Home / Blog / Business & Economy

9 Jenis Tunjangan Karyawan Terbaru 2024

jenis tunjangan karyawan
Daftar isi
Mode

Tunjangan karyawan boleh dibilang salah satu bagian penting dalam proses penggajian dan pemberian benefit karyawan. Selain gaji, karyawan juga berhak menerima kompensasi lainnya guna menyejahterakan hidup mereka.

Tunjangan yang ditawarkan setiap perusahaan pun berbeda-beda, tergantung pada kondisi dan ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Nah, berikut adalah beberapa jenis tunjangan serta benefit yang umum diterapkan di perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya di artikel Mekari berikut ini.

Pengertian tunjangan kerja karyawan

Tunjangan karyawan merupakan bentuk kompensasi atau penghargaan yang diberikan kepada karyawan di luar gaji pokok sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah dilakukan.

Boleh dibilang, setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk menentukan berapa besaran tunjangan dan apa saja jenis tunjangan tersebut.

Tujuan dari memberikan tunjangan karyawan adalah untuk meningkatkan motivasi karyawan serta memperbaiki kesejahteraan dan kondisi kerja mereka.

 

 

Apa bedanya gaji, tunjangan, dan insentif?

Gaji, tunjangan, dan insentif adalah tiga konsep yang berbeda dalam konteks upah dan imbalan di tempat kerja. Berikut adalah penjelasan singkat tentang perbedaan antara ketiganya:

  • Gaji adalah kompensasi tetap yang dibayarkan dalam periode waktu tertentu
  • Tunjangan adalah bentuk kompensasi tambahan yang melampaui gaji pokok, dan
  • Insentif adalah hadiah atau bonus yang diberikan sebagai imbalan atas kinerja atau pencapaian tertentu.

Semua tiga elemen ini dapat berkontribusi pada paket remunerasi total karyawan di sebuah perusahaan.

Quiz Time!

Yuk, tes pemahaman Anda tentang tunjangan karyawan. Sudah siap?

1 / 3

Tunjangan dibagi menjadi dua jenis, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

2 / 3

Tunjangan pensiun diberikan kepada karyawan yang sudah memiliki anak.

3 / 3

Jaminan kesehatan merupakan salah satu tunjangan wajib untuk karyawan.

Your score is

The average score is 67%

0%

Jenis tunjangan karyawan

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1990, secara umum, tunjangan dibagi menjadi dua jenis, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

1. Tunjangan tetap

Tunjangan tetap sendiri adalah kompensasi yang berkaitan dengan pekerjaan. Tunjangan ini diberikan secara tetap setiap bulannya kepada karyawan serta dibayarkan sekaligus bersama dengan gaji pokok.

2. Tunjangan tidak tetap

Sementara itu, tunjangan tidak tetap merupakan tunjangan yang diberikan secara tidak rutin atau tidak tetap serta bisa juga dibayarkan dalam waktu yang berbeda dengan gaji bulanan.

Bagaimana karyawan dapat menyelesaikan probation mereka? Simak selengkapnya di artikel tentang probation berikut.

Macam-macam tunjangan karyawan terbaru

Jenis Tunjangan Karyawan Terbaru

Apa saja jenis-jenis tunjangan yang bisa diberikan?

Seperti yang telah disebutkan, Anda dapat memberikan tunjangan dengan ketentuan tertentu, misalnya tunjangan jabatan, pendidikan, kinerja, tetap tidak tetap, dan lain-lain.

Berikut adalah contoh jenis-jenisnya yang ada di perusahaan.

1. Tunjangan jabatan

Tunjangan jabatan diberikan pada karyawan yang memiliki jabatan di suatu perusahaan.

Hal itu dikarenakan karyawan yang memiliki jabatan memikul tanggung jawab yang lebih besar dari karyawan biasa, sehingga perusahaan memberikan tunjangan kepada karyawan atas hal ini.

Dilihat dari jenisnya, tunjangan jabatan dibagi jadi dua jenis, yakni tunjangan struktural dan tunjangan fungsional.

2. Tunjangan umum

Tunjangan umum adalah jenis tunjangan yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang tidak memiliki jabatan tertentu. Sehingga, tunjangan merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawan secara umum.

3. Tunjangan keluarga

Tunjangan keluarga merupakan tunjangan yang diberikan kepada karyawan yang sudah memiliki keluarga.

Sebagai contoh, Tunjangan Istri akan diberikan jika istri karyawan tidak bekerja. Serta Tunjangan Anak jika karyawan memiliki anak yang berusia kurang dari 21 tahun serta belum bekerja.

4. Tunjangan kesehatan

Sebagai bentuk perusahaan dalam melindungi kesehatan karyawannya, tunjangan kesehatan merupakan salah satu tunjangan yang wajib diberikan perusahaan.

Biasanya, perusahaan memberikannya dalam bentuk BPJS Kesehatan serta Asuransi Kesehatan. Dengan ini, diharapkan bisa memanfaatkannya jika hendak berubah sehingga tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup besar untuk pengobatan.

5. Tunjangan perumahan

Perumahan juga bisa menjadi salah satu tunjangan bagi karyawan. Biasanya tunjangan ini lebih banyak diberikan kepada pejabat atau pegawai pemerintahan.

Biaya perumahan yang ditanggung oleh perusahaan, seperti sewa rumah, biaya listrik, air, dan internet.

6. Tunjangan pensiun

Tunjangan ini diberikan dengan maksud menyejahterakan karyawan saat memasuki usia pensiun agar dapat bertahan hidup meski sudah tidak memiliki penghasilan lagi.

Tunjangan ini salah satunya diberikan dalam bentuk Jaminan Hari Tua atau JHT dalam bentuk keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.

7. Tunjangan hari raya (THR)

THR adalah jenis benefit yang diberikan menjelang hari raya keagamaan dengan maksud agar karyawan dapat memenuhi kebutuhan saat hari raya.

THR ini biasanya diberikan setahun sekali menjelang hari raya masing masing karyawan sesuai kepercayaan.

8. Tunjangan makan siang 

Tunjangan makan siang adalah jenis tunjangan yang diberikan perusahaan merujuk dari kehadiran karyawan.

Setiap kali karyawan masuk, ia akan diberikan uang makan siang dalam nominal tertentu yang jumlahnya akan ditambahkan bersamaan dengan gaji pokok mereka.

Jika karyawan tidak hadir, maka akan dianggap hangus. Namun selain ini dapat berupa uang, tunjangan ini juga dapat diberikan dalam bentuk makanan yang disediakan oleh perusahaan.

9. Tunjangan transportasi

Selain makan siang, karyawan juga bisa mendapatkan tunjangan transportasi untuk keperluan aktivitas perusahaan.

Biaya transportasi yang ditanggung oleh perusahaan, seperti uang transportasi, tunjangan parkir, dan fasilitas kendaraan.

Simak artikel berikut tentang bagaimana cara mempertahankan karyawan agar betah pasca turnover di tahun baru.

Beberapa benefit tambahan untuk karyawan

Selain beberapa jenis tunjangan yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa jenis tunjangan serta benefit karyawan lainnya yang bisa jadi perhitungan perusahaan untuk diberikan, berdasarkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang diaplikasikan.

Benefit-benefit ini sifatnya berupa benefit tambahan, namun sangat membantu untuk menyejahterakan kehidupan karyawan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Akses Gaji Lebih Awal untuk Karyawan

Setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagian ada yang hidup dari paycheck ke paycheck. 

Sehingga hal ini kerap membuat karyawan terpaksa mengandalkan pinjaman online yang sifatnya parasit dan membuat karyawan terjebak di lingkaran tersebut.

Bagaimana akses gaji lebih awal atau earned wage access ini dapat membantu mereka?

Earned wage access merupakan sebuah konsep di mana karyawan dapat menikmati sebagian dari gaji mereka sebelum waktu gajian telah tiba.

Misalnya, pada bulan Januari seorang karyawan telah bekerja selama 15 hari. Namun di tengah bulan dia ada keperluan mendesak sementara dia tidak sedang memegang uang.

Dengan earned wage access yang difasilitasi perusahaan, karyawan tersebut dapat mengakses sebagian gaji lebih awal dengan nilai maksimal sejumlah 15 hari sesuai dengan hari kerja di bulan tersebut. Karena pada dasarnya, ia berhak mendapatkan upah tersebut.

Nantinya di hari gajian tiba, barulah karyawan tersebut akan mendapatkan sisa gajinya.

Inilah yang dapat difasilitasi oleh fitur Earned Wage Access dari Mekari Flex. Perlu diingat bahwa benefit ini bukan lah sebuah pinjaman karyawan, melainkan pemberian sebagian gaji karyawan semata yang mana memang sudah menjadi hak karyawan.

Fitur ini, juga sudah diintegrasikan dengan payroll perusahaan sehingga proses penghitungan gaji karyawan di akhir bulan bisa dilakukan secara otomatis dan lebih mudah.

2. Pemberian Benefit yang Fleksibel

Apa yang dimaksud dengan pemberian benefit fleksibel atau flexible benefit ini? Sederhananya, ini merupakan sebuah skema pemberian benefit di mana karyawan dapat memilih benefit sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya, karyawan membutuhkan kacamata dan ingin memanfaatkan benefit untuk daftar member di pusat kebugaran.

Anda bisa memfasilitasi karyawan tersebut di mana masing-masing karyawan akan diberikan saldo tahunan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan fitur Flexible Benefit pada Mekari Flex. Beberapa keunggulan Flexible Benefit di antaranya adalah:

pilihan benefit karyawan yang beragam
  • Kepuasan karyawan pada benefit yang diberikan
  • Memberi daya tarik lebih terhadap karyawan
  • Penggunaan SDM untuk operasional yang lebih efisien

Kebutuhan karyawan berbeda-beda. Dengan memberikan benefit yang bervariasi, karyawan bisa lebih leluasa memilih benefitnya sendiri dan memaksimalkan saldo benefit mereka.

Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur-fitur Mekari Flex lebih lanjut, segera hubungi tim Mekari dan rasakan sendiri kemudahan dalam mengatur benefit serta tunjangan karyawan.

Itulah jenis-jenis tunjangan kerja karyawan yang perlu diketahui.

Dengan adanya tunjangan, karyawan akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih baik.

Selain itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa seluruh karyawan menerima gaji dan tunjangan yang sepatutnya diberikan.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami