Home / Blog / Digital Transformation

Pentingnya Penerapan Software ERP Bagi Pelaku Usaha UMKM

manfaat software erp bagi umkm
Daftar isi
Mode

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sistem operasional untuk mengolah data berbagai sumber daya di perusahaan. Kini, beberapa software ERP juga sudah mulai mengembangkan produknya untuk dapat membantu bisnis UMKM dalam mengembangkan usaha.

Sistem ERP juga turut untuk menarik calon pelanggan, sehingga software ERP dibutuhkan bagi pelaku UMKM. Nah, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat ERP bagi UMKM.

Manfaat Software ERP untuk UMKM

Berikut beberapa manfaat software ERP untuk bisnis UMKM, diantaranya:

1. Memenuhi Kebutuhan Operasional

Software ERP bagi UMKM diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan dari operasional bisnis. Sistem ini dapat digunakan untuk proses operasional, seperti database karyawan, inventaris barang, hingga laporan keuangan.

Penerapan ERP ini dapat membantu tim HRD untuk mengurus berbagai keperluan, seperti software payroll untuk proses penggajian karyawan.

2. Efisiensi Biaya Operasional

Proses yang mudah dengan berbagai fitur unggulan mampu menjadikan software ERP untuk pengurangan biaya operasional. Jika sebelumnya aktivitas pekerjaan yang kompleks membutuhkan tenaga kerja yang banyak, sekarang lebih mudah dan efisien menggunakan software ERP.

Sebagai contoh, UMKM dapat melihat stok persediaan barang secara mudah dan real-time melalui aplikasi stok barang. Dengan aplikasi tersebut, pelaku UMKM dapat memantau stok barang tanpa harus mengecek secara manual.

3. Meminimalkan Kesalahan Laporan

Ketika belum menggunakan software erp, pembuatan laporan keuangan dilakukan secara manual melalui buku besar. Dengan menggunakan ERP, bisnis UMKM dapat mengurangi terjadinya kesalahan input data akibat human error.

Melalui aplikasi laporan keuangan juga dapat dilihat evaluasi berupa laporan secara analitis dan real-time.

4. Akses secara Fleksibel

Software ERP berbasis cloud dapat diterapkan secara mudah dan fleksibel. Anda dapat menggunakan berbagai device dari laptop maupun smartphone dengan koneksi internet. ERP didesain agar Anda dapat memantau bisnis kapanpun dan dimanapun.

Baca Juga: Sistem ERP: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Perusahaan

5. Menyimpan Data dengan Aman di Cloud

Nah, manfaat ERP lainnya untuk UMKM yaitu keamanan data. Meskipun masih dengan skala kecil, bisnis UMKM juga perlu untuk melindungi data usaha agar menjadi pondasi yang kuat dalam mengembangkan strategi bisnis.

ERP berbasis cloud mampu menyediakan fitur agar data disimpan di database dengan aman.

Cara Menerapkan Sistem ERP di UMKM

Penerapan sistem ERP bagi UMKM sangat mudah dan fleksibel. Sistem ini dibutuhkan pelaku usaha untuk proses kegiatan operasional. Berikut beberapa aktivitas usaha yang membutuhkan adanya software erp, diantaranya:

  • Pengelolaan karyawan
  • Proses inventaris barang
  • Persediaan stok barang
  • Penjualan dan pembelian
  • Jurnal umum dan kas
  • Laporan keuangan

Alasan bagi pelaku usaha untuk menggunakan ERP agar memudahkan proses operasional agar tertata secara benar dan mudah. Selain itu, ERP dapat meningkatkan kepuasan pelanggan untuk produk bisnis Anda. Anda juga dapat dengan mudah untuk menghitung akuntansi secara otomatis.

ERP juga turut andil untuk dapat memberikan informasi agar pelaku usaha dapat menentukan keputusan bisnis terbaik.

Hal Yang Perlu Diperhatikan dalam Menerapkan Software ERP

Penerapan software ERP memang sangat penting bagi suatu perusahaan maupun UMKM. Namun, Anda juga perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan ERP sebagai pertimbangan untuk menggunakan software ERP yang tepat.

Sistem ERP ini dapat membantu memenuhi kebutuhan dan monitoring aktivitas operasional bisnis. Menggunakan ERP berbasis cloud juga mudah diakses dan data tersimpan dengan aman.

Jika sebelumnya perusahaan menggunakan software SAP yang lebih mahal dan membutuhkan adanya tim IT khusus, maka dengan Anda memilih software ERP dengan biaya relatif lebih hemat dan mudah diakses kapan pun dan dimana pun.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk beralih ke sistem ERP yang memiliki fitur lengkap dan terjangkau bersama Mekari!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami