Image Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Manfaat & Tugasnya
Blog

Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Manfaat, dan Tugasnya

Hampir semua perusahaan memiliki divisi Manajemen Sumber Daya Manusia atau MSDM.

Divisi ini memiliki tanggung jawab dan wewenang dalam mengelola berbagai kebutuhan terkait sumber daya manusia di perusahaan.

Tujuan utamanya adalah agar segala kegiatan di perusahaan dapat dikerjakan sebagaimana mestinya.

Namun, apa sih yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia perusahaan?

Mari simak ulasannya dalam artikel di bawah ini!

Kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang serba serbi manajemen SDM, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, hingga tanggung jawabnya.

Proses rekrutmen sumber daya manusia perusahaan

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia (SDM) pada dasarnya adalah praktik merekrut, mempekerjakan, memutasi, dan mengelola karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan.

Departemen ini biasanya bertanggung jawab untuk membuat, menerapkan, dan mengawasi kebijakan yang mengatur karyawan dan hubungan perusahaan dengan karyawannya. Termasuk juga membuat struktur organisasi yang ideal untuk dijalankan.

Manajemen SDM merupakan divisi yang berperan dalam mengembangkan potensi karyawan sebuah perusahaan sebagai aset bisnis.

Jika aset tersebut dikelola dengan baik didukung juga dengan menggunakan sistem aplikasi hr yang baik , maka produktivitas karyawan pun juga makin efektif dan alhasil dapat memaksimalkan profit perusahaan.

Divisi ini akan membekali karyawannya dengan berbagai pengetahuan tentang perusahaan, fasilitas yang diperlukan, pelatihan, pembinaan, layanan administrasi, dan sebagainya.

Semua itu dipenuhi oleh manajemen SDM demi tercapainya tujuan perusahaan.

Pihak manajemen SDM suatu perusahaan berperan dalam memastikan bahwa hubungan antara perusahaan dan seluruh karyawan dan timnya memiliki solidaritas.

Jika antara perusahaan dengan karyawan terjalin hubungan yang solid, maka dapat dipastikan tempat kerja pun jadi kondusif dan meminimalisir terjadinya miskomunikasi.

Tentu hal ini akan berdampak positif pada perkembangan dan peningkatan produktivitas perusahaan tersebut.

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia

Keberadaan manajemen SDM sangat penting untuk mengelola para karyawan di tempat kerja untuk mencapai misi organisasi dan memperkuat budaya kerja di perusahaan.

Ketika SDM dikelola secara efektif, manajer SDM dapat lebih mudah dalam merekrut profesional baru yang memiliki keterampilan yang diperlukan perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memajukan visi perusahaan serta membantu terkait pengadaan pelatihan dan pengembangan karyawan demi tercapainya target yang telah ditetapkan.

Manajemen SDM merupakan bagian penting dalam mempertahankan atau meningkatkan kesehatan bisnis.

Selain itu, manajer SDM juga berperan penting dalam memonitor atau memantau keadaan pasar kerja untuk membantu suatu perusahaan agar tetap kompetitif.

Hal ini mencakup beberapa persoalan seperti memastikan kompensasi dan tunjangan yang adil, acara pembagian pekerjaan berdasarkan bidang keahlian, dan masih banyak lagi.

Dari penjelasan tersebut maka alasan pentingnya keberadaan manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan dapat diuraikan sebagai berikut:

Manajemen Strategis

Manajemen SDM dapat meningkatkan laba perusahaan dengan keahlian dan pengetahuannya tentang bagaimana SDM mempengaruhi keberhasilan perusahaan.

Begitu pula dalam pengambilan keputusan perusahaan yang mendasari penilaian kepegawaian dan proyeksi kebutuhan tenaga kerja berdasarkan permintaan bisnis.

Pelatihan dan Pengembangan

Alasan kedua adalah karena manajer SDM merupakan spesialis dalam memberikan pelatihan dan pengembangan SDM.

Tak hanya itu, mereka juga pandai mengoordinasikan orientasi karyawan baru serta berperan penting penting dalam menjalin hubungan atasan dengan karyawan.

Bidang pelatihan dan pengembangan karyawan bertujuan untuk mempersiapkan calon pemimpin untuk peran pengawasan dan manajemen berikutnya.

Kepuasan Karyawan

Mereka juga ahli dalam menciptakan hubungan antar karyawan di perusahaan guna mencapai tingkat kinerja, moral, dan kepuasan kerja yang tinggi.

Caranya adalah dengan mengelola survei pendapat karyawan, dan mencari masukan karyawan mengenai kepuasan kerja.

Selain itu bisa juga dengan mengumpulkan informasi terkait bagaimana cara perusahaan dapat mempertahankan hubungan kerja yang baik.

Rekrutmen dan Orientasi

proses rekrutmen karyawan

Manajemen sumber daya manusia perusahaan juga penting dalam mengelola proses ketenagakerjaan.

Mulai dari penyaringan resume hingga penjadwalan wawancara dan pemrosesan karyawan baru.
Biasanya, mereka menentukan terlebih dahulu metode yang paling efektif untuk merekrut pelamar.

Termasuk menilai sistem pelacakan pelamar mana yang paling cocok untuk kebutuhan perusahaan.

Manfaat Adanya Manajemen Sumber Daya Manusia di Perusahaan

Berdasarkan beberapa alasan pentingnya keberadaan manajer SDM yang telah dijelaskan di atas, maka berikut ini manfaat manajemen SDM yang perlu kamu ketahui.

Rekrutmen dan Retensi

Dengan adanya manajemen SDM, perusahaan dapat memperoleh manfaat terkait rekrutmen dan retensi karyawan.

Di antaranya dapat merekrut karyawan yang memenuhi syarat, dan mempertahankan mereka di perusahaan.

Bukan cuma itu, perusahaan juga dapat memberi karyawannya berbagai pelatihan yang tepat untuk meningkatkan produktivitas.

Pemberian gaji, kompensasi, dan tunjangan kepada karyawan juga akan lebih adil serta sesuai dengan keahlian dan kualitas kerja.

Pembinaan Hubungan Baik

Manfaat kedua dari adanya departemen SDM adalah perusahaan dapat memastikan tumbuhnya hubungan kerja yang baik antar karyawan.

Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengadakan seminar, rapat, dan pertemuan resmi lainnya terkait pengembangan SDM.

Departemen ini juga membantu ketika menyusun rencana pemasaran dan bisnis.

Selain itu, manajemen SDM menerapkan dan mengembangkan sistem SDM yang tepat untuk perusahaan.

Perlu kamu ingat bahwa setiap perusahaan membutuhkan sistem manajemen sumber daya manusia perusahaan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan dan jenisnya.

Manajemen Konflik

Ada saat-saat di mana mungkin timbul konflik antara karyawan dan atasan di sebuah perusahaan.

Tidak ada seorang pun yang dapat menghindari terjadinya konflik, terutama di tempat kerja.

Namun, tim manajemen SDM akan berperan sebagai mediator atau konselor untuk memilah perbedaan-perbedaan ini secara efektif.

Mereka mampu mengambil tindakan yang tepat untuk memastikan tidak ada konflik yang lepas kendali.

Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Sumber Daya Manusia

Setelah memahami apa itu manajemen SDM beserta fungsi dan manfaatnya, kamu juga perlu memahami apa saja tanggung jawab dari seorang manajer SDM.

Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Rekrutmen karyawan: Pengadaan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan berdasarkan aspek kualitatif, kuantitatif, waktu dan geografis.
  • Pembagian tugas karyawan: Pekerjaan yang akan dilakukan dialokasikan kepada karyawan berdasarkan kebutuhan perusahaan dan bidang keahlian karyawan.
  • Pengembangan potensi karyawan: Mendukung karyawan dalam upaya pengembangan profesional dan pribadi mereka. Hal tersebut dilakukan supaya karyawan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap loyalitas pada perusahaan dalam jangka panjang.
  • Menyusun anggaran kebutuhan tenaga kerja: Jumlah karyawan saat ini dicocokkan dengan perkiraan tenaga kerja. Jika ada perbedaan, itu digunakan sebagai dasar untuk keputusan terkait penambahan atau pengurangan karyawan.
  • Evaluasi karyawan: Anggota staf sering membutuhkan surat rekomendasi atau evaluasi.
  • Manajer SDM menyusun segala kebutuhan informasi yang telah disediakan oleh para eksekutif di perusahaan.
  • Administrasi SDM: Segala pengelolaan terkait kepegawaian serta kegiatan administratif, seperti manajemen penggajian, adalah salah satu tanggung jawab manajemen sumber daya manusia yang dilakukan secara kontinu.

Nah, itu tadi artikel tentang manajemen sumber daya manusia yang perlu kamu ketahui. Mulai dari definisi, fungsi, manfaat, hingga tanggung jawabnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencari referensi terkait pengelolaan SDM.

Kelola database karyawan dan proses rekrutmen perusahaan atau organisasi Anda dengan aplikasi HRIS online dari Talenta by Mekari. Minimalisir kegiatan operasional yang dapat menimbulkan biaya berlebih.

Silahkan juga lihat produk-produk aplikasi ERP dari Mekari yang lainnya dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp Hubungi sales