Home / Blog / Tech & Inovation

11 Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang Online dan Keuntungannya

bayar lebih mudah melalui qr code pembayaran
Daftar isi
Mode

Aplikasi transfer uang online kini menjadi salah satu tren yang banyak dilakukan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan kemudahan sistem yang dimilikinya. Transfer uang online bisa dilakukan kapan dan dimana saja selagi pengguna memiliki koneksi internet yang memadai.

Transfer uang secara online tidak hanya dilakukan melalui bank, melainkan bisa melalui beberapa aplikasi e-money yang kini bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Transfer Uang Online

Beberapa aplikasi transfer uang online yang kini bisa digunakan secara gratis melalui smartphone memberikan banyak keuntungan. Di bawah ini ialah beberapa diantaranya:

1. Tidak Perlu Datang ke ATM

Sistem transfer uang online kini hadir dengan berbagai keuntungan, salah satunya yakni mempermudah penggunanya ketika melakukan transaksi. Mereka tidak perlu lagi datang dan antri ke ATM ketika ingin mengirim uang.

Sistem transfer online ini sangat membantu bagi pengguna yang bertempat tinggal atau sedang berada jauh dari ATM. Selain itu, cara ini juga bisa digunakan ketika menghadapi beberapa kendala lain seperti hujan ataupun gangguan cuaca lainnya.

Dengan begitu, kehadiran sistem transfer online ini bisa meminimalisir terjadinya hambatan-hambatan yang mengakibatkan keterlambatan atau kegagalan transfer. Cukup dengan aplikasi, transfer uang berapapun dan kemanapun tujuannya kini bisa dilakukan.

Baca Juga: 10 Cara Membuat QR Code Pembayaran, Paling Lengkap!

2. Lebih Hemat

Transfer uang online kini hadir dengan keuntungan yang bisa dibilang cukup lumayan. Biaya administrasi antar bank yang harusnya dilakukan kini bisa dihilangkan. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir sekalipun harus melakukan transfer antar bank berulang kali.

Biaya administrasi transfer yang dibebankan memang tidak terlalu memberatkan, semula Rp. 6500 dan kini telah dikurangi menjadi Rp, 2500. Jumlah tersebut memang tidak terasa apabila pengguna hanya sekali melakukan transaksi.

Namun, jika transaksi dilakukan secara terus menerus atau berulang kali, maka jumlah tersebut akan terus bertambah dan mengurangi nominal tabungan atau saldo uang yang dimiliki.

3. Keamanan Data Terjamin

Keuntungan transfer uang online selanjutnya yakni mampu menjamin keamanan data dan privasi dari penggunanya. Semua data yang dibutuhkan dalam aplikasi ataupun data-data yang dibutuhkan dalam transaksi tidak akan diketahui oleh pihak lain.

Hal tersebut dikarenakan sistem keamanan yang terdapat dalam aplikasi transfer uang online telah dikembangkan semaksimal mungkin. Dengan begitu, pengguna tidak perlu ragu atau khawatir akan kebocoran data dan tindak kriminal.

4. Menambah Keuntungan Usaha

Transfer uang online juga bisa memberikan tambahan keuntungan usaha, hal ini dikarenakan sebagai seorang usaha pastinya kerap melakukan transfer untuk keperluan bisnis.

Dengan sistem transfer online ini, maka mereka dapat menghemat biaya administrasi. Jumlah uang yang dapat dihemat dari transaksi ini terbilang lumayan, terlebih ketika pengusaha kerap melakukan transaksi berulang dalam satu harinya seperti perusahaan retail.

Agar rekonsiliasi antara bank dan pencatatan transaksi menjadi lebih akurat, maka dibutuhkan alat bantu software akuntansi agar proses rekonsiliasi lebih cepat dan aman.

5. Memiliki Kesempatan untuk Memperoleh Promo

Kehadiran sistem transfer uang online tidak hanya menawarkan kemudahan dan keuntungan, melainkan terdapat pula berbagai promo dan potongan harga yang cukup menarik.

Aplikasi transfer uang kerap kali menetapkan promo pada hari ataupun event-event tertentu. Selain itu, semua pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan reward berupa referal, cashback ataupun diskon dari aktivitas transaksi yang dilakukan.

Biasanya, semakin banyak transaksi yang dilakukan, maka semakin besar pula kemungkinan mereka untuk memperoleh reward.

6. Memudahkan Pengguna dalam Top Up Akun Dompet Digital (E-Money)

Tidak hanya menghemat biaya administrasi, aplikasi transfer uang online juga bisa memudahkan penggunanya untuk melakukan top up atau isi ulang saldo dompet digital.

Adapun beberapa akun dompet digital yang kini tersedia dan bisa diisi dengan sistem transfer uang online ialah Dana, Ovo, GoPay, Shopeepay dan Link Aja.

Melalui beberapa akun dompet digital tersebut, maka pengguna tidak perlu khawatir kehabisan saldo untuk keperluan belanja ataupun pemenuhan kebutuhan lainnya seperti pulsa, paket data, token listrik dan masih banyak lagi.

7. Bisa Digunakan Kapan Saja

Sama halnya dengan ATM yang biasanya buka dan bisa digunakan 24 jam, aplikasi transfer uang online ini juga bisa membantu penggunanya untuk melakukan transaksi selama 24 jam.

Setiap pengguna bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja sesuai kebutuhan dan keperluan.
Semua fitur dan layanan yang ada bisa digunakan tanpa adanya batasan waktu, baik itu fitur transfer uang antar bank, top up saldo dompet digital ataupun pembelian kebutuhan-kebutuhan online seperti pulsa, paket internet dan lain-lain.

Dengan 7 keuntungan di atas, maka berbagai masalah dan kendala transfer uang kini bisa ditekan semaksimal mungkin. Pengguna tidak perlu khawatir ketika sewaktu-waktu membutuhkan transfer uang ataupun pemenuhan kebutuhan-kebutuhan online lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Transfer BCA ke BRI Lengkap dengan Kode Transfer Bank

Apa Saja Aplikasi Transfer Uang Online yang Aman Digunakan?

Setelah mengetahui kemudahan dan keuntungan transfer uang online, maka ulasan selanjutnya akan membahas mengenai aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk transfer uang.

Beberapa aplikasi di bawah ini bisa digunakan secara gratis tanpa biaya tambahan dengan tingkat keamanan yang memadai.

Pengguna tidak perlu khawatir akan tindakan penipuan ataupun kriminal karena aplikasi-aplikasi di bawah ini telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1. Flip

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk transfer uang online ialah Flip. Aplikasi ini hadir dengan keunggulan berupa transfer uang antar bank secara gratis tanpa biaya administrasi. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan transfer uang ke 14 bank yang terdaftar di Indonesia secara gratis.

Konsep yang diusung oleh Flip ialah melakukan transfer dalam rekening bank yang sama lalu dilanjutkan dengan transfer ke nomor rekening tujuan. Dengan begitu, pengguna tidak akan dikenai biaya sama sekali ketika bertransaksi dengan bank yang berbeda.

Biasanya pengguna diminta memasukkan nominal transfer disertai dua atau tiga digit kode unik di belakangnya. Setelah transfer sesama rekening berhasil dilakukan, maka transaksi akan diteruskan dalam rekening tujuan.

Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit sampai nant benar-benar dinyatakan berhasil dan keluar bukti dari transaksi yang dilakukan. Pengguna bisa melakukan transaksi selama berulang kali dalam sehari sampai nanti mencapai batas minimum transaksi yang bisa dilakukan.

Selain berfungsi sebagai aplikasi transfer uang online, Flip juga bisa digunakan untuk transaksi lain seperti pembayaran tagihan dan pembelian online. Aplikasi ini juga menyediakan versi yang lebih profesional yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

2. Ovo

Aplikasi transfer uang online selanjutnya yakni Ovo, pada awalnya aplikasi ini hadir dengan kelebihan berupa transfer uang secara gratis tanpa biaya administrasi. Dengan begitu, tidak heran jika aplikasi ini banyak digunakan saat awal kemunculannya.

Namun, seiring berjalannya waktu aplikasi Ovo mulai menetapkan biaya administrasi dari setiap transaksi yang dilakukan. Meski demikian, pengguna tidak perlu khawatir karena biaya yang ditetapkan tergolong cukup terjangkau dan tidak memberatkan.

Setiap satu kali transaksi yang dilakukan, pengguna akan dibebankan biaya sebesar Rp. 2500. Biaya ini tergolong lebih murah jika dibandingkan biaya administrasi Bank melalui mobile banking ataupun ATM sebelum mengalami perubahan yakni sebesar Rp. 6500.

3. Dana

Dana merupakan aplikasi transfer uang online yang resmi dan aman digunakan karena telah terdaftar dalam OJK. Dana menjadi aplikasi transfer uang sekaligus dompet digital yang kini banyak digunakan oleh masyarakat.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan transfer uang, top up ataupun pembayaran transaksi jual beli online secara mudah dan cepat.

Sebelum melakukan transfer uang dalam rekening bank yang berbeda, maka pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu. Proses ini harus dilakukan dengan beberapa prosedur seperti foto KTP dan beberapa dokumen lainnya.

Sama Halnya dengan Ovo, aplikasi Dana saat awal kemunculannya juga tidak menetapkan biaya administrasi untuk transaksi yang dilakukan.

Namun, seiring perkembangannya, aplikasi ini menetapkan biaya administrasi sebesar Rp. 2500 untuk satu kali transaksi.

4. OY! Indonesia

Oy! Indonesia merupakan aplikasi transfer uang online yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi antar bank. Proses transaksi dalam aplikasi ini tidak menetapkan biaya administrasi, melainkan pengguna harus membayar biaya dari penggunaan aplikasi ini.

Dengan kata lain, aplikasi ini termasuk aplikasi transfer uang berbayar, bukan aplikasi transfer uang yang gratis tanpa biaya administrasi di dalamnya.

Oy! Indonesia bisa digunakan dalam waktu darurat saja agar transaksi tetap bisa dilakukan dengan mudah. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif lain ketika aplikasi transfer uang online gratis tidak bisa digunakan.

Sama halnya dengan aplikasi-aplikasi transfer lainnya, Oy! Indonesia ini juga bisa diunduh secara gratis melalui Play Store. Setelah itu, pengguna bisa melakukan registrasi sesuai dengan identitas yang dimiliki.

Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka aplikasi sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi yang dibutuhkan.

Link Aja termasuk salah satu aplikasi dompet digital sekaligus transfer uang online yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi tanpa harus membuka rekening ke bank terlebih dahulu.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya bisa digunakan secara lengkap ketika pengguna sudah melakukan verifikasi dan upgrade akun menjadi versi premium.

Proses verifikasi ini bisa dilakukan manual melalui aplikasi ataupun dengan mendatangi gerai yang bekerja sama dengan GraPARI terdekat.

Setelah akun berhasil terupgrade, maka pengguna sudah bisa melakukan transfer kepada pengguna ataupun rekening bank dengan cepat.

Proses transfer yang dilakukan oleh aplikasi ini tergolong real time atau tidak membutuhkan waktu selama beberapa menit, jam bahkan hari.

6. Go Pay

Go Pay merupakan fitur transfer yang dimiliki oleh aplikasi Gojek sehingga pengguna fitur ini harus memiliki akun Gojek terlebih dahulu.

Seiring berkembanganya waktu, fitur ini terus mengalami peningkatan yakni tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi dalam aplikasi Gojek seperti pemesanan transportasi, makanan ataupun layanan Gojek saja.

Ketika pengguna ingin melakukan transaksi atau transfer uang online ke bank lain, maka fitur Go Pay harus diupgrade terlebih dahulu menjadi versi Go Pay Plus. Dalam hal ini, pengguna diminta untuk melakukan beberapa proses dan tahapan yang telah ditentukan.

Proses verifikasi yang dilakukan akan membutuhkan beberapa dokumen seperti foto dan KTP sehingga pengguna bisa menyiapkan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Setelah proses upgrade dan verifikasi selesai dilakukan, maka fitur transfer uang online sudah bisa digunakan. Fitur transfer ini menetapkan biaya administrasi sebesar Rp. 2500 untuk setiap transaksi yang dilakukan.

7. Jenius

Jenius merupakan aplikasi perbankan sekaligus e-money yang dikelola oleh Bank BTPN. Aplikasi transfer uang online ini menetapkan gratis biaya administrasi untuk transaksi antar bank ketika penggunanya memiliki saldo tetap bulanan di atas Rp. 1000.000.

Penetapan gratis transfer ini diberlakukan dengan sistem kuota dimana ada pembatasan di dalamnya dan pengguna tidak bisa menggunakannya secara terus menerus.

Dengan begitu, alangkah baiknya pengguna mengecek terlebih dahulu ketersediaan kuota gratis transfer sebelum melakukannya. Apabila masih terdapat kuota yang tersisa, maka pengguna bisa langsung memanfaatkannya.

Jika tidak, maka transfer akan dikenai biaya sama dengan biaya transfer yang diberlakukan oleh Bank ataupun ATM.

Meski begitu, aplikasi ini tetap bisa mempermudah transaksi yang dilakukan karena pengguna tidak perlu pergi ke ATM ataupun antri ketika sewaktu-waktu membutuhkan.

Proses pendaftaran akun Jenius bisa dilakukan secara mandiri melalui aplikasi ataupun datang langsung ke kantor cabang Bank BTPN terdekat.

Aplikasi ini juga akan menetapkan sistem pembekuan akun dan sejenisnya apabila pengguna melanggar ketetapan ataupun tidak menggunakan akun ini dalam jangka waktu yang lama.

Dengan begitu, pengguna bisa mengurusnya melalui kantor cabang Bank BTPN atau gerai-gerai Jenius yang biasanya banyak dijumpai di mall ataupun pusat perbelanjaan.

8. Shopee Pay

ShopeePay merupakan aplikasi transfer uang online yang berada dalam aplikasi Shopee. Awalnya ShopeePay ini dijadikan sebagai sarana agar user lebih mudah saat melakukan transaksi pembayaran di marketplace Shopee.

Selain ShoppePay, Anda juga dapat menggunakan fitur ShopeePay Later untuk membayar di kemudian hari atau sering disebut sebagai kredit. Terdapat berbagai fitur mulai dari pembayaran online, pembayaran offline melalui QR code hingga transfer antara sesama pengguna ShopeePay serta transfer ke rekening bank.

9. Your Pay Id

Your Pay Id merupakan aplikasi transfer uang online yang bisa digunakan untuk transaksi antar bank, baik itu bank di dalam ataupun luar negeri. Setiap transaksi bank dalam negeri yang dilakukan melalui aplikasi ini tidak akan dikenai biaya administrasi.

Sedangkan untuk transaksi bank luar negeri akan dikenai biaya tambahan. Dengan begitu, pengguna alangkah baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu jumlah biaya tambahan yang ditetapkan ketika ingin melakukan transaksi ke bank luar negeri.

Cari tahu dan pastikan jumlahnya aman dan sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai aplikasi ini justru membawa kerugian.

10. Transfez

Tidak jauh berbeda dengan Your Pay Id, aplikasi Transfez ini juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi antar bank yang ada di luar negeri. Dengan begitu, pengguna juga harus memperhatikan akan biaya tambahan yang nantinya dikenakan.

Pada umumnya, transfer ke luar negeri akan dikenai biaya yang agak mahal, terlebih jika nominal transfer yang dilakukan cukup banyak.

Meski begitu, aplikasi Transfez ini tetap bisa membantu pengguna dalam transfer uang online antar bank dalam negeri karena di dalamnya tidak dikenakan biaya administrasi.

11. Wise

Wise termasuk aplikasi transfer uang online antar bank di dalam ataupun luar negeri yang tidak menetapkan biaya administrasi.

Meski demikian, pengguna tetap diminta untuk membayar biaya transfer, terlebih ketika melakukan transfer dalam jumlah banyak ataupun mata uang dengan kurs yang berbeda.

Sistem transfer yang ditetapkan hampir sama dengan Flip yakni pengguna melakukan transfer dalam rekening yang sama dengan rekening tujuan lalu nantinya akan diteruskan oleh aplikasi kepada penerimanya.

Dengan begitu, biaya transfer yang dibayarkan masih tergolong lebih murah dibandingkan pengguna harus melakukan transfer secara manual menggunakan bank di Indonesia yang pastinya akan membutuhkan biaya yang mahal.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi transfer uang online yang bisa dilakukan untuk mempermudah transaksi, baik itu transfer antar bank, top up e-money ataupun pembayaran tagihan dan berbagai keperluan online lainnya.

Bagaimana Tips Transfer Uang Online yang Aman?

Berikut ialah beberapa tips yang bisa diterapkan agar transfer uang online bisa berjalan dengan aman dan lancar:

1. Tidak Melakukan Transfer dalam Jumlah yang Banyak

Tips pertama yang bisa diterapkan dalam transfer uang online ialah tidak melakukan transfer atau pemindahan dana dalam jumlah yang banyak.

Meski keamanannya sudah terjamin, namun alangkah baiknya pengguna tetap memperhatikan nominal sebelum transfer.

Jika nominal transfer yang dilakukan cukup banyak atau mencapai jutaan, maka disarankan untuk datang langsung ke Bank atau ATM. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya gangguan yang nantinya akan mengakibatkan kebingungan.

2. Kenali dengan Baik Syarat dan Ketentuan Aplikasi

Tips kedua yang bisa diterapkan yakni mengenali ketetapan dari setiap aplikasi transfer online. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat setiap aplikasi tentunya memiliki ketetapan dan kebijakan yang berbeda-beda.

Tips ini bertujuan agar pengguna tidak melakukan kesalahan ataupun kecewa dari transaksi yang dilakukan. Seperti misalnya batasan penggunaan transfer secara gratis ataupun batasan minimal dan maksimal transfer yang bisa dilakukan.

3. Memastikan Kembali Nomor Rekening yang Dituju Benar

Tips terakhir yang harus diterapkan dalam transfer uang online ialah memastikan kembali nomor rekening yang dituju benar. Jangan sampai salah melakukan transfer, terlebih jika nominalnya besar, maka pengguna nantinya akan mengalami kerugian.

Perusahaan juga membutuhkan transaksi pembayaran untuk keperluan bisnis. Anda dapat menggunakan Mekari Pay sebagai solusi transaksi pembayaran bisnis B2B dan B2C dengan berbagai metode pembayaran dan sistem keamanan setara bank.

Setelah membaca ulasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa transfer uang online membawa banyak kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya dengan catatan merek harus paham dengan ketetapan masing-masing aplikasi.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami