisa mengadakan giveaway dengan hadiahnya adalah produk yang kamu jual sendiri. Ini merupakan salah satu promosi yang tidak memerlukan banyak modal.

Giveaway yang diadakan juga bisa berlangsung secara rutin atau pada saat tertentu, seperti memperingati hari besar dan lain sebagainya.

i. Endorse

Yang terakhir adalah endorse influencer Instagram yang memiliki insight yang bagus untuk menaikkan penjualan. Cara jualan online laris ini paling banyak digunakan dan cukup berhasil. Untuk menggunakan cara ini, pastikan bahwa kamu memilih influencer yang tepat dan sesuaikan juga dengan modal yang kamu miliki.

3. Cara Jualan Online Laris di Shopee

Shopee merupakan aplikasi marketplace yang paling besar di Indonesia. Dengan begitu, cara jualan online di Shopee adalah langkah yang tepat agar produkmu memiliki target pasar yang luas karena pengguna Shopee juga sangatlah besar.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar jualan online di Shopee bisa laris. Berikut ini adalah cara-caranya:

a. Membuat Akun Toko di Shopee

Cara jualan online laris yang pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Shopee memiliki dua akun dalam satu aplikasi, yaitu akun untuk pembeli dan akun untuk penjual.
Jika kamu ingin menjual produk di Shopee maka kamu harus membuat akun untuk penjual terlebih dahulu. Cara untuk membuatnya juga sangat mudah, hanya memerlukan email dan nomor telepon yang aktif saja.

b. Memasang Logo dan Nama yang Mudah Dicari

Agar akun penjual atau toko di Shopee mudah dicari maka buatlah logo dan nama yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Ini merupakan cara jualan online laris yang mudah. Kamu hanya perlu membuat logo yang berbeda dan memiliki bentuk dan warna yang mudah diingat.

c. Memasang Produk dengan Rapi

Karena merupakan aplikasi marketplace, tentu saja Shopee memiliki fitur katalog produk yang lengkap. Manfaatkan fitur tersebut dengan mengunggah foto produk yang berkualitas tinggi dan rapi.

Kategorikan setiap produk yang kamu jual dan update stok dengan baik. Tulis juga secara detail produk yang kamu jual pada bagian deskripsi untuk memudahkan pelanggan.

d. Gunakan Fitur Promosi

Sebagai aplikasi marketplace yang cukup besar, Shopee juga menyediakan berbagai fitur promosi yang dapat diikuti oleh penjual untuk menaikkan penjualan mereka.

Fitur promosi tersebut adalah promosi gratis ongkir, potongan harga, flash sale dan lain sebagainya. Ini merupakan salah satu cara jualan online laris yang memiliki tingkat keberhasilan cukup tinggi.

e. Gunakan Fitur Balas Pesan Otomatis

Salah satu pelayanan yang baik untuk pelanggan jika merintis bisnis online adalah dengan membalas pesan secara cepat. Ini merupakan cara jualan online laris yang cukup mudah.
Karena dengan pelayanan membalas pesan dengan cepat membuat pelanggan menjadi nyaman untuk melakukan transaksi dengan dirimu.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membalas pesan secara cepat jika berjualan di aplikasi Shopee adalah dengan menggunakan fitur balas pesan secara otomatis. Fitur ini bisa kamu optimalkan dengan menggunakan kalimat yang baik untuk menjawab pertanyaan awal pelanggan.

Namun, kamu juga harus secepat mungkin membalas dengan manual pesan dari pelanggan agar mereka tidak merasa sedang berkirim pesan dengan robot.

Kelola Laporan Jualan Online Jadi Mudah dengan Mekari

Mekari adalah Perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan beragam bisnis di Indonesia, dari kecil sampai besar, melalui penggunaan teknologi.

Mekari hadir sebagai solusi automasi berbasis cloud yang terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis, seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi, dan customer relations. Saat ini Mekari telah dipercaya oleh 35,000+ di lebih dari 20 kota dengan jumlah pengguna 450,000+

Manfaat menggunakan Aplikasi Mekari

Dengan adanya konsolidasi ini, produk dan solusi teknologi yang ditawarkan oleh Mekari kini telah menjadi pilihan bagi puluhan ribu perusahaan yang membutuhkan solusi pengelolaan SDM dan finansial berbasis komputasi awan, dengan mayoritas penggunaannya berasal dari sektor UMKM.

Dari beberapa cara jualan online laris di atas, manakah yang menurutmu paling mudah? Sepertinya cara apapun yang dipilih, untuk membuat jualan online menjadi laris adalah dengan memberikan pelayanan yang baik serta promosi yang menarik.

 

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami