Image

Manfaat Cloud Computing Serta Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakannya di Masa Kini

Dari masa ke masa, teknologi terus dikembangkan. Kini, hadir inovasi terbaru yang dikenal dengan istilah cloud computing. Banyak manfaat cloud computing yang akan dirasakan individu ataupun perusahaan besar.

Pemanfaatan internet di masa kini sangatlah beragam. Anda bisa menggunakan cloud computing guna menyimpan data yang sifatnya besar. Informasi berikut ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakannya.

pekerja sedang mengatur kabel untuk cloud server

Apa Itu Cloud Computing?

Bisa dilihat, istilah cloud computing berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai komputasi awan. Kata ‘awan’ hanyalah sekedar metafora yang mengacu pada internet.

Adapun secara istilah, cloud computing bisa didefinisikan sebagai proses pengolahan data yang sifatnya komputasi. Diolah dengan bantuan internet yang memungkinkan untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lainnya.

Selain itu, pengolahan dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Komputasi ini menjadi teknologi yang digunakan untuk mengolah data secara terpusat.

Para pengguna cloud computing tidak memerlukan aplikasi yang sifatnya manual. Nikmati akses informasi yang mudah dengan adanya komputasi awan.

Cloud computing menjadikan internet sebagai pusat tempat mengolah data. Adapun yang mengaksesnya hanya para pengguna yang bisa login.

Seperti contohnya SaaS software yang juga dikenal sebagai cloud application services, yang hanya mengandalkan internet untuk memberikan layanan aplikasinya, tidak bisa diakses kecuali anda pengguna yang berlangganan.

Dengan adanya komputasi awan diharapkan mampu menyajikan inovasi yang cepat, fleksibel dengan skala yang lebih ekonomis.

Penetapan harga disesuaikan dengan pemakaian.

Apa Saja Manfaat Cloud Computing?

Berbagai manfaat cloud computing, bisa Anda rasakan. Terutama untuk Anda yang menjajaki perusahaan besar. Manfaat yang bisa diraih yaitu:

1. Menambah Kapasitas Space

Para pengguna bisa menambah kapasitas penyimpanan tanpa batas. Space-nya pun akan lebih leluasa digunakan untuk menyimpan data.

Hal inilah yang membuat cloud computing banyak diminati. Tidak seperti flashdisk yang memiliki kapasitas terbatas, komputasi awan memungkinkan Anda untuk menyimpan data sebanyak mungkin.

2. Meningkatkan Cara Kerja Stakeholder

Dengan adanya komputasi awan, kinerja dari stakeholder pun akan lebih meningkat. Dalam hal ini, elemen terkait akan lebih optimal dan produktif.

Hal demikian tentu akan sangat membantu mengembangkan perusahaan Anda. Setiap department dalam perusahaan memungkinkan untuk terhubung dalam waktu yang sama, serta terintegrasi di satu tempat jika menggunakan aplikasi SAP.

3. Pusat Keamanan Data

Manfaat cloud computing lainnya yakni bisa menjaga keamanan data yang tersimpan. Komputasi awan memiliki fitur keamanan yang sangat ketat. Jadi, data Anda pun akan lebih terjaga.

Keamanan data dipegang oleh perusahaan yang memiliki big data serta resource yang sifatnya kompleks. Dijamin akan memuaskan para penggunanya.

4. Media Penyimpanan yang Terpusat

Menggunakan komputasi awan, membuat data tersimpan secara terpusat. Anda pun tidak perlu melakukan instalasi, karena hanya membutuhkan satu server saja.

Terobosan teknologi terbaru ini akan membuat pengguna lebih mudah menyimpan data secara terpusat. Infrastruktur pun sudah tersedia cloud computing yang sifatnya virtual.

5. Menyajikan Sistem yang Up to Date

Nikmati penyimpanan yang memiliki sistem up to date. Inilah salah satu keunggulan dari komputasi awan. Dengan langkah ini, basis data akan diperbarui sesuai trend masanya.

Pembaruan yang dilakukan tentu tidak hanya meningkatkan fitur. Namun, dari segi keamanannya pun akan lebih ditingkatkan dan terjamin.

6. Mencegah Hilangnya Data

Manfaat cloud computing lainnya yakni mencegah Anda dari kehilangan data. Meskipun data tersimpan dalam perangkat PC yang digunakan mengalami kerusakan, data tetap aman.

Data yang tersimpan di cloud computing akan dipulihkan dalam waktu cepat. Jadi, dalam keadaan darurat sekali pun, data masih bisa

Anda akses. Hal ini akan lebih menguntungkan dibandingkan penyimpanan konvensional.

Jenis Cloud Computing

Komputasi awan ini memiliki beberapa jenis. Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Masing-masing jenis memiliki fungsi yang beragam. Berikut ini jenis-jenisnya:

1. Private Cloud

Pertama, Anda bisa menggunakan jenis private cloud. Salah satu jenis cloud computing yang sifatnya privat. Umumnya banyak digunakan oleh organisasi tertentu.

Selain itu, banyak pula digunakan oleh perusahaan guna membangun tim yang lebih kompak. Penggunaan komputasi awan menjadi solusi untuk menggabungkan berbagai tim secara mudah.

2. Public Cloud

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan jenis public cloud. Komputasi awan yang satu ini memberikan hak akses yang sifatnya publik. Artinya, informasi yang disuguhkan bisa diketahui publik.

Setiap informasi yang disampaikan pun bisa dinikmati secara gratis.

Anda bisa mengaksesnya tanpa harus mengeluarkan biaya. Jenis komputasi yang satu ini sangat sering ditemukan.

Misalnya, Facebook, YouTube, Twitter, dan sebagainya. Media tersebut bisa dijadikan tempat menyimpan data. Selanjutnya, data bisa diakses oleh publik.

3. Hybrid Cloud

Jenis lainnya yaitu hybrid cloud. Anda bisa menikmati gabungan private dan juga public cloud. Layanan ini umumnya digunakan sebuah institusi.

Komputasi awan yang satu ini akan mengkolaborasikan infrastruktur yang sifatnya privat dan juga lokal. Kemungkinan data ataupun aplikasi yang tersedia bisa berpindah antara dua area tersebut.

4. Community Cloud

Lain halnya dengan jenis community cloud. Manfaat cloud computing yang satu ini sangat bagus dinikmati para pemilik komunitas. Anda bisa mengelolanya dengan bantuan dari pihak lain yakni pihak ketiga.

Dengan ada bantuan pihak lain, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih rendah. Biaya yang ditetapkan bisa dihasilkan dari pembagian dua belah pihak bahkan lebih.

Anda bisa memilih jenis cloud computing sesuai perencanaan usaha anda.

Manfaatkan sebaik mungkin setiap fitur dan layanan yang disuguhkan.

Mengapa Harus Menggunakan Cloud Computing?

Terdapat beberapa alasan yang membuat Anda harus menggunakan cloud computing. Dengan menggunakannya, manfaat cloud computing pun bisa dinikmati secara maksimal. alasan yang bisa dipertimbangkan yaitu:

  • Meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Pasalnya, Anda tidak harus membeli perangkat keras, rak server, listrik hingga menyewa pakar IT.
  • Sistemnya yang cepat sangat bermanfaat untuk tumbuh-kembang bisnis. Layanan yang diberikan bisa membuat bisnis lebih fleksibel.
  • Skala yang global dan elastis bisa dinikmati para pengguna.
  • Produktivitas perusahaan yang tetap terjaga dan terarah dengan tujuan yang lebih penting. Pasalnya tugas IT banyak dilakukan oleh komputasi awan.
  • Kinerja dari cloud computing tidak bisa diremehkan. Sistem ini merupakan jaringan terpusat yang menyimpan data dengan aman dan digunakan di berbagai belahan dunia.
  • Andal dalam melakukan hal-hal yang tidak terduga. Sistem penuh inovasi ini akan mencadangkan data dan membuat bisnis bisa berlangsung lancar dalam keadaan apapun.
  • Keamanan yang terjamin. Setiap data akan terhindar dari berbagai potensi yang sifatnya ancaman.

Alasan-alasan di atas patut menjadi pertimbangan Anda menggunakan komputasi awan. Hal ini sebagai salah satu langkah dan strategi bisnis mengikuti perkembangan zaman.

Seperti yang dirasakan saat ini, teknologi semakin canggih. Perlahan berbagai bidang memasuki era digital. Jika tidak bisa mengikuti zaman, maka akan mati ditelan zaman.

Demikianlah ulasan terkait manfaat cloud computing serta informasi terkait. Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya. Selanjutnya, raih manfaatnya untuk kemajuan bisnis Anda.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami