Home / Blog / Digital Transformation

Big Data dan Perannya Dalam Pekerjaan HR

big data HR
Daftar isi
Mode

Pada umumnya, HR tidak berhubungan dengan big data, atau memiliki akses ke banyak data untuk dianalisis. Namun, situasi ini berubah seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai menyadari pentingnya big data dalam berbagai aspek manajemen sumber daya manusia. 

Besar potensi big data dalam mengubah sistem pengelolaan HR keseluruhan. Dengan big data, HR bisa menganalisis faktor penting dalam pengelolaan karyawan, dan membuat keputusan yang lebih akurat. 

Karena itu, pahami cara big data dapat membantu berbagai pekerjaan HR agar lebih efektif.

Cara big data membantu pekerjaan HR

Big data merupakan kumpulan data besar yang terbagi menjadi terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur berasal dari berbagai sistem pengumpulan informasi. Pada dasarnya data ini masih dalam bentuk mentah (raw) sehingga masih perlu dikelola lebih lanjut.

Data tersimpan di dalam sebuah jaringan sistem pada komputer. Diperlukan software untuk dapat menganalisis big data secara lebih dalam.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

  1. Big data akan mengumpulkan informasinya melalui berbagai kanalulai dari kuesioner, website, aplikasi, database perusahaan hingga berbagai kanal media sosial milik perusahaan.
  2. Data-data yang sudah terkumpul kemudian akan diolah lebih lanjut dengan melakukan analisa kompleks dan mendalam. 
  3. Hasil dari analisa tersebut kemudian akan menjadi bahan pertimbangan untuk menemukan sumber masalah serta menetapkan keputusan yang strategis.

Peran big data pada HR

Secara garis besar, peran big data pada HR adalah mengumpulkan dan menganalisis berbagai kebutuhan serta masalah pada sistem dengan cepat. Kemudian, data dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah keputusan strategis yang lebih akurat. 

1. Perencanaan SDM yang Strategis

Big data dapat memberikan wawasan mengenai pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan.  Setiap kali ada pergantian karyawan, data akan menjelaskan karakteristik dari karyawan tersebut, serta apa saja perubahan yang terjadi dalam pekerjaannya.

Kemudian, HR dapat menggunakan data ini sebagai dasardalam menarik keputusan. Terutama terkait pengembangan keterampilan SDM perusahaan serta pembuatan SOP kerja.

2. Efisiensi Biaya untuk Pengelolaan HR

Pengelolaan big data untuk HR membutuhkan dukungan dari teknologi terbarukan. Software HRIS merupakan salah satu pilihan teknologi yang dapat membantu dalam menganalisis big data HR.

Dengan berinvestasi pada software HRIS yang bisa menangani tugas-tugas monoton dan berulang, HR bisa lebih fokus pada pekerjaan strategis. Ini juga dapat mengurangi biaya perusahaan dalam perekrutan tambahan tenaga kerja dan memungkinkan akses mudah ke berbagai data secara online.

3. Mengoptimalkan proses perekrutan dan retensi karyawan

Proses rekrutmen memakan banyak waktu dan biaya. Perusahaan harus menemukan cara yang lebih efisien untuk mencari kandidat yang kompeten, serta mempertahankan karyawan berprestasi. 

Dengan big data, HR bisa menemukan kandidat yang paling tepat untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Selain itu, HR juga bisa mengidentifikasi karyawan yang berisiko keluar. Ini mempercepat peluang untuk mempertahankan mereka dengan tawaran yang menarik. 

4. Mengidentifikasi Bakat Terpendam Karyawan

Karyawan seringkali memiliki bakat luar biasa yang belum terlihat oleh perusahaan. Melalui pemanfaatan big data, HR memiliki alat untuk menggali potensi ini dari berbagai sumber.

Bisa dari performa kerja, feedback, supervisi, maupun profil bakat yang diisi oleh karyawan. HR dapat mengidentifikasi dan mengembangkan bakat ini, menjadikan karyawan sebagai aset berharga perusahaan.

5. Membuka Potensi Maksimal Perusahaan

Melalui analisis big data, HR dapat menggali insight terkait pengelolaan tenaga kerja dan mengambil keputusan yang selaras dengan tujuan perusahaan. Semakin mendalam analisisnya, semakin banyak peluang yang terbuka untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia.

Data dapat mengungkapkan area-area yang memberikan peluang keuntungan terbesar, membentuk budaya perusahaan yang inklusif meningkatkan pengalaman karyawan, hingga memberikan dampak positif yang lebih luas pada perusahaan.

Kesimpulan

Mulai dari proses perekrutan, pengembangan SDM, hingga mempertahankan operasional perusahaan yang kokoh, big data memberikan pengaruh yang signifikan dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan pengelolaan manusia di dalam perusahaan.

Dukungan teknologi seperti software HRIS yang dapat membantu Anda menganalisis big data

Fitur Dashboard HR Analytics pada Mekari Talenta dapat membantu HR untuk menganalisis berbagai data karyawan maupun calon karyawan dengan cepat dan efektif. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami