Home / Blog / Business & Economy

4 Cara Transfer BCA ke BRI Lengkap dengan Kode Transfer Bank

transfer uang antar bank melalui atm
Daftar isi
Mode

Di zaman yang serba canggih ini, setiap orang diberikan kemudahan untuk melakukan transfer seperti halnya transfer BCA ke BRI. Meskipun berbeda bank, namun transfer uang saat ini dapat dilakukan kapanpun dan ke manapun melalui bank.

Sebagai nasabah BCA, transfer BCA ke BRI dapat dilakukan melalui mobile internet. Selain itu, nasabah juga bisa menggunakan layanan m-Banking BCA untuk transfer cashless. Jadi, tentunya jika nasabah mengaktifkan m-Banking BCA di Android atau iPhone nasabah, maka layanan tersebut langsung dapat digunakan untuk layanan finansial dan non-finansial.

Ini adalah cara lain untuk transfer BCA ke BRI di luar ATM sebagai solusi pengiriman uang yang tidak menggunakan ATM. Jika Anda lupa atau tidak membawa kartu ATM, Anda dapat menggunakan aplikasi BCA mobile untuk tarik tunai di ATM Anda. Akibatnya, banyak metode pengiriman uang melalui Bank BCA telah ditinggalkan ketika nilai nominalnya kecil.

Jenis-Jenis Layanan Transfer BCA ke BRI

Saat akan melakukan transfer BCA ke BRI, nasabah perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pelayanan untuk melakukan transfer yang ada di berbagai bank. Berikut akan disebutkan beberapa jenis pelayanan transfer yang diberikan oleh berbagai bank.

1. Sistem Kliring

Pada layanan jenis ini biasanya dilakukan untuk transfer dengan bank yang berbeda. Contohnya apabila nasabah memiliki dana di bank BCA dan ingin mentransfernya ke bank BRI. Pada proses transfer BCA ke BRI ini, bank BRI akan mengecek dan meninjau nominal dana yang ada pada bank BCA tersebut. Proses peninjauan inilah yang disebut Kliring.

Kliring hanya bisa dilakukan untuk mentransfer uang dalam jumlah yang besar seperti seratus juta dan hanya dapat dilakukan melalui teller. Kelemahan dari proses transfer melalui klirinfg ini adalah memakan waktu yang relatif lama, yaitu sekitar dua atau tiga hari kerja untuk mengecek, lalu rekening tujuan baru akan sampai setelah pengecekan.

Baca Juga: 10 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai dan Manfaatnya

2. Real Time Gross Settlement (RTGS)

RTGS sama dengan kliring. Namun, dana yang dikirim menggunakan RTGS akan sampai ke rekening yang diinginkan secara real time atau onsite. Namun, waktu nyata tidak berarti nasabah akan menerima uang di jam dan menit yang sama. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa jam (sekitar 4 jam).

Pada pelayanan jenis RTGS ini hanya dapat mengirimkan uang minimal seratus juta. Jumlah fee yang diberikan untuk melakukan transfer jenis RTGS ini berkisar antara Rp25.000 hingga Rp50.000. Proses pentransferan ini memakan waktu yang lebih cepat dari proses kliring. Dana yang dikirim akan dapat diterima oleh penerima dalam kurun waktu empat jam.

3. Real Time Online (RTO)

Jenis pelayanan RTO merupakan layanan yang paling umum dilakukan oleh para nasabah. Keuntungan dari pelayanan jenis ini adalah nasabah dapat mentransfer dana yang ditransfer langsung ke rekening tujuan, tidak seperti RTGS yang membutuhkan waktu berjam-jam atau kliring yang membutuhkan waktu berhari-hari.

Cara pengirimannya juga sangat sederhana dan bisa dilakukan melalui ATM, SMS, perbankan, internet banking, mobile banking. Harap perhatikan biaya transfer antar bank saat menggunakan layanan transfer ini. Bank biasanya membebankan biaya pengelolaan sebesar Rp 5.000 hingga Rp 7.500 per transaksi.

Terbaru, saat ini Bank Indonesia juga memberikan layanan berupa yang mempermudah sistem transaksi antar bank namun memperbaiki tingkat keamanannya. BI-FAST adalah sebuah sistem pembayaran ritel nasional yang dikelola langsung oleh Bank Indonesia yang dapat diakses secara mudah, cepat, dan real-time. Adapun, biaya penggunaannya hanya sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu ribet dengan transaksi yang berbeda rekening, Anda dapat menggunakan sistem manajemen pembayaran untuk transaksi pembayaran bisnis ke semua metode pembayaran dalam satu platform.

Daftar 57 Kode Transfer Bank di Indonesia

Kode transfer antar bank adalah kode angka 3 digit. Setiap bank memiliki kode sortir yang berbeda. Jika Anda salah memasukkan kode ini, transaksi mungkin gagal atau tidak dijalankan. Jika nasabah akan mentransfer uang dari bank lain, kode transfer bank harus dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan.

Misalnya, jika nasabah memerlukan kode sortir tertentu untuk transfer BCA ke BRI, Anda harus memasukkan 002 sebelum nomor rekening nasabah.

Kode Bank BRI: 002
Kode Bank BNI: 009
Kode Bank BTN: 200
Kode Bank Mandiri: 008
Kode Bank Syariah Indonesia: 451
Kode Bank BCA: 014
Kode Bank CIMB Niaga: 022
Kode Bank CIMB Niaga Syariah: 022
Kode Bank Muamalat: 147
Kode Bank Permata: 013
Kode Bank Danamon: 011
Kode Bank BII Maybank: 016
Kode Bank Mega: 426
Kode Bank Sinarmas: 153
Kode Bank Commonwealth: 950
Kode Bank OCBC NISP: 028
Kode Bank Bukopin: 441
Kode Bank BCA Syariah: 536
Kode Bank Citibank: 031
Kode Bank BTPN: 213
Kode Bank Jenius BTPN: 213
Kode Bank Ekspor Indonesia: 003
Kode Bank Panin: 019
Kode Bank Arta Niaga Kencana: 020
Kode Bank Buana IND: 023
Kode Bank Bank Multicor: 036
Kode Bank Artha Graha: 037
Kode Bank Sumitomo Mitsui Indonesia: 045
Kode Bank DBS Indonesia: 046
Kode Bank Pesona Perdania: 047
Kode Bank Mihuzo Indonesia: 048
Kode Bank Standard Chartered: 050
Kode Bank ABN Amro: 052
Kode Bank Keppel Tatlee Buana: 053
Kode Bank Capital Indonesia: 054
Kode Bank BNP Paribas Indonesia: 057
Kode Bank UOB Indonesia: 023
Kode Bank Woori Indonesia: 068
Kode Bank Bumi Artha: 076
Kode Bank Ekonomi: 087
Kode Bank Haga: 089
Kode Bank IFI: 093
Kode Bank Century/Bank J Trust Indonesia: 095
Kode Bank Mayapada: 097
Kode Bank Nusantara Parahyangan: 145
Kode Bank Swadesi: 146
Kode Bank Mestika: 151
Kode Bank Metro Express: 152
Kode Bank Maspion: 157
Kode Bank Hagakita: 159
Kode Bank Ganesha: 161
Kode Bank Windu Kentjana: 162
Kode Bank Harmoni Internasional: 166
Kode Bank QSB Kesawan: 167
Kode Bank Swaguna: 405
Kode Bank Bisnis Internasional: 459
Kode Bank Sri Partha: 466

Transfer BCA ke BRI melalui ATM, Internet Banking, m-Banking, dan Teller

Sebelum melakukan transfer BCA ke BRI, nasabah harus mengetahui terlebih dahulu berbagai kode bank baik bank target maupun bank miliknya. Hal ini dikarenakan setiap bank memiliki kode berbeda yang harus ditambahkan sebelum nomor rekening tujuan nasabah.

Kode sortir BCA yang sedang digunakan adalah 014. Ini penting untuk transfer antar bank. Tidak heran, sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar, nasabah perlu menggunakan akun nasabah sendiri.

Setiap bank memiliki nomor perurutan unik yang berfungsi sebagai otentikasi bank tujuan saat mengirim uang begitu pun saat transfer BCA ke BRI.

Pada dasarnya, cara transfer BCA ke BRI cukup berbeda dengan bank lain. Untuk melakukan ini, nasabah perlu mengetahui langkah-langkah dan pedoman untuk mentransfer baik secara online maupun offline (melalui ATM). Biaya pengiriman uang dari BCA ke BRI adalah Rp untuk satu kali pengiriman ini 6.500.

Biaya ini merupakan biaya administrasi yang otomatis dipotong dari saldo rekening nasabah apabila transfer BCA ke BRI. Dana akan dikreditkan ke akun target secara real time kecuali salah satu bank yang terkena dampak campur tangan. Jika Anda melihat pesan sukses, segera periksa rekening BRI Anda untuk melihat apakah transfer telah masuk.

1. Cara Transfer BCA ke BRI melalui ATM

Cara pertama dan paling umum digunakan untuk mengirim uang ke bank lain atau antar bank adalah melalui ATM. Caranya dengan mengakses kantor cabang atau ATM terdekat. Berikut adalah beberapa langkah. Berikut merupakan cara transfer BCA ke BRI melalui ATM :

  • Pertama-tama, masukkanlah kartu ke ATM BCA.
  • Tekan 6 digit PIN ATM BCA milik pengguna.
  • Pilih Transaksi Lainnya untuk mengirim uang atau transfer.
  • Klik Transfer kemudian Ke Rek Bank Lain untuk mengirim uang ke bank BRI.
  • Masukkan kode bank: 002 di ATM, selanjutnya klik Benar.
  • Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer, transaksi minimal adalah Rp10.000.
  • Lanjut masukkan nomor rekening BRI penerima.
  • Pastikan nama pemilik rekening sudah betul dan nominal uangnya juga sesuai.
  • Jika sudah yakin, klik Benar.
  • Tunggu beberapa saat agar ATM memproses permintaan kamu.
  • Jika berhasil, akan keluar struk.

2. Cara Transfer BCA ke BRI melalui Internet Banking

Selain melalui ATM, nasabah juga dapat memanfaatkan perkembangan teknologi terkini seperti internet banking. Metode ini memudahkan transaksi nasabah, termasuk transfer antar bank menggunakan nomor routing BCA. Berikut ini merupakan langkah-langkah transfer BCA ke BRI :

  • Masuk https://ibank.klikbca.com/ untuk personal.
  • Pada halaman landing, silakan klik transfer dana.
  • Kemudian klik transfer rekening bank lain dalam negeri. Isikan kode bank. Kalau BRI 002.
  • Masukan Nomor rekening tujuan. Jumlah uang yang akan dikirim dan Berita kalau perlu.
  • Pilih Jenis layanan, LLG atau RTGs.
  • Masukan Token atau Kode Capctha, pada kolom Apll2. Kirim.
  • Cetak atau sreecshoot Bukti pengiriman kalau diperlukan
  • Biaya untuk pelayanan LLG ini mengeluarkan dana sebesar Rp 5000, namun untuk RTGs yaitu sekitar Rp.25.000 dengan perkiraan pengiriman.

3. Cara Transfer BCA ke BRI melalui m-Banking

cara transfer bca ke bri dan kode bank

Bila melakukan tansfer dari bank BCA ke BRI, maka nasabah akan dikenakan pemotongan saldo untuk biaya administrasi. Biaya yang dikeluarkan adalah Rp.6500..Berikut merupakan cara transfer BCA ke BRI melalui m-Banking:

  • Pilih menu “m-BCA” di ponsel Anda dan tekan OK/YES.
  • Pilih menu “m-Transfer” dan tekan OK/YES.
  • Lalu pilihlah “Antar Bank” dan tekan OK/YES.
  • Masukkan kode bank “002”, nomor rekening tujuan, dan jumlah uang yang akan dikirim.
  • Terakhir masukin PIN m-BCA Anda dan tekan dikirim
  • Pastikan data-data transaksi telah benar. Jika benar, tekan OK/YES.
  • Masukkan PIN m-BCA Anda dan tekan OK/YES. Selesai.

4. Cara Transfer BCA ke BRI melalui Teller

Untuk transfer BCA ke BRI melalui teller, tidak diwajibkan seluruh nasabah sudah memiliki rekening. Karyawan bank dapat membantu mentransfer uang ke bank atau bank lain, meskipun tidak memiliki rekening tabungan.

  • Datang ke kantor cabang BCA terdekat
  • Tidak lupa membawa KTP, buku tabungan, dan kartu ATM
  • Nasabah tidak perlu membawa uang tunai saat mengirim uang dari akun, tetapi jika nasabah tidak mengirim uang dari akun nasabah, pastikan untuk membawa uang tunai yang ingin nasabah kirim.
  • Mengambil nomor antrian
  • Menuju Teller
  • Nasabah akan diminta mengisi formulir transfer
  • Kemudian Teller akan membantu melakukan transfer ke bank tujuan

Tidak lupa, nasabah juga akan dikenakan biaya transfer saat transfer BCA ke BRI. Jika uang transfer berasal dari rekening, maka saldo akan otomatis dipotong sebagai biaya transfer.

Biaya Transfer dari Bank BCA Ke BRI

Transfer adalah salah satu transaksi keuangan yang paling umum dilakukan oleh nasabah bank, termasuk BCA (Bank Central Asia). Kirim uang tidak hanya ke rekening bank yang sama, tetapi juga ke rekening bank lain contohnya transfer BCA ke BRI.

Transfer ke rekening bank yang sama biasanya tidak dikenakan biaya administrasi, tetapi transfer BCA ke BRI dikenakan biaya yang dipotong langsung dari saldo rekening nasabah.

  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via atm adalah 6.500
  • Biaya tarik tunai di atm bank lain adalah 6.500
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via internet banking adalah 6.500
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via sms banking adalah 6.500
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via mobile banking adalah 6.500
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via kliring adalah 5.000
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via rtgs adalah 25.000
  • Biaya transfer antar Bank BCA ke BRI via BI-FAST adalah 2.500 (Terbaru)

Layanan pengiriman uang adalah salah satu fitur yang paling umum digunakan dalam aktivitas perdagangan sehari-hari. Pengguna dapat mengirim dana ke bank yang sama atau nomor rekening bank yang berbeda seperti contohnya nasabah ingin transfer BCA ke BRI. Umumnya tidak ada biaya administrasi jika nasabah mengirim uang di bank yang sama.

Namun, jika nasabah mentransfer uang antar bank yang berbeda, biaya transfer antar bank akan dibebankan secara otomatis. Pada titik ini, banyak yang tahu tentang tagihan biaya transfer BCA ke BRI, tetapi sedikit yang tahu persis apa itu biaya transfer antar bank. Oleh sebab itu, penulis telah memberikan informasi mengenai kode-kode pada bank yang ada di Indonesia

Itulah tadi pembahasan cara transfer BCA ke BRI. Sehingga dengan adanya pembahasan ini, diharapkan pada nasabah tidak kebingungan dalam melakukan transaksi antar bank. Oleh karena itu, nasabah hanya perlu mengetahui kodenya, sehingga nasabah tidak perlu khawatir jika melakukan transaksi antar bank.

Penting

Dengan fitur Cash Link dari Jurnal, proses rekonsiliasi dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Mekari Jurnal, Simple Online Accounting Software

YouTube video

Bagi perusahaan yang memerlukan banyak kebutuhan transaksi dan transfer uang ke berbagai mitra tentu membutuhkan waktu lebih lama. Perbedaan rekening dari berbagai transaksi membuat akuntan sering kewalahan dalam melakukan rekonsiliasi bank.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk mempermudah pengelolaan rekonsiliasi bank secara otomatis dan terintegrasi.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami