Home / Blog / Business & Economy

3 Alasan Perusahaan Menawarkan Tunjangan Karyawan

Daftar isi
Mode

Banyak perusahaan yang menawarkan tunjangan karyawan dan banyak pula karyawan yang mengharapkannya. Namun, jika Anda memiliki bisnis kecil dan anggaran yang ketat, Anda mungkin bertanya-tanya apakah tunjangan karyawan benar-benar sepadan dengan biaya yang dikeluarkan

Tentunya jawaban dari pertanyaan di atas adalah “ya, tunjangan karyawan sangat penting”. Program tunjangan yang baik membantu Anda menarik dan mempertahankan karyawan terbaik, menghasilkan karyawan yang lebih bahagia dan produktif, yang pada akhirnya dapat membantu bisnis Anda berkembang.

Untuk menunjukkan betapa pentingnya tunjangan karyawan, kami akan mengulas tiga alasan mengapa Anda harus memberikan program tunjangan karyawan yang baik. Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Gaji Bulanan: 5 Tips Agar Tidak Habis di Tengah Bulan

Mengapa Perusahaan Harus Memberi Tunjangan Karyawan?

Penelitian yang dilakukan oleh Society of Human Resource Management (SHRM) menunjukkan bahwa:

  • 92% karyawan menganggap tunjangan sebagai hal yang penting untuk kepuasan kerja mereka secara keseluruhan.
  • 1/3 karyawan juga menyebutkan tunjangan kerja sebagai alasan utama mencari pekerjaan di luar perusahaan mereka atau memilih untuk tetap pada pekerjaan mereka juga.

Oleh karena itu, sangat krusial bagi perusahaan untuk menawarkan program tunjangan terbaik bagi karyawannya. Berikut kami jabarkan alasannya:

1. Menarik Karyawan Berbakat

Jika Anda ingin merekrut karyawan terbaik, karyawan yang berbakat dan termotivasi yang dapat membantu perusahaan Anda sukses, maka paket tunjangan karyawan yang solid adalah hal yang tepat untuk memulai.

Satu studi menemukan bahwa 50% bisnis dengan kurang dari 50 karyawan dan 96% bisnis dengan lebih dari 100 karyawan menawarkan tunjangan perawatan kesehatan.

Dengan kata lain, untuk bersaing dengan perekrutan, Anda sangat membutuhkan tunjangan karyawan. Jika tidak, Anda mungkin akan kehilangan kandidat terbaik dengan perusahaan pesaing yang menawarkan paket benefit. 

Sederhananya, tunjangan menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pemberi kerja yang hebat dan kapabilitas untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan Anda.

2. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Menjaga karyawan Anda tetap produktif adalah salah satu bagian terpenting untuk menjaga perusahaan Anda tetap menguntungkan. Semakin bahagia dan kurang stres karyawan Anda, semakin banyak pekerjaan yang akan mereka lakukan untuk perusahaan Anda, membuat gaji yang Anda bayarkan kepada mereka menghasilkan return of investment (ROI) yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

Namun peningkatan efektif untuk produktivitas karyawan melampaui tujuan tersebut; dengan lingkungan yang tepat dan penawaran yang tepat, Anda tidak hanya akan membuat karyawan Anda bekerja lebih keras, Anda juga akan membuat mereka “ingin”  dan rela bekerja lebih keras. 

Anda akan menempatkan mereka dalam situasi di mana mereka merasa termotivasi dan terpenuhi untuk melakukan yang terbaik, dan itu berarti perusahaan Anda dan karyawan Anda akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang.

3. Meminimalisir Turnover Karyawan

Paket tunjangan yang baik dapat mencegah karyawan Anda terpengaruh oleh tawaran pekerjaan lain. Lalu, ketika Anda menawarkan tunjangan, Anda akan membantu karyawan Anda merasa bahwa perusahaan (dan pekerjaan mereka) stabil dan aman.

Akhirnya, perputaran atau turnover pun karyawan lebih rendah dan retensi karyawan menjadi lebih tinggi untuk perusahaan Anda.

Dengan begini, Anda akan menghemat uang untuk perekrutan dan pelatihan, karena Anda tidak perlu sering melakukan keduanya.

Anda juga dapat membangun tim dengan kemampuan tinggi yang dapat dengan cepat dan ahli mengatasi segala macam masalah yang akan menjebak tim yang lebih muda, semua berkat loyalitas karyawan yang Anda bangun dengan manfaat.

Jika Anda ingin mempertahankan karyawan untuk jangka panjang, Anda memerlukan paket manfaat yang membuat orang ingin tetap tinggal.

Baca Juga: Inilah Cara Mengukur Tingkat Kesehatan Keuangan Karyawan

 

 

EWA, Contoh Tunjangan Karyawan yang Efektif

Program tunjangan karyawan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Lalu, perlu dicatat bahwa Anda tidak harus langsung menawarkan semua tunjangan. 

Jika Anda memiliki kecil Anda selalu dapat mulai dengan tunjangan sederhana seperti Earned Wage Access (EWA), yaitu tunjangan yang memungkinkan karyawan untuk mengambil gaji yang telah mereka peroleh sebelum hari gajian.

EWA dari Mekari Flex membantu karyawan di Indonesia bebas dari stres atau beban finansial, sebab mereka dapat dengan mudah mengatur rencana keuangannya tanpa harus menunggu tanggal gajian.

Selain menguntungkan karyawan, EWA juga menguntungkan perusahaan sebab EWA bukanlah pinjaman yang mengharuskan perusahaan mengalokasikan biaya lain dan mengganggu arus kas mereka.

Tertarik menggunakan EWA dari Mekari Flex? Anda dapat berkonsultasi gratis dengan tim ahli kami dengan menghubungi kami lewat whatsapp, email atau menjadwalkan demo produk.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami