Home / Blog / Tech & Inovation

Cara Mudah Blast WA ke Ribuan Nomor Sekaligus

Cara Mudah Blast WA ke Ribuan Nomor Sekaligus
Daftar isi
Mode

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp, namun bagaimana dengan fitur-fiturnya? WhatsApp memiliki beragam fitur menarik yang dapat dimanfaatkan pebisnis untuk memaksimalkan usahanya. Adapun salah satunya adalah WhatsApp (WA) blast.

Apakah Anda pernah mendengar fitur WA blast? Apa itu WhatsApp blast? Bagaimana cara mengirim pesan WA blast? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang fitur WA blast di bawah ini!

Apa itu WA Blast?

WhatsApp (WA) blast adalah fitur WhatsApp Business API di mana Anda dapat mengirimkan pesan massal ke ribuan nomor sekaligus tanpa harus menyimpan kontak terlebih dahulu. Cara blast WhatsApp sangat mudah dan praktis untuk dilakukan, khususnya bagi para pebisnis.

Kemudahan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh banyak pebisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu singkat. Selain memberikan kemudahan dan manfaat, WhatsApp blast juga terjamin keamanannya, karena dilengkapi dengan sistem end-to-end encryption.

Baca Juga: Panduan Lengkap WhatsApp Business API

Perbedaan Blast dengan Broadcast

Sekilas fitur blast WhatsApp ini tidak jauh berbeda dengan fitur broadcast yang dapat ditemukan di aplikasi WhatsApp biasa. Namun demikian, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaannya?

Berikut adalah perbedaan fitur WhatsApp blast dan broadcast:

1. Jumlah Kontak

Perbedaan blast dan broadcast yang pertama adalah jumlah kontak yang bisa dikirimi pesan. Di mana tidak ada batasan jumlah kontak pada fitur blast. Sementara broadcast terbatas hanya dapat mengirim pesan ke 256 kontak saja.

2. Nomor Tujuan Menyimpan Nomor Anda

Untuk melakukan broadcast, nomor tujuan harus menyimpan nomor Anda. Sedangkan penggunaan blast dapat memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan meskipun nomor tujuan tidak menyimpan nomor Anda.

3. Anda Menyimpan Nomor Tujuan

Fitur broadcast memiliki keterbatasan di mana Anda hanya dapat mengirimkan pesan ke nomor tujuan yang telah Anda simpan ke dalam kontak saja. Namun, ini berbeda dengan blast yang tetap dapat dilakukan meskipun Anda tidak menyimpan nomor tujuan.

4. Waktu Delay Pesan

Dengan menggunakan WA blast, Anda dapat mengatur waktu delay pesan sesuai kebutuhan, di mana pesan dapat terkirim saat itu juga. Sementara pada broadcast WhatsApp, terdapat  jeda antar pesan yang terkirim (diatur otomatis oleh WhatsApp). Sehingga pesan tidak terkirim dalam waktu yang bersamaan.

5. Personalisasi

WhatsApp blast dilengkapi dengan fitur personalisasi yang dinamis. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan. Berbeda halnya dengan broadcast yang tidak bisa mengirim pesan secara personal.

Bagaimana Cara Blast WA ke Ribuan Nomor Sekaligus?

YouTube video

Setelah mengetahui apa itu WA blast dan perbedaanya dengan broadcast WhatsApp, kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara blast WA yang tepat.

Berikut adalah cara mengirim pesan WA blast ke ribuan kontak sekaligus.

1. Gunakan akun WhatsApp API yang telah terverifikasi

Sebelum mulai mengirimkan pesan WA blast, Anda perlu memastikan bahwa akun Anda telah terverifikasi sebagai WhatsApp API. Anda dapat memeroleh akun WhatsApp Business API resmi dan aplikasi WA blast terbaik di Business Solution Partner seperti Mekari Qontak.

Aplikasi WhatsApp Blast Mekari Qontak

2. Siapkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan blast

Setelah mendaftarkan akun Anda sebagai WhatsApp API, buatlah daftar kontak yang akan dikirim pesan blast. Susun nomor-nomor tersebut pada Excel atau csv, lalu unggah ke sistem Mekari Qontak. Anda juga dapat memasukkan nomor-nomor tersebut secara manual.

3. Buat templat pesan blast

Kemudian, lanjutkan dengan membuat templat pesan blast yang akan dikirimkan ke penerima pesan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan templat yang telah tersedia atau mengkustomnya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Namun demikian, isi pesan tidak boleh mengandung kalimat hard-selling seperti kata diskon atau promosi lainnya. Selain itu, Anda juga harus membuat templat ini minimal 1×24 jam sebelum pesan dikirimkan. Karena pihak WhatsApp akan melakukan review terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada pelanggan yang dilakukan.

4. Kirimkan pesan WA blast

Langkah yang terakhir adalah mengirimkan pesan blast ke banyak kontak. Anda dapat menggunakan templat yang telah disetujui WhatsApp dan mengirim pesan ke daftar kontak yang telah dibuat.

Lalu, tunggu beberapa menit untuk menunggu sistem bekerja. Sistem akan secara otomatis mengirimkan pesan blast Anda di waktu yang sama.

Keuntungan Anda menggunakan WA Blast

Selain memberikan kemudahan, WA blast ternyata juga memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Keuntungan WA blast yang pertama adalah membantu bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara efektif. Hanya dengan satu klik, Anda dapat mengirimkan pesan ke banyak nomor sekaligus.

2. Kemudahan dalam menjangkau target pasar baru

Blast WhatsApp memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke banyak nomor meskipun nomor tujuan tidak menyimpan kontak Anda. Sehingga dapat membantu Anda untuk menjangkau target pasar baru secara mudah.

3. Meningkatkan hubungan pelanggan

Aplikasi WhatsApp blast dilengkapi dengan fitur personalisasi yang memungkinkan penggunanya untuk tidak hanya mengirimkan pesan dengan templat yang sama, tetapi juga dapat dipersonalisasi seolah dikirim secara personal.

Hal ini kemudian dapat membantu bisnis untuk meningkatkan hubungan erat dengan pelanggan. Mengingat, pelanggan akan merasa senang dan lebih dihargai ketika mereka diberikan layanan yang personal.

4. Mempermudah pengumpulan feedback pelanggan

Keuntungan blast WhatsApp yang terakhir adalah mempermudah bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Anda dapat menggunakan WA blast untuk mengirimkan pesan yang berisikan survei kepuasan pelanggan untuk meminta feedback mereka.

Feedback pelanggan sangat penting bagi bisnis, karena tidak hanya dapat memberikan perbaikan tetapi juga menjadi wawasan penting untuk meningkatkan pelayanan dan penjualan bisnis ke depannya.

Apakah WA Blast berbayar?

Penggunaan WhatsApp blast berbayar, di mana pihak WhatsApp atau Meta akan mengirimkan invoice ke email penggunanya di minggu pertama setiap bulannya.

Namun demikian, perlu ketahui bahwa WhatsApp tidak akan memungut biaya blast untuk 1.000 percakapan pertama setiap bulannya. Ini artinya Anda dapat menggunakan WhatsApp blast secara gratis dengan batasan tertentu. Hal ini berlaku baik percakapan yang diinisiasi pengguna ataupun pelaku bisnis.

Dapatkan Aplikasi WA Blast Terbaik di Sini!

WhatsApp Blast Mekari Qontak

Itu dia pembahasan tentang WhatsApp blast lengkap dengan cara mengirim pesan WA blast  ke ribuan kontak yang dapat Anda coba. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Namun perlu diingat, aplikasi WA blast terbaik hanya dapat diperoleh melalui penyedia API WhatsApp resmi seperti Mekari Qontak. Selain WA blast, Mekari Qontak juga menyediakan centang hijau WhatsApp dan berbagai solusi pendukung bisnis lainnya.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan dan telah terverifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda. Jadi tunggu apa lagi? Kunjungi website official Mekari Qontak sekarang juga!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami