Image

Cara Mudah Mengaktifkan WhatsApp Multi Device

Kemajuan teknologi semakin tidak terbendung, terutama bidang telekomunikasi. Salah satunya adalah pemanfaatan dari telepon genggam yang awal kemunculannya hanya sebagai penghubung kini sudah merambah, yaitu mengirimkan video atau gambar. Terlebih dengan kemunculan WhatsApp multi device yang semakin mempermudah komunikasi.

Kini dengan bantuan teknologi, telepon genggam tidak hanya dapat mengirimkan pesan suara. Tetapi juga dapat mengirim serta menerima pesan berupa tulisan maupun gambar. Bahkan beberapa dalam bentuk video serta dokumen yang lainnya. Ukurannya pun tidak main-main bahkan sampai minyak mencapai 25 MB.

Salah satu yang menjadi terobosan adalah kemunculan aplikasi perpesanan yang baru yang dikenal sebagai WhatsApp multi device. Awal kemunculannya hanya sederhana sebagai media pengirim serta penerima komunikasi dalam bentuk tulisan yang memanfaatkan kuota internet sehingga lebih murah dan fleksibel.

Namun kini berkembang dengan pesat yang tadinya hanya dapat digunakan pada satu telepon tegang saja ini bahkan merambah hingga dapat digunakan di beberapa perangkat yang disebut dengan WhatsApp multi device. Bahkan, kini dalam 1 telepon genggam dapat digunakan 2 jenis aplikasi perpesanan ini yaitu reguler dan bisnis.

cara gunakan whatsapp multi device

Apa Itu WhatsApp?

WhatsApp merupakan sebuah layanan pesan singkat yang berupa aplikasi dan dapat dimanfaatkan dalam perangkat ponsel berbasis sistem operasi iOS dan Android. Banyak yang memanfaatkan aplikasi ini karena fungsinya semakin berkembang, tidak hanya Untuk mengirimkan pesan dalam bentuk suara maupun tulisan tetapi juga melakukan panggilan berbasis voice, video call dan berbagi keseharian yang disebut dengan Whatsapp Story.

Pada awal kemunculannya, Aplikasi ini hanya dapat diakses menggunakan telepon genggam saja namun seiring perkembangan waktu WhatsApp dapat digunakan pada perangkat komputer, yang dikenal dengan WhatsApp Web Sehingga makin mempermudah penggunanya untuk melakukan aktivitas dengan memanfaatkan laptop atau perangkat PC yang lainnya.

Bahkan kini fungsinya semakin berkembang dengan apa yang disebut sebagai WhatsApp multi device. Artinya aplikasi ini dapat diakses menggunakan beberapa perangkat dalam satu waktu.. Sesuatu hal yang sejak dulu tidak dibayangkan oleh para pengguna Whatsapp. Sebab kemunculan fitur baru ini akan semakin mempermudah pemanfaatannya.

Baca Juga: Cara Jualan Online Laris di Sosial Media dan Marketplace

Mengenal WhatsApp Multi Device

Sejak beberapa bulan yang lalu sudah terdengar bahwa aplikasi ini akan mengembangkan suatu fitur baru yang memudahkan para penggunanya untuk mengakses 1 akun Whatsapp tanpa saling terhubung. Bahkan beberapa waktu yang lalu telah banyak WhatsApp multi device versi beta yang beredar dikalangan penggunanya.

Artinya pihak pengembang aplikasi perpesanan ini sudah mengujicobakan WhatsApp multi device agar dapat digunakan oleh banyak penggunanya. Hasilnya kemudian akan dianalisis apakah ada kelebihan dan kekurangannya.

Jika ditemukan bug, tentu akan mengurangi tingkat kinerja WhatsApp yang selama ini dianggap baik. Oleh karenanya, sebelum dirilis versi baru ini, akan ada versi beta yang dimanfaatkan sebagai uji coba untuk meningkatkan performa jika seseorang mengakses satu akun menggunakan beberapa perangkat beda, namun tidak saling berhubungan.

Lalu kini developer aplikasi perpesanan baru tersebut telah merilis versi terbarunya yaitu WhatsApp multi device yang memungkinkan para penggunanya untuk tetap berhubung dengan akunnya. Namun, memanfaatkan 4 perangkat yang berbeda. Bedanya adalah perangkat utama dimana Akun tersebut berada tidak perlu lagi terhubung.

Karena pada saat ini, agar dapat memanfaatkan akun Whatsapp pada perangkat yang lain maka telepon genggam di mana akun Whatsapp itu terpasang harus selalu terkoneksi dengan perangkat lain yang akan digunakan. Jika koneksi terputus, otomatis perangkat tersebut tidak dapat mengoperasikan WhatsApp.

Namun, kesulitan tersebut Kkni diatasi dengan fiturnya yang baru yaitu WhatsApp multi device yang artinya pengguna dapat mengakses akunnya melalui empat perangkat yang berbeda. Dengan kemudahan yang baru yaitu telepon genggam yang memiliki akun utamanya tidak harus terkoneksi dengan keempatnya.

Hal ini tentu akan memudahkan bagi pengguna aktif WhatsApp karena dapat langsung bekerja pada perangkat tersebut. Antara lain memanfaatkan WhatsApp web yang akan digunakan menggunakan laptop, PC dan lain sebagainya.

Namun, kemudahan WhatsApp multi device ini tidak berlaku tanpa batas waktu. Karena pihak pengembang memberikan waktu selama 14 hari agar dapat melakukan memanfaatkannya. Sebab jika pengguna tidak mengakses WhatsApp yang ada di perangkat utama maka fitur pada multi device akan langsung terputus.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Fitur WhatsApp Multi Device

Fitur baru WhatsApp multi device ini tentu disambut baik oleh para penggunanya. Sebab akan memberikan manfaat yang lebih baik serta pengalaman mengirimkan pesan yang yang lebih menarik. Terutama jika dapat menggunakannya dalam 4 perangkat yang berbeda.

Terlebih lagi jika terbuka kemungkinan untuk menggunakan WhatsApp web di mana saja. Sebab sekarang ini banyak pekerjaan yang diselesaikan menggunakan perangkat komputer laptop atau PC akan merasa sangat terbantu dengan adanya kemudahan WhatsApp multi device ini. Maka pengiriman hasil kerja berupa dokumen atau video dengan ukuran tertentu menjadi lebih mudah

Selanjutnya adalah langkah mudah untuk memanfaatkan fitur WhatsApp multi device pada perangkat yang lain selain telepon genggam yang terpasang sebagai akun utamanya. Anda dapat memanfaatkan laptop atau komputer PC untuk menggunakannya

Lakukanlah pembaharuan aplikasi WhatsApp terlebih dahulu yang sudah dilengkapi dengan fitur terbaru ini, yaitu WhatsApp multi device. Anda dapat melakukan updatenya melalui layanan pada Google App Store, Jika telepon genggam Anda selalu terhubung dengan wi-fi maka secara otomatis proses ini dilakukan oleh WhatsApp.

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp versi terbarunya
  2. Klik iklan titik tiga yang ada pada sudut kanan atas pada layar WhatsApp
  3. Akan terdapat beberapa pilihan Tekanlah pilihan perangkat tertaut atau Link device
  4. Kemudian selanjutnya Bukalah Whatsapp web yang ada pada laptop atau komputer yang akan anda hubungkan dengan perangkat utama tunggulah beberapa saat hingga kode QR terbuka.
  5. Selanjutnya Anda akan melihat halaman WhatsApp web yang menampilkan kode QR tersebut.
  6. Tekan tautkan perangkat yang akan terlihat pada halaman WhatsApp telepon genggam pada pilihan perangkat tertaut.
  7. Selanjutnya WhatsApp akan beralih ke Pindai kode QR.
  8. Selanjutnya Anda harus memindai kode QR yang ada pada WhatsApp web untuk membuka fitur tersebut. Lanjutkan dengan scan otomatis pada pilihan perangkat tertaut tadi.
  9. Setelah proses selesai, maka tampilan pada laptop atau komputer akan sama persis seperti tampilan yang ada pada perangkat utama di mana akun Whatsapp Itu terpasang.
  10. Anda mulai dapat menggunakan WhatsApp web untuk mengirimkan pesan yang anda inginkan.
  11. Jika Anda tidak membutuhkan lagi WhatsApp web maka dapat keluar dari layanan ini caranya yaitu pilihlah ikon tiga titik yang terdapat pada WhatsApp web yang ada pada atas kolom percakapan.
  12. Setelahnya tekan keluar maka secara otomatis anda akan logout dari WhatsApp web ini.

Jika pada versi terdahulunya ketika perangkat utama tidak terkoneksi pada perangkat lain yang akan digunakan untuk membuka akun Anda, maka koneksi akan otomatis terputus. Sekarang tidak, Anda harus mematikannya secara manual. Sehingga Anda harus hati-hati ketika memanfaatkan fitur ini. Terutama jika terpaut pada perangkat yang digunakan umum.

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh fitur WhatsApp multi device adalah pengguna tidak perlu mengkoneksikan ulang perangkat utama yang terpasang akun tersebut. Namun perlu diingat fasilitas ini hanya diberikan selama 14 hari sehingga jika perlu memanfaatkan fitur ini lebih lama lagi, maka tetap harus mengaksesnya menggunakan pada perangkat utama.

Apa yang Fungsi dari WhatsApp Web?

Pemanfaatan fitur ini ternyata dipengaruhi karena adanya fitur yang sebelumnya yaitu WhatsApp web. Lalu apa hubungannya serta bagaimana fungsinya terhadap pemanfaatan WhatsApp multi device yang hendak digunakan pada beberapa perangkat yang berbeda.

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang yang dikembangkan oleh pengembangan pengembang aplikasi perpesanan ini yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan tersebut dengan menggunakan browser Internet komputer. Anda dapat memanfaatkan bisa laptop ataupun desktop.

Pengguna yang memanfaatkan whatsapp-web sebagai bagian dari WhatsApp multi device dapat menggunakannya seperti layaknya chat yang ada pada perangkat utama. Dimana akun tersebut terpasang yaitu telepon genggam.

Anda yang memanfaatkan WhatsApp web dapat menggunakan layanan ini dengan baik. Antara lain mengirimkan serta membaca pesan secara langsung pada browser yang ada di komputer atau laptop. Tentu saja hal ini dapat dilakukan setelah menautkan perangkat aplikasi tersebut.

Fitur ini dapat digunakan karena WhatsApp web memanfaatkan mekanisme yang disebut sebagai mirroring dari aplikasi layanan perpesanan  yang terpasang pada telepon genggam. Karena pada awalnya WhatsApp hanya digunakan sebagai aplikasi berbasis mobile yang artinya harus terpasang pada perangkat smartphone.

Mekanisme lain yang memungkinkan adanya pemanfaatan WhatsApp web adalah karena semua pesan yang dikirim atau diterima yang menggunakan WhatsApp terikat pada nomor telepon genggam yang Anda gunakan. Dengan demikian WhatsApp web perlu mengambil seluruh pesan tersebut sehingga memerlukan waktu.

Layanan WhatsApp Desktop

Layanan tambahan yang yang dapat dimanfaatkan pada fitur WhatsApp multi device adalah WhatsApp desktop. Pada prinsipnya adalah mengakses akun Whatsapp Anda pada perangkat lain yang yang bukan telepon genggam akun terpasang.

Pemanfaatan whatsapp-desktop ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Whatsapp web karena berbagai aspek yang lainnya. Misalnya user interface, design dan semua fitur yang ada sama persis dengan yang ada pada versi webnya.

Bedanya adalah WhatsApp pada versi desktop memiliki aplikasinya sendiri yang dapat langsung terinstal pada PC atau laptop yang berbasis Windows atau Mac. Sementara WhatsApp web harus anda akses menggunakan Browser.

Dengan adanya fitur WhatsApp multi device maka semua perangkat yang anda miliki baik desktop maupun web dapat digunakan untuk mengakses akun utama. Karena bisa jadi dengan perkembangan teknologi ini banyak pekerja yang memanfaatkan beberapa komputer untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

Cara Menggunakan WhatsApp Desktop pada Perangkat yang Baru

Anda dapat memanfaatkan Whatsapp-desktop ketika ingin menggunakan fitur WhatsApp multi device, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi nya lebih dahulu. Pastikanlah bahwa PC atau desktop Anda memiliki sistem operasi Windows 8.1 atau mac OS 10.10.

Selanjutnya Bukalah Whatsapp melalui telepon genggam di mana Akun utama Anda terpasang
Ketuk ikon tiga titik yang terletak pada sudut kanan WhatsApp pada layar telepon genggam
Pilihlah opsi perangkat tertaut atau Link devices. Tekanlah pilihan tersebut.
Tetapkan lensa pemindai yang ada pada telepon genggam pada kode QR yang terlihat pada aplikasi WhatsApp desktop pada layar PC.

Jika anda merupakan pengguna kios Pilihlah menu setting yang terletak pada sudut kanan pada bawah layar. Biasanya gambarnya berbentuk roda lalu Pilihlah menu Link A Device lanjutkan dengan menekan Oke

Setelah semuanya proses tersebut dilampaui maka anda mulai dapat menggunakan WhatsApp versi desktop untuk pekerjaan sehari-hari. Tampilannya akan sama persis dengan yang terlihat pada telepon genggam, karena adanya sistem mirroring aplikasi tersebut.

Versi WhatsApp Lainnya

Jika Anda adalah pelaku bisnis maka fitur WhatsApp multi device sangat sangat berguna untuk sebagai pendukung perkembangan usaha anda pasalnya dengan cara menggunakan WhatsApp web atau desktop anda akan lebih leluasa untuk mengirimkan dokumen yang berhubungan dengan bisnis.

Selain WhatsApp yang reguler developer pun mengembang versi WhatsApp yang yang berbeda yaitu itu WhatsApp API. Akun ini yang dapat anda manfaatkan sebagai aplikasi perpesanan yang difungsikan sebagai media komunikasi usaha.

Perbedaan Antara WhatsApp biasa dengan yang bisnis adalah pada fitur-fitur yang dikembangkan oleh developer untuk mendukung usaha. Pada WA reguler setiap personal dapat menambahkan informasi profil seperti nama pengguna dan info yang lainnya.

Sementara pada WA bisnis pengguna dapat memberikan tambahan informasi yang sehubungan dengan bisnis. Antara lani adanya katalog usaha kemudian identitas bisni yang berhubungan dengan usaha seperti jam buka layanan, kemudahan untuk berbelanja dan lain sebagainya.

Keuntungan yang ditawarkan oleh Wa bisnis adalah begitu mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Karena dilengkapi dengan adanya fitur membalas pesan otomatis yaitu away eassage, greeting message serta quick message sehingga pelanggan merasa terlayani dengan baik.

Anda pun tidak perlu menggunakan nomor yang berbeda ketika sudah merasa cukup dengan menggunakan nomor WA reguler. Sehingga ketika memanfaatkan WhatsApp multi device maka akan tetap terhubung dengan kontak pribadi serta langganan.

Pemanfaatan WA bisnis akan sama amannya jika Anda menggunakan WA reguler karena tetap dilengkapi dengan enkripsi end-to-end dan two factor authentication. Untuk menghindari resiko kebocoran data atau penipu penipuan WhatsApp bisnis pun tetap dilengkapi dengan keamanan yang tingkat tinggi.

Anda pun dapat memanfaatkan fitur WhatsApp multi device pada WA bisnis ini sehingga nanti yang akan terpasang adalah aplikasi perpesanan yang digunakan untuk usaha sehingga dapat lebih mendukung perkembangan bisnis Anda.

Fitur Menarik Lainnya dari WhatsApp

Sebelum developer merilis WhatsApp multi device aplikasi perpesanan ini sudah memiliki fitur lainnya yang membuat para penggunanya enggan berpindah ke aplikasi perpesanan lainnya. Karena dianggap dapat memenuhi seluruh keinginannya serta aman.

Bahkan sekarang WhatsApp tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengirim pesan dalam bentuk suara dan tulisan saja. Tetapi juga untuk memudahkan bisnis dan lainnya. yang paling sederhana adalah mengirimkan WhatsApp Blast atau memasang status WhatsApp yang isinya iklan produk.

Pada dasarnya terdapat banyak pelaku usaha yang sangat terbantu dengan adanya fitur yang paling baru ini yaitu WhatsApp multiple device. Karena akan lebih leluasa menggunakan akun tersebut pada laptop atau desktop yang sudah umum digunakan untuk menuntaskan pekerjaan.

Dengan adanya WhatsApp Multi Device, maka terdapat kemudahan untuk mengirimkan media yang memudahkan pelaku usaha untuk mengirimkan dokumen, foto atau hal lainnya yang mendukung perkembangan bisnisnya langsung dari laptop menuju akun chat pengguna lainnya.

1. Teks

Fitur ini adalah dasar dari aplikasi WhatsApp Yaitu anda dapat mengirimkan perbesaran yang sederhana secara gratis dengan memanfaatkan tulisan.

2. Panggilan Suara

Selayaknya seperti telepon biasa, Anda pun dapat melakukan panggilan suara menggunakan aplikasi perpesanan ini. Bahkan sekarang kualitasnya lebih baik dengan adanya suara yang lebih jernih dan tidak adanya delay Time.

3. Panggilan Video

Anda Pun dapat melakukan panggilan video menggunakan aplikasi ini yang artinya dapat langsung bertatapan muka dengan lebih dari 1 orang pada layar tersebut.

4. Membagikan Dokumen

Ini WhatsApp juga dilengkapi dengan kemungkinan untuk membagikan dokumen yang diperlukan dalam format PDF maupun word dengan demikian pelaku usaha akan sangat terbantu.

Hal yang sama dapat anda lakukan jika menggunakan fitur WhatsApp multi device apalagi jika dokumen yang itu tersimpan pada perangkat laptop. Tentu proses ini akan jauh lebih mudah.

5. Membuat Group

Aplikasi perpesanan ini pun dapat memungkinkan Anda membuat grup dengan jumlah personal yang cukup banyak. Sehingga dapat berkoordinasi dengan baik menggunakan fitur ini.

Agar lebih dapat berkembang menggunakan WhatsApp multi device, Anda dapat berkonsultasi dengan Mekari yang memiliki berbagai macam aplikasi CRM untuk memudahkan semua bisnis di Indonesia dalam mengelola pelanggannya.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami