Kesejahteraan Karyawan: Pengertian, Manfaat, dan Implementasi

Kesejahteraan karyawan adalah komponen penting dari lingkungan kerja dan organisasi yang sehat. Perusahaan yang mempromosikan kesejahteraan memudahkan karyawan untuk mengelola tingkat stres sambil juga mempertahankan lingkungan yang positif dan produktif. 

Kesejahteraan dapat merujuk pada kesehatan mental dan fisik, serta hal-hal yang lebih kompleks seperti tingkat kepuasan dan keterlibatan. 

Survei “HR Sentiment 2021” oleh Future Workplace menemukan bahwa:

68% HR Leaders (di antaranya 40% adalah CHRO) menilai kesejahteraan dan kesehatan mental karyawan sebagai prioritas utama.

Tak heran lagi apabila kesejahteraan karyawan menjadi prioritas bagi para pemimpin HR karena pasarnya sekarang diperkirakan mencapai US$20,4 Miliar di Amerika Serikat dan diperkirakan akan tumbuh menjadi US$87,4 Miliar pada tahun 2026.

Dalam artikel ini, Mekari akan menjelaskan definisi, manfaat, cara mengimplementasikan kesejahteraan karyawan secara komprehensif.

Pengertian dan Konsep Kesejahteraan Karyawan

manfaat adanya kesejahteraan karyawan

Kesejahteraan karyawan didefinisikan sebagai kesehatan mental, fisik, emosional, dan ekonomi karyawan Anda secara keseluruhan. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti hubungan mereka dengan rekan kerja, keputusan yang mereka buat, dan alat serta sumber daya yang mereka akses. Jam kerja, gaji, dan keselamatan kerja juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan karyawan.

Meskipun akan bervariasi bagi setiap orang, kesejahteraan karyawan harus memiliki tingkat rata-rata yang memungkinkan tempat kerja menjadi produktif dan sehat. Faktor luar juga berkontribusi pada kesejahteraan karyawan. Stres seputar masalah keuangan, kesehatan, dan keluarga semuanya berperan dalam kinerja di tempat kerja. 

 

 

Kesejahteraan Karyawan Meliputi Apa Saja?

Menurut studi baru-baru ini oleh Alight, secara keseluruhan, telah terjadi penurunan besar dalam kesejahteraan karyawan dari awal 2020 hingga pertengahan 2021, bahkan ketika karyawan kembali bekerja di kantor.

Future Workplace telah mengidentifikasi tujuh pilar untuk memandu para pemimpin HR saat mereka memprioritaskan kesejahteraan karyawan mereka, adapun kesejahteraan karyawan meliputi:

  • Kesehatan fisik
  • Keberlangsungan karir yang baik
  • Kesehatan finansial
  • Keamanan sosial
  • Komunitas yang memadai
  • Kesehatan mental
  • Purpose driven well-being

Dengan adanya ketujuh indikator tersebut, para pemimpin HR dari berbagai latar belakang perusahaan dapat mengetahui  bagaimana meningkatkan atau membangun kesejahteraan karyawan di perusahaannya. Jika dapat tercipta secara ideal, tentunya hal ini dapat membawa berbagai manfaat yang juga berdampak besar kepada perusahaan.

Baca juga: Masalah Finansial Karyawan: Ini 3 Solusi dari Perusahaan

Manfaat dari Kesejahteraan Karyawan

Ada banyak alasan menguntungkan bagi perusahaan untuk mendukung dan mendorong prosperitas karyawan di tempat kerja, termasuk:

1. Meningkatkan Produktivitas

Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang lebih sejahtera cenderung lebih produktif di tempat kerja karena mereka cukup beristirahat, berenergi dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan kemampuan terbaik.

Dengan demikian, karyawan tetap fokus untuk menjaga perilaku sehat seperti olahraga, yang terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur dan produktivitas di tempat kerja.

2. Karyawan semakin Terlibat

Ketika perusahaan menciptakan budaya yang berfokus pada kesehatan karyawan, mereka biasanya memiliki tenaga kerja yang lebih terlibat. 

Tantangan penurunan berat badan, kelompok jalan kaki, dan aktivitas kesehatan lainnya membantu karyawan merasa lebih terhubung dengan perusahaan tempat mereka bekerja dan dengan rekan kerja mereka. 

Kegiatan-kegiatan ini membantu memperkuat hubungan yang dimiliki karyawan satu sama lain dan manajer mereka, serta dapat meningkatkan kemungkinan bahwa seorang karyawan akan tetap bekerja di perusahaan untuk waktu yang lama.

Flex Installment merupakan sebuah fitur dari Mekari Flex yang memungkinkan karyawan mengakses pendanaan untuk kebutuhan tak terduga dengan sistem cicilan fleksibel secara instan dan aman.

3. Mengurangi Biaya Kesehatan

Didorongnya budaya untuk menyejahterakan karyawan dapat menghasilkan penghematan terukur bagi perusahaan dalam bentuk pengurangan biaya perawatan kesehatan.

Dengan meningkatkan kesehatan tenaga kerja perusahaan, karyawan tersebut cenderung jarang sakit saat bekerja. Hal ini mengindikasikan bahwa karyawan lebih jarang menerima perawatan medis, yang mana menghemat dana perusahaan untuk biaya perawatan kesehatan.

4. Menguatkan Kerja Sama

Ketika karyawan bekerja dengan baik sebagai bagian dari tim, mereka lebih produktif dan kualitas pekerjaan mereka juga meningkat. Mereka juga cenderung lebih kreatif, karena kerja tim umumnya menghasilkan kolaborasi yang lebih baik dan pengembangan ide yang lebih inovatif. 

Dengan demikian, karyawan dapat memperkuat hubungan mereka satu sama lain, mendorong satu sama lain, dan saling bertanggung jawab atas tujuan mereka. Mengambil bagian dalam kegiatan kesehatan di luar tempat kerja juga dapat membantu ikatan tim dan persahabatan, yang selanjutnya meningkatkan komunikasi dan kolaborasi di tempat kerja.

Baca juga: Inilah 5 Cara Perusahaan Mengatasi Masalah Gaji Tidak Cukup

Implementasi Program Kesejahteraan Karyawan

Berikut adalah langkah-langkah penting untuk menerapkan dan memelihara program kesejahteraan karyawan Anda.

1. Survei Internal

Banyak perusahaan yang ingin menerapkan program kesejahteraan karyawan tapi tidak tau harus mulai dari mana. Nah, Anda dapat mulai dengan karyawan Anda terlebih dahulu.

Untuk membangun program terbaik, Anda harus terlebih dahulu memahami ketakutan, kebutuhan, keinginan, masalah, dan kekhawatiran karyawan Anda. Hanya dengan begitu Anda dapat benar-benar memastikan bahwa program Anda akan efisien, dan akan memberikan hasil yang diharapkan.

2. Buat Program sesuai Hasil Survei

Gunakan hasil feedback karyawan yang diambil dalam survei Anda untuk merencanakan program kesejahteraan Anda dengan lebih baik. Berdasarkan wawasan yang dikumpulkan, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang isi program Anda.

Misalnya, jika Anda menemukan bahwa karyawan Anda merasa terputus karena jarak sosial, komponen sosial dari kesejahteraan mereka mungkin terganggu. Jika benar, salah satu komponen program Anda adalah meningkatkan komunikasi di tempat kerja dan menerapkan solusi digital yang dapat membantu karyawan Anda tetap terhubung dengan rekan kerja dan manajer mereka.

Jika Anda menemukan bahwa karyawan Anda stres atau mengalami masalah kesehatan, program Anda harus fokus pada penyediaan beberapa manfaat kesehatan mental.

3. Tentukan Tujuan

Buatlah program yang sesuai dan align dengan tujuan serta masalah yang sedang dihadapi perusahaan Anda.

Misalnya, untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan, meningkatkan moral, meningkatkan retensi, dan meningkatkan produktivitas.

Mekari Flex, Solusi All in One untuk Kesejahteraan Karyawan

Program kesejahteraan karyawan mendorong gaya hidup sehat baik secara fisik maupun mental. Jika Anda ingin merancang program yang efektif, baiknya adalah memberikan beberapa opsi kesejahteraan yang fleksibel dan mudah diterapkan untuk semua karyawan yang bekerja dari rumah dan di kantor.

Menurut survei yang dilakukan Mekari:

  • 72% karyawan mengatakan bahwa benefit yang sesuai dapat meningkatkan loyalitas mereka
  • 52% karyawan tidak puas dengan benefit yang didapatkan saat ini dan ingin benefit yang sesuai

Mekari Flex hadir sebagai solusi yang menawarkan skema benefit yang dapat disesuaikan secara komprehensif untuk karyawan Anda dengan dukungan fitur terlengkap.

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Mekari Flex:

1. EWA

Karyawan dapat mengakses gaji lebih awal tanpa membebani perusahaan dan tanpa bunga untuk karyawan.

2. Flexible Benefit

Pilihan benefit yang beragam dan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya. Anda dapat memilih kategori vendor yang sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda, mulai dari wellness hingga gaya hidup.

3. Flex Installment

Akomodir kebutuhan pendanaan aman dan terpercaya untuk kebutuhan darurat karyawan. Fitur ini tidak memiliki sistem kasbon yang membutuhkan alokasi budget khusus. Lalu, dana dapat segera dicairkan ke rekening karyawan tanpa memerlukan deposit apa pun dari perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Mekari Flex, Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut terkait produk dan fitur kami di sini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami