Image

Inilah 5 Jenis Pinjaman Tunai dengan Bunga Rendah bagi Karyawan

Keadaan di mana uang menjadi penentu kelangsungan hidup, pinjaman tunai tentunya diminati masyarakat, termasuk karyawan. Berdasarkan survei “The DNA of Financial Wellbeing: Our borrowing needs” oleh Neyber:

 50% karyawan melakukan pinjaman tunai secara rutin

Namun, pinjaman biasanya datang bersamaan dengan bunga pinjaman. Untuk mengakali dan meminimalisir bunga, karyawan dapat memilih opsi pinjaman dengan bunga yang rendah. 

Di ulasan ini akan dibahas mengenai pengertian pinjaman tunai, jenis pinjaman tunai dengan bunga rendah, serta kiat dalam memilih pinjaman tunai berbunga rendah. Simak ulasan berikut.

Apa itu Pinjaman Tunai?

seorang karyawan tua sedang memegang uang pinjaman dan kartu kredit

Pinjaman tunai adalah uang yang dipinjam dari bank, serikat kredit atau pemberi pinjaman online yang kemudian dibayar kembali dalam pembayaran bulanan, atau angsuran, biasanya selama dua sampai tujuh tahun.

Meskipun hal terbaik yang dilakukan adalah menggunakan tabungan atau dana darurat untuk menutupi pengeluaran tak terduga, mengajukan pinjaman bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tujuan non-diskresi, seperti konsolidasi utang.

Pinjaman tunai dapat berbentuk pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan. Pemberi pinjaman yang memutuskan untuk memberi pinjaman tanpa jaminan berdasarkan faktor-faktor seperti nilai kredit, riwayat kredit, dan rasio utang terhadap pendapatan.

Baca juga: Cari Pinjaman Uang untuk Dana Pribadi Karyawan

Jenis-jenis Pinjaman Tunai Berbunga Rendah

Di bawah ini adalah jenis-jenis pinjaman berbunga rendah yang bisa diajukan sesuai dengan kebutuhan:

1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Kredit Pemilikan Rumah atau biasa disingkat KPR merupakan pinjaman tunai yang digunakan untuk biaya pembelian atau memperbaiki rumah. 

Dengan KPR, karyawan dapat membeli atau memperbaiki rumah tanpa modal yang besar di awal. Biasanya KPR juga memiliki tenor hingga 25 tahun ke depan.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA atau Kredit Tanpa Agunan hanyalah nama lain dari kredit biasa. Tanpa jaminan berarti utang tidak didukung atau dijamin dengan agunan. Yang dimiliki debitur hanyalah janji kreditur untuk membayarnya kembali.

Pinjaman tunai tipe ini biasanya paling banyak digemari sebab kreditur tidak harus memiliki barang berharga sebagai jaminan, serta bunga rendah yang dimulai dari 0,99%.

3. Kredit dengan Agunan

Berlawanan dengan KTA, kredit dengan agunan mengharuskan kreditur untuk menyerahkan barang berharga sebagai jaminan, seperti sertifikat tanah atau sertifikat rumah. 

Umumnya, pinjaman ini digunakan bagi kreditur yang memerlukan dana besar. Maka dari itu, diperlukan jaminan sebagai syarat pengajuannya serta proses pencairan yang relatif lambat.

4. Kredit Multi Guna (KMG)

Sama dengan jenis pinjaman sebelumnya, KMG atau Kredit Multi Guna juga memerlukan jaminan untuk pengajuannya. 

Dengan jenis pinjaman ini, tenor berjangka hingga 15 tahun dengan bunga yang dimulai dari 10,5% saja.

5. Kredit Pembelian Mobil (KPM)

KPM atau Kredit Pembelian Mobil adalah pinjaman tunai yang digunakan sebagai biaya pembelian kendaraan.

Dengan pinjaman jenis ini, kreditur bisa mendapatkan suku bunga rendah yang dimulai dari 4,8% per tahun dan tenor hingga 5 tahun kedepan.

Baca juga: Inilah Macam-macam Pinjaman Karyawan yang Wajib Diketahui

Kiat Memilih Pinjaman Tunai dengan Bunga Rendah

Untuk mengajukan pinjaman berbunga rendah, ada beberapa hal yang harus dicermati seperti berikut:

1. Jumlah Pinjaman

Umumnya, besaran bunga yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah pinjaman yang diajukan.

Jadi, sebelum mengajukan pinjaman tunai, diharapkan untuk melihat perhitungan bunganya juga.

2. Persyaratan

Pinjaman tunai yang dijanjikan dengan bunga yang sangat rendah patut diperhatikan lebih lanjut.

Pastikan dan teliti kembali syarat-syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Jangan sampai syarat-syarat tersebut bisa merugikan secara jangka panjang.

3. Observasi

Untuk mendapatkan pinjaman tunai dengan bunga rendah sesuai keinginan, maka harus dilakukan observasi.

Observasi dapat dilakukan dengan mengunjungi situs web debitur, melihat testimoni, atau datang ke perusahaannya langsung untuk memastikan kredibilitas.

Akses Gaji Lebih Awal, Solusi Alternatif Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai mungkin menjadi opsi tepat bagi sebagian orang, namun bunga yang datang sepaket dengan pinjaman tersebut dapat menjadi masalah baru. Meskipun suku bunganya rendah, tetap saja bunga tersebut jadi melebihi biaya pinjaman yang seharusnya.

Kesulitan tersebut tentunya akan mengakibatkan karyawan mengalami stres finansial, yang mana akan menuntun pada penurunan performa kerja mereka.

Nah, di sini perusahaan perlu bertindak untuk menghindari penurunan performa kerja karyawan tersebut. 

Salah satu tindakan preventif yang dapat dilakukan perusahaan adalah menerapkan sistem Earned Wage Access agar karyawan tak perlu meminjam uang ketika ada keperluan mendesak.

Earned Wage Access adalah tunjangan karyawan yang memungkinkan karyawan untuk mengakses gaji mereka yang sudah diperoleh, kapanpun mereka membutuhkannya. 

Earned Wage Access dari Mekari Flex memungkinkan karyawan untuk mengakses gaji mereka sebelum tanggal gajian. Jadi, gaji yang mereka ambil dipotong dari total pendapatan yang akan mereka terima pada tanggal gajian.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Earned Wage Acces dari Mekari Flex, Anda dapat menghubungi tim kami untuk berdiskusi terlebih dahulu di tautan ini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami