Home / Blog / Business & Economy

Ketahui Berbagai Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing

customer service untuk follow up customer sampai close deal
Daftar isi
Mode

Anda seorang pebisnis yang membutuhkan strategi atau cara memasarkan produk? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya teknik follow up atau cara follow up customer. Sebenarnya selain cara follow up customer, Anda harus memastikan bahwa produk bisnis Anda berkualitas.

Secara singkatnya untuk cara follow up customer ini merupakan sebuah proses untuk menghubungkan sekaligus merespon calon customer akan sebuah produk yang telah ditawarkan. Biasanya juga, follow up customer ini dilakukan setelah Anda berhasil melakukan pemasaran dan pengenalan produk ke konsumen.

Hal itulah yang mendasari adanya cara follow up customer untuk memperoleh tanggapan, atau respon yang lebih lanjut serta menyakinkan para calon customer untuk membeli produk Anda.

Apa Itu Cara Follow Up Customer?

Dalam dunia pemasaran tentunya Anda pernah mendengar istilah follow up customer. Pada kenyataanya ini merupakan salah satu cara atau teknik yang digunakan untuk melakukan kontak lanjutan hingga calon customer membeli produk ataupun menggunakan jasa yang sedang ditawarkan tersebut.

Follow up sendiri menjadi metode yang cukup efektif untuk memasarkan bisnis. Meskipun, cara follow up ini harus dilakukan dengan tepat agar lebih persuasive, sehingga hasilnya pelanggan semakin tertarik untuk memesan atau melakukan pembelian produk barang atau jasa yang diinginkan.

Biasanya pula cara follow up customer ini dilakukan melalui beberapa media seperti email, telepon cloud pbx, media sosial, dan sms. Tidak hanya itu saja, jenis pelanggan yang cocok untuk target follow up ada dua yaitu pelanggan dan pelanggan yang sudah pernah melakukan pembelian atau menggunakan jasa Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat WhatsApp Bisnis Bagi Pelaku Usaha UMKM

Pentingnya Follow Up Customer

Sebelum membahas cara follow up customer, penting hanya untuk Anda tahu bahwa follow up customer ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam penjualan. Follow up customer ini juga bisa dilakukan perusahaan sebagai bagian dari customer relationship management.

Dimana hal itu biasanya dapat terjadi ketika pikiran hanya komunikasi dalam dengan prospek pelanggan cukup sampai pada titik pembelian produk atau penggunaan jasanya saja. Padahal, tidak seperti itu. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari melakukan follow up baik kepada pelanggan maupun orang yang mesti di prospek awalnya.

Ada banyak kasus yang menyebutkan bahwa beberapa bisnis berhasil menjual produknya setelah melakukan setidaknya beberapa kali follow up. Selain itu, follow up juga dapat memberikan anda untuk mendapatkan angka repeat order dari pelanggan lama dengan mudah karena ada interaksi melalui komunikasi yang sedang Anda bangun.

Sehingga, buat Anda tidak dianjurkan untuk menyerah terlebih dahulu karena akan kehilangan kesempatan untuk menjual produk tersebut. Tidak sampai disitu saja, cara follow up customer ini dikatakan penting karena bisa digunakan untuk membangun real dan nyatanya antara pelanggan dan bisnis.

Sehingga, promosi yang Anda bangun atau lakukan akan lebih bermakna dan bernilai sebab Anda mampu menawarkan barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini lebih baik daripada Anda hanya mengumbar janji belaka tentang produk atau jasa tersebut yang belum tentu para pelanggan butuhkan.

Berikut beberapa alasan pentingnya cara follow up customer ini dilakukan sebagai berikut :

  1. Follow up customer dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan customer terhadap bisnis yang sedang Anda lakukan. Selain itu, kepercayaan juga dapat dibangun melalui proses interaksi tersebut karena Anda tidak bisa mempromosikan sekali saja langsung lolos dibutuhkan beberapa kali follow up.
  2. Selain itu, follow up customer juga dapat berpengaruh terhadap rasa aman pelanggan saat menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dimana dari proses cara follow up customer nanti, Anda dapat membantu para pelanggan atau customer untuk mengatasi masalah dalam menentukan produk yang mana atau jasa yang mana untuk digunakan, dengan begitu akan adanya dorongan untuk bertanya dari para pelanggan jika tidak mudah dipahami.

Manfaat Follow Up Customer

Berikutnya untuk memastikan kembali bahwa follow up customer itu penting, follow up ini juga memberikan manfaat. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan ketika menggunakan teknik atau cara follow up customer diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Follow up sebagai pengingat bagi calon customer Anda

Secara otomatis tanpa sadar proses follow up yang Anda lakukan secara terus – menerus tersebut akan menjadi pengingat bagi para calon konsumen.

Pengingat untuk beberapa hal terkait penawaran produk atau penggunaan jasa yang sudah Anda lakukan sebelumnya, dan konsumen akan merasa lebih diistimewakan atau dihargai karena Anda mengingat para konsumen.

2. Follow up mendapat rekomendasi dari calon konsumen Anda

Dengan melakukan follow up, maka Anda akan menerima promosi terbaik karena adanya promosi dari mulut ke mulut oleh para konsumen Anda.

Dapat dikatakan pula bahwa promosi semacam itu garis adanya dan tingkat persentase untuk konsumen membeli produk atau menggunakan jasa tinggi, karena para pelanggan di promosikan oleh orang – orang kepercayaannya.

Dengan begitu, Anda cukup membantu keuangan perusahaan untuk menghemat biaya promosi yang bisa dialihkan ke lainnya.

3. Follow up dapat menginformasikan produk terbaru

Ketika Anda melakukan follow up, maka secara tidak langsung biasanya produk – produk baru atau jasa layanan baru akan lebih mudah disampaikan kepada para pelanggan.

Dimana Anda dapat melihat atau mengkategorikan beberapa produk yang memang bisa dijadikan solusi untuk permasalahan konsumen, seperti produk yang lebih mempunyai umur panjang, produk yang lebih efisien dan lain sebagainya.

4. Follow up dapat meningkatkan penjualan

Terkahir, manfaat yang bisa dirasakan ketika sudah melakukan follow up secara otomatis penjualan produk Anda atau penggunaan jasanya akan meningkat. Dimana konsumen akan merasa di layanan ekstra, sehingga timbul kenyamanan saat membeli di follow up.

Selain itu, juga dirasakan pelayanan yang cepat dan konsumen tidak ragu untuk menghubungi Anda ketika melakukan repeat order atau pembelian kembali.

Cara Follow Up Customer Awal

Tidak semudah kelihatannya, jika Anda merasakan hal positif dari follow up otomatis membutuhkan adanya usaha yang lebih. Maka dari itu, ini beberapa cara follow up customer yang Anda butuhkan untuk menambah pengetahuan.

1. Menentukan Waktu Terbaik

Seperti halnya promosi, cara follow up pertama yang perlu diperhatikan yaitu menentukan waktu terbaik. Yang dimaksud dengan waktu terbaik ini yaitu waktu yang tepat, seperti contoh Anda perlu menghindari menghubungi para pelanggan di jam – jam sibuk.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi beri jarak waktu juga setiap kali Anda melakukan pengiriman informasi kepada pelanggan, hal itu agar membuat para pelanggan tidak merasakan risih atau terganggu akibat informasi yang Anda berikan. Dimana bila pelanggan tidak menghubungi kembali, Anda bisa memberi waktu seminggu atau beberapa hari untuk mengingatkan pelanggan.

Jangan lupa pula Anda perlu stand by, dan bekerja dengan cepat. Hal itulah nanti yang akan membuat poin plusnya dengan membuat pelanggan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian atau penggunaan jasa pada anda.

2. Menawarkan Konsultasi Gratis

Hal ini dapat Anda berikan atau tawarkan ketika Anda sudah berhasil memulai pembicaraan kepada calon pelanggan, jadi cobalah untuk menawarkan konsultasi gratis sebagai solusi untuk menangani masalah yang pelanggan bingungkan ketika memilih produk atau menggunakan jasanya.

Sehingga, dibutuhkan ketelitian dengan pendengaran serta penjelasannya yang baik untuk memahami kebutuhan dan keinginan para calon pelanggan terlebih dahulu. Jika sudah berhasil, maka Anda dapat memberikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang para pelanggan alami.

3. Menghindari Mengirimkan Informasi di Hari Sama

Seperti halnya menentukan waktu mengirimkan informasi, Anda juga perlu memperhatikan untuk mengirim informasi di hari yang sama. Hal ini berlaku pula jika Anda memasang iklan di manapun untuk waktu yang sama, jadi aturlah waktu promosi Anda dengan baik agar mendapatkan hal yang baik pula.

4. Jalin Komunikasi yang Baik

Calon pelanggan atau pelanggan tersebut jagalah dengan baik, salah satunya tetap melakukan komunikasi. Hasilnya diharapkan dapat membangun koneksi dengan para pelanggan, sehingga kepercayaan akan terbangun dengan baik karena adanya sugesti yang Anda lakukan untuk terus melakukan transaksi di bisnis Anda. Anda dapat juga menggunakan aplikasi sales crm untuk mengatur alur komunikasi dengan pelanggan yang dapat digunakan secara fleksibel dalam satu platform saja.

Cara Teknik Follow Up Customer Cepat Cosing

Sebagai pemilik usaha apalagi online, teknik atau cara follow up customer menjadi hal terbaik untuk digunakan sebagai pemasaran atau marketing. Biasanya teknik atau cara follow customer yang tidak berhasil dibeli didasarkan pada hal – hal lainnya yaitu :

  • Konsumen masih ragu untuk membeli produk atau menggunakan jasanya.
  • Konsumen juga sudah membeli di toko atau tempat yang harganya lebih murah
  • Konsumen biasanya apa jika sedang dalam proses transaksi jual beli.
  • Konsumen sebenarnya tidak mempunyai uang yang cukup.
  • Konsumen biasanya juga hanya iseng bertanya

Berikut merupakan teknik atau cara follow up customer cepat closing :

1. Mengajukan opsi bahwa customer akan memberi

Anda bisa menghindari penggunaan kata yang berakhir tidak, seperti contoh “Anda jadi membeli tidak kak?”. Sehingga, Anda bisa memberikan pilihan kepada pelanggan. Sekaligus Anda berasumsi pasti calon customer tersebut akan membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Alasannya karena jika menggunakan kata tidak, Anda memberikan sebuah kesempatan terhadap calon customer untuk biang atau mengucapkan tidak terhadap produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

2. Anda bisa memberikan penawaran terbaik

Dimana sebagai contoh Anda bisa memberikan diskon yang merupakan salah satu cara untuk membantu lebih cepat untuk cosing.

Lebih lengkapnya seperti beli satu gratis satu. Akan tetapi juga perlu diimbangi dengan adanya usaha yang berkaitan atau berhubungan dengan penawaran produk utama yang sulit ditolak oleh calon customer.

3. Jangan lupa menanyakan pertimbangan dari calon customer

Dimana tantangan pada poin ini yaitu mengkira – kira apakah jawaban calon customer dan menyiapkan untuk jawaban closingnya. Dengan hal ini, maka akan membuat calon customer merasa didengarkan.

Contoh Kata – Kata Cara Follow Up Customer Melalui Media Perantara

Ketika pelanggan belum membayar, pasti Anda merasa sedikit kesal. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa pelanggan mempunyai hak untuk bertanya sebelum mereka membeli, sehingga Anda sebagai pebisnis harus mengerti akan hal itu.

Beda ceritanya jika Anda sudah membuat invoice, akan tetapi pelanggan juga belum kunjung – kunjung membayar. Saat itulah Anda perlu mengingatkan mereka dengan sopan dan menunjuk adanya perhatian agar pelanggan merasa dimengerti.

Sehingga, Anda perlu menanamkan atau mengetahui kata – kata customer dengan keadaan benar – benar mendesak untuk digunakan. Inilah contoh – contoh kata follow up customer yang baik Anda gunakan melalui WhatsApp atau pesan chat :

  • Selamat pagi Ibu Intan. Semoga hari ini Ibu bahagia! Untuk sepasang baju gamis bercorak ungu kemarin, apakah ibu mau yang warna ungu terang atau ungu gelap? Karena stok warna ungu sudah tinggal dua masing -masingnya, jadi tolong segera dikonfirmasi pembayarannya sebelum kehabisan. Terima kasih.
  • Sore Pak Yono, semoga hari bapak menyenangkan. Chat ini hanya sekedar untuk mengingatkan bapak bahwa invoice #XXX batas pembayarannya malam ini ya! Jika Bapak belum membayar malam ini, barangnya terpaksa kami berikan kepada pelanggan lain yang menginginkan. Terima kasih banyak Bapak.
  • Halo Kak Ira! Selamat pagi. Keripik pisang yang sudah kakak masukan dalam keranjang sudah hampir habis, lho! Kalau kakak pesan sekarang, akan kami simpan terlebih dahulu sebelum diambil orang lain. Kami tunggu ya kak, terima kasih!
  • Selamat pagi kak Purna, promo untuk botol minum hitam yang kak Purna tanya hanya ada sampai besok. Karena peminat boto tersebut banyak banyak, tolong dikonfirmasikan dulu pembayarannya, ya kak! Kalau sudah dikonfirmasi, langsung kami simpan stok botol minuman hitam untuk kak Purna, terima kasih.
  • Halo Ibu Sari, kemarin toko ibu sudah memesan 10 bungkus kantong beras 5 dengan ukuran 5 kg per bungkusnya di toko kami. Kebetulan, untuk hari ini harga ongkos kirim sedang ada promo, bu Sari. Kalau ibu mau melanjutkan pembeliannya akan langsung kami antar. Terima kasih.

Tips Follow Up Customer

Pada akhirnya Anda harus mengetahui tips cara follow up customer, ini poin paling penting yang perlu Anda perhatikan setelah membaca dari awa. Inilah beberapa tips cara follow up customer.

  1. Memperhatikan waktu sebelum memutuskan untuk follow up customer, pastikan waktu yang Anda gunakan untuk menghubungi para customer tidak mengganggu para customer.
  2. Mengikuti kegiatan online customer, ada baiknya Anda mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh customer sebelum melanjutkan ke follow up. Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Anda dengan para customer.
  3. Gunakan perantara menggunakan jalinan hubungan yang dahsyat untuk follow up seperti media Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp API dan dan sebagainya. Jadi, gunakan beberapa media atau jejaring yang profesional untuk menghubungi para pelanggan.
  4. Jangan sekali – kali Anda menekan customer hanya mendapatkan jawaban, karena hal ini bisa berpotensi pada pelanggan yang tidak jadi membeli produk atau menggunakan jasa. Hal ini akan mempengaruhi kepercayaan para pelanggan kepada produk yang sedang Anda tawarkan.
  5. Jangan memfollow up data waktu berdekatan, apalagi jika terlalu intens karena hal itu dapat membuat para pelanggan merasa terganggu. Alasan lainnya juga karena calon pelanggan mempunyai hak untuk memutuskan membeli atau tidak produk, bersikap mengejar akan membuat Anda malah di block.
  6. Tunjukan rasa empati atau peduli dengan kebutuhan pembeli, Anda bisa mengutamakan kepentingan para pelanggan daripada kebutuhan atau kepentingan pribadi. Ha itu bukan berarti harus merugikan Anda, tapi berikan 100% pelayanan Anda pada pembeli supaya Anda mengerti apa yang para pelanggan inginkan dan butuhkan.

Tidak jarang pembeli akan berubah pikiran dari yang tadinya antusias untuk dengan membeli produk Anda hingga sampai tidak jadi membeli produk atau menggunakannya. Hal ini biasanya terjadi karena produk yang Anda tawarkan bukan kebutuhan penting.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami