Home / Blog / Tech & Inovation

10 Aplikasi Stok Barang Berbasis Web untuk Kelola Gudang

Aplikasi Stok Barang Berbasis Web untuk Kelola Gudang
Daftar isi
Mode

Sebagai pemilik toko online, menjaga ketersediaan barang merupakan prioritas utama untuk menjaga kepuasan pelanggan. Lalu, bagaimana agar terhindar dari kehabisan stok barang?

Anda dapat menggunakan aplikasi stok barang berbasis web untuk mengelola persediaan produk dengan mudah, akurat, dan real-time. Sistem ini akan bekerja secara otomatis untuk update data stok barang.

Simak artikel berikut untuk daftar aplikasi persediaan barang terbaik bagi para business owner, toko online, hingga pelaku UMKM agar lebih mudah dalam mengontrol stok barang di gudang.

Daftar aplikasi stok barang berbasis web

Sebelumnya, jika ingin mengetahui jumlah stok barang, Anda harus datang secara langsung ke gudang. Namun, sekarang Anda dapat melakukan pemantauan dari jarak jauh hanya melalui aplikasi stok barang berbasis web.

Adanya aplikasi ini sangat membantu pemilik bisnis pemula dalam mengelola stok keluar masuk gudang. Alasan pengusaha harus memilih web stok barang karena lebih mudah dalam manajemen stok, efisiensi operasional serta laporan analisis data.

Jika ingin bisnis Anda lebih efisien, hemat biaya, dan memuaskan pelanggan, maka Anda perlu memilih aplikasi stok barang yang tepat. Ada banyak aplikasi stok barang yang tersedia di pasaran, jadi Anda perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Berikut daftar aplikasi stok barang yang cocok untuk sektor usaha, antara lain:

1. Mekari Jurnal

daftar aplikasi stok barang berbasis web

Mekari Jurnal merupakan salah satu aplikasi stok barang berbasis web terbaik di Indonesia sebagai solusi untuk mencatat, mengolah, dan mengatur arus masuk dan keluar barang dengan efisien.

Apa saja kelebihan aplikasi stok barang berbasis web dari Mekari Jurnal?

  • Manajemen stok dengan fitur update secara otomatis.
  • Sistem terpusat dari berbagai gudang
  • Pengaturan harga produk sesuai kebutuhan
  • Rekap data secara cepat dan akurat
  • Terintegrasi dengan faktur penjualan
  • Harga relatif terjangkau, bisa digunakan UMKM hingga enterprise

Perusahaan juga mendapatkan fitur khusus, seperti stock opname gudang yang tersedia pada aplikasi gudang hanya dalam satu platform Mekari Jurnal. Selain itu, aplikasi persediaan barang ini juga sudah aman dan terpercaya karena tersedia secara cloud dan telah tersertifikasi ISO 27001.

Bersama Mekari Jurnal, Anda dapat menggunakan program inventory barang untuk mendapatkan data secara real-time dan detail produk di setiap gudang.

2. Linnworks

daftar aplikasi stok barang berbasis web

Linnworks adalah perangkat lunak manajemen inventaris berbasis web dengan alat otomatisasi pesanan dan kemampuan daftar multi-channel.

Bisnis e-commerce dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengelola pesanan dan inventaris mereka di berbagai platform penjualan.

Platform web ini memungkinkan pembaruan serta sinkronisasi harga di seluruh saluran. Pengguna juga dapat mengelola inventaris mereka, melacak kinerja inventaris, dan memanfaatkan fitur prakiraan stok perangkat lunak untuk memenuhi permintaan.

Kemampuan otomatisasi software ini mencakup alur kerja pesanan, pesanan pembelian, dan operasional staff gudang.

Dengan mengotomatiskan tugas, bisnis dapat mengurangi kesalahan dan meningkatkan waktu pemrosesan pesanan. Wawasan prediktif dan pelacakan kinerja juga tersedia di platform web stok barang.

3. SkuVault

daftar aplikasi stok barang berbasis web

SkuVault adalah perangkat lunak manajemen inventaris berbasis web dan cloud canggih yang secara komprehensif memitigasi tantangan efisiensi gudang umum. Platform ini mengoptimalkan pelacakan inventaris, pemenuhan pesanan, dan operasi penjualan multi-channel untuk bisnis dari semua ukuran.

Fitur-fiturnya meliputi pelacakan inventaris waktu nyata, analitik data, penghitungan siklus, pemesanan ulang otomatis, dan pemindaian bar-code. Perusahaan dapat dengan mudah mengelola inventaris hanya melalui dasbor web dan memenuhi kebutuhan manajemen rantai pasokan untuk memaksimalkan produktivitas.

4. ShipBob

daftar aplikasi stok barang berbasis web

ShipBob adalah perangkat lunak berbasis web untuk bisnis e-commerce. Pemilik toko online dapat mengelola dan mengoptimalkan rantai pasokan secara efisien dengan menyinkronkan pesanan, inventaris, dan pengiriman di seluruh saluran penjualan.

Selain itu, pengguna dapat memfilter dan mengurutkan berdasarkan kategori produk, lokasi, dan atribut lainnya untuk dilanjutkan ke inventaris mereka. Terdapat juga fitur untuk memperhitungkan data penjualan historis, tingkat update web stok barang, dan proyeksi penjualan.

5. Zoho Inventory

daftar aplikasi stok barang berbasis web

Zoho Inventory adalah sistem manajemen inventaris berbasis web dan cloud yang berada di dalam rangkaian software bisnis Zoho. Ini adalah pilihan tepat untuk bisnis kecil dengan karena menawarkan paket aplikasi stok barang gratis hingga berbayar untuk volume yang tinggi.

Pengguna dapat membuat pesanan pembelian, backorder, dan pengiriman drop, serta melacak setiap item inventaris dengan nomor seri. Manfaat lainnya termasuk fitur seperti perkiraan pengiriman, pelacakan, bill of material, dan konfirmasi pengiriman. Aplikasi seluler tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Baca Juga: Contoh Pembukuan Stok Barang Masuk dan Keluar untuk Pelaku Usaha

6. Wasp

Wasp adalah software berbasis web yang dirancang untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam mengelola dan mengendalikan stok barang atau inventaris mereka.

Dengan menggunakan fitur dasbor web dari Wasp, pengguna dapat mengotomatisasi proses pengelolaan inventaris, memantau persediaan barang, dan memudahkan pelacakan pergerakan barang dari gudang ke tempat lain atau sebaliknya.

7. Finale Inventory

Finale Inventory adalah solusi manajemen inventaris multi-channel berbasis web yang melibatkan volume tinggi, e-commerce dan manajemen gudang.

Rancangan Finale Inventory sudah disesuaikan dengan proses dan alur kerja tim sales dengan aplikasi stok barang berbasis web berkualitas tinggi. Terdapat juga jasa konsultasi secara gratis tanpa ada biaya tambahan.

8. Trunk

Trunk adalah solusi web stok barang yang memungkinkan perusahaan e-commerce mengelola dan mencantumkan produk di berbagai saluran penjualan. Hla tersebut dirancang untuk memudahkan manajemen inventaris.

Memiliki fitur untuk membuat paket dan kategori produk sesuai pengaturan pengguna. Terdapat juga fitur pelacakan pada dasbor web untuk daftar pembaruan di beberapa platform penjualan.

9. Sortly

Sortly adalah software berbasis web stok barang yang khusus melayani pasar bisnis kecil. Mereka menawarkan antarmuka pengguna yang disederhanakan, dan sangat cocok untuk bisnis kecil dan berkembang, termasuk pemilik usaha pemula.

Selain itu, aplikasi seluler mereka untuk perangkat Android dan iOS memungkinkan pengguna mengelola inventaris dari mana saja, menjadikannya pilihan yang baik bagi pemilik bisnis yang sering bepergian.

10. Cin7 Omni

Cin7 adalah pernagkat lunak berbasis web dan cloud untuk bisnis yang mengelola berbagai saluran penjualan. Aplikasi persediaan barang ini memungkinkan pengecer online untuk mengelola saluran online, B2B, ritel, dan grosir.

Terdapat beberapa fitur, seperti manajemen inventaris, point of sales (POS), FIFO dan pelaporan, plus alat untuk melacak tingkat inventaris di berbagai lokasi untuk menghindari kehabisan stok atau kelebihan stok.

Apa manfaat menggunakan aplikasi stok barang web?

Aplikasi stok barang web memiliki banyak manfaat bagi bisnis dalam mengelola persediaan barang secara efisien. Dengan menggunakan aplikasi ini, bisnis dapat mengakses informasi persediaan secara real-time dari mana saja dengan koneksi internet.

Selain itu, web stok barang juga membantu mengurangi biaya dan risiko kelebihan persediaan dengan memungkinkan perencanaan pembelian yang lebih akurat berdasarkan data permintaan dan persediaan aktual.

Adapun fitur-fitur lain, seperti notifikasi stok, laporan analisis, hingga integrasi dengan sistem lain agar proses bisnis lebih terkoordinasi, seperti software akuntansi online untuk mengelola keuangan dari inventory dan gudang.

Dengan demikian, aplikasi stok barang berbasis web membantu meningkatkan efisiensi, meningkatkan keakuratan, dan memperbaiki manajemen stok secara keseluruhan, sehingga berdampak positif pada kesuksesan dan pertumbuhan bisnis.

Kesimpulan

Dalam era bisnis yang semakin digital dan kompleks, aplikasi stok barang berbasis web telah membuktikan dalam mengelola dan mengoptimalkan persediaan stok barang secara real-time dari mana saja.

Kemampuan aplikasi stok barang web dalam menghasilkan laporan analisis dan memberikan pemberitahuan otomatis juga membantu perusahaan dalam membuat keputusan strategis yang lebih cerdas dan tepat waktu.

Sebagai solusi tepat pengelolaan stok barang, Anda dapat menggunakan Mekari Jurnal dengan berbagai fitur unggulan, mulai dari laporan keuangan, inventaris barang, sistem akuntansi, hingga biaya dan anggaran.

Oleh karena itu, aplikasi stok barang berbasis web telah membuka peluang baru bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan profitabilitas bisnis.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kelola stok barang bersama Mekari

Referensi

Tallysolution. “Stock items
VOI. “15+ Recommended Apps For Popular Stock Items
Beritajatim. “Program Stok Barang Recommended
Theecommmanager. “10 Best Inventory Management Software In 2023

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami