Home / Blog / Business & Economy

Koperasi Karyawan: Pengertian, Tujuan, dan Cara Kerja

cara kerja koperasi karyawan
Daftar isi
Mode

Apakah Anda sudah mengenal koperasi karyawan? Adanya koperasi ini sebagai bentuk dukungan bagi karyawan dari pemerintah. Pendirian koperasi karyawan sebagai fasilitas bagi pekerja, khususnya dalam hal finansial.

Lalu, apa saja manfaat dari koperasi karyawan? Berikut penjelasan lengkap tentang pengertian, tujuan, dan cara kerja dari koperasi karyawan.

Pengertian Koperasi Karyawan

Koperasi karyawan adalah koperasi yang berdiri di suatu perusahaan, terdiri dari anggota dan pengurus yang berasal dari karyawan perusahaan tersebut. Sama seperti koperasi umumnya, koperasi karyawan (kopkar) juga menerapkan asas kekeluargaan.

Kopkar bersifat terbuka, artinya tidak ada paksaan dan semua karyawan boleh bergabung kopkar asalkan masih menjadi pekerja di perusahaan tersebut. Bentuk koperasi juga berjalan secara mandiri, meskipun berada di naungan perusahaan.

Selain itu, kopkar juga wajib memiliki badan hukum dan terdaftar secara resmi. Kegiatan dari kopkar biasanya dalam bidang jasa, penjualan, maupun layanan simpan pinjam para anggota koperasi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 15, jenis koperasi dibedakan menjadi dua, yaitu koperasi primer dan sekunder. Kopkar termasuk dalam kategori koperasi primer, karena bentuk koperasi berasal dari kumpulan orang dengan kesamaan visi dan misi dalam lingkup wilayah yang sama.

Baca Juga: Mengenal Jenis Laporan Keuangan Koperasi di Indonesia

Tujuan dan Peran Koperasi Bagi Karyawan

Tujuan dibentuknya koperasi karyawan sebagai wadah untuk berkontribusi dalam mensejahterakan dan membantu mengembangkan taraf perekonomian para karyawan yang menjadi anggota koperasi.

Peran koperasi juga dapat memberikan produktivitas karyawan yang tidak dapat diberikan oleh perusahaan. Adanya koperasi membuat perusahaan dan karyawan masing-masing memperoleh keuntungan.

Berikut beberapa peran koperasi karyawan, diantaranya:

  1. Meningkatkan kesejahteraan sosial dengan membangun potensi ekonomi para anggota serta masyarakat umum.
  2. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup para anggota.
  3. Memperkuat sistem perekonomian sebagai dasar ketahanan dan kekuatan pondasi ekonomi nasional.
  4. Mengembangkan dan mewujudkan perekonomian nasional yang lebih baik, melalui kegiatan usaha bersama berdasarkan demokrasi ekonomi dan asas kekeluargaan.

Cara Kerja Koperasi Karyawan

Cara kerja koperasi karyawan dilandasi oleh prinsip-prinsip koperasi, diantaranya:

  1. Pembagian sisa hasil usaha secara adil dan sebanding dengan besar jasa usaha masing-masing anggota.
  2. Bersifat mandiri.
  3. Pengelolaan secara demokratis.
  4. Pendidikan perkoperasian.
  5. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
  6. Kerja sama antara koperasi karyawan lainnya.
  7. Pemberian balas jasa terbatas pada modal.

Apabila koperasi karyawan mengacu seperti koperasi simpan pinjam, maka cara kerja koperasi dengan iuran bayar dan cicilan rutin dari anggota. Cara kerja kopkar ini juga harus sesuai tujuan awal saat dibentuk dan melalui persetujuan semua anggota.

Manfaat Koperasi Karyawan

Koperasi karyawan memiliki berbagai manfaat yang bersifat material maupun non-material. Berikut manfaat koperasi karyawan, diantaranya:

1. Merencanakan Keuangan dengan Baik

Manfaat menjadi anggota kopkar adalah dapat mengelola keuangan dengan baik. Banyak karyawan yang masih belum mampu mengelola keuangan hingga gaji bulanan habis dalam waktu singkat.

Namun, sekarang Anda dapat menggunakan akses gaji lebih awal secara flesibel untuk memenuhi kebutuhan tanpa ada budget khusus dari perusahaan.

2. Menambah Pengalaman Organisasi

Koperasi karyawan juga dapat menjadi wadah organisasi bagi para anggota. Sebagai anggota, Anda dapat menambah teman dan pengalaman mengikuti organisasi.

3. Saling Membantu Karyawan Lain

Ketika menyimpan dana di kopkar, Anda juga turut serta dalam mengembangkan modal koperasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi anggota yang ingin meminjam uang ke koperasi.

Ada hal yang perlu diingat bahawa kopkar hanya memberikan pinjaman karyawan berupa uang untuk keperluan mendesak. Kopkar juga tidak akan memberikan prioritas bagi anggota untuk kebutuhan konsumtif.

4. Mendapatkan Keuntungan

Nah, manfaat lainnya adalah memperoleh keuntungan berupa sisa hasil usaha (SHU). Pembagian SHU ini akan ditetapkan di rapat anggota tahunan (RAT) dan diterima sesuai kebijakan koperasi dalam perusahaan tersebut.

5. Menjadi Mitra Perusahaan

Pihak perusahaan dapat mengajak kerja sama pengelola kopkar untuk mengelola kantin perusahaan atau kebutuhan karyawan di lingkungan kerja.

Nah, itulah ulasan terkait koperasi karyawan. Melalui Mekari, pengelolaan bisnis Anda jadi lebih mudah, cepat, dan otomatis. Yuk, gabung bersama Mekari!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami