Image

Apa itu Affiliate Marketing dan Cara Kerja dari Program Pemasaran Ini

Affiliate marketing merupakan suatu hal yang sudah tidak akan asing lagi bagi Anda yang sudah lama melakukan sebuah usaha bisnis online. Affiliate marketing ini sendiri merupakan salah satu dari program yang sangat efektif untuk bisa mendapatkan sebuah penghasilan yang besar hanya dengan melakukannya dari internet saja.

Bahkan, bisa dikatakan jika program dari affiliate marketing ini dalam penggunaannya tergolong sangat singkat, tetapi pendapatan atau hasil yang bisa Anda dapat ketika melakukan program satu ini tergolong sangat besar.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa akhirnya program dari affiliate marketing ini berhasil menjadi primadona dikalangan para pebisnis di dunia online. Selain itu, untuk proses pengerjaan dari affiliate marketing ini juga tergolong sangat mudah karena ketika menggunakan program ini Anda sebagai pelaku bisnis hanya diminta untuk menjual suatu produk di mana produk atau jasa tersebut memiliki afiliasi kepada para konsumen.

Ketika Anda sebagai pelaku bisnis berhasil menjual produk tersebut maka secara otomatis Anda akan mendapatkan sebuah komisi yang sesuai dengan kesepakatan awal yang sudah dibuat dengan Anda. Salah satu contoh dari program affiliate marketing ini yang sedang populer dikalangan para konsumen adalah jasa endorsement serta paid promote di mana, jasa ini sangat menguntungkan.

Jika Anda sebagai pelaku bisnis yang berada di dunia bisnis online dan tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai affiliate marketing ini maka sebaiknya Anda memahami ulasan yang akan kami berikan tentang afiliasi marketing karena kami akan menjelaskannya lebih dalam agar Anda bisa lebih memahaminya.

kopi, kaca mata dan tablet berisi tulisan online marketing

Mengenal Apa itu Affiliate Marketing

Dari sekian banyak model atau program bisnis internet marketing yang bisa Anda temukan, bisa dikatakan untuk saat ini affiliate marketing sedang begitu populer dan banyak dipilih serta digunakan oleh para konsumen. Dengan cara kerja yang bisa dikatakan cukup mudah, Anda sebagai pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan dengan nominal yang sangat menguntungkan karena pada dasarnya prinsip dari affiliate marketing ini sendiri merupakan sebuah program dengan konsep penjualan online berbasis komisi.

Contoh sederhana dari program affiliate marketing ini adalah ketika Anda sebagai pelaku bisnis online telah berhasil melakukan penjualan produk atau jasa yang laku dibeli oleh seorang konsumen maka secara otomatis nantinya Anda akan diberikan sebuah komisi atau uang dari hasil penjualan produk yang telah Anda lakukan.

Sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan sederhana jika affiliate marketing ini merupakan sebuah sistem ataupun program di mana Anda sebagai pelaku bisnis akan dibayar jasanya ketika telah berhasil menjual produk maupun jasa dari seorang merchant ataupun perusahaan yang memiliki produk atau jasa tersebut dengan pemasaran yang dilakukan secara online kepada para pelanggan melalui internet.

Affiliate marketing ini sendiri memang sebuah program di mana seorang merchant atau perusahaan yang memiliki jasa atau produk membutuhkan jasa orang lain untuk memasarkan serta menjual produk atau jasa mereka secara online. Bisa dikatakan posisi Anda sendiri merupakan seseorang yang tidak memiliki suatu produk ataupun jasa untuk dijual.

Oleh karena itu, ketika Anda bergabung atau menjalani sistem affiliate marketing ini nantinya Anda akan membantu seorang merchant atau perusahaan untuk menjual dan menawarkan produk ataupun jasa mereka. Ketika Anda berhasil menjual produk atau jasa tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah komisi atas penjualan yang telah berhasil dilakukan.

Biasanya seorang merchant atau perusahaan yang memiliki produk ataupun jasa enggan melakukan pemasaran mereka sendiri sehingga membutuhkan bantuan karena prosesnya yang dianggap rumit.
Misalnya seperti suatu perusahaan kosmetik di mana menurut perusahaan tersebut akan sulit bagi mereka bisa meningkatkan omset hasil penjualan hanya dengan melakukan proses marketing yang dilakukan oleh perusahaan mereka sendiri.

Oleh karena itu, perusahaan kosmetik tersebut membutuhkan sebuah affiliate marketing yang akan bertugas memasarkan dan menawarkan produk yang mereka produksi kepada para konsumen sesuai dengan target pasar.

Selain menerima produk maupun jasa, seorang merchant atau perusahaan yang memproduksi produk tidak perlu repot lagi untuk melakukan sebuah analisis atau riset pasar karena seorang afiliasi pada umumnya telah memahami target dan potensi pasar konsumen mereka. Selain itu, affiliate marketing ini juga sangat menguntungkan para konsumen karena mereka tidak perlu lagi repot repot mencoba semua produk ataupun jasa yang ditawarkan di pasaran.

Para konsumen hanya perlu melihat bagaimana ulasan produk atau jasa tersebut dari seorang affiliate marketing ini. Oleh karena itu, secara sederhana bisa dikatakan jika affiliate marketing merupakan strategi untuk saling berbagai tanggung jawab antara Anda dengan seorang merchant atau perusahaan yang memproduksi sebuah barang atau jasa.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Strategi Bisnis dan Contoh-Contohnya

Cara Kerja dari Affiliate Marketing

Jika Anda tertarik untuk mencoba menjalankan affiliate marketing ini secara maksimal, maka hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu pada suatu perusahaan yang bergerak pada dunia afiliasi dan nantinya Anda akan mendapatkan sebuah link afiliasi dari web perusahaan afiliasi tersebut.

Setelah itu, Anda akan melakukan sebuah promosi link pada sebuah website maupun blog, social media, hingga forum forum online. Siapapun yang melakukan klik pada link yang sudah Anda sematkan tersebut dan melakukan sebuah pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan maka Anda akan mendapat sebuah komisi sesuai dengan berapa banyak produk atau jasa yang terjual.

Untuk variasi dari komisi yang akan Anda terima ini biasanya besaran biaya yang akan diberikan tergantung dari produk atau jasa yang Anda jual dari seorang merchant atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa tersebut.

Oleh karena itu, bisa dikatakan jika affiliate marketing ini merupakan sebuah penghasilan yang akan memberikan sebuah penghasilan yang pasif dan relatif mudah bagi para pemula walaupun Anda tidak memiliki sebuah website sekalipun.

Kelebihan dari Penggunaan Affiliate Marketing

Berikut adalah kelebihan yang dimiliki oleh affiliate marketing ini di mana mungkin setelah memahami kelebihan yang dimiliki oleh sistem afiliasi ini Anda akan semakin tertarik untuk menjalani sistem pemasaran secara online ini.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh affiliate marketing antara lain:

  1. Anda hanya memerlukan modal yang kecil ketika menjalani sistem pemasaran afiliasi ini. Akan tetapi, hal tersebut sangat jarang karena kebanyakan orang yang menjalani program affiliate marketing ini tidak membutuhkan modal sama sekali ketika menjalaninya.
  2. Sistem pemasaran afiliasi ini sangat mudah jika Anda baru pemula dan ingin mencoba memulainya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena sistem pemasaran afiliasi ini tidak membutuhkan sebuah pengalaman yang khusus.
  3. Anda akan melakukan kerja sama dengan sebuah industri dengan keuntungan yang bisa di dapatkan pun memiliki keuntungan yang besar.
  4. Menjalani sistem pemasaran afiliasi online ini akan membuat Anda lebih flexible dalam mengatur waktu untuk menjalankan promosi pemasaran produk ataupun jasa.
  5. Memberi sebuah kesempatan kepada Anda untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan penghasilan yang besar.
  6. Bisa melakukan pekerjaan di mana saja.
  7. Terdapat begitu banyak pilihan produk yang bisa Anda tawarkan dan promosikan kepada para konsumen.

Perbedaan antara Affiliate Marketing dengan Reseller

Bagi sebagian orang yang belum memahaminya mungkin akan menganggap jika sistem pemasaran afiliasi dengan reseller ini memiliki sistem kerja yang sama. Padahal antara afiliasi dan reseller memiliki sebuah perbedaan.

Berikut adalah perbedaan antara sistem pemasaran afiliasi dengan reseller yang sebaiknya Anda ketahui, antara lain:

1. Sistem Afiliasi

Bisa dikatakan sistem pemasaran afiliasi ini merupakan sebuah sistem bisnis yang dilakukan secara online di mana Anda akan menawarkan dan menjual produk ataupun jasa dari sebuah perusahaan atau seorang merchant tanpa adanya syarat apapun.

Ketika ingin menjadi bagian dari afiliasi ini Anda hanya diwajibkan untuk melakukan pendaftaran tanpa perlu membeli produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada para pelanggan.

Jika dibandingkan dengan seorang reseller, komisi yang akan didapatkan oleh Anda hanya sekitar 20 hingga 40% dari setiap produk yang berhasil terjual.

2. Sistem Reseller

Untuk sistem satu ini adalah sebuah sistem di mana Anda akan menjalankan sebuah bisnis secara online dengan memasarkan dan menjual sebuah produk dari sebuah perusahaan atau seorang merchant, tetapi ketika menjadi seorang reseller Anda akan dikenakan sebuah syarat di mana Anda harus membeli produk tersebut terlebih dahulu.

Sementara, untuk komisi yang akan Anda dapatkan dengan menjadi seorang reseller ini sangat bervariasi yaitu mulai dari 30 hingga 80%.

Tips untuk Menjadi Seorang Afiliasi yang Sukses

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar menjadi seorang afiliasi yang sukses, antara lain:

1. Mempelajari informasi produk

Sebaiknya Anda membiasakan diri untuk mempelajari segala informasi mengenai produk ataupun jasa yang akan Anda tawarkan kepada para pelanggan dan hal ini sebaiknya dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan sebuah web perusahaan afiliasi suatu produk.

2. Pilih produk yang diminati pasar

Memilih sebuah produk yang memang diminati oleh pasar atau produk yang memang Anda sukai. Hal ini akan membuat Anda akan lebih enjoy dalam mempromosikan barang yang akan Anda jual kepada konsumen.

3. Buat website produk afiliasi

Bisa dengan membuat sebuah website ataupun blog untuk bisnis produk yang akan Anda tawarkan kedepannya. Bisa dikatakan hal ini merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh seorang afiliasi dalam menjalankan sistem pemasaran online. Jika Anda memiliki budget yang cukup maka Anda bisa membeli sebuah website yang serius dengan hosting dan domain, sebaiknya jangan menggunakan sebuah website dan domain yang gratis untuk website sistem afiliasi yang Anda jalankan.

Selain membuat website produk afiliasi, Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API  untuk mempermudah promosi produk. Anda dapat langsung share link produk afiliasi ke media sosial WhatsApp bisnis agar produk mudah diketahui orang banyak.

4. Coba dahulu produk afiliasi

Anda bisa mencoba lebih dulu produk atau jasa yang akan Anda tawarkan kepada para pelanggan karena saat ini penilaian seorang pelanggan sudah sangat cerdas untuk mengetahui kebenaran dari suatu produk. Ketika Anda mencoba produk tersebut lebih dulu maka Anda bisa dengan mudah melakukan testimoni serta manfaat yang sesuai. Testimoni dari pengalaman pribadi akan membuat para pelanggan bisa lebih percaya tentang produk yang Anda tawarkan

5. Isi website dengan konten bermanfaat

Blog atau website Anda sebaiknya memiliki sebuah konten yang bermanfaat di mana isi dari blog tersebut tidak hanya mengenai iklan dari produk yang Anda tawarkan, tetapi dengan sebuah konten website yang berharga. Dengan memberi sebuah konten hal ini akan membuat pelanggan lebih teredukasi mengenai produk yang Anda tawarkan. Selain itu, para pelanggan juga memiliki sebuah loyalitas untuk selalu mendatangi website atau blog Anda untuk melakukan pembelian.

6. Mengatur keuangan dengan baik

Mengatur keuangan dengan baik juga menjadi salah satu dari syarat yang harus Anda terapkan agar bisa menjadi seorang afiliasi marketing yang sukses. Dengan memiliki pengelolaan keuangan yang baik maka Anda tidak hanya akan menjadi seorang tenaga afiliasi saja, tetapi juga bisa meningkat menjadi seorang reseller yang memiliki stok barang sehingga akan lebih cepat ketika merespon permintaan yang diminta oleh seorang konsumen tanpa harus menunggu kabar dari seorang supplier terlebih dahulu.

Pengelolaan keuangan dapat dilakukan dengan mudah melalui software akuntansi untuk bisnis Anda. Melalui software tersebut, mengelola keuangan jadi lebih cepat dan terintegrasi dengan persediaan produk dan yang lainnya.

Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Seorang Afiliasi

Sistem pemasaran online afiliasi ini akan memberi sebuah peluang dan kesempatan kepada semua orang karena ketika menjalani ini Anda tidak akan dikenakan sebuah syarat yang khusus sehingga seorang pemula yang tidak memiliki pengalaman pun juga bisa mengikuti sistem pemasaran online satu ini.

Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang affiliate yang baik Anda harus menghindari beberapa hal yang akan kami berikan berikut ini. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan oleh seorang afiliasi marketing, yaitu:

1. Menjual secara Hard Sell

Tidak jarang seorang pemula yang baru menjalani sistem pemasaran online afiliasi ini terlalu frontal ketika sedang menawarkan produk yang akan mereka jual.

Hal ini akan membuat konten yang akan diberikan akan terlihat seperti dipaksakan. Padahal hal penting yang lebih dibutuhkan adalah sebuah konten yang bisa memberikan sebuah edukasi kepada para pembaca mengenai mengapa mereka harus membeli melalui link afiliasi yang sudah Anda sematkan pada website atau blog milik Anda.

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan konten dengan kata kata seperti ‘beli sekarang’, ‘silahkan beli’, karena hal tersebut bisa dikatakan terlalu hard sell dan terkesan memaksa para pembeli di mana hal ini tentu akan membuat pembeli merasa tidak nyaman.

2. Mengikuti Program Afiliasi Marketing yang Terlalu Banyak

Hal yang sebaiknya juga hindari adalah terlalu banyak mengikuti program afiliasi yang lain. Memang mengikuti program afiliasi yang lain bukanlah suatu larangan, tetapi jika Anda seorang pemula pada bidang ini maka sebaiknya Anda harus tetap fokus pada program afiliasi yang sedang Anda ikuti sekarang.

Sebaiknya, Anda tidak mudah terpancing dengan pengaruh program afiliasi marketing yang lain yang memberi sebuah penawaran menarik kepada Anda. Ketika Anda mengikuti banyak program afiliasi marketing hal ini akan membuat pikiran Anda menjadi terbagi sehingga tidak bisa fokus.

Jika sudah seperti ini maka tidak akan ada satupun program afiliasi marketing yang sedang dijalankan akan sukses karena kurangnya fokus yang Anda miliki.

3. Salah dalam Memilih Program Afiliasi

Tidak sedikit orang yang akhirnya salah bergabung ketika ingin mengikuti sebuah program afiliasi marketing karena mendapat sebuah penawaran yang diimingi dengan komisi yang besar dan menguntungkan. Sebaiknya, Anda jangan hanya terpaku pada komis yang besar saja karena Anda harus memilih sebuah program afiliasi marketing yang bisa membuat Anda merasa tertarik sehingga ketika menjalani promosi produk tersebut Anda akan merasa sangat enjoy.

Sebelum melakukan program afiliasi, Anda juga bisa melakukan sebuah riset terlebih dahulu mengenai produk apa yang akan Anda promosikan nantinya pada website atau blog pribadi milik Anda. Ketika Anda sudah merasa yakin maka Anda bisa menjalaninya dengan penuh keyakinan dan semangat.

Demikianlah penjelasan kami mengenai ulasan tentang affiliate marketing di mana pada era sekarang program pemasaran yang dilakukan secara online ini sedang sangat populer dikalangan masyarakat.  Program pemasaran affiliate marketing ini akan memberi sebuah peluang serta kesempatan kepada siapapun orang tanpa terkecuali karena memang untuk menjadi bagian dari affiliate marketing ini sendiri tidak memerlukan sebuah syarat yang khusus selain mendaftarkan diri Anda pada sebuah website perusahaan afiliasi di mana Anda akan menawarkan produk ataupun jasa yang mereka minta.

Selain itu, untuk memulai menjadi seorang afiliasi pemasaran produk atau jasa ini Anda tidak akan dibebankan dengan sebuah modal karena pada umumnya program afiliasi ini bebas modal, bahkan Anda pun tidak perlu membeli produk yang akan Anda tawarkan kepada para pelanggan terlebih dahulu.

Meskipun tanpa membutuhkan sebuah modal, tetapi komisi keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil menjual produk kepada para pembeli akan memberikan Anda penghasilan yang cukup besar sehingga tidak heran jika menjadi seorang affiliate juga bisa dianggap Anda akan mendapatkan sebuah penghasilan pasif. Hal ini lah yang membuat orang orang semakin merasa tertarik untuk bergabung.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami