11 Aplikasi Sales Lapangan untuk Tingkatkan Kinerja Penjualan

Sebagai sales manajer, mencapai target penjualan dapat diwujudkan dengan meningkatkan efisiensi dalam mengelola proses penjualan di lapangan. Lalu, bagaimana cara untuk mencapai target tersebut?

Salah satu upaya untuk mencapai target penjualan adalah dengan memanfaatkan teknologi secara tepat. Aplikasi sales lapangan yang terintegrasi dapat menjadi solusi cerdas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja di lapangan.

Simak artikel berikut untuk pilihan aplikasi sales lapangan terbaik bagi sales manajer dan pemilik bisnis dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Apa itu aplikasi sales lapangan?

Aplikasi sales lapangan merupakan perangkat lunak untuk membantu sales atau tenaga penjualan dalam mengelola dan memfasilitasi proses penjualan secara efisien di lapangan.

Selain itu, software sales lapangan ini juga dapat diakses melalui smartphone atau tablet, sehingga sales manajer dapat bekerja secara mobile dan mendapatkan informasi penting secara real-time.

Fitur-fitur aplikasi sales lapangan juga berperan dalam membantu sales manajer untuk menjaga kelancaran dan produktivitas tim sales, seperti penjadwalan dan pengiriman yang cepat, pelacakan GPS, dan alat komunikasi dalam aplikasi.

Mengapa bisnis perlu aplikasi sales lapangan?

Mengelola sales lapangan dalam bisnis memiliki banyak tantangan, mulai dari mengoordinasikan jadwal, pengiriman, pelacakan lokasi, pelaporan, analisis data, dan pengoptimalan operasional.

Selain untuk mengelola tim sales dan fungsi administratif, pemilik bisnis maupun sales manajer membutuhkan aplikasi sales lapangan untuk mengatur strategi yang efektif dalam memenuhi permintaan ekspektasi pelanggan yang terus meningkat.

Secara keseluruhan, aplikasi sales lapangan menjadi alat penting bagi bisnis untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan layanan kepada pelanggan secara jangka panjang yang selalu kembali lagi.

Melalui teknologi ini, bisnis Anda dapat optimal secara operasional, mencapai target penjualan, dan tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

Rekomendasi aplikasi sales lapangan terbaik

1. Mekari Qontak

Aplikasi Sales Lapangan untuk Tingkatkan Kinerja Penjualan

Mekari Qontak merupakan aplikasi terbaik sales lapangan  untuk proses penjualan secara otomatis, sehingga proses lebih cepat dan meningkatkan pendapatan usaha.

Selain itu, Mekari Qontak juga meningkatkan layanan penjualan kepada pelanggan dengan terhubung sistem CRM dan berbagai komunikasi bisnis, seperti WhatsApp API, Instagram API, website, email dan lainnya.

Adapun alasan aplikasi sales lapangan Mekari Qontak menjadi pilihan business owner:

  • Monitor seluruh penjualan dan layanan pelanggan
  • Melacak aktivitas karyawan melalui live GPS
  • Aktivitas penjualan hanya melalui 1 dasbor saja
  • Analisis bisnis dengan data yang akurat
  • Dapat terintegrasi dengan saluran bisnis lainnya

2. Delta Sales App

delta sales app

Delta Sales App adalah aplikasi otomasi sales lapangan yang dirancang untuk perusahaan FMCG, manajer penjualan, distributor, produsen yang memiliki karyawan lapangan dan ingin mengotomatiskan proses penjualan lapangan mereka.

Dengan fitur-fitur seperti pelacakan lokasi karyawan berbasis GPS, otomatisasi pesanan, manajemen distributor, perencanaan cepat, manajemen kehadiran dan cuti, aplikasi tenaga penjualan lapangan ini bisa sangat berguna untuk manajemen tim penjualan lapangan.

3. Veloxy

11 Aplikasi Sales Lapangan untuk Tingkatkan Kinerja Penjualan

Veloxy adalah perangkat lunak pengaktifan penjualan untuk membantu pengguna salesforce mengelola aktivitas log, melacak prospek potensial, dan berbagi konten produk dengan pelanggan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Ini memungkinkan agen penjualan mengotomatiskan entri data, mendapatkan wawasan tentang perilaku prospek, serta mencari dan menambahkan prospek menggunakan geolokasi.

Fitur Veloxy termasuk dasbor pelaporan, pemberitahuan otomatis, sinkronisasi data, manajemen kepatuhan, analitik, penjadwalan email, kontrol akses, enkripsi data, dan banyak lagi.

4. SalesRabbit

Aplikasi Sales Lapangan untuk Tingkatkan Kinerja Penjualan

SalesRabbit adalah pelacakan penjualan dan solusi manajemen untuk sales lapangan dari pintu ke pintu dengan alat untuk mengembangkan produktivitas tim secara efektif.

Terdapat tujuan untuk meningkatkan kinerja sales dan meningkatkan konversi penjualan, SalesRabbit menyediakan alat khusus untuk meningkatkan motivasi, efisiensi, dan layanan terbaik.

Selain itu, SalesRabbit memungkinkan manajemen melacak lokasi sales menggunakan pelacakan GPS, sambil memberikan gamifikasi melalui papan peringkat yang menargetkan indikator kinerja utama, dan memfasilitasi komunikasi dengan fungsionalitas obrolan bawaan.

5. LeadSquared

LeadSquared adalah CRM lengkap dan perangkat lunak otomasi pemasaran untuk membantu bisnis menangkap, memelihara, mengelola, dan melacak prospek mereka di satu tempat. Solusi berbasis cloud dirancang untuk perusahaan dan UKM dan menyediakan alat untuk menangkap prospek, memelihara prospek, manajemen penjualan, analitik pemasaran, dan lainnya.

Selain itu, LeadSquared memungkinkan pengguna untuk melacak proses penjualan mereka sejak prospek memasuki sistem hingga menjadi pelanggan, dan bahkan setelahnya. Penangkapan prospek otomatis, distribusi mudah, pelacakan penjualan, pemasaran email dan SMS, dan alur kerja otomasi hanyalah beberapa fitur yang membedakan LeadSquared.

6. Badger Maps

Badger Maps adalah perangkat lunak manajemen sales lapangan yang membantu bisnis mengelola rute, peluang, pengumpulan data, tindak lanjut, wilayah, dan lainnya dari dalam platform terpadu.

Selain itu, Badger Maps memungkinkan aktivitas karyawan lapangan dengan menyiapkan formulir check-in dengan gambar, detail pelanggan, catatan rapat, dan informasi relevan lainnya.

7. OnePage CRM

OnePageCRM adalah CRM sederhana dengan pendekatan unik yang berfokus pada tindakan untuk manajemen kontak.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk menambahkan tugas dan pengingat di samping setiap kontak dan menerima pemberitahuan otomatis saat tugas sudah jatuh tempo.

Dibangun untuk bisnis kecil, OnePageCRM memudahkan untuk menindaklanjuti prospek dan klien serta melacak semua proses dalam bisnis.

Baca Juga: 10 Aplikasi CRM Terbaik untuk Tingkatkan Layanan Bisnis Anda

8. Checkmob

Checkmob adalah solusi manajemen layanan sales berbasis cloud yang dirancang untuk membantu organisasi mengelola operasi di tempat melalui pembuatan formulir kustom, kolaborasi waktu nyata, dan perencanaan aktivitas. Fitur termasuk sinkronisasi data, pelaporan, pelacakan lokasi, analitik, dan penggantian bahan bakar.

Aplikasi ini memungkinkan pengawas untuk menjadwalkan layanan, membuat perintah kerja, dan mendistribusikan tugas di antara teknisi.

Manajer dapat menangani seluruh alur kerja layanan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, membuat daftar periksa kehadiran, dan memantau total jam kerja karyawan.

9. inSitu Sales

inSitu Sales adalah sales lapangan, distribusi, dan solusi manajemen e-Commerce berbasis cloud yang dirancang untuk membantu usaha kecil hingga menengah.

Aplikasi ini mampu mengelola dan merampingkan proses pengambilan pesanan, pembuatan faktur, dan pembayaran.

Dengan data real-time dan fungsi pelacakan GPS, ini memungkinkan perusahaan memantau operasi secara dekat dan berkomunikasi dengan perwakilan lapangan, dengan tujuan meningkatkan efisiensi operasional.

10. Dista Sales

Dista Sales adalah perangkat lunak manajemen penjualan lapangan berbasis cloud yang menyediakan alat bagi bisnis untuk melacak, menangani, dan merampingkan berbagai operasi lapangan pada platform terpusat.

Supervisor dapat memanfaatkan teknologi intelijen lokasi untuk secara otomatis mengalokasikan prospek ke profesional penjualan dan memantau aktivitas mereka di peta secara real-time.

Manajer dapat menggunakan dasbor administratif untuk melacak kehadiran petugas penjualan, mempertahankan jejak audit, dan menganalisis prospek potensial berdasarkan wilayah geografis.

Apa saja manfaat menggunakan aplikasi software lapangan?

1. Efisiensi operasional

Aplikasi software lapangan membantu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan tugas dan proses operasional di lapangan. Tim lapangan dapat mengakses informasi dan tugas terkini, mengurangi kebutuhan untuk tugas manual, dan meningkatkan produktivitas kerja.

2. Akses informasi real-time

Manfaat lain yaitu tim sales lapangan dapat mengakses informasi produk, inventaris, harga, dan data pelanggan secara real-time. Ini membantu dalam memberikan informasi yang akurat dan up-to-date kepada pelanggan dan mengambil keputusan yang tepat sasaran.

3. Pelacakan dan pemantauan

Selanjutnya, aplikasi software lapangan juga dapat membuat sales manajer dan pemimpin tim untuk melacak aktivitas lapangan, pemenuhan target, dan kinerja anggota tim secara real-time.

Hal ini membantu dalam evaluasi kinerja, identifikasi jenis pelanggan dan pengambilan tindakan perbaikan dengan cepat.

4. Optimalisasi rute dan penjadwalan

Adapun manfaat lain adalah dengan adanya perencanaan rute kunjungan yang optimal dan penjadwalan yang efisien untuk tim lapangan. Hal ini membantu menghemat waktu perjalanan dan mengoptimalkan waktu kunjungan ke pelanggan.

5. Peningkatan layanan pelanggan

Dengan akses cepat ke data pelanggan dan riwayat interaksi sebelumnya, tim lapangan dapat memberikan layanan yang lebih dipersonalisasi dan responsif kepada pelanggan. Ini membantu dalam membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.

6. Pencatatan pesanan yang akurat

Aplikasi software lapangan juga dapat melakukan pencatatan pesanan secara langsung, untuk mengurangi risiko kesalahan dan kesalahan entri data. Hal ini membantu dalam menghindari masalah pengiriman atau pengiriman produk yang tidak tepat.

7. Integrasi dengan sistem lain

Manfaat lain dari aplikasi software lapangan dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti CRM, ERP, atau sistem manajemen inventaris, yang memastikan konsistensi data di seluruh departemen perusahaan.

8. Pelaporan yang real-time

Aplikasi software lapangan menyediakan kemampuan untuk menghasilkan laporan penjualan dan kinerja tim secara real-time. Ini membantu manajemen dalam pemantauan bisnis secara keseluruhan dan pengambilan keputusan berdasarkan data yang terbaru.

9. Keamanan data

Hal paling penting, software sales lapangan juga wajib dilengkapi dengan fitur keamanan dan otorisasi, memastikan bahwa data sensitif dan informasi pelanggan aman dan hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

Dengan manfaat ini, aplikasi software lapangan membantu bisnis untuk tumbuh dan menjadi alat penting bagi tim lapangan untuk tetap terhubung, terorganisir, dan produktif di lapangan.

Kesimpulan

Penting untuk mencatat bahwa sebelum memilih aplikasi sales lapangan, penting untuk melakukan evaluasi kebutuhan bisnis Anda, anggaran, dan berbagai fitur unggulan, seperti Mekari Qontak.

Adapun fitur canggih dari Mekari Qontak, seperti kustom laporan, manajemen data, lacak penjualan dan tim sales melalui GPS, terintegrasi dengan omnichannel, dan fitur pendukung lainnya.

Penggunaan aplikasi sales lapangan dapat membantu bisnis Anda mencapai target penjualan, membangun loyalitas pelanggan dan menjaga daya saing di pasar.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kelola tim sales bisnis Anda bersama Mekari.

Referensi

Getapp. “Field Sales Software
B2Field. “Field sales software and field sales CRM systems

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami