Home / Blog / Digital Transformation

Mengapa Harga Software SAP Sangat Mahal?

mengenal apa itu SAP dan cara menggunakannya
Daftar isi
Mode

Software SAP masih menjadi pilihan andalan bagi perusahaan untuk mengelola operasional sumber daya perusahaan. Namun, ada perusahaan dengan skala kecil yang masih belum bisa menggunakan SAP karena terhalang oleh biaya. Sebenarnya, berapa harga software SAP? Mengapa harga SAP masih sangat mahal?

SAP merupakan software yang membantu perusahaan untuk mengelola semua proses bisnis yang saling terintegrasi dalam satu aplikasi. SAP ini sebenarnya merupakan nama perusahaan atau brand dari perusahaan di Jerman. Sistem SAP ini kemudian dikenal oleh dunia dan digunakan di berbagai pengelolaan bisnis oleh perusahaan.

Lalu, apakah perusahaan harus menggunakan SAP? Software SAP ini akan membantu sistem operasional bisnis untuk mengolah data berbagai sumber daya perusahaan . Sistem ini dapat membuat perusahaan mengelola proses bisnis lebih cepat dan efisien.

Sistem SAP memiliki berbagai modul, seperti pengelolaan keuangan, logistik, human resources development, penggajian, invoice dan masih banyak lagi.

Harga Software SAP

Software SAP memiliki berbagai rentang harga untuk perusahaan. Berikut harga software SAP, diantaranya:

1. SAP Business One

SAP Business One Indonesia

SAP business One merupakan jenis SAP yang paling banyak digunakan oleh perusahaan. Berikut range harga untuk SAP business one, diantaranya:

  • Sekitar Rp185.000.000,- (termasuk 3 user) untuk versi basic (hanya inventory, accounting, purchasing dan sales)
  • Sekitar Rp1.74 milliar (Rp820.000.000,- untuk lisensi + Rp920.000.000,- untuk konsultasi dan implementasi), paket lengkap dan 15 user
  • Rp46.000.000,- per tambahan professional user
  • Rp24.000.000,- per tambahan limited user
  • Rp3.000.000,- sampai Rp6.000.000,- per mandays konsultasi dan implementasi
  • Paket untuk UMKM mulai hanya dengan Rp. 1.000.000,-/ User

2. SAP Hana

SAP Hana on cloud

SAP Hana memiliki ciri khusus, yakni menggunakan database untuk memori Hana. Database lain tidak bisa menjalankan SAP ini.

Harga SAP Hana mulai dari $300.000, sudah termasuk perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jasa. Jika skala perusahaan lebih besar, maka harga SAP Hana bisa mencapai $2 juta lebih.

Bagi Anda yang merasa berat untuk harga SAP Business One maupun Hana, masih ada solusi software SAP dengan harga terjangkau. Software SAP dari Mekari dapat menjadi pilihan bisnis Anda untuk mendukung segala operasional perusahaan dengan mudah, efisien, dan cepat.

Mengapa Harga Software SAP Mahal?

Software SAP memiliki harga yang harus dibayar sebagai biaya sewa atau lisensi oleh perusahaan. Tidak semua perusahaan dapat menggunakan aplikasi SAP ini karena terhalang oleh biaya yang sangat mahal.

Berikut alasan mengapa harga software SAP sangatlah mahal, diantaranya:

1. Proses Implementasi SAP masih rumit

Harga software SAP mahal dikarenakan proses impelementasi yang sangatlah rumit. Proses pelaksanaan dan impelmentasi aplikasi SAP ini membutuhkan tim khusus di bidang IT atau ahli konsultan SAP.

Selain itu, lingkungan perusahaan juga menentukan untuk implementasi SAP ini. Penyesuaian aktivitas dari proses bisnis yang biasanya dilakukan secara manual oleh karyawan harus beralih ke program SAP.

Penyesuaian lainnya yaitu program SAP dengan kebutuhan bisnis Anda. Proses ini sangatlah rumit, karena kebutuhan bisnis setiap perusahaan tidak sama dan memiliki karakteristik tersendiri.

2. Adanya permintaan beragam dari customer

Alasan lain mengapa SAP sangatlah mahal karena adanya permintaan beragam dari customer. Pelanggan SAP yang merupakan bisnis dari suatu perusahaan memiliki berbagai kustomisasi terhadap program SAP yang akan dijalankan.

Proses permintaan dari pihak perusahaan tidak bisa dilakukan secara cepat, sehingga dibutuhkan ahli bidang SAP untuk mengatur agar software SAP sudah sesuai dengan harapan dari pelanggan.

3. Perlu perangkat yang memadai

Selanjutnya, alasan SAP mahal karena diperlukan perangkat yang memadai. Perangkat komputer yang digunakan untuk SAP harus memiliki spesifikasi tertentu.

Minimal spesifikasi komputer memiliki 2 processor dengan speed diatas 1 GHz, RAM sebesar 4 GB serta hardisk sebesar 200 GB.

Tentu saja untuk komputer yang dibutuhkan lebih dari satu. Komputer ini juga memerlukan biaya perawatan agar berjalan dengan baik.

Rekomendasi Software SAP

Software SAP masih terbilang mahal untuk perusahaan dengan skala kecil. Namun, Anda tidak perlu bimbang karena ada pengganti software SAP dengan harga yang relatif lebih murah dengan berbagai fitur yang sama.

Sistem ERP menjadi alternatif pilihan bagi bisnis Anda. Software ERP Mekari memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan SAP. Berbagai keunggulan sistem ERP mampu melakukan pengelolaan integrasi sistem bisnis berbasis cloud, sehingga data lebih aman. Selain itu, ERP juga relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya SAP.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kelola bisnis Anda bersama Mekari!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami