8 Cara Melunasi Pinjaman Online secara Tepat Waktu

Pinjaman online sebenarnya bukan jalan yang tidak efektif dan menguntungkan untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup Anda. Misalnya untuk memenuhi biaya sekolah anak, membeli mobil baru, membeli rumah, dan sebagainya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara melunasi pinjaman online dengan lebih cepat, supaya Anda tidak berlama-lama terlilit utang. Mudahnya pengajuan pinjaman online membuat banyak orang tertarik untuk melakukan pinjaman bahkan mungkin harus menangani beberapa pembayaran pinjaman sekaligus.

Bahkan tak sedikit orang yang akhirnya terjerat utang dalam jangka waktu yang lama, apalagi dengan desakan para debt collector yang menuntut pembayaran tepat waktu. Tentu ini dapat memberikan tekanan yang sangat besar, tidak hanya pada keuangan Anda, tetapi juga kesehatan mental Anda. Agar lebih aman, maka ambil pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. 

Nah, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melunasi pinjaman tersebut lebih cepat dan segera mencapai kebebasan finansial.

Cara Melunasi Pinjaman Online Lebih Cepat dan Efektif

cara melunasi utang pinjol (pinjaman online)

Pinjaman online atau Pinjol dapat Anda lunasi secara cepat dan efektif. Ada berbagai cara agar Anda segera terlepas dengan jeratan Pinjol. Berikut beberapa tips untuk melunasi pinjaman online, diantaranya:

1. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran Anda

Cara efektif untuk melunasi pinjaman online dengan lebih cepat adalah dengan menganalisis pendapatan dan pengeluaran Anda.  Buatlah rencana anggaran pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda, kemudian tentukan strategi yang tepat untuk melunasi hutang Anda.

Semisal perusahaan dimana anda bekerja mengaplikasikan sistem earned wage access, dimana anda mendapatkan sebagian gaji anda di awal bulan, maka anda harus bisa memanfaatkan keuntungan tersebut semaksimal mungkin.

Jangan biarkan anggaran Anda bergantung sepenuhnya pada kartu kredit. Ada berbagai tools dan kalkulator keuangan pribadi online yang dapat membantu Anda dalam membuat rencana keuangan bulanan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencari berbagai sumber untuk menambahkan uang ekstra ke pembayaran utang Anda dan mengurangi beberapa pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga: Financial Wellness: Atasi 4 Kesulitan Karyawan

2. Taruh Uang Ekstra Anda untuk Melunasi Pinjaman

Jika ada berkesempatan di mana Anda mendapatkan uang ekstra, maka jangan mudah tergoda untuk membelanjakannya demi memenuhi keinginan yang tidak perlu.

Sebaiknya uang tersebut Anda gunakan untuk membayar pinjaman online supaya lebih cepat terlunasi.
Uang ekstra ini bisa berupa warisan, menang lotre, pengembalian pajak Anda, hadiah ulang tahun, angpao hari raya, bonus kerja, atau rejeki tak terduga lainnya.

Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab secara fiskal, karena pada akhirnya tindakan tersebut akan menyelamatkan Anda dari beban biaya bunga pinjaman online.

Saat pinjaman sudah terlunasi, Anda akan berterima kasih pada diri sendiri nantinya dan saat itu tiba barulah Anda bisa memenuhi keinginan Anda yang sempat tertunda.

3. Manfaatkan Waktu Luang untuk Menambah Pemasukan

Jika Anda memiliki waktu luang, misalnya di malam hari dan akhir pekan, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk memperoleh pekerjaan tambahan sebagai aliran pendapatan lain.

Pertimbangkan untuk mengambil pekerjaan sampingan, dan kemudian gunakan uang yang Anda peroleh untuk membayar pinjaman online Anda. Zaman sekarang sudah mulai bermunculan peluang-peluang usaha tanpa modal.

Dengan meluangkan sebagian waktu luang Anda, Anda akan mampu memperpendek jangka waktu pinjaman online. Apabila Anda merupakan seorang pelajar, Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sebagai pramusaji atau mencari pekerjaan freelance.

Jika melunasi pinjaman online lebih awal adalah prioritas utama Anda, maka pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan untuk tujuan itu.

4. Tingkatkan Nominal Pembayaran Pinjol

Cara melunasi pinjaman online dengan lebih cepat yang pertama ialah membayar lebih dari jumlah minimum pembayaran pinjaman. Strategi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi waktu yang Anda perlukan untuk melunasi pinjaman. Dengan menambahkan pembayaran bulanan ekstra setiap tahun, Anda dapat melunasi pinjaman online dengan lebih cepat.

Misalnya, jika Anda melakukan pinjaman online sebesar Rp. 3.000.000 per bulan, maka tingkatkan menjadi Rp. 3.500.000 per bulan. Anda juga bisa memasukkan tambahan sebesar Rp. 500.000 ke pokok pembayaran Anda per bulannya.

Bila Anda tahu bahwa Anda mengalokasikan dana Anda untuk pembayaran yang lebih besar setiap bulan, sebaiknya rencanakan anggaran Anda sesuai dengan strategi tersebut.

5. Minta Rekomendasi Pembayaran Pinjol dengan Bunga Rendah

Selanjutnya, konsultasikan pilihan metode pembayaran pinjaman Anda ke pemberi pinjaman online yang menawarkan tingkat bunga yang lebih rendah. Beberapa bank menawarkan pinjaman dengan tingkat bunga yang menarik dibandingkan dengan yang lain. Mentransfer pinjaman ke bank yang mengenakan tingkat bunga yang lebih rendah juga akan membantu melunasi pinjaman lebih cepat.

Selain itu, Anda juga bisa meminta program pemberi pinjaman untuk melunasi hutang. Pemberi pinjaman Anda mungkin memiliki beberapa opsi untuk membantu Anda melunasi hutang lebih cepat. Program ini mungkin mengharuskan Anda membayar biaya tambahan, jadi sebaiknya Anda tetap berhati-hati.

Jika opsi tersebut dirasa layak dan sesuai dengan kemampuan Anda, maka silakan pilih dan bayar biayanya. Namun, jika Anda tidak setuju dengan aturan biaya tambahannya, maka temukan cara untuk membayar ekstra untuk menghindari tambahan biaya tersebut.

Anda dapat mengatur pembayaran bulanan otomatis di sistem pembayaran tagihan online bank Anda.
Strategi ini bisa Anda jadikan sebagai opsi cara melunasi pinjaman online lebih awal supaya beban finansial Anda juga akan semakin ringan.

6. Sisihkan Tabungan

Menyisihkan sebagian tabungan sebelum pembayaran pinjaman merupakan salah satu cara cepat melunasi pinjaman online yang ampuh. Dengan cara ini, Anda akan tetap aman secara finansial jika sewaktu-waktu muncul biaya tambahan.

Hal ini sejalan dengan pendapat Tara Tussing Unverzagt, yakni seorang perencana keuangan bersertifikat yang berbasis di California. Salah satu alasan adanya tabungan Anda adalah untuk melindungi dari skenario terburuk, seperti kehilangan pekerjaan, keadaan darurat medis, atau perbaikan rumah.

Salah satu aturan praktis dari penggunaan tabungan darurat adalah untuk menjaga pengeluaran tiga sampai enam bulan ke depan. Ahli keuangan juga berpendapat bahwa mengambil sedikit dari tabungan untuk disisihkan ke dalam pembayaran pinjaman online bisa menjadi strategi yang tepat.

Hindari mengambil dana tabungan Anda terlalu banyak atau terlalu sering yang bisa membuat Anda rentan dalam keadaan krisis.

7. Hidup Lebih Hemat

Tips yang satu ini dapat ditafsirkan dengan berbagai cara, karena tergantung pada gaya hidup Anda saat ini. Jika Anda baru saja lulus dan memiliki sejumlah besar pinjaman mahasiswa untuk dilunasi, maka strategi yang tepat adalah dengan hidup lebih hemat.

Selain itu, jika situasi memungkinkan, maka sebaiknya Anda juga mengumpulkan dana tambahan untuk dimasukkan ke dalam pembayaran pinjaman online. Atau, bila Anda memiliki pinjaman mobil dan pembayaran hipotek, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali anggaran Anda.

Hal ini bertujuan untuk melihat di mana Anda dapat mengurangi biaya yang tidak perlu, seperti nongkrong, shopping, liburan, dan lain sebagainya. Anda akan menemukan area dalam anggaran Anda untuk mengurangi pengeluaran berlebih.

Ingatlah untuk memasukkan uang yang baru disimpan itu ke pembayaran pinjaman Anda. Selain itu benefit karyawan seperti berbagai flexible benefit yang mungkin anda dapatkan dari kantor untuk membeli voucher listrik atau keperluan lainnya juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

8. Jual Aset Bila Diperlukan

Pinjaman online atau pinjol menjadi cara instan untuk mendapatkan uang tunai secara cepat. Jika Anda memiliki aset investasi dapat Anda gunakan untuk melunasi pinjaman online.

Aset investasi dapat berupa tanah, rumah, emas, dan lainnya. Jika membutuhkan secara cepat, Anda dapat menjual kepada pihak bank. Selain itu, Anda juga dapat mencairkan deposita agar pinjaman online dapat lunas tepat waktu tanpa menimbulkan bunga dan denda.

Solusi Alternatif Pengganti Pinjaman Online

Pinjaman online atau Pinjol juga terjadi di kalangan karyawan. Peran perusahaan juga dibutuhkan sebagai bentuk peduli untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Solusi yang dapat ditawarkan perusahaan kepada karyawan agar tidak meminjam pinjol yaitu berupa akses gaji melalui Earned Wage Access by Mekari Flex. Konsep ini merupakan suatu solusi alternatif pengganti pinjaman online berupa akses gaji karyawan lebih awal.

Earned Wage Access atau EWA merupakan solusi sehat dari pada pinjaman online yang lebih beresiko. Berikut kelebihan penggunaan EWA, diantaranya:

  • Bukan berupa pinjaman, melainkan gaji yang diakses lebih awal.
  • Tanpa suku bunga dan biaya tambahan.
  • Solusi bagi kebutuhan karyawan.

Nah, demikianlah artikel mengenai cara melunasi pinjaman online lebih cepat yang bisa Anda praktekkan. Ada banyak cara berbeda untuk melunasi pinjaman online lebih awal.

Meskipun Anda mendapatkan berbagai rekomendasi cara untuk melunasinya, penting untuk memilih metode yang sesuai dengan anggaran dan gaya hidup Anda.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami