Home / Blog / Business & Economy

9 Cara Memulai Bisnis Online, Hasilkan Banyak Cuan!

cara memulai usaha online
Daftar isi
Mode

Dilansir dari Tidio, nilai penjualan online mengalami peningkatan pesat. Pada tahun 2024, diperkirakan penjualan dari e-commerce global akan melampaui nilai 7 triliun dolar. Karena itu, memulai usaha online dinilai lebih menguntungkan dibandingkan dengan bisnis fisik. 

Tentu saja, Anda memerlukan rencana bisnis yang solid serta strategi pemasaran yang efektif, agar bisnis bisa maju dan berkembang dalam jangka panjang. 

Berikut adalah tips untuk memulai usaha online dari awal, dengan mudah dan efektif. Simak penjelasannya berikut. 

Mengapa harus memulai usaha online? 

Ada beberapa alasan mengapa bisnis online bisa memberikan banyak keuntungan. Karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk memulainya. 

1. Biaya awal rendah

e-commerce untuk bisnis online

Bisnis offline seringkali memerlukan modal awal yang cukup besar. Mulai dari sewa tempat, mempekerjakan staf, membeli stok, dll. Sebaliknya, bisnis online bisa dimulai hanya dengan memiliki produk yang akan dijual dan website. 

Bahkan, ada metode dropship, yang artinya Anda tidak perlu membeli stok barang secara langsung. 

2. Akses pasar yang lebih luas

Pelanggan biasanya akan mengunjungi toko fisik yang ada di sekitarnya. Sementara itu, bisnis online bisa meraih siapa pun yang memiliki akses internet. 

Anda bisa menjual produk kepada pelanggan di seluruh dunia. Hal ini tentunya sangat berdampak pada peningkatan penjualan. 

3. Fleksibilitas operasional

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak perlu repot datang mengawasi ke toko setiap hari. Hanya dengan koneksi internet, Anda bisa mengoperasikan bisnis dari rumah, atau saat bepergian. 

Fleksibilitas ini tentunya menghadirkan kemudahan dan menghemat waktu, karena tidak perlu keluar rumah. 

4. Tersedia 24/7

Banyak orang yang hanya punya waktu untuk berbelanja di malam hari, karena sibuk beraktivitas. Ini menjadi poin plus bagi usaha online, karena toko dapat beroperasi pada jam berapa pun. 

Pelanggan bisa memilih kapan saja waktu yang nyaman untuk berbelanja. Hal ini tentunya menjadikan usaha online lebih unggul daripada toko fisik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan. 

5. Mudah untuk memperluas skala bisnis

Seiring pertumbuhan bisnis, Anda akan lebih mudah untuk memperluas skalanya. Mungkin bisa dimulai dari memperluas lini produk, wilayah layanan, atau strategi marketing. 

Berbeda dengan bisnis fisik, Anda tidak perlu mencari ruang yang lebih besar untuk menangani peningkatan permintaan. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai alat dan platform online untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.

Ada 2,99 juta pelaku usaha yang melakukan penjualan melalui e-commerce di Indonesia pada 2022.

Dilansir dari Indonesia Baik

9 cara usaha online yang menguntungkan

memulai bisnis online dari nol

Agar lebih mudah memulai bisnis online, ketahui dulu dasar-dasar memulainya dari nol. Berikut ini 9 cara utama yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan usaha online: 

1. Menentukan produk yang akan dijual

Ini bisa berbentuk barang, jasa, atau media. Jual sesuatu yang bisa menjadi solusi atas masalah konsumen. Supaya Anda selalu bersemangat dalam setiap prosesnya, Anda bisa juga menjual sesuatu yang Anda suka atau biasa buat. 

Bisa juga memanfaatkan tren yang sedang berkembang di pasar, tapi ini juga cukup berisiko. 

Banyak bisnis berbasis tren tidak bertahan lama, karena tren cenderung naik turun popularitasnya. Karena itu, agar rencana bisnisnya sukses, Anda perlu benar-benar memahami pasar yang akan Anda masuki. 

2. Lakukan riset pasar 

Memahami pasar yang akan Anda masuki bisa dimulai dengan menentukan target pelanggan Anda. Tahap ini akan menentukan apakah produk Anda punya peminat yang besar atau tidak. 

Untuk mengetahui besarnya peminat, ada beberapa hal yang harus diketahui: 

  • Kebutuhan untuk produk Anda
  • Siapa yang akan membeli produk Anda
  • Seberapa banyak pelanggan yang bersedia membelinya 

Untuk memahami hal-hal ini, Anda perlu tahu di mana pelanggan Anda sering menghabiskan waktu online. Kelompokkan target pelanggan berdasarkan demografi, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, preferensi konten, dll. 

Dengan data tersebut, Anda bisa temukan pelanggan yang sesuai dengan bisnis online Anda, sehingga pemasaran dan penjualan produk jadi lebih mudah. 

3. Riset kompetitor 

Langkah selanjutnya adalah memahami kompetitor bisnis Anda. Untuk melakukan riset kompetitor, pahami apa saja produk mereka, jenis pelanggan, harga yang ditawarkan, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis online secara keseluruhan. Dengan ini, Anda bisa menemukan potensi celah di pasar yang dapat diisi oleh bisnis Anda.

Perhatikan faktor-faktor yang membuat produk mereka diminati, seperti penawaran khusus atau diskon menarik. Selain itu, cari tahu juga kelemahan mereka, seperti respon yang lambat. Gunakan kelemahan untuk menciptakan keunggulan bisnis Anda.

4. Buat rencana bisnis 

Buat catatan yang jelas terkait rencana bisnis Anda. Dengan begitu, ke depannya, usaha online Anda akan tetap sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Pastikan untuk selalu memperbarui dokumentasi ini jika ada perkembangan penting dalam bisnis Anda. 

Berikut adalah elemen penting yang perlu didokumentasikan: 

  • Tujuan dan visi-misi bisnis jangka pendek maupun panjang
  • Deskripsi produk atau layanan yang ditawarkan 
  • Rencana penjualan dan pemasaran
  • Kebutuhan pendanaan
  • Proyeksi keuangan 
Baca Juga: Perencanaan Bisnis: Ketahui Pengertian, Tujuan, Tipe-tipe dan Komponennya

5. Cari supplier terpercaya 

Anda dapat memilih peluang pertama dengan membeli barang dari pusat grosir yang terpercaya, meskipun keuntungan mungkin sedikit terbatas karena harga dari pusat grosir tidak terlalu murah.

Alternatif lain adalah membeli barang dari supplier luar negeri atau berkolaborasi dengan pusat pengrajin di daerah-daerah. Bisa juga bekerja sama dengan supplier sebagai reseller atau dropshipper.

Sebelum putuskan, hitung matang biaya dan keuntungan dengan memperhitungkan peluang. Setelah pilih supplier, gunakan aplikasi stok barang untuk pantau keluar-masuknya barang. Ini penting untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk restock persediaan Anda.

6. Tentukan brand yang menarik

Menentukan brand itu penting, karena ini yang akan menciptakan kesan pertama dan membangun kepercayaan pelanggan di masa depan. Jadi, pikirkan dengan kreatif tentang nama merek dan desain logo bisnis Anda.

Pastikan itu sesuatu yang dapat diterima dan diingat dengan baik oleh masyarakat ketika mereka ingin beli produk dari Anda. 

7. Buat akun media sosial atau website 

Survei dari Verisign menyatakan bahwa 56% calon pembeli tidak percaya dengan kualitas sebuah toko online yang tidak memiliki website. Jika pembuatan website masih tidak memungkinkan, mulailah dengan membuat akun media sosial terlebih dahulu. Ini bisa menjadi sarana untuk memasarkan produk dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda.

Selain menjual produk di website dan akun media sosial, Anda juga dapat memasarkan produk di berbagai platform e-commerce. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi chat omnichannel, sehingga pelayanan pelanggan dapat dijalankan dengan mudah, ke seluruh saluran dengan cepat dan merata.

8. Promosi produk

Langkah berikutnya dalam usaha online adalah mempromosikan produk Anda. Promosi dapat dilakukan secara berbayar atau gratis. Keduanya memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan, namun promosi berbayar umumnya lebih efektif karena dapat menargetkan pasar yang lebih spesifik. 

Untuk promosi gratis, Anda bisa membuat konten menarik yang diunggah secara berkala di media sosial. Sementara, promosi berbayar bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan influencer atau menggunakan iklan berbayar. 

9. Mempertahankan pelanggan setia

Jaga hubungan baik dengan mereka karena menarik pelanggan baru melalui promosi dapat memakan biaya yang lebih tinggi. Bagaimana caranya?

  • Berikan bonus eksklusif atau diskon khusus 
  • Buat program loyalitas dengan hadiah menarik
  • Interaksi yang lebih personal
  • Berikan akses awal ke produk baru 

Anda tidak hanya memperkuat ikatan dengan pelanggan setia tetapi juga memberikan pengalaman belanja yang tak terlupakan. Ini adalah langkah penting untuk membuat pelanggan merasa dihargai dan terus memilih produk Anda.

Mekari Qontak, mempercepat pertumbuhan bisnis

Supaya pertumbuhan bisnis online Anda semakin pesat, penting untuk menggunakan solusi software online yang bisa mengintegrasikan semua proses bisnis Anda.

Dengan Mekari, Anda bisa menggunakan omnichannel untuk mempercepat penjualan dan pelayanan pelanggan. Ada juga aplikasi akuntansi yang memastikan bahwa laporan keuangan dibuat dengan cepat dan akurat. Solusi software ini memudahkan Anda untuk memantau perkembangan bisnis Anda, kapan saja dan dimana saja. Tidak perlu ragu, hubungi kami sekarang.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami