Home / Blog / Career & Profession

Mengenal Apa Itu HRD, Fungsi, dan Tanggung Jawabnya

peran HRD untuk perusahaan
Daftar isi
Mode

HRD adalah bagian dari manajemen sumber daya manusia yang secara khusus menangani pelatihan dan pengembangan karyawan dalam organisasi. Pengembangan SDM yang dimaksud mencakup pelatihan dan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mempelajari keterampilan baru.

Tak hanya itu, HRD juga berperan mendistribusikan sumber daya yang bermanfaat untuk tugas karyawan, dan kegiatan pengembangan lainnya. Keefektifan kinerja suatu organisasi tidak hanya bergantung pada sumber daya yang tersedia, tetapi juga kualitas dan kompetensi SDM-nya.

Oleh karena itulah, setiap perusahaan membutuhkan HRD untuk meningkatkan skill dan potensi karyawan agar produktivitas perusahaan turut meningkat.

Untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu HRD beserta fungsi dan tanggung jawabnya, Anda dapat mengikuti kursus administrasi HRD secara lengkap. Sekarang, mari simak artikel berikut ini.

Apa itu HRD?

HRD adalah akronim dari Human Resource Development yang artinya Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Arti HRD adalah divisi yang membantu karyawan dalam mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pribadi dan organisasi mereka.

Pengembangan Sumber Daya Manusia mencakup beberapa bidang seperti pelatihan karyawan, pengembangan karir karyawan, manajemen dan pengembangan kinerja. Termasuk juga di dalamnya pembinaan dan pendampingan karyawan, perencanaan suksesi, identifikasi karyawan kunci, dan pengembangan organisasi.

Fokus dari semua aspek HRD adalah pada pengembangan tenaga kerja yang berkualitas sehingga target perusahaan lebih mudah tercapai.

Pengembangan SDM dapat bersifat formal seperti training class, kursus di perguruan tinggi, atau upaya perubahan terencana dari perusahaan. Atau bisa juga bersifat informal, seperti pembinaan karyawan oleh para ahli di industri atau oleh seorang manajer.

Divisi HRD sangat penting untuk setiap perusahaan agar lebih dinamis dan berorientasi pada pertumbuhan.

Berbeda dengan sumber daya lainnya, sumber daya manusia memiliki potensi kemampuan yang lebih luas. Serangkaian proses dalam divisi ini sangat penting untuk orientasi dan retensi karyawan.

Tanpa pelatihan yang tepat serta pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang profesional, karyawan akan sulit untuk berkembang.

Oleh sebab itu, keberadaan HRD sangat penting bagi suatu perusahaan karena perannya dalam memastikan kecocokan antara kebutuhan individu dan perusahaan.

Penggunaan aplikasi HRIS seperti Talenta juga akan membantu memudahkan pekerjaan divisi HRD suatu perusahaan dalam mengelola SDM mereka.

Apa Manfaat HRD dalam Perusahaan?

HRD dipandang penting untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan serta menciptakan hubungan yang lebih baik antara karyawan dengan perusahaan.

Selain itu, masih banyak manfaat dari keberadaan divisi ini. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Pengembangan modal manusia (human capital) seperti keterampilan, sikap, dan pengetahuan baru
  • Menambah kepercayaan dan rasa hormat
  • Meningkatkan komitmen dalam bekerja
  • Peningkatan penerimaan terhadap perubahan dunia kerja, karena karyawan dibekali dengan kemampuan problem solving.
  • Meningkatkan semangat tim dan pertumbuhan karir karyawan secara keseluruhan
  • Budaya kerja dalam perusahaan lebih efektif dan efisien
  • Menambah tingkat partisipasi karyawan
  • Pengambilan keputusan terkait kebijakan dan program karyawan jadi lebih efektif.

Apa Perbedaan Antara HRD dan HRM?

Pada artikel sebelumnya, Anda sudah dijelaskan mengenai HRM atau Human Resources Management.

Lalu, apa perbedaannya dengan HRD?

HRM lebih berorientasi pada pemeliharaan dan fokus pada tugas administratif seperti penggajian dan mengelola file karyawan seperti slip gaji karyawan.

Sementara HRD orientasinya terletak pada pembelajaran serta pengembangan dan fokus pada peningkatan kinerja karyawan.

HRM bertujuan untuk meningkatkan efisiensi karyawan, sedangkan HRD adalah tentang mengembangkan karyawan untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan.

Divisi HRM bertugas untuk memotivasi karyawan melalui penghargaan dan insentif keuangan.

Sedangkan HRD memotivasi karyawan dengan cara membuat mereka merasa dihargai dan kebutuhan tingkat tinggi lainnya.

Apa Saja Fungsi HRD dalam Perusahaan?

fungsi divisi hrd perusahaan

Fungsi utama dari HRD adalah untuk meningkatkan kinerja dan skill karyawan.

Terdapat banyak hal-hal yang bisa dipelajari karyawan tentang tugas dan tanggung jawab pekerjaan untuk kemudian mereka kembangkan selama melakukan pekerjaan itu.

Pengembangan ini mencakup pengetahuan tentang perusahaan atau tugas khusus dari masing-masing bidang yang mungkin tidak mereka peroleh dari bangku pendidikan.

Adapun fungsi penting dari HDR adalah sebagai berikut:

1. Penilaian Kinerja

Evaluasi atau penilaian kinerja karyawan merupakan fungsi penting dari HRD. Mengapa demikian?

Karena hal ini diperlukan oleh HRD untuk menilai efisiensi kerja karyawan sebagaimana tercermin dalam sikap dan kinerja mereka.

Seorang HRD harus melakukan fungsi ini untuk menganalisis dan mengklasifikasikan perbedaan berdasarkan standar kerja karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

2. Pelatihan Karyawan

Fungsi HRD selanjutnya adalah memberikan pelatihan yang tepat kepada karyawan atau pekerjanya.

Pelatihan adalah serangkaian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu.

Para karyawan dapat dilatih menggunakan metode yang sistematis dan ilmiah agar mereka mampu melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien.

3. Perencanaan dan Pengembangan Karir

Fungsi HRD selanjutnya adalah perencanaan dan pengembangan karir.

Perencanaan karir adalah proses sistematis dimana karyawan dibimbing untuk memilih tujuan karirnya dan jalan menuju tujuan tersebut.

Dari sudut pandang perusahaan, perencanaan karir berarti membantu karyawan untuk merencanakan karir mereka dalam konteks persyaratan perusahaan.

Perencanaan dan pengembangan karir dilakukan untuk meningkatkan karir serta kesempatan bagi karyawan untuk berkembang.

Mulai dari saat mereka direkrut oleh perusahaan hingga saat pensiun.

4. Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Fungsi utama HRD lainnya adalah untuk perubahan dan pengembangan organisasi.

Ini melibatkan proses membangun tim karyawan yang solid, pembagian tugas, intervensi struktural, pengembangan peran, dan lain-lain.

5. Keterlibatan dalam Quality Circle

Quality Circle adalah kelompok kerja karyawan dimana mereka dapat melakukan manajemen terhadap dirinya sendiri.

Tentunya tanpa harus ada supervisor yang secara teratur mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah mereka.

Metode ini memungkinkan para karyawan untuk mempelajari keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dari satu sama lain.

6. Keterlibatan Partisipasi Karyawan dalam Manajemen

Partisipasi karyawan dalam aspek manajemen memungkinkan pihak manajemen dan pekerja untuk berbagi dan bertukar ide dan pandangan mereka dalam proses pengambilan keputusan bersama dalam perusahaan.

Proses pengambilan keputusan bersama bisa jadi wadah untuk pembelajaran dan pengembangan bersama antara karyawan dengan manajer.

Oleh karena itu, manajer HRD harus mendorong para karyawan untuk berpartisipasi dalam manajemen perusahaan.

Apa Saja Tanggung Jawab Manajer HRD?

Setelah memahami apa itu HRD beserta fungsi dan perbedaannya dengan HRM, Anda juga perlu mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya.

Tanggung jawab utama seorang manajer HRD adalah sebagai berikut:

  • Bertindak sebagai agen perubahan dan konsultan internal.
  • Memulai perubahan dan bertindak sebagai ahli dan fasilitator.
  • Melibatkan diri secara aktif dalam perumusan strategi perusahaan.
  • Menjaga jalur komunikasi tetap terbuka antara fungsi HRD dengan karyawan dan hubungan yang baik di dalam maupun di luar perusahaan.
  • Mengidentifikasi dan mengembangkan strategi bisnis secara keseluruhan.
  • Memfasilitasi pengembangan dari berbagai divisi di sebuah perusahaan dan menciptakan hubungan kerja yang baik antar divisi.
  • Menghubungkan karyawan dengan tugas pekerjaannya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.
  • Mendiagnosis dan menganalisis masalah serta menentukan solusi yang tepat khususnya di bidang sumber daya manusia.
  • Membuat koordinasi dan layanan untuk penyampaian program dan layanan HRD.
  • Mengevaluasi atau melakukan penelitian untuk mengidentifikasi, mengembangkan atau menguji kinerja karyawan dan dampaknya untuk perusahaan.

Nah, demikianlah artikel seputar HRD yang perlu Anda ketahui, mulai dari apa itu HRD beserta fungsi, tanggung jawab, dan perbedaannya dengan HRM.

Sebagai seorang HRD, penting untuk memiliki wawasan tentang SDM dan metode pengembangan yang fleksibel dan kontemporer.

Dengan begitu, pengembangan kualitas karyawan sejalan dengan perkembangan zaman karena karyawan merupakan aset perusahaan yang paling dinamis.

Gunakan aplikasi HR terbaik dari Mekari Talenta untuk mempermudah segala kegiatan HR di perusahaan. Jika Anda berlangganan Talenta, Anda dapat menggunakan semua fiturnya seperti software payroll, aplikasi absensi, aplikasi slip gaji dan masih banyak lagi yang lainnya.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami