Home / Blog / Business & Economy

4 Cara Meningkatkan Employee Wellbeing di Tahun 2024

meningkatkan-employee-wellbeing-perusahaan
Daftar isi
Mode

Semenjak pandemi melanda di tahun 2020 hingga pasca pandemi sekarang ini, masih banyak manajemen perusahaan yang masih fokus untuk mengembalikan performa maksimalnya ketika sebelum pandemi melanda.

Berdasarkan temuan data dalam the World Happiness Report, tingkat kebahagiaan ketika bekerja menurun sebesar 10% sejak COVID-19 melanda dunia pada bulan Maret 2020.

Akibatnya, mereka menjadi sedikit mengurangi fokus terhadap aspek penting lainnya dalam menjalani manajemen perusahaan seperti mengawasi tingkat kesejahteraan atau wellbeing karyawan.

Padahal, jika perusahaan dapat berinventasi dalam jangka panjang terhadap employee wellbeing kemungkinan mereka dapat bertahan secara lebih baik terlebih ketika situasi seperti pandemi COVID-19 kembali melanda di masa depan.

Oleh karena itu, Mekari akan menjelaskan bagaimana perusahaan dapat kembali meningkatkan employee wellbeing di tahun 2023. Terdapat 4 cara yang bisa perusahaan terapkan dalam perusahaan demi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan karyawan, yaitu:

1. Employee Assistance Program

Employee Assistance Program (EAP) atau Program Bantuan Karyawan merupakan sebuah program yang dirancang untuk membantu karyawan dalam mengatasi permasalahan yang mereka rasakan dan mempengaruhi kinerjanya saat bekerja.

EAP menjalankan program berdasarkan intervensi psikologis yang berfokus kepada kesehatan mental karyawan. Sehingga EAP menerapkan program konseling yang bertujuan untuk membantu karyawan menemukan solusi yang terbaik.

Jika berjalan dengan baik, maka employee wellbeing dapat meningkat dan berbagai permasalahan perusahaan teratasi dengan baik seperti tingkat absensi dan turnover yang tinggi, konflik antar karyawan, hingga indikator kepuasaan karyawan yang rendah.

 

 

2. Flexible Working

Tren flexible working atau kerja fleksibel semakin meningkat sejak pandemi berlangsung. Hal ini dapat terjadi karena kebijakan pemerintah yang memaksa perusahaan untuk meminimalisir kontak langsung yang terjadi ketika bekerja di kantor.

Dengan adanya flexible working, karyawan dapat mengerjakan tugas secara fleksibel baik dalam hal waktu dan lokasinya sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

Kemudahan praktik kerja ini memberikan banyak manfaat antara dua pihak, dimana perusahaan dapat mengurangi beban pengeluaran untuk menunjang pekerjaan karyawan di kantor. Di sisi lain, karyawan juga merasa di untungkan karena dapat mengerjakan kewajibannya sesuai caranya sendiri dan menyeimbangkan waktu antara kerja dan kehidupan pribadi.

3. Financial Planning Workshop

Program financial planning dapat membantu karyawan untuk menemukan solusi terhadap masalah keuangan yang mereka hadapi dan mendapatkan insight seputar tren pengelolaan yang terbaru.

Employee wellbeing erat kaitannya dengan kesehatan keuangan sehingga penerapan financial planning yang rutin dalam mempersiapkan karyawan untuk menghadapi berbagai peliknya pengelolaan keuangan.

Beberapa topik yang dapat membantu karyawan antara lain financial & investments planning, menentukan target keuangan, serta monitoring dan evaluasi rutin perputaran keuangan.

4. Program Benefit & Reward

Perusahaan dapat meningkatan program benefit dan reward yang sudah mereka terapkan dengan lebih beragam dan tepat sasaran. Beberapa benefit karyawan yang dapat diberikan antara lain pembagian keuntungan, bonus tunjangan akhir tahun, lembur, liburan, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal yang paling penting adalah, apakah benefit yang telah diberikan dapat bermanfaat oleh karyawan dan cocok dengan budget anggaran perusahaan Anda. Maka sebelum Anda merumuskan program benefit & reward yang baru kepada pihak manajemen perusahaan. Anda bisa melakukan identifikasi kebutuhan melalui survei kebutuhan karyawan secara langsung.

EWA sebagai benefit karyawan yang paling diminati

Krisis keuangan yang sering ditemukan oleh karyawan dapat mempengaruhi employee wellbeing dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan perusahaan.

Oleh karena itu, terdapat salah satu benefit karyawan yang dapat menjadi solusinya yaitu Earned Wage Access.

EWA dari Mekari Flex dapat memberikan kemudahan kepada karyawan Anda untuk mengakses dana daruratnya. Sebab pada fitur ini memungkinkan karyawan memperoleh gaji yang mereka dapatkan sebelum tanggal gajian yang seharusnya.

Perusahaan juga tidak perlu khawatir arus kasnya terganggu dan mengkhawatirkan pembayarannya di masa depan.

Tertarik untuk menggunakan EWA dari Mekari Flex? Anda dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan tim ahli kami lewat whatsapp berikut.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami