Home / Blog / Business & Economy

Earned Wage Access: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

tulisan staff payroll di map
Daftar isi
Mode

Era digital telah membawa banyak teknologi dan kemajuan baru. Dari dompet digital hingga artificial intelligence, orang-orang mengalami cara hidup yang lebih baru dan cepat daripada sebelumnya. Salah satu kemajuan teknologi yang harus diperhatikan oleh perusahaan saat ini adalah Earned Wage Access atau gaji instan.

56% karyawan saat ini stres tentang situasi keuangan mereka

Berdasarkan Employee Financial Wellness Survey 2022 oleh PwC

Itulah sebabnya menawarkan skema Earned Wage Access menjadi cara yang tepat untuk membantu karyawan mengelola keuangan mereka secara lebih efisien. Tidak heran jika gaji instan ini sering disebut sebagai tunjangan paling penting di dunia pasca pandemi.

Mari selami lebih dalam tentang bagaimana skema Earned Wage Access dapat membantu karyawan dan bisnis perusahaan.

Apa itu Earned Wage Access?

Earned Wage Access adalah tunjangan karyawan di mana perusahaan memberi karyawan mereka akses ke gaji yang diperoleh saat karyawan mendapatkannya. Pada dasarnya, karyawan dapat mengakses gaji yang mereka peroleh sebelum hari gajian yang ditentukan oleh perusahaan mereka.

Dikenal juga sebagai gaji instan atau gaji on demand, yang memberi karyawan akses awal ke pendapatan gaji bersih mereka.

Ketika karyawan mengakses gaji mereka sebelum tanggal pembayaran reguler mereka, gaji yang telah mereka pakai dipotong dari total gaji yang mereka terima pada hari pembayaran. 

Katakanlah seorang karyawan biasanya menerima Rp10.000.000 per bulan tetapi memilih untuk mengambil Rp500.000 sebelum hari gajian. Maka pada hari gajian, karyawan tersebut hanya akan menerima Rp9.500.000, sebab gajinya telah dipotong pengambilan sebelumnya.

Baca Juga: Gaji Bulanan: 5 Tips Agar Tidak Habis di Tengah Bulan

 

 

Manfaat Earned Wage Access bagi Karyawan

Dari survei sebelumnya dari PwC, disebutkan bahwa 67% karyawan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sehari-hari. 

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ada masalah nyata dalam hal mengelola arus kas pendapatan, dan solusi paling umum  seperti pinjaman dan kartu kredit hanya akan memperburuk masalah. Maka dari itu, Earned Wage Access digadang dapat membantu karyawan melalui masalah finansial tersebut.

Berikut adalah manfaat utama gaji instan bagi karyawan:

1. Membangun Dana Darurat dan Tabungan

Karyawan selalu berjuang untuk menghemat uang, dan masalah ini hanya diperparah selama adanya pandemi selam dua tahun. Ketika gaji karyawan hanya masuk sekali per bulan, semuanya dengan cepat akan dihabisi oleh sewa dan tagihan, hal tersebut akan membuat karyawan jauh lebih sulit untuk membentuk kebiasaan menabung.

Dengan Earned Wage Access, karyawan dapat fokus membangun kebiasaan yang benar-benar membantu mereka menumbuhkan tabungan dan membangun dana darurat. 

Secara umum, EWA meningkatkan stabilitas keuangan bagi karyawan dan membuatnya lebih mudah untuk mengelola uang dengan cara mereka sendiri. Karena karyawan memiliki kontrol lebih besar atas penghasilan mereka, serta dapat memilih kapan harus menarik dan membangun sistem yang sesuai dengan komitmen bulanan mereka.

2. Menghindari Karyawan dari Pinjaman

Karyawan seringkali kehabisan uang tunai sebelum tanggal gajian. Alhasil banyak dari mereka yang mengajukan pinjaman dan solusi kredit mahal lainnya yang dapat lepas kendali.

Sedangkan, gaji instan tidak melibatkan kredit, pemeriksaan kredit, atau bunga apa pun. Karyawan dapat mengakses gaji mereka sendiri kapanpun dan dimana saja. Hal ini tentunya membantu karyawan menghindari biaya pinjaman dan menjaga mereka dari lilitan utang.

Keuntungan bagi Perusahaan

Selain menguntungkan karyawan, Earned Wage Access juga dapat menguntungkan perusahaan. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1. Peningkatan Produktivitas & Retensi

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, saat ini terdapat lebih dari 50% karyawan yang stres akan keuangannya. Tekanan-tekanan ini pun sangat memengaruhi produktivitas karyawan, dan karenanya menghabiskan banyak uang bagi perusahaan dari waktu ke waktu.

2. Menarik Karyawan Baru

Dengan skema gaji instan, Anda tidak hanya membantu karyawan mengelola uang mereka, tetapi Anda juga menunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai mereka. 

Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan pada perusahaan Anda, yang menghasilkan pengurangan pergantian karyawan, kepuasan karyawan yang lebih tinggi, dan budaya perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Strategi Mengurangi Turnover Karyawan

Earned Wage Access, Kunci Sukses Perusahaan

Earned Wage Access adalah salah satu employee benefit yang paling diminati karyawan, sebab fitur ini memungkinkan karyawan untuk mengakses gaji yang telah mereka peroleh demi membayar tagihan atau kebutuhan mendadak. Karyawan jadi dapat mentransfer gaji yang mereka peroleh ke rekening bank atau kartu mereka – dalam hitungan detik dan dimanapun.

Dengan Earned Wage Access dari Mekari Flex, Anda dapat melindungi karyawan Anda dari siklus utang dan membantu mereka untuk meraih stabilitas keuangan.

Selain bermanfaat bagi  karyawan, Earned Wage Access juga menguntungkan perusahaan, karena perusahaan tak perlu khawatir arus kasnya terganggu, mengingat bahwa Earned Wage Access bukanlah utang atau pinjaman karyawan yang memerlukan alokasi dana.Jika Anda tertarik untuk menggunakan Earned Wage Access dari Mekari Flex, Anda dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan tim ahli kami.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami