Image

Proses administrasi HR lebih mudah Hitung payroll karyawan lebih cepat Kelola absensi karyawan lebih efisien dengan software HR terbaik

Pengelolaan absensi, payroll, reimbursement, sampai administrasi HR terautomasi dengan software HR & HRD berbasis cloud, Mekari Talenta.

daftar karyawan pada aplikasi HR Talenta sistem payroll di software HR Talenta absen karyawan dengan aplikasi HRD mobile Talenta

Hemat waktu dengan proses yang terautomasi

Mekari Talenta dilengkapi dengan berbagai fitur komprehensif yang dapat diakses kapan pun secara online untuk melancarkan proses operasional HR.

icon rupiah

Payroll

End-to-end payroll management untuk meningkatkan efisiensi.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon jam

Attendance

Sistem absensi menyeluruh yang bisa diakses secara mobile.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon ID card

Cloud HRIS

Administrasi HR melalui satu platform terintegrasi.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon rupiah

Expense Management

Percepat reimbursement dan pengajuan pinjaman karyawan.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon graphic

Performance Management

Evaluasi kinerja karyawan berbasis KPI secara objektif.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon graphic analysis

HR Analytics

Optimalkan perencanaan bisnis melalui insight yang akurat.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon button

Employee Self Service

Akses informasi dan kebutuhan karyawan melalui aplikasi mobile.

Pelajari lebih lanjutIcon
icon virus

New Normal

Jaga produktivitas karyawan untuk tetap optimal selama WFH.

Pelajari lebih lanjutIcon

Maksimalkan performa bisnis dengan integrasi

Terus berkembang bersama bisnis-bisnis di Indonesia

Pelajari lebih lanjut
  • icon gedung 3.500+

    perusahaan percayakan Mekari Talenta

  • icon pengguna 350.000+

    karyawan menggunakan fitur ESS

  • icon rupiah > 1 Triliun

    rupiah payroll terproses setiap bulan

Apa itu software HR?

Software HR adalah perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola data karyawan yang ada di perusahaan. Tujuan utamanya adalah menyimpan dan mengolah data karyawan dalam jumlah banyak dengan lebih efisien dan efektif.

Mekari Talenta hadir untuk memberikan solusi tersebut dengan aplikasi HRD yang dapat diakses secara online dan dapat membantu mengotomatisasi proses speerti pembayaran gaji dan absensi dalam suatu dashboard yang mudah digunakan.

Berikut adalah 10 contoh aplikasi HR terbaru yang wajib digunakan oleh HRD perusahaan.

1. Aplikasi Absensi Mekari Talenta
Saat ini HRD perusahaan sudah harus menggunakan absensi online untuk mencatat jam kerja karyawan agar lebih efisien dan efektif. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang menerapkan WFH (work from home), dimana kondisi ini tidak memungkinkan untuk dilakukan absen manual atau offline.

– Fitur utama: Clock in clock out online, terintegrasi payroll, absen dengan GPS, absen dengan face recognition, aplikasi mobile yang user friendly, integrasi dengan mesin fingerprint.
– Manfaat bagi HRD: Mudah monitor kehadiran karyawan melalui dashboard laporan kehadiran. Selain itu aplikasi ini sudah terintegrasi dengan sistem payroll, sehingga tidak perlu menghitung gaji secara manual ketika ada karyawan yang lembur atau cuti
– Manfaat bagi karyawan: Karyawan dapat melakukan dari mana saja dengan fitur GPS dan face recognition. Laporan kehadiran individu karyawan juga dapat diakses dengan mudah.

2. Aplikasi Payroll Mekari Talenta
Salah satu aplikasi untuk HRD yang paling penting adalah perhitungan dan pendistribusian gaji karyawan. Setiap bulannya tim HR akan membayar karyawan mereka atas apa yang sudah dikerjakan. Menggunakan aplikasi payroll yang mampu melakukan kalkulasi dan rekap otomatis seharusnya dapat mempermudah proses penggajian.

– Fitur-fitur utama: Rekap otomatis komponen pajak, terintegrasi dengan sistem kehadiran karyawan, kalkulasi gaji harian atau bulanan, kalkulasi tunjangan otomatis, transfer gaji melalui satu bank saja, pembuatan slip gaji otomatis.
– Manfaat bagi HRD: Dengan sistem yang terautomasi, maka kesalahan dalam perhitungan dapat diminimalisir oleh HRD. Ini akan menjadi solusi untuk masalah salah transfer gaji atau kelebihan dan kekurangan gaji. HRD juga tidak perlu pusing memikirkan biaya admin ketika karyawan mereka memiliki akun bank yang berbeda-beda, karena masalah tersebut dapat terselesaikan dengan Mekari Talenta.
– Manfaat bagi karyawan: Gaji yang diterima karyawan akan selalu akurat dan tepat waktu. Karyawan juga dapat melihat slip gaji mereka secara mandiri tanpa perlu mengirim email.

3. HRIS Talenta
Jika Anda masih menggunakan dokumen fisik dalam mengelola data-data karyawan, maka Anda perlu khawatir ketika dokumen tersebut hilang atau tersimpan tidak rapi. Hal tersebut akan memperlambat kerja tim HRD dan menyebabkan pekerjaan lain terbengkalai. Dengan sistem HRIS online seharusnya hal tersebut tidak terjadi lagi. Keamanannya juga terjamin karena bersertifikasi ISO 27001.

– Fitur-fitur utama: Manajemen database karyawan, onboarding otomatis, pengumuman ke seluruh karyawan, email notifications, approval data berjenjang.
– Manfaat bagi HRD: Segala proses rekrutmen akan menjadi lebih mudah dan data-database kandidat akan tersimpan dengan aman dan rapi. Tim HRD juga dapat mengakses data karyawan dengan cepat.
– Manfaat bagi karyawan: Tidak perlu ragu untuk mempebaharui data pribadi jika menggunakan sistem HRIS online, data akan berubah dengan cepat dan menjadi lebih akurat. Selain itu karyawan juga tidak akan ketinggalan informasi penting dari perusahaan, karena akan mendapatkan notifikasi di smartphone dan email.

4. Expense Management Mekari Talenta
Proses reimbursement karyawan menjadi lebih cepat dan otomatis dengan aplikasi manajemen pengeluaran ini. Karyawan dapat melakukan klaim secara mandiri melalui aplikasi sesuai dengan budget yang telah ditentukan oleh perusahaan.

– Fitur-fitur utama: Pengelolaan reimbursement, cash advance, manajemen pinjaman karyawan, terintegrasi sistem payroll.
– Manfaat bagi HRD: Laporan pengeluaran karyawan dapat dipantau melalui satu dashboard. HRD juga dapat menentukan alur approval saat karyawan mengajukan reimburse atau pinjaman. Terakhir, tim HRD tidak perlu lagi melakukan kalkulasi perhitungan pada payroll karyawan, karena akan terkalkulasi secara otomatis.
– Manfaat bagi karyawan: Karyawan dapat melakukan reimbursement dengan mudah hanya melalui aplikasi mobile Talenta. Proses approval juga transparan, kayawan dapat melihat tahapan approval sudah sampai mana dan oleh siapa.

5. Aplikasi Employee Self Service Mekari Talenta
Karyawan dapat menyelesaikan segala urusan administrasi tanpa perlu bantuan HR. Seperti misalnya merubah data pribadi, pengajuan cuti, cek jadwal kerja dan masih banyak lagi. Hal ini akan meningkatkan kinerja HR, karena HRD perusahaan dapat fokus mengembangkan hal lain selain administrasi karyawan.

– Fitur-fitur utama: Perubahan data pribadi secara mandiri oleh karyawan, pengajuan cuti dan hal lainnya secara mandiri oleh karyawan, akses payslip di mana saja, akses data karyawan lain di mana saja.
– Manfaat bagi HRD: Dengan aplikasi ini, maka tim HRD tidak perlu pusing mengurus administrasi karyawan karena karyawan dapat melakukannya secara mandiri dan data akan tersimpan dengan aman.
– Manfaat bagi karyawan: Tidak perlu lagi mengirimkan email ke tim HRD dan menunggu jawaban dalam waktu lama. Semua proses akan terlihat secara transparan sehingga karyawan akan merasa nyaman.

6. Aplikasi Flexible Benefit
Aplikasi untuk HR yang satu ini adalah aplikasi yang mampu memberikan kebebasan kepada karyawan untuk memilih benefit perusahaan yang ingin digunakan sesuai budget yang telah ditentukan. Perusahaan dapat mengatur alokasi budget sesuai dengan jabatan setiap karyawan di perusahaan.

– Fitur-fitur utama: Earned wage access, benefit perusahaan dapat dipilih secara fleksibel oleh karyawan, vendor benefit yang beragam.
– Manfaat bagi HRD: Aplikasi ini akan membantu tim HR untuk memberikan benefit perusahaan secara efektif dan efisien. Karena tim HR tidak perlu memikirkan kapan benefit tersebut diklaim oleh karyawan.
– Manfaat bagi karyawan: Karyawan dapat memilih benefit perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka kapan saja.

7. Aplikasi HR Helpdesk Mekari Talenta
Pernahkan Anda merasa mendapatkan banyak sekali pertanyaan dari karyawan dan Anda kesulitan untuk mengakomodirnya? Nah, aplikasi yang satu ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Karyawan dapat bertanya melalui Whatsapp kantor dan akan tersambung ke dalam satu dashboard yang dapat dijawab oleh seluruh tim HR.

– Fitur-fitur utama: Chatbot otomatis, akses semua platform chat dalam satu dashboard, satu nomor kontak untuk menghubungi tim HR, dashboard manajemen pelayanan chat.
– Manfaat bagi HRD: Aplikasi ini dapat mengurangi beban tim HR dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berulang. Pertanyaan-pertanyaan dari karyawan juga dapat didistribusikan ke tim terkait untuk dijawab.
– Manfaat bagi karyawan: Pertanyaan-pertanyaan karyawan akan dijawab lebih cepat dan akurat.

8. Aplikasi Formulir Online Mekari Talenta
Aplikasi ini akan membantu perusahaan dalam membuat formulir online untuk tujuan tertentu, contohnya formulir yang harus diisi karyawan saat onboarding, request alat ke perusahaan, survey engagement karyawan dan lain-lain. Data akan tersimpan secara terpusat di dalam perusahaan dan tidak ada pihak ketiga yang memiliki data tersebut.

– Fitur-fitur utama: Formulir online dengan template, menyetujui isi formulir, mengirim formulir ke seluruh karyawan atau karyawan tertentu.
– Manfaat bagi HRD: Aplikasi ini akan sangat membantu dalam melakukan survey kepuasan karyawan atau survey yang lainnya, karena tim HR tidak perlu menyebarkan formulir secara manual lagi. Hasil survey juga langsung direkap secara otomatis.
– Manfaat bagi karyawan: Pengisian formulir dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja sehingga tidak akan mengganggu karyawan saat sedang bekerja.

9. Aplikasi HR untuk Penilaian Karyawan Mekari Talenta
Pantau kinerja setiap karyawan dengan aplikasi ini yang memiliki laporan dalam satu dashboard. Perusahaan dapat menyelaraskan OKR dari setiap individu dan tim dengan lebih mudah.

– Fitur-fitur utama: Monitor progress setiap karyawan dalam mencapai target, feedback kepada setiap karyawan, pemetaan karyawan berdasarkan hasil review.
– Manfaat bagi HRD: Dengan aplikasi ini, tim HRD akan memiliki gambaran yang lebih jelas terhadap karyawan-karyawannya. Hal ini akan membuat tim HRD mengetahui secara efektif apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa karyawan.
– Manfaat bagi karyawan: Seringkali karyawan mendapatkan review yang subyektif dari atasan yang bisa memperburuk performa karyawan. Penggunaan aplikasi ini akan menyelesaikan masalah tersebut, karyawan akan direview secara obyektif dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

10. HR Analytics Mekari Talenta
Tim HRD perlu melakukan analisis terhadap performa kinerja karyawan, turn over karyawan, pengeluaran karyawan, kehadiran karyawan dan yang lainnya. Dashboard laporan yang interaktif dan memiliki visual yang informatif akan sangat membantu untuk membuat keputusan bisnis selanjutnya.

– Fitur-fitur utama: Headcount insight, attendance insight, payroll insight
– Manfaat bagi HRD: Bisa menganalisa setiap data yang tersimpan dengan baik, sehingga akan menghasilkan informasi dan keputusan bisnis yang lebih akurat terkait karyawan di perusahaan.
– Manfaat bagi karyawan: Dengan keputusan bisnis yang akurat, karyawan juga akan merasakan manfaatnya. Karyawan akan bekerja lebih nyaman dan produktif.

Sumber daya manusia (SDM) merupakan motor penggerak utama dari suatu perusahaan untuk mencapai mencapai keberhasilan perusahaan visi dan misi perusahaan.

Dengan memiliki SDM yang memiliki kualitas bagus dan dapat memberikan suatu inovasi baru untuk perusahaan, maka perusahaan akan lebih cepat berkembang dan lebih menguntungkan.

Manajemen sumber daya manusia yang efektif juga akan sangat membantu dalam pengembangan potensi karyawan dalam perusahaan. Lebih lengkapnya mengenai manajemen sumber daya manusia dapat dibaca pada artikel berikut.

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Tugasnya

HR manager adalah mereka yang memiliki tanggung jawab atas segala proses yang berhubungan dengan karyawan suatu perusahaan. Mulai dari perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen karyawan, pengembangan potensi karyawan, mengelola gaji karyawan, mengelola benefit yang diterima karyawan, hingga memastikan semua karyawan di perusahaan tetap sehat dan selamat.

Iya, Mekari Talenta menyediakan sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan di smartphone dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja karena menggunakan teknologi cloud.

Silahkan hubungi tim kami disini untuk mencoba demo aplikasi Mekari Talenta.

Semua data yang ada di dalam aplikasi Mekari Talenta akan terjamin keamanannya, karena kami memiliki kualitas keamanan standar ISO 27001 yang setara dengan bank.

Kami juga menggunakan teknologi enkripsi sehingga data-data yang tersimpan tidak akan dapat dilihat oleh pihak yang tidak berwenang.

Berikut beberapa fitur utama yang dapat membantu HR dalam mengelola sumber daya manusia suatu perusahaan.

Software attendance management: untuk mengelola cuti, absen, jadwal shift kerja, perhitungan lembur dan timesheet karyawan.

Aplikasi absensi online: untuk mengelola kehadiran karyawan tanpa perlu menggunakan mesin fingerprint.

Aplikasi HRIS: untuk mengelola database karyawan, proses rekrutmen hingga manajemen aset.

Software payroll: untuk melakukan penggajian lebih efisien dengan perhitungan yang akurat dan cepat.

Aplikasi slip gaji: untuk mengelola slip gaji karyawan dengan lebih aman dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

 

Image

Percepat pertumbuhan bisnis
bersama Mekari Talenta

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.
WhatsApp Hubungi kami