Home / Blog / Tech & Inovation

Cara Dapat Centang Hijau (Verified Badge) di WhatsApp

Centang Hijau WhatsApp
Daftar isi
Mode

Pernahkah Anda melihat simbol centang hijau di sebuah akun WhatsApp? Simbol tersebut dikenal dengan tanda centang hijau, green tick, atau verified badge WhatsApp. Fungsinya adalah untuk menunjukkan bahwa akun WhatsApp telah terverifikasi sebagai bisnis resmi oleh pihak WhatsApp. Namun, ini berbeda dengan verifikasi WhatsApp API.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu centang hijau WhatsApp di artikel berikut ini!

Apa itu Centang Hijau di WhatsApp?

Centang hijau WA atau WhatsApp adalah tanda yang menunjukkan bahwa akun WA bisnis telah terverifikasi sebagai bisnis resmi oleh pihak WhatsApp. Artinya, akun tersebut terbukti autentik dan terkenal. Anda dapat menemukan lencana green tick di samping kanan profil nomor WhatsApp API akun Anda.

YouTube video

Syarat Mendapatkan Tanda Centang Hijau

Perlu diketahui bahwa tidak semua akun WhatsApp bisnis dapat memeroleh lencana centang hijau. Lalu, apa saja syarat untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp?

Berikut adalah beberapa syarat mendapatkan verified badge WhatsApp:

  • Pastikan Anda menggunakan akun WhatsApp Business API resmi yang diperoleh melalui BSP.
  • Akun Facebook Business Manager telah terverifikasi oleh Meta atau Facebook.
  • Hanya akun bisnis yang diizinkan menggunakan centang hijau (akun perorangan seperti public figure tidak diizinkan).
  • Merek bisnis Anda sudah terkenal dan memiliki reputasi di mata publik.
  • Lebih baik jika Anda setidaknya berada di level perpesanan Tingkat 2 atau lebih.

Bagaimana Langkah untuk Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp?

Cara mendapatkan centang hijau WhatsApp ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah mendapatkan verified badge WhatsApp berikut ini:

1. Siapkan nomor yang akan digunakan sebagai akun Whatsapp API

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan nomor dan nama bisnis yang akan digunakan pada akun WhatsApp Business API. Pastikan nomor tersebut sudah benar, karena nantinya Anda tidak dapat mengubahnya kembali.

2. Daftaran nomor tersebut ke Business Solution Providers (BSP) resmi

WhatsApp Business API Mekari Qontak

Kemudian, daftarkan nomor yang sudah Anda siapkan ke Business Solution Provider (BSP) resmi seperti Mekari Qontak. Tim Mekari Qontak nantinya akan mendaftarkan nomor tersebut sebagai akun WhatsApp Business API.

Mekari Qontak tidak hanya menyediakan jasa untuk mendapatkan tanda verified badge dan WhatsApp API, tetapi juga solusi end-to-end yang tepat untuk bisnis Anda. Misalnya seperti Blast Pesan WhatsApp, Chatbot, dan Integrasi Omnichannel CRM, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Panduan Lengkap WhatsApp Business API

3. Lakukan proses verifikasi akun Facebook Business Manager

Lalu, lanjutkan dengan mengikuti proses verifikasi akun Facebook Business Manager. Dalam hal ini, tim Mekari Qontak akan membantu Anda untuk melakukan proses verifikasi.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti nama perusahaan, URL website, jenis industri, daerah operasional, dan Facebook Business Manager ID untuk melengkapi persyaratan yang ada.

4. Tunggu proses verifikasi dan dapatkan tanda centang hijau di akun WhatsApp Anda

Langkah yang terakhir adalah menunggu proses verifikasi WhatsApp selesai. Apabila proses verifikasi sudah selesai, maka secara otomatis akun WhatsApp Anda akan dilengkapi dengan verified badge di sebelah profilnya.

Keuntungan Setelah Akun WhatsApp Verified

Setelah membahas apa itu verified badge, syarat, dan cara mendapatkannya, kini saatnya untuk Anda mengetahui keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dengan akun WhatsApp verified.

Berikut adalah manfaat menggunakan centang hijau WhatsApp:

  • Membangun kredibilitas bisnis
  • Meningkatkan akuntabilitas bisnis dan kepercayaan pelanggan
  • Mengurangi potensi pemblokiran oleh pelanggan
  • Memberikan tambahan nilai jual di mata pelanggan
  • Meningkatkan branding bisnis

Berapa Lama Verifikasi WhatsApp untuk Tanda Centang Hijau?

Secara umum, proses verifikasi WhatsApp untuk memeroleh tanda green tick akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja. Namun, proses ini juga bisa memakan waktu hingga satu minggu lebih atau yang terburuk adalah ditolak.

Mengingat, segala kebijakan terkait pemberian verified badge merupakan oleh wewenang pihak WhatsApp. Oleh sebab itu, pastikan Anda memenuhi syarat mendapatkan tanda centang hijau yang disebutkan sebelumnya.

Bagaimana Jika Pengajuan Centang Hijau WA Anda Ditolak?

Anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena Anda dapat meminta bantuan tim Mekari Qontak sebagai BSP untuk mengecek dan melakukan pengajuan ulang terkait permohonan verifikasi apabila proses verifikasi centang hijau WA Anda gagal.

Sementara itu, keberadaan verified badge tidak akan memberikan efek yang signifikan terhadap operasional akun WhatsApp API itu sendiri.

Oleh karenanya, ada atau tidaknya centang hijau di profil bisnis tidak akan membatasi Anda untuk menggunakan API WhatsApp. Anda tetap dapat mengakses dan menggunakan seluruh fitur WhatsApp API seperti blast, auto reply, chatbot, dan lainnya secara maksimal.

Dapatkan Centang Hijau untuk WhatsApp Anda Sekarang!

Itu dia pembahasan tentang apa itu verified badge WhatsApp dan cara mendapatkannya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp Bisnis Anda?

Anda dapat segera menghubungi Mekari Qontak, Business Solution Provider (BSP) resmi terbaik di Indonesia. Tim Mekari Qontak akan selalu siap untuk membantu Anda mendapatkan WhatsApp Business API dan tanda green tick di profil WA Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000 perusahaan di Indonesia dan telah terverifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak atau daftar demo nya sekarang!

Topik:
Keluar

WhatsApp Hubungi kami