Image

Kenali Apa Itu Work Life Balance dan Pentingnya untuk Karir Anda

Dengan memiliki work life balance, artinya Anda juga memiliki harmoni di antara berbagai aspek kehidupan Anda, tak terkecuali aspek karir.

Manfaat yang diperoleh dari masing-masing aspek tersebut mampu mendukung dan memperkuat satu sama lain.

Banyak orang yang belajar memadukan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka agar memperoleh manfaat itu.

Nah, sebelum mempelajarinya, ada baiknya jika Anda pahami terlebih dahulu apa itu work life balance dan pentingnya untuk kesuksesan karir Anda.

Mau tahu informasi menarik ini lebih lanjut? Yuk, baca artikel berikut ini sampai akhir!

orang-sedang-berbaring-di-sofa-sambil-menopang-laptop-di-paha

Apa Itu Work Life Balance?

Menurut definisi, work life balance adalah meminimalisasi stres terkait pekerjaan, dan penetapan cara yang stabil serta berkesinambungan (kontinu).

Hal ini bertujuan untuk bekerja sambil menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup Anda.

Work life balance mengacu pada tingkat prioritas antara aktivitas pribadi dan profesional dalam kehidupan individu dan aktivitas yang terkait dengan pekerjaan.

Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan adalah masalah topikal, apalagi di tengah situasi pandemi sekarang ini.

Itu karena meningkatnya kecanggihan teknologi seperti sekarang tidak terlalu mengutamakan lokasi fisik kerja.

Keadaan ini dinilai bisa menguntungkan Anda dalam menentukan work life balance di masa pandemi dengan sistem kerja Work from Home (WFH).

Sebelumnya sulit atau tidak mungkin untuk membawa pekerjaan kantor ke rumah sehingga ada garis yang jelas antara kehidupan profesional dan pribadi.

Hal ini juga didukung dengan adanya peningkatan teknologi, baik itu seluler, software berbasis cloud computing, dan proliferasi internet.

Teknologi ini telah mempermudah karyawan untuk ‘secara permanen’ di tempat kerja, serta mengaburkan perbedaan antara profesional dan pribadi.

Beberapa survey menunjukkan bahwa akses ‘always on’ melalui smartphone ke tempat kerja telah memudahkan karyawan maupun perusahaan untuk terus berkolaborasi.

Mengapa Work Life Balance yang Sehat Itu Penting?

Sejak awal pandemi, kesejahteraan karyawan menurun secara drastis.

Khususnya bagi karyawan yang harus beralih dari bekerja di kantor menjadi bekerja dari rumah untuk pertama kalinya.

Karyawan harus beradaptasi dalam menerapkan sistem pekerjaan jarak jauh (remote) dan hybrid.

Bagi yang pertama kali mengalaminya tentu akan kesulitan karena mereka harus mempelajari banyak hal baru sementara beban pekerjaan semakin menumpuk.

Jika Anda tidak merasakan work life balance di masa pandemi, artinya fokus Anda terhadap pekerjaan akan terpecah dan hal ini tentu berdampak buruk bagi tingkat produktivitas.

Selama masa pandemi ini, karyawan diharuskan untuk bekerja dari rumah. Menjaga produktivitas karyawan harus tetap dijaga dan dapat dipantau secara mudah melalui aplikasi pendukung WFH. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga kesejahteraan karyawannya dan membantu mereka membangun work life balance yang sehat, seperti dengan adanya earned wage access, agar karyawan mendapatkan sebagian gaji mereka lebih awal dan menghindari mereka dari pinjaman online dengan bunga tinggi.

Dengan begitu, para karyawan dapat bekerja lebih produktif untuk perusahaan serta meningkatkan pencapaian karir.

Selain itu, ada banyak alasan mengapa work life balance di masa pandemi sangat penting, terutama untuk keberhasilan karir Anda. Berikut ini alasannya:

1. Work Life Balance Meminimalisir Tingkat Stres

Stres di tempat kerja dinilai menjadi penyebab menurunkan tingkat kesejahteraan dan angka turnover karyawan yang tinggi di Indonesia.

Selain itu, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa pekerjaan mereka adalah sumber penyebab stres. Hal inilah yang terjadi di dalam hustle culture.

Berikut adalah tips yang bisa Anda biasakan untuk mengurangi stres dan kecemasan Anda serta membangun work life balance yang sehat:

  • Belajar untuk menolak hal-hal yang bukan prioritas.
  • Dahulukan untuk melakukan hal-hal yang menjadi prioritas (dan melepaskan yang bukan prioritas).
  • Memprioritaskan kesejahteraan Anda sendiri.

Hasil akhirnya adalah beban kerja Anda jadi lebih mudah dikelola dan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang penting bagi Anda.

Itu akan sangat membantu Anda dalam mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

2. Work Life Balance Akan Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Salah satu alasan terbesar mengapa work life balance itu penting adalah berkaitan dengan kesehatan mental Anda.

Ketika Anda merasa kehidupan pribadi dan beban pekerjaan seimbang, Anda lebih mampu menghadapi emosi dan pikiran negatif.

Otak manusia tidak diciptakan untuk merasa stres dan tertekan dalam waktu yang lama.

Maka dari itu, menciptakan keseimbangan dalam hidup dapat memberi Anda ruang bernapas untuk berpikir, yang memungkinkan Anda mengelola emosi lebih baik lagi.

Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan mental karena membantu Anda untuk menjadi lebih peka terhadap sekitar sehingga mampu menghadapi masalah dengan cara yang sehat.

Dengan begitu, Anda akan lebih mampu dalam membuat keputusan yang lebih bijak.

3. Work Life Balance Sangat Bagus untuk Kesehatan Fisik Anda

Dengan merasakan keseimbangan hidup, memungkinkan Anda untuk memiliki kesehatan tubuh yang lebih baik.

Misalnya seperti, makan makanan sehat, kebiasaan tidur yang sehat, dan olahraga rutin.

Dengan begitu, tubuh Anda akan jadi lebih fit dan berstamina untuk menyelesaikan setiap tugas pekerjaan yang dibebankan kepada Anda.

4. Meningkatkan Hubungan Sosial Anda

Dengan bekerja terlalu banyak tentu akan menyita waktu Anda yang berharga (quality time) dengan orang-orang terdekat Anda.

Akan cukup sulit untuk hadir dan memberikan perhatian penuh kepada keluarga ketika Anda merasa lelah dan kewalahan.

Itulah sebabnya work life balance sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak quality time bersama keluarga dan teman.

5. Work Life Balance Membuat Anda Lebih Produktif

Semua orang tentu ingin menjadi lebih produktif dalam karir mereka.

Dengan menerapkan work life balance yang sehat, akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari menerapkan strategi manajemen waktu yang.

Imbasnya, kinerja Anda jadi lebih efisien serta berdampak positif bagi peningkatan produktivitas kerja Anda.

Selain itu, sudah adanya flexible benefit dari beberapa perusahaan merupakan insentif yang baik untuk meningkatkan kesetiaan terhadap perusahaan dan mendorong untuk lebih produktif.

6. Work Life Balance Membawa Peluang Kesuksesan yang Lebih Tinggi

Jika kesuksesan karir penting bagi Anda, maka work life balance akan membuat Anda lebih sukses dalam mencapai target karir Anda.

Dengan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan, maka Anda dapat mencapai harmoni dalam kehidupan dengan memegang lebih banyak kontrol dalam hidup Anda sendiri.

Selain itu, gaya hidup yang seimbang akan membuat Anda lebih berwawasan luas, berpikir lebih kreatif, serta bekerja lebih produktif.

Itu artinya Anda akan memiliki lebih mampu untuk sukses dalam kehidupan pribadi maupun karir profesional Anda.

Baca juga: Mengapa Surat Lamaran Pekerjaan Sangat Penting untuk Melamar Pekerjaan?

7. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kepuasan Hidup

Salah satu alasan utama mengapa work life balance itu penting adalah karena dapat meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup Anda.

Keseimbangan adalah tentang mencintai dan menghargai diri sendiri, mengendalikan pilihan hidup, dan jalur karir Anda.

Inilah kunci untuk menciptakan kebahagiaan bagi diri sendiri dan membawa makna bagi hidup Anda, yanki menjadi lebih positif dan berharga.

Nah, demikianlah artikel tentang apa itu work life balance dan mengapa itu penting bagi keberhasilan pencapaian karir Anda, terutama selama masa pandemi seperti sekarang.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa tingkat keseimbangan hidup yang sehat sejalan dengan tingkat produktivitas, kepuasan, serta kesuksesan.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami