Home / Blog / Digital Transformation

Panduan Cara Broadcast Whatsapp Web Atau Desktop

cara broadcast whatsapp di web
Daftar isi
Mode

Sebagai pebisnis, pasti Anda sudah familiar dengan fitur broadcast di WhatsApp, khususnya pengguna Whatsapp Business API.

Fitur ini adalah solusi efektif untuk mengirim pesan ke sejumlah orang secara instan, mirip dengan fitur CC pada e-mail. Jadi, Anda tidak perlu menulis pesan satu per satu, sehingga menghemat waktu dan usaha.

Meskipun banyak yang sudah akrab dengan proses broadcast WhatsApp melalui aplikasi ponsel, masih banyak yang belum tahu cara melakukannya melalui versi web. Jangan khawatir, caranya cukup mudah.

Yuk, simak cara broadcast WhatsApp web, berikut ini!

Syarat Mengirim Pesan Broadcast Melalui Whatsapp

Sebelum melakukan broadcast, Anda juga perlu melakukan pendaftaran dan verifikasi nomor yang digunakan di WhatsApp. Berikut tata cara pendaftarannya jika ingin mendaftar menggunakan data usaha yang sedang Anda rintis.

  • Nama dari toko, usaha, atau perusahaan yang sedang Anda rintis.
  • Email perusahaan atau bisnis secara resmi (jika ada)
  • URL website perusahaan atau bisnis yang resmi (jika ada).
  • Deskripsi singkat mengenai informasi yang berkaitan dengan bisnis dan perusahaan Anda.

“Untuk melakukan pendaftaran dengan lebih mudah dapat melalui business solution provider, seperti Mekari Qontak.”

YouTube video

Selain itu, ada beberapa syarat yang harus Anda pahami agar dapat melakukan broadcast pesan pada WhatsApp. Jika tidak terpenuhi, maka tujuan Anda untuk melakukan pengiriman pesan broadcast akan menyulitkan.

  • Catat dan simpan nomor-nomor yang ingin dikirimi pesan broadcast WA terlebih dahulu
  • Jumlah nomor kontak yang dapat dikirimkan pesan broadcast dalam satu kali pengiriman berjumlah 256 nomor.
  • Agar menjauhi indikasi spamming pada WhatsApp, ada baiknya jika mengirim pesan broadcast secukupnya saja dan/atau memberi jeda waktu antara pesan satu dengan pesan lainnya.

Cara Broadcast Whatsapp Web

Sebenarnya untuk cara broadcast di WhatsApp web sederhana saja. Siapkan medianya browser dan jaringan internet yang stabil. Untuk perangkatnya bisa melalui smartphone atau melalui laptop/komputer.

WhatsApp via web

Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Mulai akses situs resminya melalui https://web.whatsapp.com/
  2. Akan muncul QR Code di laman pertama web WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp Anda di ponsel dan pindai kode QR tersebut agar akun Anda masuk terhubung pada WhatsApp web.
  3. Lanjut, pilih dan tekan ikon titik tiga yang menuju ke arah tampilan menu dan pilih pilihan new broadcast.
  4. Pilih dan bentuk daftar kontak yang ingin dikirimkan pesan broadcast
  5. Ketik dan tulis isi pesan yang ingin disebarkan melalui pesan broadcast, atau jika Anda sudah memiliki template pesan yang ingin dikirimkan bisa langsung digunakan saat ini.
  6. Jika sudah selesai, Anda dapat tekan tombol “mengirim” dan pesan broadcast akan terkirim ke seluruh kontak yang berada pada daftar kontak yang sudah dibuat sebelumnya.

Itulah tahapan cara broadcast WhatsApp melalui situs web, cukup mudah bukan? Jangan lupa bahwa Anda hanya bisa mengakses WhatsApp via web jika sebelumnya nomor Anda telah terdaftar melalui aplikasi WhatsApp ponsel/smartphone.

Baca Juga: Cara Mudah Blast WA ke Ribuan Nomor Sekaligus

Cara Broadcast Whatsapp PC atau Desktop

Selain melalui web, cara ini juga dapat diterapkan pada aplikasi WhatsApp desktop. Aplikasi WhatsApp versi desktop sudah tersedia untuk Sistem Pengoperasian Windows dan juga Mac OS.

Perbedaannya adalah untuk versi desktop, Anda harus meng-installnya terlebih dahulu, untuk tampilan dan tahapan caranya cenderung sama dengan cara broadcast WhatsApp melalui web.

Baca Juga: Perbedaan Cara Broadcast Whatsapp Biasa dengan BOT

Cara Broadcast WhatsApp HP (Android dan iPhone)

Selain melakukan broadcast pesan WhatsApp melalui web di ponsel, pada dasarnya Anda juga bisa melakukannya secara langsung melalui WhatsApp via aplikasi ponsel.

  1. Buka aplikasi WhatsApp via ponsel.
  2. Pilih dan tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas yang merupakan pilihan menuju menu kemudian pilih broadcast baru.
  3. Pilih dan tentukan kontak mana saja yang ingin Anda kirimi pesan broadcast dengan membuat daftarnya.
  4. Masuk ke dalam isi pesan, Anda bisa melakukan copas dari template isi pesan yang sebelumnya sudah Anda rangkai atau menulisnya secara manual.
  5. Cantumkan berbagai dokumen pendukung pesan yang ingin disampaikan baik itu berupa link, foto, video, atau lokasi.
  6. Tekan tombol “kirim” dan broadcast pesan siap disebarkan.

Nah, dengan memahami caranya, kini Anda bisa lebih mudah memasarkan usaha Anda ke berbagai calon pelanggan. Supaya lebih efektif, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business API dari Mekari Qontak.

Ini membuka pintu komunikasi yang lebih erat dengan pelanggan, memberikan pengalaman yang lebih personal dan interaktif.

Fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business API dari Mekari Qontak sangat lengkap, mulai dari WhatsApp blast untuk pesan massal, verifikasi centang hijau, hingga penggunaan chatbot. Yuk, hubungi kami sekarang juga.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami