Image

EFIN Pajak: Pengertian, Jenis dan Cara Mendapatkannya

Jika Anda seorang wajib pajak, pastinya Anda sudah tidak asing dengan yang namanya EFIN pajak. Dimana Anda akan sering menjumpai kata ini saat mengurus perpajakan.

Pada dasarnya sistem nomor identifikasi ini diberikan sekali seumur hidup, yaitu saat pertama kali pendaftaran dan EFIN pajak akan digunakan dalam setiap pengurusan pajak. Namun sayangnya masih banyak yang kurang tahu apa pentingnya EFIN dalam pengurusan pajak.

Bahkan mungkin Anda adalah salah satu wajib pajak yang acuh terhadap adanya EFIN pajak.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas tuntas mengenai apa itu EFIN pajak, manfaat EFIN dan bagaimana cara mendapatkannya.

login dengan menggunakan password dan EFIN

Apa Yang Dimaksud EFIN Pajak?

Perkembangan teknologi membuat segala urusan menjadi lebih mudah. Muncul berbagai peralatan elektronik yang membantu proses dan kegiatan yang dikerjakan manusia.

Terutama dalam pengurusan pajak di era digital seperti sekarang ini, direktur jenderal pajak (DJP) membuat gebrakan dengan mengubah kebijakan lama dengan yang baru.

Kebijakan tersebut adalah kebijakan pengurusan perpajakan, dengan bantuan peralatan elektronik dan sistem yang terintegrasi internet.

Segala transaksi yang dulunya dilakukan dengan sistem manual, dinilai kurang efisien dan diadakan penyesuaian dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Setiap wajib pajak kini bisa mengurus pajak secara online, dengan berbekal Electronic Filing Identification Number Pajak (EFIN pajak) yang diterbitkan oleh DJP.

EFIN Pajak online ini adalah deretan nomor, yang menjadi identitas atau entitas yang dibaca sistem, untuk membedakan satu nasabah dengan nasabah lainnya.

Sistem pajak online yang dibuat DJP yaitu E-Filing pajak akan membaca EFIN pajak untuk membantu Anda mengakses pengurusan pajak.

Pengurusan pajak yang dimaksud seperti halnya laporan SPT via E-Filling pajak maupun pembuatan kode billing pembayaran pajak.

EFIN Pajak online bisa Anda dengan mendaftarkan diri pada layanan pajak online. Entitas ini bersifat primer dan tidak sama satu dengan yang lain.

Dengan adanya nomor identitas ini, segala jenis pengurusan perpajakan online akan lebih aman secara akses dan keamanan data.

EFIN pajak digunakan untuk melakukan registrasi pada aplikasi djp online dan reset email dan password pengguna wajib pajak.

EFIN menjadi akses utama untuk pelayanan pajak online melalui aplikasi e-Filing

Pada tahun 2016 sudah diberikan keputusan dari DJP yang mewajibkan seluruh wajib pajak untuk melakukan pelaporan SPT melalui e-Filing.

Jenis EFIN Pajak Online

Pada dasarnya EFIN Pajak online dibedakan menjadi dua jenis. Pastinya kedua jenis memiliki spesifikasi yang berbeda.

Berikut adalah dua jenis EFIN pajak:

EFIN Pajak Wajib Badan (Bisnis / Perusahaan)

Untuk EFIN pertama lebih difungsikan untuk sebuah badan usaha, bisnis maupun perusahaan yang ingin melakukan laporan SPT.

Bagi wajib pajak badan, permohonan aktivasi EFIN bisa diwakilkan kepada pengurus yang ditunjuk langsung oleh badan usaha.

Untuk penyampaian permohonan dilaksanakan di kantor pengurusan pajak setempat. Segala jenis dokumen yang dibutuhkan harus disiapkan pengurus.

Dengan persyaratan seperti fotokopi NPWP perusahaan maupun SKTW pajak badan, surat keterangan terdaftar pengurus, fotokopi identitas pengurus dan surat kuasa dari badan usaha.

EFIN Pajak Pribadi

Sedangkan EFIN Pajak online kedua, dipergunakan untuk pengurusan laporan SPT bagi perorangan atau jalur pribadi.

Untuk EFIN pribadi ini permohonan aktivasi EFIN Pajak online tidak bisa diwakilkan oleh orang lain.

Dengan persyaratan berupa form aktivasi EFIN, Alamat email, identitas pelapor, dan juga NPWP.

Setelah menerima EFIN pajak, Anda akan diminta melakukan verifikasi melalui email konfirmasi yang akan dikirim pada email yang Anda daftarkan.

Jadi untuk pengurusan EFIN wajib pajak pribadi maupun EFIN wajib pajak badan harus mengunjungi KPP terdekat untuk mendapatkan kode EFIN.

Baca Juga: Mengenal Fungsi, Syarat, dan Cara Membuat NPWP Karyawan

Manfaat EFIN

EFIN pajak digunakan sebagai pengurusan pelaporan SPT ini memiliki beberapa manfaat seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Hak Akses Sistem Perpajakan Online

Untuk dapat mengakses layanan perpajakan online, seorang wajib pajak entah perorangan maupun badan usaha harus memiliki EFIN pajak.

Maka dari itu jika Anda ingin melakukan pelaporan SPT secara online, pastikan Anda sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor identitas elektronik ini.

2. Kerahasiaan Lebih Terjamin

Walaupun sistem online lebih transparan, namun ada pastinya ingin menjaga hal yang bersifat privasi.

Dengan memiliki EFIN Pajak online privasi dan kerahasiaan Anda akan lebih terjaga. Karena untuk mengakses sistem memerlukan nomor identitas elektronik ini.

Sehingga para oknum yang “nakal” bisa dicegah karena memiliki pertahanan berlapis.

3. Lebih Efisien

EFIN pajak bersifat permanen dan sekali seumur hidup, jadi Anda tidak perlu mendaftar ulang untuk mendapatkan nomor identitas baru berulang kali.

Apalagi sistem dibuat otomatis, sehingga jika Anda melakukan pelaporan di tahun berikutnya, sistem akan membaca rekam jejak dari EFIN pajak Anda.

Sehingga Anda tidak perlu repot mengisi formulir dari awal berulang kali.

Cara Mudah Mendapatkan Kode EFIN

Cara mendapatkan kode EFIN pajak online terbilang cukup mudah.

Namun untuk mempermudah proses pembuatan EFIN pajak, Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri dengan mengakses salah satu aplikasi pajak online pada browser kesayangan Anda.
  • Setelah berhasil mendaftarkan akun, Anda akan diminta untuk mengisi formulir aktivasi EFIN pajak yang tersedia.
    Jika langkah kedua sudah selesai, maka Anda bisa berlanjut untuk mengunduh formulir tersebut.
  • Setelah Anda unduh dan cetak hasil formulir yang telah Anda isi, maka Anda perlu menyiapkan dokumen pelengkap seperti yang telah dijelaskan diatas.
  • Anda bisa membawa dokumen lengkap Anda ke kantor pengurusan pajak terdekat untuk mendapatkan kode EFIN Anda.
  • Langkah berikutnya Anda akan diminta untuk mengaktivasi EFIN secara mandiri. Anda bisa mengakses website resmi DJP di “djponline.pajak.go.id”.
  • Lakukan login seperti biasa dengan akun pajak online Anda. Lalu puluh perusahaan yang hendak Anda daftarkan.
  • Klik menu “e-Filling” pada pengaturan lalu di menu bar “navigation” di sebelah kiri lalu pilih EFIN.
  • Untuk verifikasi akun pribadi maka Anda hanya perlu membuka email, untuk mengakses menu verifikasi one click pada tautan yang dikirim pada email Anda tadi.
  • Tunggu proses hingga selesai lalu pilih verifikasi akun dan kode EFIN Anda siap digunakan.

Dengan melakukan registrasi pada EFIN pajak online, secara otomatis Anda sudah bisa mengakses dan terdaftar pada sistem e-Filling.

Dan Anda bisa menikmati seluruh layanan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Namun ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan e-Filling.

Ada baiknya Anda memahami sistem lebih mendalam. Namun dengan menggunakan layanan e-Filing, pastinya banyak benefit yang bisa Anda rasakan.

Seperti halnya sistem yang terintegrasi dengan internet, real time, tidak perlu antri di KPP dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Dengan begitu diharapkan selaku wajib pajak Anda lebih tertib dalam melakukan pelaporan dan pembayaran pajak setiap tahunnya.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami