10 Bentuk Fringe Benefit Karyawan di Indonesia

Berikut 10 bentuk fringe benefit karyawan yang dapat Anda temukan pada perusahaan di Indonesia sehingga Anda dapat menemukan kompensasi terbaik untuk membahagiakan karyawan Anda!

Fringe benefit karyawan merupakan program layanan yang memberikan karyawan perusahaan sebuah bonus atau imbalan tambahan untuk menjamin kesejahteraannya.

Perusahaan biasanya memberikan fringe benefit karyawan dalam dua bentuk, yaitu finansial atau non-finansial. Beberapa diantaranya ada yang diberikan kepada karyawan pada posisi jabatan atau status tertentu.

Penerapan fringe benefit karyawan di perusahaan yang baik dapat memberikan manfaat kepada kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan. Karyawan merasa dihargai dan diapresiasi karena kerja kerasnya dinilai dengan tinggi, serta kesejahteraannya diperhatikan dengan baik oleh perusahaan.

Di sisi lain, perusahaan yang dapat membahagiakan seluruh karyawannya dapat menjalankan usahanya dengan efektif karena tingkat motivasi dan produktivitas karyawan yang tinggi, meningkatkan image perusahaan, menurunkan turnover, dan meningkatkan loyalitas karyawan.

Bentuk-bentuk Fringe Benefit Karyawan

bentuk-bentuk penerapan fringe benefit karyawan di Indonesia

Pengimplementasian fringe benefit karyawan di Indonesia tidak lepas dari tujuannya yang ingin membahagiakan dan mengapresiasi karyawan. Di indonesia sendiri penerapan fringe benefit karyawan terbagi menjadi dua, yakni fringe benefit yang pengimplementasiannya sudah diatur oleh pemerintah dan fringe benefit yang pemberiannya sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Oleh karena itu, berikut bentuk-bentuk fringe benefit karyawan yang dapat Anda temukan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan

Bentuk benefit ini adalah salah satu fringe benefit yang wajib diberikan kepada karyawan. Sesuai dengan Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Pasal 15 ayat (2) yang menjelaskan bahwa perusahaan wajib mengikutsertakan karyawannya secara wajib.

Fungsi dari benefit ini adalah memberikan perlindungan dari kejadian yang tidak terduga di lapangan seperti kecelakaan kerja, pensiun, atau meninggal dunia.

Dalam pengimplementasiannya, terdapat empat program yang terdapat pada BPJS Ketenagakerjaan:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja, berfungsi melindungi karyawan ketika sedang penugasan atau bekerja dengan nilai iuran antara 0,24% hingga 1,74%.
  • Jaminan Hari Tua, seperti sistem menabung dan perusahaan membayar sebesar 3.7% dari total iuran.
  • Jaminan Kematian, ahli waris dari karyawan perusahaan mendapat santunan sebesar 21 juta (santunan 14 juta, biaya pemakaman 2 juta, dan santunan berkala).
  • Jaminan Pensiun, perlindungan kepada karyawan yang memasuki usia pensiun

BPJS Kesehatan

Bentuk fringe benefit ini juga wajib diberikan kepada seluruh karyawan perusahaan. BPJS Kesehatan mempunyai sistem yang sama dengan asuransi kesehatan yang diberikan kepada karyawan.

Fringe benefit karyawan ini memberikan akses terhadap karyawan yang memiliki masalah dengan kesehatannya sehingga mengganggu produktivitasnya dalam bekerja.

Menurut kebijakan yang tertera dalam Undang-undang, tunjangan yang wajib diberikan kepada karyawan berjumlah 5% dari total gaji karyawan setiap bulan.

Cuti

Cuti merupakan hak yang wajib diberikan perusahaan kepada karyawan secara rutin setiap tahun. Kebijakan ini sudah diatur dalam Pasal 79 UU Cipta Kerja yang memberikan jatah cuti sebanyak 12 – 14 hari di luar libur nasional setiap tahunnya.

Jatah cuti ini diberikan kepada karyawan yang minimal sudah bekerja di perusahaan selama 12 bulan atau 1 tahun, serta jatah cuti tidak bisa diambil secara langsung sekaligus kecuali jika perusahaan mengizinkannya.

Itulah beberapa fringe benefit karyawan yang sudah diatur ketentuannya oleh pemerintah dalam Undang-undang. 

Selanjutnya, terdapat bentuk-bentuk fringe benefit karyawan yang pemberiannya diatur oleh masing-masing kebijakan perusahaan. Adapun bentuk benefitnya adalah sebagai berikut:

Tunjangan Hari Raya atau THR

Seperti namanya, tunjangan ini diberikan oleh perusahaan pada saat menjelang hari raya. Pada dasarnya tunjangan ini sudah diatur oleh pemerintah. Namun, besaran nominal yang diberikan kepada karyawan berbeda-beda tergantung kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing perusahaan.

Uang Makan

Pemberian benefit uang makan cukup fleksibel dalam setiap perusahaan. Pada beberapa perusahaan ada yang memberikannya sebagai bonus tunai diluar gaji, dan lainnya diberikan secara non-finansial dengan menyediakan sumber makanan secara langsung atau bekerja sama dengan vendor makanan.

Baca Juga: 3 Alasan Perusahaan Menawarkan Tunjangan Karyawan

Akomodasi dan Transportasi

Karyawan mendapatkan tunjangan akomodasi dan transportasi ini secara rutin setiap bulannya. Tunjangan transportasi dapat membantu karyawan agar dapat lebih efektif dan mudah untuk menuju ke kantor atau tempat pertemuan penting dengan klien.

Biasanya karyawan mendapatkan kuota tunjangan transportasi yang berbeda-beda tergantung divisi tempat karyawan berada maupun kebijakan yang terdapat pada perusahaannya. Seperti karyawan dari divisi Sales dan Operation yang setiap harinya dapat berpindah-pindah antara satu tempat ke tempat lainnya.

Perusahaan biasanya menggunakan metode reimbursement yang dikumpulkan pada setiap akhir pekan atau akhir bulan. Saat ini perusahaan juga banyak memberikannya melalui beragam voucher atau e-ticket dari hasil kerja sama dengan perusahaan jasa transportasi online.

Pulsa dan Internet

Perusahaan yang menjalani kebijakan hybrid work atau work from home biasanya memberikan tunjangan berupa bantuan untuk biaya kuota pulsa dan internet karyawan. Tunjangan ini penting karena karyawan memerlukan akses internet dalam aktivitas kerja setiap harinya, seperti untuk absensi online, berkomunikasi dengan rekan kerja, atau melakukan meeting online dengan klien perusahaan.

Besar tangunggan pembiayaan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan, posisi jabatan, dan divisi kerjanya. Ada yang memberikan dengan rentan biaya 150 ribu dan ada perusahaan yang sanggup menanggung hingga 500 ribu setiap bulannya.

Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan biasanya hanya diberikan kepada karyawan dengan jabatan tertentu di dalam struktur perusahaan. Ini berkaitan dengan posisi dan tanggung jawab yang mereka pegang. Semakin tinggi dan semakin berat beban kerjanya, maka semakin besar bonus tunjangan jabatannya.

Bentuk tunjangan jabatan cukup beragam, ada perusahaan yang memberikan dalam bentuk bonus akhir tahun, bonus dalam jangka waktu periode tertentu, atau dalam bentuk barang seperti rumah atau transportasi.

Tunjangan Keluarga Karyawan

Karyawan harus memenuhi beberapa kualifikasi atau status tertentu untuk mendapatkan kompensasi ini. 

Tunjangan untuk istri diberikan hanya kepada karyawan yang sudah berstatus menikah dan istri tidak bekerja. Tunjangan anak maksimal hanya diberikan kepada tiga anak dalam satu keluarga dan dibatasi hanya sampai berumur 21 tahun.

Baca Juga: Gaji Bulanan: 5 Tips Agar Tidak Habis di Tengah Bulan

Fasilitas Kebugaran

Karyawan perusahaan tepatnya pekerja kantoran biasanya bekerja dengan duduk didepan layar laptop selama 8 jam penuh dan tidak terlalu banyak bergerak. Jika diteruskan maka bukan hal yang kaget jika penyakit akan datang menghampiri.

Oleh karena itu, perusahaan biasanya memberikan fasilitas kebugaran agar karyawannya tetap sehat dan bugar sehingga tetap dalam bekerja dengan produktif. Karyawan juga menjadi lebih sehat dan jarang absen karena alasan sakit.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, biasanya perusahaan membuka fasilitas olahraga di kantornya sehingga karyawan mendapatkan akses secara gratis, atau karyawan mendapatkan voucher keanggotaan GYM terdekat secara gratis.

Mekari Flex, Aplikasi Manajemen Benefit Karyawan Terbaik

Pada dasarnya fringe benefit karyawan diberikan sebagai penunjang pekerjaan karyawan sehari-hari dan sebagai asuransi jangka panjang selama berada di perusahaan.

Dengan beragamnya bentuk fringe benefit karyawan, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu mengatur tunjangan yang diberikan kepada karyawan dengan efektif.

Mekari Flex hadir sebagai solusi yang menawarkan skema manajemen dan pemberian benefit secara komprehensif untuk karyawan Anda dengan berbagai dukungan fitur yang lengkap.

Terdapat tiga fitur utama yang dapat menunjang kesejahteraan karyawan perusahaan Anda.

Flex Benefit by Mekari Flex membantu perusahaan mengakomodir benefit yang akan diberikan kepada karyawan berdasarkan budget yang sudah ditentukan dan skema yang dibutuhkan. 

EWA by Mekari Flex membantu karyawan untuk mengakses dana darurat dengan mengambil gaji lebih awal dari tanggal gajian tanpa membayar bunga pinjaman dan merepotkan perusahaan.

Flex Installment by Mekari Flex mengakomodir pendanaan yang aman dan terpercaya ketika karyawan membutuhkan dana darurat secara tidak terduga. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dan dana dapat segera cair ke rekening karyawan tanpa memerlukan deposit apa pun dari perusahaan.

Tertarik mencoba fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi pengelolaan benefit karyawan Mekari Flex? Anda dapat menghubungi dan berkonsultasi dengan tim ahli kami di sini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami