Employee Value Proposition: Definisi, Manfaat, dan Strategi

dua orang karyawan sedang berdiskusi

Apa itu Employee Value Proposition? Apa artinya, dan mengapa Anda harus tau tentang hal ini?

Saat The Great Resignation terjadi setelah pandemi ini, mendapatkan proposisi nilai karyawan yang baik sangat penting untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

Nah, istilah Employee Value Proposition sangat penting untuk perusahaan Anda, jadi di sini, Mekari akan menjelaskan maksud dari Employee Value Proposition dan apa artinya bagi perusahaan Anda.

Apa itu Employee Value Proposition?

Employee Value Proposition (EVP) adalah keseimbangan penghargaan dan manfaat yang dapat ditawarkan perusahaan kepada karyawannya sebagai imbalan atas kinerja luar biasa mereka di tempat kerja.

EVP mencakup semua yang dilakukan perusahaan untuk menarik dan mempertahankan karyawan, yang sangat bermanfaat bagi keberhasilan bisnis.

Konsep proposisi nilai karyawan seperti yang kita kenal sekarang terbentuk dari ide pemasaran yang dikenal sebagai ‘Proposisi Nilai Unik’; nilai yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang membuatnya menonjol dari pesaing.

EVP ini berhubungan dengan Employer Value Proposition juga. Bedanya adalah Employer Value Proposition dibuat untuk reputasi perusahaan. Merek perusahaan Anda adalah reputasi eksternal Anda, sedangkan proposisi nilai karyawan Anda adalah penawaran internal Anda.

Merek perusahaan berbentuk intangible – ini adalah bagaimana calon potensial memandang perusahaan Anda berdasarkan EVP perusahaan Anda.

Proposisi nilai karyawan itu nyata – hal itu menarik kandidat dan talenta terbaik ke perusahaan Anda, serta memastikan bahwa karyawan sekarang tetap tinggal! Hal tersebut membuat perusahaan menonjol dari pesaing dan menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan karyawan.

Baca juga: Financial Wellness: Atasi 4 Kesulitan Karyawan

Mengapa Employee Value Proposition Penting?

EVP adalah yang membedakan perusahaan Anda dari pesaing dalam hal merekrut talenta terbaik.

1. Menarik Talenta Terbaik

Sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki EVP yang kuat yang akan membantu perusahaan menarik dan mempertahankan karyawan terbaik untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Memiliki EVP yang efektif dapat membantu menarik karyawan baru yang memiliki tujuan dan nilai yang sejalan dengan tujuan dan nilai perusahaan.

Ketika dilakukan dengan baik, EVP yang menarik menawarkan pandangan yang komprehensif ke dalam setiap peran pekerjaan, memastikan peran tersebut menarik bagi kandidat dan menunjukkan kepada mereka lebih banyak tentang budaya perusahaan untuk memastikan mereka akan cocok.

2. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

EVP yang baik juga akan meningkatkan seluruh employment brand, yang menjadikan perusahaan sebagai tempat yang paling diinginkan untuk bekerja.

Setiap orang setidaknya pernah mendengar omongan-omongan tentang perusahaan yang mungkin memiliki cover yang baik tapi ternyata menyembunyikan lingkungan kerja yang buruk.

Karyawan dan pelanggan selalu berbicara tentang apa yang mereka rasakan. Jika Anda ingin mereka mengatakan bahwa di perusahaan Anda, mereka mendapatkan pengalaman yang luar biasa, maka EVP adalah jalan terbaik.

3. Mengurangi Turnover Karyawan

Seperti yang dilaporkan Hubspot di surveinya, 86% karyawan tidak ingin bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi buruk dengan mantan karyawannya. Sebaliknya, 75% pencari kerja aktif cenderung melamar pekerjaan jika perusahaan secara aktif mengelola employer brand dan EVP perusahaan mereka.

Dengan persentase pencari kerja yang begitu besar dan secara aktif mencari branding pemberi kerja yang positif, ini jelas merupakan sesuatu yang harus diperhatikan.

Menurut Gartner, perusahaan dengan EVP yang kuat mengurangi pergantian karyawan tahunan lebih dari dua pertiga (69%) dan meningkatkan komitmen perekrutan baru hampir 30%.

Jika Anda kesulitan merekrut bakat, mungkin inilah saatnya untuk melakukan hal yang berbeda.

Baca juga: Tips Atur Keuangan Karyawan bagi Perusahaan

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Employee Value Proposition

Berikut adalah beberapa hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan proposisi nilai karyawan Anda:

1. Ekspektasi Gaji

Gaji adalah salah satu faktor kunci untuk setiap peran baru – orang memiliki tagihan yang harus dibayar dan perut yang harus diberi makan. Sebagai aturan umum, tinjau gaji karyawan terhadap tolok ukur industri setiap tahun untuk memastikan mereka mendapatkan apa yang pantas mereka dapatkan.

Lalu, hal yang tidak boleh dilakukan saat membangun EVP Anda adalah gegabah menaikkan gaji karena persaingan yang sangat besar.

Anda tidak dapat bersaing dengan pesaing untuk mendapatkan bakat semata-mata dengan imbalan finansial, ini juga merupakan cara mudah untuk menghabiskan anggaran apa pun yang mungkin telah Anda sisihkan untuk karyawan baru. Dengan mempertimbangkan bagian lain dari EVP, gaji tidak lagi menjadi satu-satunya fokus.

2. Tunjangan dan Penghargaan

Studi terbaru oleh Seek menunjukkan bahwa kandidat tidak hanya melihat gaji pertama tetapi juga penghargaan dan pengakuan, tunjangan pekerjaan, dan semua fasilitas yang terkait dengan pekerjaan.

Dengan kata lain, kandidat teratas melihat keseluruhan paket kompensasi daripada hanya jumlah uang. Misalnya:

    • Tunjangan kesehatan
    • Tunjangan transportasi
    • Nilai, misi, dan tujuan perusahaan

3. Budaya Perusahaan

Terkait EVP, kandidat ingin tahu seperti apa hari dalam pekerjaan mereka nantinya, tidak hanya dalam hal peran pekerjaan mereka sehari-hari, tetapi juga seperti apa budaya tempat kerja.

Jika perusahaan menyelenggarakan acara dan aktivitas reguler staf yang dapat mereka ikuti, skema insentif karyawan, penghargaan, atau kompetisi yang mungkin menarik bagi mereka, tunjukkan ini sejak awal pada tahap recruitment.

Strategi Menyusun Employee Value Proposition bagi Perusahaan Anda

EVP harus menarik calon karyawan potensial dan mendorong loyalitas karyawan. Berikut adalah lima langkah untuk membantu Anda menciptakan EVP yang kuat yang dapat Anda sertakan dalam proses akuisisi bakat Anda:

1. Nilai yang Perusahaan Tawarkan

Perhatikan manfaat, tunjangan, kompensasi, lingkungan kerja, dan peluang lain saat ini yang ditawarkan perusahaan Anda kepada karyawan. Hal-hal tersebut menjadi poin penjualan utama kepada kandidat.

Seiring waktu, nilai perusahaan dapat berubah, jadi penting untuk meninjau EVP perusahaan Anda untuk memutuskan apakah itu terus mewakili bisnis Anda secara akurat seiring pertumbuhan perusahaan Anda.

2. Kriteria Karyawan

Mengetahui kualitas yang Anda inginkan pada kandidat memungkinkan Anda memusatkan proposisi nilai karyawan Anda di sekitar mereka. Misalnya, jika Anda mencari karyawan yang termotivasi, tawarkan pelatihan dan peluang pengembangan karier. Ini menarik kandidat yang paling termotivasi mencari peluang untuk tumbuh dan maju dalam karir mereka.

3. Survei dengan Karyawan Perusahaan

Sangat penting untuk menarik kandidat baru sambil mempertahankan talenta saat ini untuk mengurangi pergantian karyawan. Buat daftar pertanyaan yang menanyakan kepada karyawan Anda apa yang mereka sukai dari perusahaan Anda dan apa yang ingin mereka tingkatkan. Gunakan daftar ini untuk memahami peluang mana yang paling diuntungkan oleh karyawan Anda saat ini.

Karyawan akan merasa lebih terdorong untuk tinggal di perusahaan dengan EVP yang berkisar pada kebutuhan mereka. Melihat betapa bersemangatnya karyawan bekerja di perusahaan Anda menciptakan suasana positif yang ingin diikuti oleh para kandidat.

Mekari Flex, Solusi Memperkuat Employee Value Proposition

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tunjangan menjadi salah satu cara memperkuat proposisi nilai perusahaan. Mekari Flex membantu perusahaan meningkatkan motivasi dan membebaskan karyawan dari stres untuk produktivitas maksimal dengan paket benefit lengkap.

Dengan Mekari Flex, Anda dapat memberikan skema benefit yang dapat disesuaikan secara komprehensif untuk karyawan Anda dengan dukungan fitur terlengkap.

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Mekari Flex:

1. EWA

Akses gaji lebih awal tanpa membebani perusahaan dan tanpa bunga untuk karyawan.

2. Flexible Benefit

Pilihan benefit yang beragam dan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya.

3. Flex Installment

Akomodir kebutuhan pendanaan aman dan terpercaya untuk kebutuhan darurat karyawan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Mekari Flex, Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut terkait produk dan fitur yang tersedia pada laman produk.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami