Image

11 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online di Masa Pandemi

Seorang pebisnis tentu tidak hanya memikirkan bagaimana usaha tetap bertahan. Tetapi penting pula mengetahui cara meningkatkan omset penjualan agar semakin banjir peminat.

Apalagi di masa pandemi, pebisnis online perlu tahu strategi yang tepat agar usaha dapat menghasilkan omset. Tidak hanya itu, Anda pun bisa meningkatkan omset hingga berlipat-lipat.

Untuk mendapatkan itu semua, Anda bisa menyimak informasi di bawah ini terkait cara meningkatkan omset penjualan online di masa pandemic Covid-19.

analisa grafik seperti grafik somset penjualan

11 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Masa Pandemi

Alih-alih ingin meningkatkan omset penjualan malah mengalami kerugian. Hal ini memang wajar terjadi pada setiap pebisnis online terutama bagi pengusaha online pemula.

Namun perlu kita ketahui bersama bisa jadi hal ini merupakan sebab dari dari pada individu itu sendiri yang belum mengetahui strategi yang tepat untuk meningkatkan omset.

Karena itu, agar usaha Anda kian berkembang dengan omset melimpah berikut ini kita sajikan 11 cara meningkatkan omset penjualan secara online pada masa pandemi.

1. Perkuat Brand Produk

Brand yang kuat akan sangat mendukung dari penjualan produk. Selain itu, brand yang kuat dapat mengamankan harga produk Anda meskipun terbilang tinggi.

Hal ini memang benar adanya sebab pada faktanya, hasil survey oleh Nielsen menyatakan bahwa 60% konsumen lebih tertarik dengan produk dari brand ternama.

Memperkuat brand dapat Anda lakukan diantaranya dengan membuat konten yang menarik, relevan dan sesuai dengan trend yang ada.

2. Temukan Pelanggan Lebih Luas dan Tepat Sasaran

Pengusaha online tentu mesti akrab dengan beragam akun media sosial. Sebab dari sinilah pebisnis akan menghasilkan dan meningkatkan omset penjualan secara online.

Media sosial dapat mendatangkan omset beberapa kali lipat. Sebab dengannya kita lebih mudah menjangkau konsumen serta efektif dan efisien dalam mempromosikan produk.

Kuncinya tergantung dari kepandaian dalam mengelola media sosial itu sendiri. Semakin baik strategi dalam bermedia sosial, maka akan mudah untuk meningkatkan omset penjualan.

Salah satunya yakni dengan melakukan Sosial Media Marketing (SMM). Misalnya dengan memanfaatkan Facebook Ads untuk meningkatkan leads, optimasi instagram atau website SEO.

2. Berikan Diskon dan Penawaran Khusus yang Menarik

Memberikan diskon merupakan cara meningkatkan konsumen yang ampuh untuk meningkatkan omset penjualan Anda.

Namun perlu diingat agar saat Anda memberikan diskon, pastikan diskon sesuai dengan harga pokok produksi Anda.

Buatlah program diskon yang tepat dan tidak sampai memberatkan. Selain itu, berikan diskon saat waktu-waktu tertentu saja. Misalnya, menjelang akhir bulan atau hari raya .

Adapun tujuan diadakannya penawaran khusus pada dasarnya agar pelanggan cepat membayar. Hal ini juga penting sebab dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Tingkatkan Kualitas dan Inovasi Produk

Tidak sedikit dari pebisnis online yang akhirnya memutuskan menutup usahanya sebab kerugian. Ada juga yang akhirnya berhenti karena kalah saing dengan pebisnis lain.

Hal ini terjadi karena keengganan pebisnis dalam meningkatkan kualitas dan melakukan pembaharuan pada produk.

Karena itu, pebisnis yang ingin sukses mesti tahu bagaimana cara mengembangkan usaha agar terkenal di mata warganet. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas dan inovasi produk.

Anda bisa menjadikan produk Anda memiliki karakter dan keunikan. Karakter produk bisa nampak dari tampilan, warna dan apapun itu sesuai dengan jenis produk Anda.

Baca juga: Mengenal Alur Proses Tahapan Produksi serta Tujuan dan Artinya

5. Terapkan Strategi Bundling

Strategi bundling terbukti ampuh dapat meningkatkan omset penjualan. Bundling sendiri adalah strategi pemasaran dengan upaya menyatukan dua atau lebih produk dalam satu paket.

Biasanya harga paket bundling dibanderol lebih murah dibandingkan dengan harga eceran. Sebab itu pelanggan akan tertarik untuk membeli produk dengan strategi bundling.

6. Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Hal yang terpenting dalam rangka meningkatkan omset penjual selanjutnya adalah dengan memberikan pelayan terbaik kepada pelanggan.

Buat pelanggan merasa terkesan akan pelayanan yang Anda berikan. Sehingga, menggunakan aplikasi CRM untuk mengatur relasi anda dengan pelanggan sangatlah krusial.

Bisa dengan memberikan ucapan rasa terima kasih, bersikap ramah dan memahami kendala yang dihadapi pelanggan. Sehingga pelanggan akan mudah membuka diri kepada Anda.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, Anda dapat menarik pelanggan setia lebih banyak lagi. Alhasil omset penjualan online Anda dapat berkembang pesat.

7. Tingkatkan Kualitas Diri dan Mitra Kerja Anda

Untuk menjadi sukses seseorang juga perlu bantuan dari orang lain. Entah itu teman dekat Anda, keluarga ataupun teman media sosial Anda.

Jika Anda merasa kewalahan dalam mengelola bisnis Anda, maka sangat dianjurkan untuk Anda untuk merekrut mitra kerja yang tentunya kompeten dibidangnya.

Dukung mereka secara penuh untuk semakin berupaya memajukan penjualan produk bisnis Anda. Setelahnya hargai perjuangan mereka sebab telah mau bekerja sama dengan Anda.

8. Berikan Testimoni Positif

Ada banyak manfaat testimoni pelanggan diantaranya dapat meningkatkan omset penjualan online. Produk testimoni akan mudah menyerap lebih banyak kepercayaan pelanggan.

Testimoni bisa menjadi modal tak terhingga bagi pebisnis untuk meningkatkan omset penjualan. Melalui testimoni pula pelanggan akan mudah memutuskan untuk segera membeli.

Selain itu, pelanggan jadi lebih mudah mengenal produk. Sehingga Anda akan tidak perlu repot untuk mensosialisasikan terkait kepentingan produk kepada pelanggan baru Anda.

9. Lakukan Evaluasi

Setelah bisnis Anda berjalan hingga beberapa periode, Anda dapat melakukan evaluasi. Dengan adanya evaluasi, kita dapat mengukur seberapa jauh peningkatan omset penjualan.

Kita juga dapat mengetahui apa saja yang perlu kita perbaiki dan ditingkatkan. Sehingga bisnis online akan semakin berkembang dan menghasilkan omset lebih besar dari sebelumnya.

Peningkatan omset dapat dikelola dengan mudah dengan aplikasi UKM agar lebih mudah dan efisien.

10. Belajar dari Pengusaha yang Sudah Sukses

Ada banyak kisah sukses pengusaha bisnis online yang patut ditiru terkhusus bagi para pengusaha yang mau meningkatkan omset penjualan.

Pesaing Anda tidak selamanya menjadi lawan Anda dalam berbisnis. Jika Anda dapat memilih, Anda dapat belajar banyak dari jatuh bangun kisah bisnis mereka.

Pelajari bagaimana mereka mengembangkan bisnis, mengelola keuangan penjualan termasuk cara meningkatkan omset penjualan secara online.

Kalau perlu Anda dapat mengajukan diri untuk bekerja sama dengan pengusaha lain. Sehingga bisnis Anda cepat dapat naik daun dan akhirnya mendapatkan omset yang melimpah.

11. Selalu Optimis dan Konsisten

Terakhir, Anda perlu untuk selalu optimis dan konsisten terhadap apa yang Anda kerjakan. Tidak peduli sudah berapa kali Anda gagal dan melakukan kesalahan.

Dengan tetap bersikap optimis, kita tidak akan mudah menyerah saat menghadapi masalah. Begitu pula saat kita terus konsisten, maka tidak terasa akan sampai juga pada tujuan.

Anda bisa bangkit dan mulai belajar dan perbaiki kesalahannya. Pupuk rasa optimis agar bisnis Anda dapat sukses meningkatkan omset penjualan secara online di masa pandemi ini.

Demikian tadi cara meningkatkan omset penjualan secara online di masa pandemi. Sejatinya setiap pelaku usaha tentu akan menemui pasang surutnya menjalani sebuah bisnis. Agar dapat menghemat biaya operasional dan tenaga kerja, Anda dapat menggunakan aplikasi SAP yang mudah digunakan dan sudah terintegrasi dengan berbagai fitur.

Hanya saja kita mesti tahu bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan strategi yang tepat dan berdampak pada hasil yang kita harapkan.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami