Home / Blog / Tech & Inovation

11 Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Anda

rekomendasi software akuntansi terbaik
Daftar isi
Mode

Sebagai manajer keuangan, mengelola keuangan perusahaan secara efisien adalah kunci untuk memastikan kinerja bisnis berjalan dengan lancar. Lalu, bagaimana cara melakukannya dengan efektif?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih software akuntansi yang tepat untuk membantu segala urusan pembukuan hingga pengelolaan keuangan bisnis yang terintegrasi.

Simak artikel berikut ini untuk pilihan software akuntansi terbaik bagi manager keuangan, akuntan, bahkan direksi perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik.

Mengenal software akuntansi

Software akuntansi adalah program komputer yang dirancang khusus untuk membantu dalam pengelolaan keuangan dan pembukuan suatu bisnis atau organisasi.

Adapun software akuntansi memungkinkan pengguna untuk mencatat, mengelola, dan melacak transaksi keuangan, termasuk penerimaan, pengeluaran, pembayaran, dan lainnya.

Fungsi utama dari software akuntansi adalah untuk menyederhanakan proses akuntansi, meningkatkan akurasi perhitungan, dan menyajikan informasi keuangan secara lebih mudah dipahami melalui laporan dan analisis.

Apa saja fitur software akuntansi?

Fitur software akuntansi dapat berbeda-beda tergantung kebutuhan bisnis atau usaha, baik dari skala UMKM hingga perusahaan enterprise. Berikut fitur-fitur dasar dari software akuntansi, diantaranya:

  • Software akuntansi berbasis cloud
  • Faktur
  • Pelacakan inventaris
  • Sinkronisasi bank dan kartu kredit
  • Akun hutang
  • Piutang usaha
  • Online payment dari pelanggan
  • Laporan keuangan dasar, termasuk laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas
  • Akses pengguna untuk akuntan dan profesional akun, dan masih banyak lagi

Dalam memilih software akuntansi, penting bagi bisnis untuk mempertimbangkan skala operasi mereka, kebutuhan khusus, dan anggaran yang tersedia.

Pilihan yang tepat akan membantu bisnis meningkatkan efisiensi dan keakuratan dalam pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

Rekomendasi software akuntansi terbaik 2023

Berikut beberapa rekomendasi software akuntansi terbaik 2023, diantaranya:

1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan sistem akuntansi online berbasis cloud yang telah digunakan oleh ribuan pelanggan untuk memberikan solusi bagi UMKM dan perusahaan terkait pembukuan, laporan keuangan, invoice, dan neraca keuangan secara online serta real-time.

Berikut alasan Mekari Jurnal menjadi pilihan pengusaha:

  • Menjadi pionir sistem akuntansi online pertama di Indonesia
  • Fitur terlengkap dan terintegrasi hanya dalam satu platform saja
  • Layanan after sales dengan fitur live chat

Anda sebagai pengusaha juga bisa mendapatkan konsultasi bisnis secara lengkap bersama Mekari Jurnal.

2. QuickBooks Online

QuickBooks Online merupakan salah satu software akuntansi paling populer di dunia, terutama untuk bisnis kecil dan menengah.

Terdapat berbagai fitur seperti pembukuan otomatis, faktur, pengelolaan inventaris, dan laporan keuangan, QuickBooks Online memudahkan Anda untuk mengontrol dan memantau keuangan perusahaan Anda secara real-time.

3. Xero

Xero adalah software akuntansi yang sederhana namun kuat, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah.

Melalui antarmuka yang intuitif, Xero memungkinkan Anda untuk mengelola tagihan, pembayaran, dan laporan keuangan dengan mudah. Software ini juga mendukung koneksi dengan bank dan integrasi dengan banyak aplikasi bisnis lainnya.

4. Zoho Books

Zoho Books adalah pilihan yang hebat bagi bisnis kecil dan start-up. Dengan fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau, Zoho Books menyediakan solusi akuntansi yang efisien.

Anda dapat dengan mudah mengelola faktur, memantau persediaan, dan melacak biaya dengan antarmuka yang ramah pengguna.

5. Wave

Wave adalah software akuntansi gratis yang sangat cocok untuk bisnis kecil dan pemilik usaha mandiri.

Ada juga fitur untuk pembuatan faktur, pemantauan pengeluaran, dan laporan keuangan dasar, Wave menyediakan solusi akuntansi sederhana tanpa biaya langganan bulanan.

6. FreshBooks

FreshBooks adalah software akuntansi yang dirancang khusus untuk freelancer dan bisnis jasa. Dengan fitur perhitungan waktu dan pemantauan pengeluaran, FreshBooks membantu menyederhanakan proses pembayaran dari klien Anda.

Anda juga dapat mengintegrasikan aplikasi ini dengan sistem pembayaran online untuk kenyamanan yang lebih besar.

7. Sage 50cloud

Sage 50cloud adalah software akuntansi yang menawarkan berbagai fitur canggih untuk bisnis kecil hingga menengah.

Mulai dari pembukuan hingga penggajian, Sage 50cloud membantu mengelola seluruh aspek keuangan perusahaan Anda. Versi cloudnya memungkinkan akses data dari mana saja, kapan saja.

8. NetSuite

NetSuite adalah software akuntansi dan manajemen bisnis terpadu yang cocok untuk perusahaan skala menengah hingga besar.

Selain fungsi akuntansi, NetSuite juga mencakup manajemen persediaan, CRM, e-commerce, dan banyak lagi. Ini adalah pilihan ideal bagi bisnis yang membutuhkan solusi yang lebih komprehensif.

9. Intuit QuickBooks Desktop

Selain QuickBooks Online, Intuit juga menawarkan QuickBooks Desktop untuk bisnis yang lebih suka menggunakan software berbasis desktop.

QuickBooks Desktop menyediakan berbagai fitur akuntansi yang kuat dan kompleks untuk bisnis yang memerlukan kontrol penuh atas pembukuan mereka.

10. Kashoo

Kashoo adalah software akuntansi online yang dirancang untuk pemilik usaha kecil dan pemilik bisnis mandiri. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur dasar akuntansi, Kashoo membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda dengan mudah dan efisien.

11. AccountEdge Pro

AccountEdge Pro adalah software akuntansi berbasis desktop yang menyediakan berbagai fitur akuntansi dan manajemen untuk bisnis kecil dan menengah.

Ada juga fitur untuk pelacakan inventaris dan pembayaran gaji, AccountEdge Pro menawarkan solusi yang komprehensif untuk kebutuhan keuangan perusahaan Anda.

Apa saja perbedaan software akuntansi gratis dan berbayar?

Tentu saja terdapat perbedaan dari pemilihan software akuntansi gratis dan berbayar dari segi fitur, skalabilitas, layanan pelanggan, dan keamanan.

Berikut perbedaan software akuntansi gratis dan berbayar:

Software akuntansi gratis:

  • Hanya memiliki fitur-fitur dasar
  • Layanan pelanggan yang terbatas
  • Tingkat keamanan rendah
  • Memiliki batasan jumlah transaksi dan volume data

Software akuntansi berbayar:

  • Fitur lengkap, canggih dan dapat kustomisasi secara luas
  • Layanan pelanggan secara cepat dan efektif
  • Tingkat keamanan lebih tinggi
  • Mampu menangani lebih banyak transaksi dan data

Kesimpulan

Mengelola keuangan bisnis dengan tepat dan efisien adalah kunci kesuksesan. Pilihlah akuntansi software terbaik Jurnal yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Terdapat 9 fitur unggulan Mekari Jurnal, mulai dari laporan keuangan, akuntansi, invoice, produk dan inventory, biaya dan anggaran, perpajakan, terintegrasi dengan Mekari Pay dan Mekari Capital hingga dapat diakses dengan mudah secara mobile.

Pilihan software akuntansi yang tepat dan sesuai dengan skala dan kebutuhan bisnis Anda dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kembangkan usaha Anda bersama Mekari

Referensi

Investopedia: Best Accounting Software for Small Businesses
Entreprenuer: The 6 Best Small Business Accounting Software (2023)

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami