Home / Blog / Digital Transformation

16 Aplikasi Stok Barang Terbaik di Tahun 2024

aplikasi stok barang
Daftar isi
Mode

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, karena perputaran barang yang cepat, proses mencatat stoknya cukup menguras waktu dan tenaga. Sehingga, berpotensi terjadi kesalahan dan mengganggu proses transaksi usaha Anda.

Aplikasi stok barang dapat menjadi solusinya. Selain berfungsi sebagai pengelolaan stok barang, saat ini sudah banyak aplikasi stok barang yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pelengkap lainnya.

Fitur-fitur ini dapat membantu Anda dalam memudahkan pengelolaan usaha seperti status barang, membuat transaksi pembelian dan penjualan, membuat laporan, hingga cetak label barang.

Dalam artikel ini akan mengulas secara lengkap mengenai 16 aplikasi stok barang terbaik yang saat ini bisa Anda unduh baik melalui Android maupun iOS.

Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik 2024

Penggunaan aplikasi untuk mengelola stok barang sangat membantu para tokoh usaha untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Beberapa aplikasi ada yang dapat diunduh secara gratis, dan beberapa lainnya membutuhkan sedikit biaya agar dapat menggunakan fitur-fitur unggulannya.

Agar dapat menemukan aplikasi yang cocok dengan kebutuhan Anda, berikut rekomendasi aplikasi stok barang terbaik yang dapat Anda gunakan di tahun 2024.

1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang memudahkan pengguna untuk mengontrol pergerakan persediaan perusahaan, memudahkan dalam melakukan rekonsiliasi dokumen dengan sistem persediaan yang dimiliki perusahaan. 

Melalui satu aplikasi, Anda dapat langsung mengelola berbagai kebutuhan pengelolaan barang seperti:

  • Stock opname gudang
  • Pencatatan dan perhitungan hingga kelola harga barang
  • Monitoring stok barang, data keluar masuk dan penjualan barang dapat diakses melalui online web, Android, dan iOS
  • Penjelasan produk terlaris yang paling banyak dibeli oleh pelanggan, sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat. 

Untuk dapat menggunakan seluruh fitur unggulannya, Anda dapat berlangganan dengan mengambil versi yang Pro dengan membayar sekitar Rp400 ribuan saja.

2. Stock Count

Stock Count merupakan salah satu rekomendasi aplikasi stok barang terbaik gratis yang akan kita bahas. Aplikasi ini dapat menjalankan sistemnya secara online sehingga dapat membantu memeriksa ketersediaan barang di mana saja dan kapan saja.

Selain itu, Stock Count juga memiliki fitur barcode scanner sehingga memudahkan Anda dalam menginput barang yang ingin dicatat. Fitur kedua yang aplikasi ini hadirkan adalah intergrasi dengan e-mail untuk menyimpan berbagai data-data penting berkaitan dengan manajemen stok barang.

3. Smart Inventory System

aplikasi stok barang gratis di android

Salah satu daya tarik dari aplikasi ini adalah tampilan layarnya yang terbilang cukup simple dan sederhana. Sehingga memudahkan pengguna pemula untuk memahami berbagai fitur yang terdapat di dalamnya.

Selain fitur utamanya yakni pengelolaan stok barang. Smart Inventory System memiliki fitur barcode scanner dan juga dapat mencetak tag price berupa barcode.  Fiturnya yang cukup lumayan membuat aplikasi ini tidak perlu diragukan untuk Anda gunakan.

4. Barang dan Persediaan Sederhana

aplikasi stok barang barang dan persediaan sederhana

Sebelumnya bernama Stock and Inventory Simple, Barang dan Persediaan Sederhana adalah aplikasi stok barang dapat Anda gunakan selanjutnya.

Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis di Android dan belum tersedia di IOS. Kesederhanaan tampilan dan fitur yang tersedia di dalamnya cocok bagi pengguna yang menyukai tampilan yang minimalis.

Tampilan minimalis juga dapat meningkatkan efisiensi serta meminimalisir kesalahan  penginputan data stok barang.

5. Vladovsoft Sklad

vladovsoft Sklad

Memiliki nama yang cukup unik karena berasal dari Bulgaria, Vladovsoft Sklad adalah software manajemen gudang yang penggunaannya cukup mudah.

Software pengelolaan ini juga memiliki fitur aplikasi stok barang yang cocok bagi usaha dengan jumlah produk yang besar. Selain pengelolaan stok barang, berbagai fitur juga sudah terintegrasi mulai dari riwayat penjualan, mencetak invoice, hingga membuat laporan.

Untuk dapat merasakan fitur lengkap pada Vladovsoft Sklad, Anda dapat upgrade ke Sklad Plus dengan membayar sebesar $ 99 saja.

6. eStock: Stock Manager, Inventory Manager

rekomendasi aplikasi stok barang terbaik

Aplikasi stok barang terbaik selanjutnya adalah eStock. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dengan mengunduhnya melalui Google Play Store.

Kelebihan yang eStock berikan adalah tampilan yang lebih kekinian sebab aplikasi ini masih terbilang baru, yaitu dirilis pada tahun 2019. Fitur unggulan yang dapat Anda temukan yaitu dapat menambahkan detail penjelasan barang secara lebih lengkap serta fitur barcode scanner.

7. Fakturama

Fakturama

Selanjutnya adalah Fakturama. Fakturama merupakan sebuah aplikasi stok barang gratis yang diakses melalui PC. Tampilan pada aplikasi ini terbilang cukup sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Adapun fitur pada Fakturama cukup lengkap dan cukup berbeda dengan aplikasi lainnya. Di sini, Anda dapat membuat kwitansi dan faktur sebagai bukti tranksasi penjualan. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan database kontak, kalkulator perhitungan, hingga terintegrasi dengan web yang terdapat di toko offline.

8. Fishbowl

fishbowl

Fishbowl merupakan aplikasi stok barang terbaik yang berbayar. Namun, fitur-fitur di dalamnya cukup lengkap dan cukup memudahkan bisnis dengan skala besar untuk pengelolaan operasionalnya.

Terdapat dua aplikasi yang dirilis, yaitu Fishbowl Manufacturing dan Fishbowl Warehouse. Keduanya memiliki fitur dan kegunaan masng-masing sesuai dengan pengelolaannya. Fitur berbeda yang Anda temukan pada Fishbowl adalah terdapat fitur yang berfungsi untuk meriset produk apa yang laku dan tidak di pasaran. Anda dapat menggunakan fiturnya secara lengkap dengan membayar sekitar 80$ saja.

9. RightControl

rightcontrol

Aplikasi ini cocok untuk digunakan pada usaha dengan skala kecil dan menengah. Dalam hal ini seperti toko kelontong, organisasi, bahkan online shop. Hal tersebut karena fitur dan tampilannya yang sederhana sehingga dapat mengurangi beban sistem perangkat dalam menjalankan aplikasinya.

Fitur-fitur yang dapat Anda temukan di sini juga sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seperti pengelolaan stok barang, pembuatan laporan, hingga riwayat perputaran barang.

10. Household Register

household register

Household Register cocok bagi Anda yang menyukai aplikasi yang dapat  merapihkan pengelolaan barang. Anda dapat mengkategorikan berbagai stok barang yang terdapat di dalam database dan menggabungkan sesuai pengelompokkan jenis barangnya.

Aplikasi stok barang ini juga dapat menandai setiap barang dan lokasi penyimpanannya secara rinci sehingga tidak perlu kerepotan untuk mencarinya. Rekomendasi aplikasi stok barang ini bisa di akses melalui PC.

11. Inflow Inventory

inflow inventory

Rekomendasi aplikasi stok barang terbaik selanjutnya adalah Inflow Inventory. Aplikasi gratis untuk pengelolaan stok barang ini cocok bagi pemilik usaha kecil maupun menengah.

Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya seperti manajemen barang, menerima pesanan barang, hingga pelacakan riwayat transaksi. Dalam aplikasi ini juga dapat membuat laporan stok barang berdasarkan data yang terinput di dalam database. Inflow Inventory dapat Anda akses baik di Android maupun PC.

12. Cin7

Aplikasi ini mampu mengelola stok barang dari berbagai saluran penjualan, seperti marketplace maupun toko offline. Cin7 secara otomatis akan memperbarui jumlah stok, menyusun ulang produk ketika sudah mencapai batas minimum stok, serta melacak pergerakan stok secara real-time. 

Cin7 juga dilengkapi fitur untuk mengelola penjualan B2B, dimana Anda bisa secara otomatis memberikan harga khusus, diskon, dan melakukan persetujuan atas pesanan untuk pelanggan Anda.

13. Wasp Inventory Control

Aplikasi ini cukup canggih untuk melacak tidak hanya stok barang, namun juga aset kantor. Bisa memindai barcode, sehingga memudahkan proses manajemen inventaris Anda. Wasp Inventory juga bisa digunakan secara offline, sehingga kendala internet bukan menjadi masalah. 

Wasp Inventory juga memiliki fitur yang bisa membuat laporan otomatis, untuk mendapatkan informasi penting terkait stok barang Anda. Ini bisa digunakan untuk Anda mengambil keputusan penting.

14. DEAR Systems

Sistem ini memberikan fitur otomatis untuk mengelola inventaris, seperti memperbarui stok secara real-time, memberitahukan ketika stok sudah menipis, serta melakukan pemesanan ulang secara otomatis untuk mencegah kehabisan stok. 

DEAR Systems juga bisa melacak batch dan kadaluwarsa suatu barang, sehingga ideal untuk bisnis yang menjual produk dengan umur simpan terbatas, seperti makanan atau obat-obatan. 

15. EMERGE App

Biasa digunakan oleh bisnis dengan skala kecil dan menengah, terutama dalam industri manufaktur dan grosir. Dalam mengelola stok barang, aplikasi ini bisa menyesuaikan stok dengan informasi di toko secara real-time, serta mengatur pemesanan ulang secara otomatis apabila stok sudah hampir habis. 

EMERGE App menyediakan fitur perkiraan permintaan, sehingga Anda bisa merencanakan jumlah stok barang yang sesuai, terhindar dari masalah kelebihan atau kekurangan stok. 

16. Ordoro 

Manajemen inventaris dilakukan secara real-time dari seluruh saluran penjualan Anda. Ordoro juga bisa memindai barcode untuk melacak dan memperbarui stok barang lebih akurat. 

Ada pula fitur manajemen pengembalian, sehingga Anda bisa melacak dan memproses barang-barang yang dikembalikan ke gudang dari konsumen.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami