Home / Blog / Digital Transformation

Perbedaan Cara Broadcast Whatsapp Biasa dengan BOT

cara broadcast pesan melalui whatsapp
Daftar isi
Mode

Broadcast whatsapp menjadi salah satu hal yang menguntungkan bagi kalangan pemilik bisnis untuk melakukan komunikasi dengan para pelanggannya. Dengan fitur broadcast dapat membuat anda lebih banyak mengirimkan pesan secara massal dengan mode pemberitahuan atau promosi pada beberapa produk tertentu.

Dengan fitur tersebut membuat para pemilik usaha atau bisnis, tidak perlu mengirimkan pesan satu persatu. Untuk anda yang penasaran dengan broadcast whatsapp bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Broadcast Whatsapp

Broadcast whatsapp adalah pesan yang dikirimkan secara massal kepada banyak nomor dan sekaligus pada pengguna Whatsapp Business API. Dengan adanya fitur tersebut, juga membuat anda tidak perlu membuat satu pesan dan dikirimkan satu persatu.

Pada fitur tersebut mempunyai cara otomatis untuk mengirimkan pesan kepada banyak nomor yang ada di dalam kontak smartphone anda. Lebih menariknya lagi, anda juga tidak perlu lagi memilih ulang kontak yang akan menerima pesan siaran setiap kali mengirimnya.

Untuk pesan broadcast ini hampir terlihat sama seperti dari Whatsapp biasa. Sedangkan untuk kontak nomor telepon yang menerima pesan siaran dari anda, juga akan sama seperti mendapatkan pesan individual dan pesan balasan juga tetap terlihat di layar chat.

Baca Juga: Cara Mudah Blast WA ke Ribuan Nomor Sekaligus

Kelebihan Menggunakan Broadcast Whatsapp

Pada saat anda menggunakan cara termudah, pasti mempunyai beberapa kelebihan sebagai alat daya tarik terhadap pelanggan.

Sama halnya, ketika anda menggunakan broadcast whatsapp ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan oleh para penggunanya. Untuk beberapa kelebihan yang bisa didapatkan adalah:

1. Sebagai Media Pemasaran yang Paling Efektif

Kelebihan yang pertama pada saat menggunakan broadcast whatsapp adalah menjadi media paling efektif ketika melakukan pemasaran produk atau jasa. Seperti yang anda ketahui untuk meningkatkan penjualan, anda membutuhkan strategi pemasaran secara baik dan benar.

Nah, dengan adanya fitur broadcast whatsapp ini dapat memudahkan para pemilik bisnis atau usaha untuk melakukan promosi produk secara lebih efektif. Bahkan, dengan satu pesan yang anda sudah kirimkan ini dapat dijadikan alat untuk memberitahukan pengumuman mengenai produk baru, diskon dan juga voucher.

Sangat disarankan, untuk penggunaan pesan broadcast bisa memilih kata-kata yang mudah untuk dipahami. Dengan kata-kata yang mudah dipahami ini memberikan kemungkinan para penerima pesan lebih mudah memahami dan penasaran pada produk tersebut.

2. Lebih Efisien dan Menghemat Waktu

Kelebihan kedua yang bisa didapatkan ketika menggunakan broadcast whatsapp adalah lebih efisien dan dapat menghemat waktu. Seperti yang diketahui, dengan menggunakan satu pesan dan sekali pengiriman saja, para pemilik usaha atau bisnis sudah mampu menjangkau banyak pelanggan di dalam waktu singkat.

Untuk cara kali ini tentu saja sangat efisien dan dapat lebih menghemat waktu, dibandingkan harus melakukan penyebaran pesan dengan menggunakan metode lainnya. Selain itu, whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat dan untuk alat berkomunikasi.

Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang menggunakan aplikasi whatsapp, memberikan kemungkinan mereka pun juga akan membaca pesan tersebut. Tanpa disadari dengan menggunakan cara tersebut, juga bisa menaikkan pendapatan perusahaan.

3. Dapat Melakukan Interaksi Secara Langsung Terhadap Para Pelanggan

Mempunyai komunikasi yang baik dengan para pelanggan adalah satu hal yang sangat penting di saat memiliki usaha atau bisnis. Untuk broadcast whatsapp kali ini, dapat memberikan kemudahan untuk para pemilik usaha atau bisnis untuk menjawab pesan dari pelanggan serta langkah follow up pelanggan dengan mudah.

Selain itu, dengan menggunakan fitur kali ini, juga dapat mengingatkan para pelanggan untuk menyelesaikan transaksi pembelian produk. Hal tersebut membuat para pelanggan merasa dengan diperhatikan dan diprioritaskan terhadap pemilik usaha atau bisnis.

4. Mendapatkan Harga yang Lebih Murah dan Mudah

Mendapatkan harga yang lebih murah dan mudah ini menjadi keuntungan paling akhir, ketika menggunakan cara broadcasting whatsapp. Pada saat membuat pesan siaran usaha atau bisnis pada whatsapp ini hampir sama dengan membuat pesan biasa.

Begitu juga untuk notifikasi yang diterima oleh pelanggan juga masih sama seperti sama. Dengan pemberitahuan atau suara notifikasi yang sama ini, juga akan mempermudah para pengguna whatsapp untuk mengetahui bahwa ada pesan masuk dan sesegera mungkin membacanya.

Pada saat anda menggunakan fitur broadcast whatsapp ini tidak memerlukan para pemilik usaha atau bisnis untuk mengeluarkan dana tambahan lagi. Dengan hal tersebut juga dapat membuat para pemilik usaha atau bisnis lebih hemat, dibandingkan menggunakan beberapa media pemasaran lainnya seperti pamflet, media cetak dan lain sebagainya.

Syarat Pada Saat Melakukan Broadcast Whatsapp

Ketika menggunakan aplikasi yang mempunyai hubungan dengan strategi pemasaran, pasti ada beberapa syarat dan ketentuan harus diperhatikan terlebih dahulu.

Berikut beberapa cara broadcast whatsapp, diantaranya:

  • Melakukan penyimpanan pada smartphone atau gadget terlebih dahulu nomor-nomor yang ingin dikirimkan pesan broadcast.
  • Di dalam kurun satu waktu yang sama, para pemilik usaha dapat menerapkan broadcast whatsapp sebanyak 256 kontak.
  • Pihak aplikasi whatsapp tidak membatasi jumlah pesan yang akan dikirimkan oleh para penggunanya. Akan tetapi, dengan mengirim pesan dengan jumlah banyak dan di waktu singkat bisa dianggap spam. Bahkan, juga bisa saja langsung di blokir oleh pihak aplikasi whatsapp. Sehingga, untuk langkah yang bisa diambil adalah memberikan jeda beberapa menit sebelum melakukan mengirimkan pesan secara massal.

Untuk beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan broadcast whatsapp ini tampak kurang efisien. Pasalnya, para pemilik bisnis tidak akan bisa untuk menyimpan semua kontak dari para pelanggan, kecuali ketika sudah menjadi konsumen tetap pasti nomor handphone akan disimpan.

Cara Broadcast Whatsapp Pada Aplikasi Biasa

1. Pengguna Perangkat Android

Saat ini hampir semua smartphone yang digunakan oleh kalangan masyarakat sudah terpasang dengan aplikasi whatsapp. Akan tetapi, untuk anda para pengguna perangkat android ada beberapa cara broadcast whatsapp yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Anda bisa langsung saja memberikan klik pada titik tiga yang berada di bagian kanan atas.
  2. Setelah anda memilih titik tiga tersebut akan diberikan banyak pilihan menu. Sedangkan untuk pilihan menu yang dipilih adalah “siaran baru” atau “new broadcast”.
  3. Ketiga adalah melakukan pemilihan kontak mana saja yang akan dikirimkan pesan. Perlu diingat lagi untuk pemilihan kontak maksimal 256.
  4. Berikan klik pada ikon centang di halaman tersebut.
  5. Anda akan langsung dialihkan pada halaman chatting pesan untuk melakukan broadcasting.
  6. Para pemilik usaha atau bisnis bisa membuat pesan semenarik mungkin. Sedangkan untuk para pemilik usaha atau bisnis yang ingin mencantumkan foto, video dan lokasi juga bisa dilampirkan.
  7. Ketika semua sudah dilakukan secara baik dan benar, maka bisa memilih kotak yang bertuliskan “send”.

2. Pengguna Perangkat iOS

Sedangkan untuk anda pengguna pada perangkat dengan sistem iOS juga ada beberapa cara broadcast whatsapp yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Untuk cara atau langkah yang dapat dilakukan adalah:

  1. Anda bisa langsung saja memilih menu yang bertuliskan “broadcast lists”. Untuk menu tersebut biasanya berada di halaman kiri bagian atas halaman “chats”.
  2. Buat daftar kontak yang ingin dikirim pesan broadcast. Lalu klik pada “new list” dan langsung saja pilih beberapa kontak yang ingin diberikan pesan tersebut.
  3. Tampilan langsung berubah menjadi seperti chat room baru. Di langkah tersebut, anda bisa langsung saja membuat pesan broadcast dengan kata-kata yang menarik.
  4. Buat pesan yang ingin dikirimkan pada semua kontak yang sudah dipilih-pilih pada sebelumnya. Sedangkan untuk anda yang ingin mencantumkan foto, video, lokasi dan lain-lain juga bisa dilampirkan pada pesan tersebut.
  5. Anda bisa langsung saja memilih kolom atau ikon yang bertuliskan “send”.

Cara Broadcast Whatsapp Dengan Menggunakan BOT

Era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali macam-macam jenis aplikasi whatsapp yang bermunculan. Apalagi untuk aplikasi whatsapp yang di khususkan untuk para pemilik bisnis atau usaha, sangat banyak sekali pilihannya.

Sampai dengan saat ini juga sudah banyak dari kalangan masyarakat yang menggunakan aplikasi whatsapp BOT. Ada banyak sekali fitur yang bisa didapatkan ketika menggunakan aplikasi whatsapp BOT tersebut.

Untuk beberapa cara yang bisa dilakukan para pengguna whatsapp BOT adalah:

1. Melakukan Pendaftaran Bisnis Pada Whatsapp Official Partner

Pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pendaftaran bisnis atau usaha pada whatsapp official partner terlebih dahulu.

Untuk melakukan pendaftaran tersebut bisa dilakukan pada business solution provider, seperti Mekari Qontak.

2. Melakukan Verifikasi Akun Bisnis

Selanjutnya, anda melakukan verifikasi akun bisnis dengan menggunakan beberapa media sosial seperti Facebook Business Manager. Dengan bantuan media sosial tersebut, bisa menunjukkan bahwa akun whatsapp sudah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan pada sebelumnya.

Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan supaya dapat menjadi salah satu akun terverifikasi. Untuk beberapa syarat yang harus diperhatikan dan harus dipenuhi adalah:

  • Nama dari perusahaan tersebut.
  • Email perusahaan atau bisnis secara resmi.
  • URL website perusahaan yang resmi.
  • NPWP/SIUP dan NIB pada perusahaan atau bisnis.

3. Mengaktifkan Nomor Telepon dan Mengisikan Profil Secara Lengkap

Selanjutnya yaitu mengaktifkan nomor telepon dan mengisikan profil secara lengkap. Usahakan menggunakan satu nomor telepon yang dikhususkan untuk kontak bisnis, setelah itu anda bisa melakukan pengaktifan terlebih dahulu.

Setelah proses mengaktifkan nomor, maka anda bisa langsung saja mengisikan halaman profil whatsapp secara lengkap dan jelas. Untuk kali ini memang diperlukan untuk para pelanggan untuk mengenali bisnis dan juga branding dari perusahaan tersebut.

Nomor pada bisnis yang berhasil terverifikasi ini akan mendapatkan centang hijau. Untuk nama bisnis yang akan terlihat di layar pelanggan secara otomatis, meski belum menyimpan kontak.

4. Membuat Daftar Kontak Broadcast Terlebih Dahulu

Pada saat anda ingin melakukan broadcast whatsapp, pasti akan diperlihatkan pilihan menu di tampilan utama yang bertuliskan “lists”. Di dalam menu tersebut,anda bisa langsung saja melakukan unggahan beberapa nomor telepon yang ingin dikirimkan pesan broadcast.

Ketika semua nomor telepon sudah diunggah sampai dengan selesai, maka untuk bentuk dari pesan broadcast tersebut adalah CSV atau Excel. Setelah itu, para pelaku broadcast bisa langsung saja memilih menu yang bertuliskan “create new list”.

5. Membuat Template Pada Pesan Broadcast Whatsapp

Selanjutnya dengan membuat template pesan untuk broadcast whatsapp. Para pengirim pesan broadcast whatsapp harus membuat template pesan yang sangat menarik. Untuk membuat template pesan bisa langsung saja memilih menu “add new template”. Biasanya untuk membuat menu template pesan ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 x 24 jam sebelum proses pengiriman.

Pasti ada beberapa orang yang bertanya-tanya kenapa membutuhkan waktu terlebih dahulu, sedangkan untuk jawabannya adalah semua template akan ditinjau langsung oleh pihak aplikasi whatsapp. Usahakan di dalam template pesan tersebut tidak boleh berisikan atau mengandung konten hard selling.
Beberapa kata-kata yang mengandung hard selling seperti, diskon besar-besaran, buy 1 get 1 dan masih banyak lainnya. Di dalam pesan tersebut tidak hanya berbentuk tulisan saja, akan tetapi anda bisa juga memasukkan gambar, video atau beberapa dokumen pada template pesan tersebut.

6. Mengirimkan Pesan Broadcast Whatsapp

Apabila untuk template yang sudah dibuat berhasil disetujui oleh pihak aplikasi whatsapp, maka bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Untuk langkah selanjutnya yaitu memberikan klik pada menu “new broadcast message”.

Di dalam menu tersebut anda bisa langsung saja mengirimkan pesan broadcast pada semua kontak yang sebelumnya sudah anda pilih. Selain itu, pilih saja opsi menu kampanye dan lalu membuat struktur kampanye sesuai dengan keinginan.

Untuk semua pesan yang sudah dibuat pada broadcast whatsapp ini akan terkirim secara otomatis dengan hitungan menit. Bahkan, untuk kontak yang sudah dipilih juga bisa langsung menerima secara pesan penawaran atau promosi dari broadcast whatsapp tersebut.

Perbedaan Cara Broadcast Whatsapp Biasa Dengan BOT

Seperti yang diketahui untuk aplikasi whatsapp di jenisnya ada banyak sekali. Pada setiap aplikasi whatsapp mempunyai perbedaan yang harus dipahami oleh para penggunanya. Untuk perbedaan cara broadcast whatsapp biasa dengan BOT adalah:

1. Whatsapp Business BOT

  • Ketika menggunakan aplikasi whatsapp business BOT tidak ada jumlah batasan kontak ketika ingin mengirimkan pesan.
  • Para pengguna aplikasi whatsapp business BOT tidak perlu melakukan penyimpanan kontak secara manual.
  • Semua nomor penerima tidak perlu lagi disimpan pada smartphone yang anda gunakan.
  • Pesan broadcast bisa langsung terkirim secara otomatis. Sehingga, anda bisa mengatur juga delay pesan sesuai dengan keinginan.
  • Mempunyai fitur personalisasi yang lebih dinamis.
  • Mempunyai macam-macam fitur yang mendukung strategi marketing. Beberapa fitur yang bisa digunakan adalah grab kontak grup. ekspor dan impor kontak, scrape nomor dan masih banyak lainnya.

2. Aplikasi Whatsapp Biasa

  • Pada saat melakukan broadcast whatsapp untuk pemilihan kontak yang akan dikirimkan pesan dibatasi maksimal 256 saja.
  • Semua pengirim harus melakukan penyimpanan kontak secara satu persatu atau manual.
  • Penerima pesan broadcast whatsapp harus wajib menyimpan nomor. Sehingga, di saat tidak menyimpan nomor whatsapp juga tidak bisa menerima pesan broadcast.
  • Semua pesan yang akan dikirimkan melalui broadcast whatsapp tidak bisa dikirimkan secara bersamaan di hari tersebut. Sehingga, para pelaku bisnis atau usaha harus memberikan jeda waktu disetiap pesannya. Bisa saja untuk pesan tersebut dikirimkan pada esok hari atau beberapa hari kemudian.
  • Menggunakan aplikasi whatsapp biasa ini tidak dapat mengirimkan pesan secara personal.
  • Aplikasi whatsapp biasa tidak mempunyai beberapa fitur pendukung lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, saat ini perkembangan teknologi terus mengalami perkembangan yang luar biasa. Bahkan dalam hitungan detik, menit, hari atau minggu pun, ada saja teknologi yang baru.

Akan tetapi, dengan adanya perkembangan teknologi yang terus meningkat ini juga memberikan dampak positif dan juga negatif. Untuk dampak positifnya adalah semua pelaku usaha atau bisnis bisa melakukan strategi bisnis secara mudah, dengan menggunakan bantuan beberapa alat media sosial dan salah satunya adalah broadcast whatsapp.

Sedangkan untuk sisi negatif nya adalah semua para pelaku usaha atau bisnis, harus berpikir bagaimana supaya produk tidak kalah dengan lainnya.  Tidak ada salahnya, untuk para pelaku usaha atau bisnis baru yang menggunakan bantuan aplikasi chat omnichannel dari Mekari Qontak. Dengan menggunakan software tersebut, para pelaku usaha atau bisnis bisa merasa lebih terbantu dengan segala jenis fiturnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai broadcast whatsapp secara jelas dan juga lengkap. Dengan harapan setelah penjelasan diatas bisa membantu kalangan para pelaku usaha atau bisnis tidak merasa kebingungan lagi ketika harus menerapkan strategi pemasaran yang baik dan benar.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami