Inilah Kelebihan dan Kekurangan Software ERP

Software ERP semakin dikenal untuk sistem operasional berbagai sumber daya di suatu perusahaan. Namun, terdapat berbagai kelebihan maupun kekurangan software erp yang wajib diketahui oleh perusahaan.

Nah, simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan software ERP bagi bisnis.

Kelebihan dan Kekurangan Software ERP

Software ERP dilihat dari jenis yang ada memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan termasuk harga software ERP, diantaranya sebagai berikut:

kelebihan dan kekurangan software ERP

1. On Premise

ERP jenis ini masih dilakukan secara konvensional. Untuk mendapatkan software erp On Premise ini, perusahaan diharuskan membeli atau sewa lisensi tiap tahun. Namun, untuk jangka panjang juga ada biaya untuk memperbarui software erp ini. Contoh dari On Premise yaitu software SAP.

Selain itu, perusahaan juga diharuskan membuat database sendiri karena penyimpanan data dilakukan di server lokal. Biasanya perusahaan skala besar yang menggunakan software tersebut.

Baca Juga: Apa itu SAP? Berikut Penerapan dan Cara Menggunakannya

2. Cloud

Software ERP berbasis cloud lebih mudah dilakukan karena data disimpan di cloud oleh penyedia server. Semua sistem pemasangan dan perawatan sudah dilakukan oleh vendor. Perusahaan dapat mengakses langsung melalui situs web maupun mobile.

Contoh dari software ERP berbasis cloud yang lengkap di Indonesia adalah ERP Mekari.

3. Hybrid

Nah, jenis software erp hybrid ini merupakan gabungan dari On Premise dan Cloud. Software ini dapat digunakan secara offline maupun online.

Sistem akan otomatis menggunakan On Premise ketika sinyal internet tidak stabil dan kembali ke software erp berbasis cloud ketika sinyal internet tersedia.

Pentingnya Software ERP Bagi Perusahaan

ERP memiliki peran penting bagi suatu perusahaan. Software ini sangat penting untuk berbagai keperluan operasional perusahaan. Berikut beberapa manfaat perusahaan menggunakan software ERP, diantaranya:

1. Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Sistem ERP dapat menghemat biaya operasional pada perusahaan. Sebagian besar kegiatan atau pekerjaan dilakukan secara otomatis, sehingga perusahaan juga dapat mengurangi tenaga kerja.

2. Efisiensi Sumber Daya

Aktivitas operasional perusahaan yang membutuhkan waktu banyak, seperti absensi online, proses penggajian hingga aplikasi laporan keuangan dapat dilakukan secara otomatis.

Melalui kemudahan ini, pimpinan atau manajer perusahaan dapat melakukan monitoring secara real-time terhadap karyawan.

3. Kolaborasi Antara Departemen

Nah, sistem ERP ini juga dapat membuat kolaborasi antara departemen. Sistem ERP berbasis cloud yang dapat diakses dengan internet membuat siapa saja dapat mengakses, sehingga akan memperkuat kerja sama departemen.

4. Evaluasi Bisnis

Selain itu, peranan sistem ERP dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis. ERP mampu memberikan data berupa laporan lengkap dan akurat bagi perusahaan.

Adanya sistem ERP yang dilengkapi sistem analitik dapat memberikan evaluasi bisnis, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang terbaik.

Baca juga: Sistem ERP: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Perusahaan

Industri yang Membutuhkan ERP

Berbagai jenis industri mulai menggunakan sistem ERP dari skala kecil hingga besar. Tidak hanya itu, penerapan software ERP di UMKM juga sudah mulai dikenal dan dikembangkan.

Berikut jenis industri yang membutuhkan ERP, diantaranya:

  1. Konstruksi
  2. Medis
  3. Mesin, Elektronik, Otomatif
  4. Pakaian
  5. Makanan
  6. Pengolahan Susu
  7. Karet
  8. Plastik

Nah, itulah beberapa jenis industri yang sangat membutuhkan software ERP. Berbagai perusahaan atau industri membutuhkan software ERP. Selain usaha atau industri besar, usaha kecil seperti UMKM juga dapat menggunakan ERP untuk mengembangkan bisnis lebih cepat, efisien dan efektif.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami