Home / Blog / Digital Transformation

Daftar Harga WhatsApp Business API Terbaru

daftar harga whatsapp business terbaru
Daftar isi
Mode

WhatsApp Business API menjadi pilihan terbaik bagi pengusaha dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Harga WhatsApp Business API juga memiliki tarif yang beragam.

Jika WhatsApp Business masih bisa digunakan secara gratis dengan fitur terbatas, berbeda dengan layanan WhatsApp Business API yang memiliki harga tertentu untuk berbagai fitur yang ada.

Lalu, berapa harga WhatsApp Business API terbaru? Apa saja ketentuan penggunaan layanan ini? Yuk, simak melalui artikel berikut ini.

Ketentuan Biaya WhatsApp Business API Terbaru

WhatsApp Business API menjadi layanan aplikasi chat yang tidak hanya sebagai media penghubung komunikasi dengan pelanggan, namun juga sebagai media marketing produk usaha. WhatsApp Business API tidak bisa diakses secara gratis, terdapat penetapan sistem berbayar dari developer.

Sebelumnya, Meta memberlakukan arif yang berlaku bervariasi tergantung dari mana awal percakapan dimulai, apakah dari pihak bisnis (Business Initiated Conversation) atau dari pihak pelanggan (User Initiated Conversation).

Untuk inisiasi percakapan oleh pelanggan, biayanya adalah Rp271 per pesan, sedangkan untuk inisiasi percakapan oleh bisnis, biayanya adalah Rp465 per pesan.

Melansir dari Facebook, terdapat penetapan tarif mulai 1 April 2023 bagi pengguna layanan WhatsApp Business API. Berdasarkan perhitungan terbaru, biaya layanan WhatsApp API dihitung berdasarkan percakapan yang dikirim selama 24 jam ketika mengirimkan pesan pertama kali.

Adapun penentuan biaya layanan berdasarkan kategori percakapan. Berikut ketentuan biaya penggunaan WhatsApp Business API terbaru, diantaranya:

1. Utility Conversation

Kategori ini memberikan informasi kepada pelanggan terkait proses transaksi tertentu dengan tujuan untuk konfirmasi, penangguhan, atau mengubah transaksi atau langganan.

Harga utility conversation dari Mekari Qontak sebesar Rp596.33 per satu pesan dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

2. Authentication Conversation

Selanjutnya ada kategori dari authentication conversation untuk autentifikasi pengguna dengan kode sandi satu kali (OTP). Misalnya, verifikasi akun dan pemulihan akun.

Terdapat pembatasan konten dengan tidak diizinkan untuk adanya URL, media, atau emoji dalam template ini. Adapun batasan setiap parameter yaitu maksimal 15 karakter.

Harga authentication conversation dari Mekari Qontak sebesar Rp437.97 per pesan dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

3. Marketing Conversation

Marketing conversation berisi tentang promosi atau penawaran kepada pelanggan, pembaruan informasi, atau undangan untuk respon dan mengambil tindakan. Misalnya, mengikuti program loyalitas.

Harga marketing conversation dari Mekari Qontak sebesar Rp437.97 per pesan dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

4. Service Conversation

Berikutnya ada service conversation yang bertujuan untuk membantu menjawab pertanyaan seputar produk atau kendala dari pelanggan.

Misalnya, terdapat pelanggan mengirim pesan terkait layanan produk atau pelanggan, lalu Anda membalas pesan tersebut dengan bebas dlaam waktu 24 jam.

Jika dalam periode waktu tersebut tidak ada 3 jenis percakapan lain, maka termasuk dalam percakapan berbasis layanan (service).

Harga service conversation dari Mekari Qontak sebesar Rp437.97 per pesan dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Fitur WhatsApp Business API

Setelah melihat berapa harga WhatsApp API untuk bisnis yang terbaru, Anda juga wajib mengetahui berbagai fitur layanan WhatsApp API. Adanya penambahan fitur terbaru sangat membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan customer experience secara efektif.

Berikut fitur dari layanan WhatsApp Business API, diantaranya:

1. Profil Usaha

Melalui fitur ini, Anda dapat mencamtumkan identitas bisnis atau perusahaan. Mulai dari nama bisnis/toko, deskripsi bisnis, alamat, jam kerja, kategori bisnis, dan lain-lain. Fitur ini juga bisa Anda dapatkan melalui WhatsApp Business biasa.

2. Katalog Produk

Selanjutnya ada fitur untuk katalog produk. Fitur ini berupa layanan informasi yang dapat mencamtumkan katalog produk di profil WhatsApp Business API. Calon pelanggan akan lebih mudah dalam melihat informasi produk beserta foto produk.

3. Verifikasi Centang Hijau

Adanya centang hijau pada profil sebagai verifikasi bahwa akun WhatsApp Business terdaftar secara resmi. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. WhatsApp Blast

Penambahan fitur WhatsApp Blast ini untuk mengirimkan pesan ke ribuan nomor pelanggan secara bersamaan sesuai template pesan, tanpa takut untuk diblokir.

5. Chatbot

Chatbot WhatsApp merupakan fitur untuk mengarahkan pelanggan sesuai langkah-langkah yang sudah diatur sebelumnya.

Misalnya untuk transaksi penjualan, pembayaran, pengajuan return produk, dan lain-lain. Hal tersebut dapat menggunakan chatbot, sehingga pelanggan mengikuti informasi yang sudah diatur oleh pemilik bisnis.

6. Integrasi API WhatsApp

Layanan WhatsApp API juga dapat terintegrasi dengan sistem layanan lain. Anda dapat menghubungkan aplikasi, seperti Instagram, Telegram, Line, Facebook untuk terhubung dengan WhatsApp Business.

Integrasi ini sangat memudahkan bagi Anda dalam membalas pesan pelanggan dari berbagai media sosial dalam satu dashboard.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait fitur dan harga WhatsApp Business API terbaru. Pengelolaan komunikasi pelanggan sangat penting untuk menunjang kepercayaan terhadap perusahaan. Adanya berbagai layanan pelanggan, seperti aplikasi customer service sangat menbantu perusahaan. Tunggu, apalagi? Mari kelola operasional perusahaan Anda bersama Mekari.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami