Home / Blog / Digital Transformation

Apa itu SAP? Berikut Penerapan dan Cara Menggunakannya

penerapan program SAP
Daftar isi
Mode

Program SAP sudah dikenal oleh banyak perusahaan di dunia. Sistem ini sangat membantu pebisnis pemula untuk mengelola berbagai kebutuhan perusahaan. Lalu, sebenarnya apa itu SAP? Apakah ada perbedaan dengan sistem erp saat ini?

Nah, simak ulasan berikut ini untuk mengenal lebih dekat mengenai SAP dan cara menggunakan SAP untuk bisnis Anda.

Mengenal SAP (System Application and Product in Data Processing)

mengenal apa itu SAP dan cara menggunakannya

SAP (System Application and Product in data processing) merupakan sebuah aplikasi untuk mengolah data berbagai sumber daya untuk kepentingan bisnis suatu perusahaan.

Awalnya, SAP merupakan nama perusahaan multinasional di Waldorf, Jerman. Sistem SAP yang dibuat oleh perusahaan tersebut sebagai sistem pengelolaan bisnis dan dikenal di seluruh dunia. Inilah yang membuat SAP juga dikenal dan digunakan oleh perusahaan dan instansi di Indonesia.

Komponen sumber daya utama dari SAP terdiri dari modul finance, logistic dan human resources. Ketiga komponen tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi puluhan modul, sehingga penting bagi perusahaan untuk menggunakan SAP.

Lalu, apakah perbedaan SAP dengan ERP? Sesuai fokus yang diberikan, SAP merupakan aplikasi yang memiliki interaksi dengan sistem lain, sedangkan sistem ERP adalah aplikasi pengelolaan seluruh proses bisnis, mulai dari akuntansi, pemasaran, penggajian, hingga manajemen sumber daya manusia.

Asah Pengetahuan Bisnis dan Teknologi!

Seberapa paham Anda tentang dunia bisnis di Indonesia? Uji pengetahuan Anda!

1 / 3

AI adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan sistem yang mampu melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia

2 / 3

Apa manfaat dari SaaS (software-as-a-solution)?

3 / 3

Apa salah satu sub-bidang dari AI (kecerdasan buatan)?

Your score is

The average score is 73%

Jenis Software SAP

Software SAP memiliki berbagai jenis, diantaranya:

1. SAP Business Suite atau R/3

SAP R/3 ini merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sistem aplikasi SAP Business Suite dirancang dengan program yang disesuaikan dengan keinginan calon pengguna serta menggunakan bahasa pemrograman ABAP.

SAP ini dapat membantu small business dengan biaya yang rendah dan waktu yang relatif singkat.

2. SAP All-in-One atau A1 (SAP IS)

SAP All-in-One merupakan turunan dari SAP R/3. Sama seperti sebelumnya, SAP ini disesuaikan dengan calon pengguna dengan bahasa pemrograman ABAP.

SAP ini juga memiliki rangka best practice yang diperuntukkan untuk bisnis skala menengah hingga besar.

3. SAP Business One atau B1

SAP B1 merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Modul dari SAP ini dapat digunakan untuk semua jenis perusahaan.

Keunggulan SAP Business One ini memiliki Add On Modul, waktu implementasi rentang 3-6 bulan, serta dapat digunakan perusahaan skala kecil dan menengah.

4. SAP S/4 HANA

SAP S/4 HANA merupakan sistem ERP dengan HANA sebagai database yang menjalankannya. SAP ini secara khusus diperuntukkan untuk memori HANA, sehingga tidak dapat dijalankan di database lain.

Rilis di tahun 2015 sebagai penerus SAP Business Suite, SAP Hana digunakan untuk memecahkan masalah lebih kompleks dan mengelola data dengan jumlah lebih besar dan tersedia secara cloud.

Contoh Perusahaan Menggunakan SAP di Indonesia

Penggunaan SAP berkembang sangat pesat. Di Indonesia, SAP pertama kali digunakan oleh PT Krakatau Steel tahun 1990-an, PT Astra International dan perusahaan multinasional lainnya.

Berikut beberapa contoh perusahaan nasional yang menggunakan SAP, diantaranya:

  1. Garuda Indonesia
  2. PT PLN (Persero)
  3. PT Pertamina
  4. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)
  5. BMW Indonesia
  6. PT Bank Central Asia Tbk; dan masih banyak lagi

Biasanya pengguna software SAP adalah perusahan besar yang memiliki pasar global. Perusahaan perlu melakukan pembelian atau pembayaran lisensi tiap tahun jika menggunakan SAP. Hal inilah yang membuat SAP menjadi kategori mahal.

Kapan penerapan SAP dalam suatu perusahaan

Aplikasi SAP menjadi pengelolaan data yang diminati dan dibutuhkan oleh perusahaan. SAP banyak digunakan oleh perusahaan maupun instansi pemerintah sebagai acuan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan.

Selain itu, penerapan modul SAP diperlukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kecepatan dan konsistensi bisnis berjalan dengan baik. Dengan menggunakan SAP, Anda dapat monitoring berbagai divisi di perusahaan. Produk SAP ini dapat meningkatkan produktivitas dan profit perusahaan Anda.

Saat ini, produk SAP juga dapat digantikan dengan alternatif yang lebih hemat biaya dan perawatan mudah melalui software ERP. Sistem ERP ini juga mulai digunakan oleh operasional bisnis perusahaan.

Tidak hanya perusahaan skala multinasional, penerapan ERP di UMKM juga dapat dilakukan. Perusahaan yang sedang berkembang menggunakan ERP untuk mengikuti arus persaingan global. Oleh karena itu, pilihlah produk ERP yang menjadi solusi bisnis Anda.

Cara menggunakan SAP

Penggunaan program SAP disesuaikan untuk tingkatan yang berbeda. Umumnya, perusahaan akan menggunakan jasa konsultan SAP atau ahli IT untuk menggunakan program SAP melalui GUI (Graphical User Interface).

GUI menyajikan program SAP untuk user dapat memasukkan data serta membaca informasi dalam database perusahaan. Memang perlu adanya pelatihan terlebih dahulu untuk menggunakan SAP dengan benar.

Berbeda dengan SAP, sistem ERP mampu melakukan pengelolaan integrasi sistem bisnis berbasis cloud, sehingga data lebih aman. Selain itu, ERP juga relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya SAP.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami