Home / Blog / Business & Economy

Contoh Slip Gaji Karyawan Simpel dan Mudah

contoh slip gaji karyawan
Daftar isi
Mode

Slip gaji karyawan menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu setiap bulannya bagi seorang karyawan. Dari selembar kertas seperti contoh slip gaji karyawan, karyawan dapat melihat hasil jerih payahnya selama sebulan bekerja.

Namun masih banyak pelaku bisnis yang enggan membuat dan mengeluarkan slip gaji untuk karyawannya.

Padahal saking pentingnya slip gaji, pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai hal tersebut dalam PP Nomor 78 Tahun 2015.

Mengenal slip gaji karyawan

Dokumen penting ini diberikan pada karyawan untuk mengetahui detail besaran gaji pada setiap bulannya. Slip gaji menjadi bukti penerimaan gaji yang wajib diberikan perusahaan. Ini telah diatur pada sebuah peraturan pemerintah yang membahas pengupahan pada PP Nomor 78 Th. 2015 pasal 17 ayat 2.

Slip gaji biasanya diberikan berbarengan dengan pembayaran gaji karyawan. HR membayar gaji melalui aplikasi penggajian yang digunakan, setelah itu slip gaji akan diterima oleh karyawan.

 

 

Fungsi dan manfaat slip gaji

Selain penting slip gaji memiliki manfaat dan fungsi tersendiri, sebagai berikut:

1. Bukti pembayaran resmi

Fungsi slip gaji yang pertama adalah menjadi bukti resmi perusahaan mengeluarkan upah atau gaji kepada setiap pekerjanya.

Dokumen ini juga menjadi bukti ketepatan waktu pembayaran gaji, hal ini dapat memberikan rasa saling percaya antara perusahaan dan karyawan.

2. Rekam data

Rincian gaji karyawan merupakan bentuk dokumentasi pengeluaran dan rekam data sebuah perusahaan.

Hal ini akan membantu akuntan perusahaan selama periode siklus penghitungan finansial perusahaan. Jadi, fungsi slip gaji penting bagi perusahaan, terutama terkait dengan keuangan.

3. Dokumen pendukung

Contoh fungsi lain dari slip gaji adalah sebagai dokumen pendukung yang dapat dimanfaatkan kedua belah pihak, baik karyawan maupun perusahaan.

Contohnya, slip gaji karyawan dapat digunakan saat pengambilan KPR dan cicilan kendaraan. Sementara, perusahaan bisa memanfaatkan slip gaji untuk pengembangan perusahaan.

4. Rincian besaran gaji dan tunjangan

Dalam slip gaji, tertera secara rinci hak karyawan yang semestinya didapatkan. Karena itu, jika ada kesalahan perhitungan, karyawan bisa membuktikannya dengan dokumen ini.

5. Melamar kerja di perusahaan lain

Ketika memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain, karyawan bisa meminta gaji yang lebih tinggi daripada perusahaan sebelumnya. Slip gaji digunakan sebagai referensi untuk menentukan nominal gaji yang sesuai.

Komponen penting dalam slip gaji

Contoh slip gaji karyawan yang paling simpel pastinya memiliki beberapa komponen diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Identitas perusahaan

Pada bagian kop slip gaji biasanya dimanfaatkan untuk menonjolkan identitas perusahaan, mulai dari nama, alamat, tagline, logo, dll.

Komponen ini membantu mempertanggungjawabkan sebuah slip gaji sebagai dokumen resmi.

2. Data karyawan

Informasi ini mencakup nama, NIK, posisi, status pekerja, rekening bank, serta detail lain yang menyangkut data pribadi karyawan yang bersangkutan.

3. Upah atau gaji pokok

Komponen utama adalah upah atau gaji Pokok. Data ini harus ada dalam setiap slip gaji karena menyangkut hak utama yang diterima karyawan.

Besaran gaji pokok biasanya ditetapkan berdasarkan jenis, bidang pekerjaan, tingkatan, dan kesepakatan bersama yang tertuang pada perjanjian kerja.

4. Tunjangan atau insentif

Tunjangan diberikan sebagai apresiasi perusahaan untuk setiap karyawan, baik tunjangan tetap maupun tidak tetap. Untuk tunjangan tetap, diberikan pada pekerja secara rutin dalam satuan yang sama.

Sedangkan, tunjangan tidak tepat biasanya bergantung pada beberapa faktor tertentu sesuai kebijakan yang ada pada perusahaan.

5. Upah lembur

Untuk setiap lembur yang diambil atau diberikan pada karyawan harus ada balasan gaji untuk setiap jam yang dikeluarkan.

Sesuai PerMen Tenaga Kerja Menakertrans No. 102/MEN/VI/2004 yang mengatur perihal jam kerja, lembur, dan upah.

6. Potongan gaji

Yang termasuk komponen gaji selanjutnya yang harus ada pada slip gaji adalah potongan gaji.

Dengan adanya data ini, karyawan dapat mengetahui kemana dan kenapa gaji nya berkurang dari semestinya seperti contoh potongan pajak, BPJS, dan masih banyak lagi.

7. Pernyataan kerahasiaan dokumen

Umumnya, slip gaji adalah dokumen yang harus dirahasiakan. Namun terkadang komponen ini masih perlu diberikan.

Pernyataan yang tertera bertujuan untuk menjaga kerahasiaan slip gaji.

8. Periode pembayaran gaji

Detail mengenai kapan gaji tersebut dibayarkan juga penting, karena nominalnya bisa saja berbeda setiap bulan.

Ini juga berguna untuk meminimalisir adanya kesalahan komunikasi maupun informasi yang dapat terjadi.

Cara membuat slip gaji mudah dan anti ribet

Pembuatan slip gaji sebenarnya cukup simpel. Mulai dari cara manual tulis tangan, menggunakan Excel, atau aplikasi slip gaji online.

Banyak perusahaan telah menggunakan bantuan aplikasi HR dalam hal penggajian dan pembuatan slip gaji. Contohnya, aplikasi slip gaji dari Mekari Talenta yang dapat membuat slip gaji secara otomatis dengan kualitas kemanan data yang baik.

Contoh format slip gaji yang simpel

Contoh slip gaji

Kesimpulan

Setelah menyadari pentingnya slip gaji, pebisnis wajib mengeluarkannya dalam periode yang berlaku. Gunakan contoh slip gaji diatas dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda geluti.

Dengan memberikan slip gaji, tingkat kepercayaan antara perusahaan dan karyawan dapat terjaga.

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi-aplikasi ERP dari Mekari yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, silahkan hubungi tim kami.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami