Home / Blog / Business & Economy

Tips Atur Keuangan Karyawan bagi Perusahaan

tips atur keuangan karyawan
Daftar isi
Mode

Pengelolaan keuangan yang terukur menjadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi karyawan.

Seringkali mereka merasa gajinya tidak cukup untuk membiayai kebutuhan hidup dan berujung pada gaji habis di pertengahan bulan.

Menurut liputan Kumparan.com, dalam survei korporat 2021 yang dilakukan oleh QM Financial ditemukan bahwa:

51% karyawan merasa penghasilannya kurang

Permasalahan keuangan karyawan tersebut juga menjadi isu perusahaan. Pasalnya, produktivitas dan kinerja karyawan dapat terganggu akibat stres finansial yang diderita.

Dari survei yang sama oleh QM Financial:

87,5% perusahaan mengaku membutuhkan program edukasi keuangan bagi karyawan

Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk membekali pekerja dengan program edukasi agar dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Dalam artikel ini, Mekari akan membahas manfaat pelatihan keuangan karyawan serta rekomendasi program edukasi yang dapat diterapkan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Pelatihan Keuangan Karyawan

Berikut adalah manfaat yang perusahaan dapatkan dari memberikan pelatihan finansial pada karyawannya:

1. Meminimalisir Perilaku Kecurangan

Setiap lapisan pekerja harus memahami bahwa segala bentuk kecurangan tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun. 

Salah satu alasan karyawan melakukan kecurangan adalah keadaan finansial dan sifat konsumtif, sehingga mereka merasa gajinya tidak cukup.

Dengan adanya edukasi mengenai keuangan, karyawan dapat mengelola gaji mereka dengan baik dan memenuhi kebutuhan mereka.

2. Pembekalan Dana Pensiun

Edukasi finasial akan membantu karyawan berpikir visioner, yang mana akan menyadarkan mereka tentang betapa pentingnya keuangan jangka panjang, seperti dana pensiun.

Dana pensiun diperlukan sebagai bekal kehidupan karyawan di masa tua nanti. 

Dengan pelatihan finansial, beban perusahaan untuk memikirkan kesejahteraan pekerjanya setelah pensiun menjadi berkurang.

3. Terhindar dari Utang yang Menumpuk

Apabila karyawan terlilit utang yang tidak bisa mereka bayar, maka stres finansial akan meningkat pula. Hal tersebut dapat merembet pada penurunan fokus kerja karyawan.

Membekali pekerja dengan pelatihan keuangan akan membuat mereka lebih pandai dalam mengatur keuangan. Dengan begitu, pekerja akan bebas dari lilitan uang.

Baca Juga: Mengelola Financial Wellness Karyawan dengan Employee Loan

 

 

3 Rekomendasi Program Edukasi Keuangan Karyawan

Perusahaan dapat menyediakan beberapa program edukasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan maupun perusahaan. Berikut tiga rekomendasi program edukasi keuangan bagi karyawan:

1. Pelatihan Pengelolaan Gaji

Pelatihan dengan membimbing karyawan perusahaan agar memiliki kemampuan untuk mengelola gaji dan benefitnya agar dapat memenuhi kebutuhan diri dan keluarganya.

2. Perencanaan Tujuan Finansial

Program lainnya, perusahaan dapat memfasilitasi pengembangan kemampuan pekerja dalam menyusun rencana keuangan sendiri berdasarkan tujuan finansial diri sendiri dan tanggungannya.

3. Bimbingan Persiapan Pensiun

Program ini dapat membantu pekerja mengembangkan soft skill dan ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan oleh pekerja setelah pensiun.

Persiapan ini dilakukan untuk membantu karyawan beradaptasi dengan standar kehidupan yang ideal setelah pensiun, yang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itu dia cara perusahaan membantu pekerja dalam mengelola keuangan dengan program pelatihan keuangan.

Akan tetapi, perusahaan juga dapat menghadirkan jalan lain untuk membantu mengelola keuangan karyawan. Salah satunya adalah melalui program kesejahteraan finansial karyawan berupa Earned Wage Access.

Baca Juga: Manfaat Earned Wage Access untuk Kesejahteraan Karyawan

Bantu Perusahaan Mengelola Keuangan Karyawan dengan Earned Wage Access

Earned Wage Access merupakan salah satu fitur unggulan Mekari Flex yang membantu karyawan mengontrol keuangan mereka lebih efektif.

Earned Wage Access dari Mekari Flex adalah fitur yang memungkinkan karyawan mengambil sebagian gaji mereka sebelum tanggal gajian tiba.

Dengan begitu, karyawan memiliki kontrol penuh terhadap gaji mereka dan dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

Apabila Anda tertarik dengan Earned Wage Access dari Mekari Flex, Anda dapat berdiskusi dengan tim kami.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami