Image

Bagaimana Cara Mempertahankan Karyawan agar Betah Pasca Tahun Baru?

Awal tahun menjadi momen di mana perusahaan banyak mengalami turnover. Dengan karyawan yang masih bertahan, bagaimana cara terbaik untuk mempertahankan karyawan agar tetap betah bekerja di perusahaan?

Banyak faktor yang menyebabkan karyawan resign dan terkadang faktor tersebut berada di luar kuasa perusahaan.

Misalnya saja di tahun baru, banyak karyawan yang resign karena ingin menunggu bonus akhir tahun terlebih dahulu.

Oleh karena itu, awal tahun jadi momen di mana mereka mencari pekerjaan baru untuk mencari kesempatan kerja yang lain.

Kemudian, langkah bijak yang bisa perusahaan ambil adalah bagaimana cara mempertahankan karyawan yang masih bertahan sekarang agar tetap betah bekerja di perusahaan Anda.

Untuk itu, Insight Talenta memiliki beberapa tipsnya yang bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini.

Perusahaan Besar Vs Startup, Apa Artinya Buat Karyawan?

Apa hubungannya perusahaan besar vs startup dengan cara mempertahankan karyawan? Ada, dilihat dari bagaimana karyawan memandang sebuah perusahaan.

Banyak karyawan yang kerap memandang sebelah mata perusahaan startup hanya karena mereka baru mulai merintis bisnisnya.

Banyak karyawan yang lebih memilih perusahaan besar untuk berkarier, bahkan hanya menganggap startup sebagai batu loncatan saja untuk karier mereka. Sehingga banyak yang tidak bertahan lama.

Walaupun pemikiran tersebut tidak sepenuhnya salah, semuanya kembali lagi ke bagaimana cara perusahaan dapat mempertahankan karyawan mereka dan membuat agar mereka betah.

Penelitian juga menunjukkan bahwa startup yang berhasil bertahan pada lima tahun pertamanya, harus bertahan dengan maksimal 80% dari karyawan mereka.

Sehingga perusahaan harus mampu bertahan dengan karyawan yang tersisa dan tidak menambah karyawan karena anggaran yang terbatas. Simak beberapa tips untuk mempertahankan karyawan Anda.

Cara Mempertahankan Karyawan agar Mereka Betah di Perusahaan

cara mempertahankan karyawan

Berpindah-pindah kerja memang menjadi hal yang sudah lumrah dilakukan oleh sebagian pekerja muda. Itulah mengapa di momen-momen seperti tahun baru dan Hari Raya Idul Fitri, tingkat turnover karyawan akan meningkat.

Meskipun kebiasaan ini sudah lumrah, namun divisi HR kerap kali pusing ketika hal ini terjadi. Tentunya, HR berharap agar bisa mendapatkan talenta terbaik yang bisa betah bekerja lama di perusahaan.

Nah, bagaimana kira-kira cara terbaik yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempertahankan karyawan agar betah berkarier di tempat Anda?

Bangun Budaya Perusahaan yang Kuat

Jika Anda mengalami peningkatan turnover yang signifikan saat tahun baru, coba dalami kembali budaya perusahaan Anda.

Budaya perusahaan berarti mengacu pada bagaimana karyawan tersebut bekerja dan apa saja nilai-nilai yang ditanamkan terhadap mereka tersirat dalam cara kerja karyawan.

Hal ini juga mencakup bagaimana interaksi yang terjadi antara karyawan dan perusahaan.

Keterlibatan adalah kuncinya. Anda perlu memprioritaskan karyawan dan mengkomunikasikan apa yang menjadi visi perusahaan selama ini. Hal ini akan menumbuhkan budaya yang baik di perusahaan.

Karyawan ingin dilibatkan dan mendapatkan tempat bekerja yang nyaman. Jika mereka merasa dihargai atas tidak hanya pekerjaan tetapi juga pendapat mereka, mereka cenderung akan bertahan lebih lama.

Ingin tahu cara rekrutmen karyawan yang tepat untuk hindari turnover? Simak artikel: Turnover di Tahun Baru? Ini Cara Rekrutmen Karyawan yang Tepat

Bersikap Transparan dan Ciptakan Ruangan yang Nyaman untuk Karyawan Mengemukakan Pendapat

Anda perlu terbuka kepada karyawan dengan kondisi yang sedang perusahaan alami atau akan dihadapi perusahaan kedepannya.

Hal ini termasuk dengan skenario terburuk yang mungkin terjadi di masa mendatang. Alih-alih menutup hal negatif, yakinkan karyawan bahwa mereka adalah bagian penting dari perusahaan.

Dan perlu diingat juga bahwa transparansi ini sifatnya dua arah. Selain Anda bisa memberikan informasi secara terbuka, Anda juga perlu memberikan ruang aman untuk karyawan memberikan pendapat.

Dengan mereka merasa aman dan dihargai pendapatnya, mereka akan lebih nyaman bekerja di tempat Anda dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dukung Pengembangan Karier Karyawan

 

bediskusi dengan teman satu tim

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan karyawan agar betah bekerja adalah dengan memberikan mereka kesempatan dalam mengembangkan kariernya.

Salah satu caranya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendorong karyawan untuk eksplor perannya di sana. Sehingga mereka dapat meningkatkan skill dengan baik.

Anda pun juga bisa memberikan berbagai cara untuk mengembangkan karier karyawan agar bisa menjadi daya tarik besar untuk karyawan baru.

Misalnya dengan menawarkan peluang untuk melanjutkan pendidikan, pengembangan skill, peluang naik jabatan, dan berbagai pelatihan.

Adanya berbagai program tersebut telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan karyawan agar betah dan menetap lebih lama.

Lalu, bagaimana metode pengembangan karyawan yang tepat? Pelajari metodenya yang tepat di artikel: Pengertian, Fungsi dan Metode Pengembangan Sumber Daya Manusia

Tawarkan Manfaat dan Insentif yang Kompetitif

Pemberian insentif serta benefit yang kompetitif merupakan salah satu cara atau daya tarik penting yang bisa ditawarkan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan.

Manfaat serta benefit pun tidak selalu soal gaji tinggi. Perusahaan bisa memulai dari hal yang sederhana berupa fasilitas pendukung, misalnya makan siang, parkir gratis, makanan ringan setiap hari.

Anda juga bisa memberikan aturan-aturan yang lebih leluasa seperti jam kerja fleksibel untuk divisi tertentu, berpakaian kasual, dan lain sebagainya.

Yang tak kalah pentingnya adalah pemberian benefit yang lain dari perusahaan lainnya. Selain pemberian kewajiban seperti asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga bisa memberikan skema benefit yang lebih fleksibel pada karyawan.

 

Misalnya dengan menggunakan Mekari Flex, karyawan dapat memilih sendiri benefit sesuai kebutuhan mereka.

Ditambah lagi, Mekari Flex juga memiliki keunggulan baru bernama Earned Wage Access di mana karyawan dapat mengakses sebagian dari gaji mereka lebih awal.

fitur early access salary

Kemudahan seperti adanya Earned Wage Access ini dapat membantu karyawan, terutama mereka yang membutuhkan dana darurat untuk berbagai keperluan.

Dengan memberikan manfaat yang unik, Anda akan memberikan rasa nyaman serta aman pada karyawan sehingga mereka akan berpikir dua kali sebelum mencari pekerjaan baru. Cari tahu lebih lanjut mengenai Mekari Flex di sini.

Itulah tadi beberapa cara untuk mempertahankan karyawan Anda agar betah di perusahaan Anda.

Dengan menciptakan lingkungan nyaman, tidak hanya Anda akan meningkatkan retensi, tetapi juga Anda membangun kepercayaan dengan karyawan sehingga Anda dapat memiliki karyawan yang loyal dan bekerja lebih lama.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami