Image

Cara Mudah Membuat WhatsApp Bisnis Bagi Pelaku Usaha UMKM

WA Bisnis atau WhatsApp Bisnis merupakan salah satu aplikasi chat yang dikhususkan bagi para pebisnis yang memerlukan aplikasi chat yang memudahkan pekerjaan mereka. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2018 sehingga pada tahun ini banyak sekali bisnis yang berbasis online bermunculan. Fitur-fitur dari WA Bisnis ini sangat bermanfaat bagi pebisnis karena Anda dapat memberi banyak informasi tentang bisnis Anda.

Bagi Anda para konsumen, fitur-fitur dari WA Bisnis ini sangat membantu Anda untuk berkomunikasi kepada penjual secara mendetail sehingga konsumen tidak akan salah dalam memilih barang atau jasa yang diperlukan.

Maka dari itu pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat WA Bisnis Anda menjadi penunjang bisnis online Anda. Kami juga akan membahas fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini.

pengusaha umkm mulai membuat wa bisnis untuk promosi usaha

Apa itu WA Bisnis?

WhatsApp Bisnis adalah suatu aplikasi yang didesain untuk para pebisnis, khususnya online yang bisa diunduh tanpa biaya sepeser pun. WA bisns ini, memang sangat cocok jika digunakan oleh pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Aplikasi ini juga dapat diunduh melalui sistem operasi iOS dan Android, singkatnya WA Bisnis dapat diunduh pada setiap gawai yang umum dipakai oleh masyarakat luas.

Fitur dalam WA Bisnis ini juga sangat membantu para pebisnis online dalam memberikan informasi terkait bisnisnya di profil WA Bisnisnya. Contohnya, pebisnis online dapat mencantumkan waktu operasional toko onlinenya, link website bisnis onlinenya, deskripsi singkat tentang barang atau jasa yang mereka tawarkan, dan pebisnis online dapat mencantumkan lokasi dimana perusahaan beroperasi. Selain itu, pebisnis online dapat berkomunikasi melalui pesan teks, panggilan suara, maupun panggilan video.

Contoh lainnya dengan mengaktifkan Whatsapp API untuk bisnis, Anda dapat membuat pengalaman komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih efisien dan efektif karena bisa diakses dan dijawab oleh banyak pengguna.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaktifkan WhatsApp Multi Device

Cara Membuat WA Bisnis dengan Mudah

Sebelum mengetahui lebih lengkap terkait fitur-fitur dan manfaat yang ada dalam aplikasi WA Bisnis, kami akan menunjukan terlebih dahulu bagaimana cara membuat WA Bisnis. Berikut ini cara membuat WA Bisnis:

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Cara membuat WA Bisnis selanjutnya, buatlah akun baru dengan mendaftarkan nomor ponsel khusus untuk akun bisnis Anda.
  3. Selanjutnya cara membuat WA Bisnis adalah tekan menu Settings, lalu pilih menu Business Settings, lalu Profile.
  4. Isi semua tentang profil akun bisnis Anda, yaitu nama bisnis online, alamat atau lokasi kantor, website (jika ada), kontak lainnya (Instagram, facebook, dan lainnya). Cara membuat WA Bisnis ini sangat penting agar toko online Anda menjadi toko yang sangat informatif di mata calon konsumen.
  5. Cara membuat WA Bisnis agar jualan online Anda maksimal adalah aktifkan fitur balas pesan otomatis dengan cara tekan Settings, lalu tekan Business Settings, kemudian tekan Away Message, lalu Greeting Message, terakhir Quick Replies.
  6. Cara membuat WA Bisnis yang terakhir, tentukan isi dari pesan balasan otomatis, kemudian atur waktu untuk pengiriman pesannya. Cara membuat WA Bisnis yang satu ini juga disarankan untuk tidak dilewatkan karena ini akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan WA Bisnis di tengah kesibukan Anda.

Cara Membuat WA Bisnis Agar Jualan Online Maksimal

Meski aplikasi ini merupakan aplikasi chat seperti pada umumnya, jika Anda bandingkan WA Bisnis dengan WA Messenger, ini bukan aplikasi yang sama dari segi fitur dan manfaatnya. Fitur-fitur dalam aplikasi WA Bisnis didesain untuk membuat profil akun bisnis Anda di WA menjadi lebih menarik dan memudahkan interaksi terkait bisnis dengan para konsumen.

Maka dari itu, pebisnis online harus mengetahui bagaimana cara membuat WA Bisnis ini menjadi penunjang yang besar bagi penjualan online Anda. Berikut cara membuat WA Bisnis yang baik:

1. Gunakan Fitur Nama Akun Pengguna yang Resmi

Cara membuat WA Bisnis Anda menjadi akun toko online yang dipercaya adalah dengan cara menjadikan nama akun pengguna Anda resmi. Hal teknis yang membedakan WA Bisnis dengan WA Messenger adalah pengaturan ubah nama akun. Pada aplikasi WA Messenger Anda dapat mengganti nama akun Anda kapan saja. Anda bahkan bisa memasukkan emoji atau karakter apapun pada nama akun WA messenger Anda bahkan jika Anda hanya mencantumkan simbol atau emoji, WA Messenger tidak menjadikan itu sebuah masalah.

Namun, berbeda halnya pada WA Bisnis. Pada aplikasi ini terdapat beberapa ketentuan dalam membuat nama akun bisnis resmi yang harus Anda terapkan. Misalnya, Anda sebaiknya tidak menulis nama akun bisnis resmi dengan huruf kapital semua. Kecuali untuk huruf pertama yang pada sebuah kata yang dapat dikapitalkan.

Cara baik dalam menulis nama akun bisnis resmi adalah tidak ada spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, pemisah kata tersebut hanyalah satu spasi aja. Kemudian, Anda tidak disarankan menambahkan tanda baca pada nama akun resmi Anda. Menuliskan nama akun resmi juga tidak perlu menambahkan karakter yang bukan berupa angka atau huruf.

Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh hanya terdiri dari hanya nama lengkap seseorang, Anda harus menaruh nama bisnis atau perusahaan Anda. Tidak menggunakan istilah umum, seperti “baju”, “kue kering”, dan lainnya. Nama toko resmi juga tidak diperkenankan kurang dari tiga karakter.

Jika Anda menerapkan cara membuat WA Bisnis Anda tersebut akun bisnis Anda akan terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi”. Jika di waktu lain, Anda mengubah nama bisnis , kemungkinan Anda akan menghilangkan status “Akun bisnis resmi” sehingga Anda harus memastikan nama akun bisnis yang akan Anda buat sehingga tidak akan diubah lagi. Contoh nama yang baik seperti “Brownies Sehat ala Mama Cita”.

2. Aktifkan Fitur Balas Pesan Otomatis

Salah satu cara membuat WA Bisnis Anda menjadi penunjang bisnis online Anda adalah dengan cara mengaktifkan fitur balas pesan otomatis ini. Fitur ini adalah fitur yang membuat WA Bisnis dengan WA Messenger. Aplikasi WA Bisnis memiliki tiga fitur balas pesan otomatis yang berbeda.

Pertama Away Message, yaitu fitur balas pesan otomatis yang berfungsi ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada saat di luar jam kerja toko online. Anda dapat membuat sendiri isi balasan pesan otomatis yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua Greeting Message merupakan fitur balas pesan otomatis, dikirimkan pada calon konsumen yang baru melakukan kontak di WA Bisnis Anda. Isi pesannya juga dapat disesuaikan sendiri.

Fitur balas pesan otomatis yang ketiga adalah Quick Replies. Pada fitur ini Anda dapat membuat jawaban terkait FAQ atau frequently asked question. Dengan mengaktifkan tiga fitur ini pebisnis tentunya dapat mengatasi pesan-pesan yang berulang kali ditanyakan oleh calon konsumen sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda terkait dengan pesan WA yang terlalu banyak.

3. Fitur Katalog Produk

Selanjutnya, cara membuat WA Bisnis Anda menjadi penunjang bisnis online Anda adalah dengan cara memasukan foto-foto produk beserta harganya ke dalam fitur katalog yang ada di dalam WA Bisnis. Fitur ini didesain sebagai etalase online produk yang Anda jual agar dapat dilihat oleh calon konsumen tanpa perlu mengirimkan file kepada konsumen. Tentu saja, fitur ini mempersingkat waktu dalam penjualan produk.

Kelebihan dari fitur ini juga menjadikan konsumen dapat melihat produk yang diinginkan beserta dengan harganya tanpa harus mengunduh file berisi katalog produk toko online tersebut. Cara membuat WA Bisnis Anda dilengkapi dengan fitur ini adalah buka menu Setting, lalu tekan Business Setting, kemudian tekan menu Catalog, lalu masukan foto, deskripsi, dan harga produk.

4. Fitur Statistik Pesan

Cara membuat WA Bisnis Anda menjadi penunjang bisnis online Anda selanjutnya adalah dengat mengaktifkan fitur statistik pesan. Fitur ini didesain untuk menghitung data pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Dengan adanya fitur ini, pebisnis menjadi tahu bahwa pesan yang seperti apa dan yang mana saja yang efektif untuk dilakukan.

5. Cantumkan Kategori Bisnis

Dengan mengisi kolom Kategori Bisnis, ini adalah salah satu cara membuat WA Bisnis Anda menjadi lebih informatif. Pebisnis dapat memilih kategori bisnisnya yang sesuai melalui menu ini. Jika kategori bisnis tersebut tidak ada dalam list, maka Anda dapat memilih menu others atau yang lain. Kolom Kategori Bisnis ini berfungsi sebagai informasi tambahan toko online Anda.

Dengan menerapkan cara membuat WA Bisnis Anda menjadi lebih informatif ini calon konsumen dapat mengetahui toko online milik Anda fokus dalam menjual produk atau jasa yang bagaimana. Hal ini membuat pebisnis menjadi lebih mudah dengan tidak perlu lagi menerima pertanyaan yang berkaitan dengan kategori bisnisnya sehingga waktu pebisnis dalam membalas pesan berkurang.

6. Aktifkan Fitur Label

Cara membuat WA Bisnis Anda menjadi lebih informatif untuk pebisnis sendiri adalah mengaktifkan fitur label pesan. Fitur ini berfungsi untuk mengklasifikasi chat dari konsumen kepada Anda. Pengklasifikasian tersebut dapat Anda tentukan, seperti pesan dari pelanggan baru, pesanan baru, menunggu pembayaran, telah membayar, pesanan selesai, dan lainnya.

Fitur ini sangat membantu Anda untuk lebih mudah membalas pesan dan membantu data untuk dimasukan ke buku kas Anda. Pebisnis juga dapat lebih mudah jika ingin melakukan penindaklanjutan terhadap pesanan konsumen yang belum melakukan pembayaran sehingga Anda tidak akan mendapatkan ghosting.

Cara membuat WA Bisnis Anda dilengkapi dengan fitur label ini adalah dengan menekan dan tahan chat, lalu pilih label, kemudian pilih label yang sudah ada dalam menu atau Anda dapat menambahkan label yang diperlukan. Setelah itu, untuk menemukan pesan teks yang sudah dilabeli, Anda dapat membuka layar chat, kemudian tekan menu, lalu label, pada layar akan terlihat daftar label yang sudah Anda tentukan.

Pada fitur ini Anda juga dapat mengelola label tersebut, misalnya menyunting atau menghapus label, mewarnai label, dan membuat pesan broadcast pada label tertentu. Maka dari itu jika Anda memanfaatkan fitur ini semaksimal mungkin, ini merupakan cara membuat WA Bisnis Anda menjadi lebih informatif dan praktis untuk Anda sendiri.

Kelebihan Aplikasi WA Bisnis

1. Verifikasi Akun

Dengan verifikasi akun WA Bisnis Anda, tentu saja ini berfungsi untuk mengamankan akun Anda dari sembarang orang yang mencoba masuk ke dalam akun Anda. Fitur ini akan mengamankannya dengan cara pendaftaran 6 digit nomor PIN yang akan dikirimkan melalui email atau sms ke nomor dan email yang sudah Anda daftarkan.

Ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email Anda yang akan diberikan tautan jika ada seseorang yang mencoba masuk ke dalam akun Anda. Anda juga dapat menyetel ulang PIN Anda jika lupa dengan cara WA bisnis yang akan mengirimi Anda email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika PIN. Penyetelan ulang PIN secara berkala juga merupakan cara membuat WA Bisnis Anda aman dari peretas data.

2. Daftarkan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Perbedaan yang sangat mencolok antara WA Bisnis dengan WA Messenger adalah pada WA Messenger pengguna hanya dapat menggunakan serta menampilkan satu nomor ponsel saja. Berbeda halnya dengan WA Bisnis, Anda dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. Hal ini sangat menguntungkan dan memudahkan dalam mengelola panggilan yang masuk.

Dengan cara membuat WA Bisnis Anda menjadi seperti ini, dapat memudahkan pebisnis dalam memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal. Hal ini menjadikan percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan urusan bisnis Anda.

3. Mempromosikan Produk dengan Mudah

Pada dasarnya aplikasi WA Bisnis ini merupakan aplikasi yang berbasis komunikasi, namun WA Bisnis juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan promosi produk atau jasa yang Anda jual kepada para konsumen. Promosi produk usaha dapat juga dilakukan dengan mudah dan efisien melalui aplikasi chat omnichannel yang menintegrasikan seluruh saluran komunikasi bisnis Anda dalam satu dashboard.

WA Bisnis memiliki fitur katalog untuk mencantumkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat memajang foto produk Anda pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur ini memudahkan para konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Apabila Anda memasukan produk baru ke dalam katalog Anda, Anda dapat menyebarkan tautan terkait dengan produk baru tersebut kepada konsumen Anda, baik dengan mengirimkan pesan broadcast ataupun media lainnya, seperti instagram atau facebook. Promosi ini juga dapat dibagikan melalui tautan atau kode QR. Sangat canggih bukan?

4. Komunikasi dengan Pelanggan lebih Mudah

Manfaat utama menggunakan WA Bisnis bagi pebisnis adalah mempermudah komunikasi dengan pelanggan. Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan sehingga komunikasi yang terjalin dengan pelanggan akan baik. Hal ini penting karena komunikasi merupakan kunci penting bisnis menjadi sukses.

Selain itu, WA Bisnis memiliki fitur Label dan Statistik, yaitu mempemudah Anda untuk menindaklanjuti pelanggan. Misalnya untuk pelanggan dengan label “unpaid”, Anda dapat memberikan broadcast hanya kepada pelanggan berlabel “unpaid” terkait dengan pembayaran yang harus pelanggan lakukan.

Keuntungan WhatsApp Bisnis untuk UMKM

Kasimpulan yang dapat kami berikan kepada Anda dari artikel cara membuat WA Bisnis agar jualan online maksimal adalah WA Bisnis sangat berbeda dengan WA Messenger. Walaupun kedua aplikasi ini merupakan aplikasi untuk komunikasi antar individu atau kelompok, namun WA Bisnis merupakan aplikasi komunikasi dengan fitur-fitur yang menunjang promosi akun bisnis Anda. Aplikasi ini sangat cocok bagi para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam menjalankan aktifitas berbisnisnya.

Keuntungan yang diberikan WA Bisnis bagi para pebisnis di antaranya, kemudahan dalam promosi produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Misalnya, pebisnis dapat mencantumkan foto produk atau jasa dalam fitur katalog toko dilengkapi dengan deskripsi dan harga dari produk tersebut. Selain itu, jika pebisnis memasukan data produk barunya, pebisnis dapat mengirimkan tautan kepada konsumen melalui pesan broadcast atau memposting tautan tersebut di akun media sosial lainnya (Facebook dan Instagram).

Keuntungan ini juga dirasakan oleh konsumen karena Anda dapat dengan mudah mengakses informasi terkait toko dan produknya tanpa menunggu jawaban pesan teks di WA. Hal ini juga dapat memudahkan Anda dalam bertransaksi dengan penjual karena informasinya sudah ada.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami