Image

Ini Tips Menjaga Kesehatan Keuangan Karyawan

Di masa pandemi, seorang karyawan harus-harus pintar-pintar dalam menjaga kesehatan keuangan mereka. Belum lagi masalah pandemi usai, Indonesia juga dihadapkan dengan beberapa tantangan baru bagi masyarakat.

Beberapa di antaranya adalah minyak yang sempat langka dan harganya yang kini melonjak, serta wacana harga BBM yang akan naik. Selain itu menjelang puasa, harga kebutuhan pokok juga perlahan mulai naik.

Kesehatan keuangan karyawan juga perlu menjadi perhatian perusahaan, terutama divisi HR ketika membuat program untuk karyawan.

Selain dapat meningkatkan kualitas hidup karyawan, tentu saja hal ini akan berdampak pada produktivitas serta efektivitas kerja mereka yang akan berpengaruh pada performa perusahaan secara tidak langsung.

Kemudian, apa saja yang perusahaan bisa lakukan untuk dapat menjaga kesehatan keuangan karyawan mereka? Simak penjelasannya.

Tips Menjaga Kesehatan Keuangan Karyawan

Beri Edukasi Tentang Pengelolaan Keuangan

kesehatan keuangan karyawan

Terkadang, kesehatan keuangan erat kaitannya dengan bagaimana seseorang dapat mengelola keuangan.

Masih banyak karyawan yang kurang memiliki pengetahuan finansial yang baik, atau istilahnya “melek” finansial.

Misalnya saja gaji sebulan yang hanya lewat saja dan tidak dipakai untuk menabung atau investasi.

Jadi, akan lebih baik jika perusahaan dapat menyediakan pelatihan ataupun edukasi mengenai pengelolaan keuangan yang baik agar tertanam di benak karyawan pentingnya menjaga kesehatan keuangan.

Baca juga: Pengaruh Stres Finansial Pada Produktivitas Karyawan

Pelatihan Terkait Persiapan Hari Tua untuk Jaga Kesehatan Keuangan saat Pensiun

Persiapan masa tua harus dilakukan sejak dini. Maka dari itu, penting bagi karyawan untuk sudah mendapatkan edukasi pengelolaan keuangan yang berorientasi pada perencanaan masa pensiun.

Pastikan pada pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan memasukkan unsur tentang persiapan pensiun. Sebetulnya program BPJS Ketenagakerjaan sudah menyediakan program seperti Jaminan Hari Tua yang akan membantu karyawan di masa tuanya nanti.

Namun, akan lebih baik jika karyawan juga memiliki sumber investasi lainnya di luar program JHT agar kehidupan saat masa pensiun nanti menjadi lebih layak.

Lindungi Diri dengan Asuransi

Asuransi, terutama asuransi kesehatan, adalah hal wajib yang harus diberikan perusahaan kepada karyawan mereka.

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kesehatan mahal harganya. Tentunya karyawan tidak ingin apabila mendadak harus jatuh sakit.

Adanya asuransi kesehatan akan melindungi mereka dari mahalnya biaya rumah sakit. Sehingga karyawan bisa lebih tenang dan biaya rumah sakit dapat ter-cover oleh asuransi.

Dengan demikian, kesehatan keuangan karyawan tersebut jadi lebih terjaga.

Baca juga: Dampak Positif Kesejahteraan Finansial Karyawan pada Perusahaan

Berikan Fasilitas agar Karyawan Dapat Mengakses Sebagian Gaji Lebih Awal

Setiap karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang memang bisa mengatur keuangannya dengan baik, ada yang tidak.

Terkadang, banyak juga terjadi hal-hal yang tidak direncanakan yang membutuhkan seseorang untuk menyiapkan dana darurat.

Sayangnya, tidak semua orang siap dengan kondisi tersebut. Apalagi jika kondisi keuangan sedang tidak baik, hingga mereka terpaksa harus pinjam sana-sini.

Dengan kondisi keuangan yang memburuk, hal ini bisa berdampak pada performa karyawan hingga kualitas kerjanya menurun.

Untuk dapat menanggulangi hal ini, ada yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan kesehatan keuangan karyawan.

Sebagai perusahaan, Anda bisa menyediakan fasilitas berupa Earned Wage Access di mana karyawan bisa mengakses sebagian gaji mereka lebih awal.

Akses gaji lebih awal ini bisa membantu karyawan sebagai suntikan dana darurat yang akan membantu mereka di saat kondisi yang sedang mendesak.

Earned Wage Access dari Mekari Flex merupakan sebuah fitur yang memudahkan karyawan. Dan perlu juga diingat, bahwa Earned Wage Access bukan merupakan pinjaman, melainkan memberikan hak gaji karyawan di periode lebih awal.

Nantinya di masa payroll, karyawan baru mendapatkan sisa gaji mereka setelah dikurangi akses gaji gaji awal yang telah dipakai. Pembayaran sisa gaji karyawan setelah dikurangi yang telah dipakai bisa dilakukan dengan aplikasi penggajian agar lebih cepat dan otomatis.

Dengan demikian, karyawan jadi lebih mudah dalam mengatur keuangan mereka dan dapat memanfaatkan Earned Wage Access sebagai dana darurat di kala mereka butuh uang.

Selain itu, Earned Wage Access juga dapat diintegrasikan dengan sistem payroll perusahaan sehingga penghitungan gaji karyawan bisa dilakukan secara otomatis dan memudahkan tim HR.

Itulah tadi beberapa tips untuk menjaga kesehatan keuangan karyawan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui Earned Wage Access dari Mekari Flex lebih lanjut, Anda bisa caru tahu dengan klik pada tautan berikut ini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami