Image

Point of Sales: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Aplikasi

Berbelanja menjadi salah satu aktivitas yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Keberadaan point of sales menjadi penunjang dalam melakukan pembayaran yang lebih mudah dan cepat.

Untuk bisa menikmati kenyamanannya, Anda harus paham fungsi serta penggunaannya. Hal demikian bisa Anda dapatkan dengan menyimak informasi berikut ini!

layanan point of sales yang digunakan dengan konsumen

Apa Itu Point of Sales?

Point of sales adalah jenis layanan yang diperuntukkan bagi pebisnis guna memudahkan transaksi yang dilakukan.

Manfaatnya tidak hanya untuk pebisnis saja, tapi pembeli juga akan lebih mudah bertransaksi.

Melalui layanan POS, pebisnis akan mengetahui transaksi antara penjual dan pembeli sudah berhasil.

Point of sales dikenal pula dengan mesin kasir online.

Namun, Anda tidak bisa menyamakannya dengan kasir konvensional. Pada dasarnya, POS sudah berbekal sistem yang penuh inovatif. POS hadir dengan kombinasi antara perangkat lunak dan keras.

Jadi, tidak heran point of sales hadir dengan teknologi canggih. Kemunculannya sangat tepat digunakan di masa kini.

Mesin kasir yang satu ini menjadi satu diantara layanan transaksi pembayaran yang mengikuti zaman.

Dengan adanya point of sales, transaksi jual-beli akan lebih mudah dan praktis. Point of sales memang sudah lama ditemukan di berbagai swalayan ataupun mall besar.

Ketika Anda berbelanja, maka barcode yang berada pada produk akan dipindai. Selanjutnya, harganya akan muncul dan kasir akan memberikan struknya pada Anda.

Aktivitas demikian merupakan salah satu contoh penerapan POS. Perhitungan barang yang dibeli tidak dihitung manual. Namun, menggunakan sistem yang akan lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, sistem tersebut membantu mengefisienkan waktu para pembeli. Kini, penggunaanya sudah merebak ke berbagai usaha lain, seperti restoran, laundry, hingga coffee shop.

Namun, seiring perkembangan zaman yang canggih, POS hadir lebih modern. Berbeda dengan POS offline yang bisa digunakan dengan mesin kasir, kali ini sepenuhnya digital.

Sudah banyak juga bisnis yang mengkombinasikan penggunaan POS dan software invoice online yang dapat mengirim invoice langsung kepada pelanggan sebelum dibayar.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Strategi Bisnis dan Contoh-Contohnya

Manfaat Point of Sales

Sistem point of sales memberikan manfaat yang sangat penting untuk suatu perusahaan. Para pebisnis bisa merasakan manfaat point of sales sebagai berikut:

1. Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

Point of Sales akan membantu Anda dalam mengambil keputusan terhadap kondisi perusahaan.

Pasalnya, setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara detail dan terperinci.

Inilah salah satu keunggulan dari sistem POS. Transaksi apapun bisa diawasi dengan ketat. Hal ini akan membantu Anda dalam mengamati kondisi suatu bisnis yang dilakukan.

2. Mengetahui Ketersediaan Suatu Produk

Selanjutnya, Anda juga akan mengetahui ketersediaan produk secara lebih mudah dan cepat. Setiap produk yang dipindai akan secara otomatis berkurang jumlah stoknya.

Dalam hal ini, perusahaan pun bisa menentukan barang mana yang harus diproduksi. Sebaliknya akan diketahui pula barang yang sudah terlalu lama disimpan.

Terdapat divisi perusahaan yaitu General Affair yang bertugas terhadap pengadaan barang, mulai dari tahap pengajuan, pemilihan supplier, hingga pengadaan barang yang dibutuhkan perusahaan.

3. Menyajikan Laporan Keuangan yang Sifatnya Realtime

Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan yakni laporan keuangan yang tersaji secara realtime. Keuangan perusahaan pun akan terawasi dengan baik.

Melalui sistem POS, Anda bisa mengetahui arus kas perusahaan. Selanjutnya, bisa menentukan strategi guna meningkatkan penjualan.

Kalian juga bisa dengan mudah melakukan operasional keuangan melalui software akuntansi yang langsung terhubung dengan POS.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bukan hanya pebisnis, pelanggan juga akan merasakan manfaatnya tersendiri. Dengan adanya transaksi yang mudah dan cepat, pelanggan akan merasa lebih puas.

Hadirnya POS menjadi salah satu layanan yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat pelanggan merasa puas, otomatis akan berdampak baik bagi perusahaan Anda.

Peningkatan kepuasan pelanggan juga dapat dilakukan dengan layanan customer service. 

5. Mampu Mengubah Data Secara Cepat

Dukungan perangkat lunak dan keras membuat POS bisa mengubah data secara cepat.

Menu dan harga bisa diubah dalam waktu yang singkat. Hal demikian bisa Anda manfaatkan untuk transaksi yang sifatnya diskon, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Seiring teknologi yang semakin canggih, POS saat ini bisa digunakan secara digital. Hal ini sangat cocok digunakan untuk masa kini yang populer dengan berbelanja online.

Point of sales dengan sistem digital ini akan membantu memudahkan transaksi pembayaran hingga pelacakan penjualan. Dijamin akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

Jika POS yang sifatnya offline membutuhkan mesin kasir, maka untuk POS jenis online, terdapat aplikasi yang bisa digunakan.

Berbekal internet dan perangkat yang mendukung, Anda pun bisa menggunakan POS modern. Cara kerjanya pun semakin memuaskan, yakni:

  • Proses transaksi yang diatur secara otomatis.
  • Melakukan pelacakan terhadap berbagai jenis penjualan penting.
  • Pola penjualan ditunjukkan secara detail.
  • Menyajikan perbedaan harga ataupun arus kas yang tersedia.
  • Tingkat inventaris akan terpantau secara efisien.
  • Menyajikan informasi terkait penjualan harian secara terperinci.
  • POS juga bisa digunakan untuk pengelolaan komponen bisnis lainnya, seperti inventaris dan semacamnya.

Rekomendasi Aplikasi Point of Sales

Untuk bisa menikmati manfaat dari point of sales modern, Anda perlu mengunduh beberapa aplikasi yang mendukung.

Kini, aplikasi POS bisa Anda temukan dengan mudah. Aplikasi yang tersedia mendukung perangkat berbasis Android maupun iOS.

Adapun rekomendasinya untuk Anda yakni:

1. Mokapos

Pertama, terdapat aplikasi Mokapos. Jenis aplikasi POS yang bisa digunakan para pebisnis pemula hingga yang expert.

Mokapos menyajikan fitur beragam guna menunjang kepuasan pelanggan.

Fitur yang tersedia bisa Anda gunakan pula untuk berbagai kegiatan operasional perusahaan. Anda pun akan lebih mudah menyajikan laporan dengan ketersediaan data dalam aplikasi.

Aplikasi POS yang satu ini bisa digunakan via mobile. Hal ini akan membuat Anda lebih fleksibel menggunakannya.

Tidak hanya itu, Mokapos memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi via bank tertentu. Prosesnya semakin lancar dibantu dengan dukungan mesin EDC.

2. Olsera

Aplikasi lainnya yang bisa dicoba yaitu Olsera. Satu di antara aplikasi POS lainnya yang mendukung perangkat dengan OS Android dan iOS.

Olsera banyak digunakan pelaku bisnis retail yang sifatnya konvensional dan online. Setiap data transaksi akan disajikan secara detail dan akurat.

Keunggulan dari aplikasi Olsera mampu menyediakan pembayaran secara terpisah, meskipun pembayaran dalam waktu bersamaan. Sangat tepat untuk Anda yang melakukan gathering dan membayarnya masing-masing.

3. Pawoon

Coba juga aplikasi Pawoon yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya secara free. Aplikasi ini menyajikan fitur yang cukup lengkap. Dijamin sangat berguna untuk perkembangan bisnis Anda.

Pawoon siap mencatat berbagai transaksi secara detail. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui feedback dari konsumen via fitur customer relation.

Melalui fitur tersebut, Anda bisa melakukan inovasi pada produk. Selanjutnya, produk yang dikembangkan pun akan lebih memuaskan konsumen.

Menariknya, Anda bisa melakukan ajuan kredit. Hal ini berlaku untuk pelaku bisnis yang membutuhkan dana tambahan sebagai modal untuk mengembangkan bisnis.

Layanan tersebut bisa tersaji karena adanya koordinasi yang dilakukan Pawoon dengan pihak bank.

Anda bisa menikmati layanan tersebut dan mendapatkan modal sesuai kebutuhan.

Nah, itulah ulasan terkait point of sales, mulai dari pengertian hingga POS yang sifatnya modern. Anda bisa memanfaatkannya untuk bisnis yang sedang dijajaki dan diintegrasikan dengan aplikasi pembukuan agar transaksi yang terjadi langsung tercatat dan dapat menghasilkan laporan keuangan yang lengkap.

Rasakan manfaatnya yang sangat berharga untuk kemajuan perusahaan.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami