Penerapan Implementasi CRM sebagai Strategi Kelola Bisnis

Implementasi CRM atau customer relationship management ini memang banyak dikenal sebagai suatu software pencatat database pelanggan. Pada dasarnya, pernyataan tersebut memang benar, tetapi pada kenyataan fungsi dari implementasi customer relationship management ini bisa digunakan untuk tujuan tujuan yang lebih luas.

Pernahkan ketika menjalankan suatu bisnis Anda merasa cukup kewalahan dalam mengelola administrasi dari bisnis tersebut hingga merasa cukup kesulitan dalam meningkatkan penjualan maupun loyalitas dari para pelanggan? Jika hal ini terjadi maka sudah saatnya bagi Anda untuk menggunakan implementasi customer relationship management (CRM) pada bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda masih cukup bingung dengan implementasi hubungan manajemen pelanggan ini maka sebaiknya Anda membaca ulasan yang akan kami berikan berikut ini karena kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai implementasi customer relationship management dengan lebih detail.

layanan customer service sebagai implementasi crm dalam strategi bisnis

Mengenal Apa Itu Implementasi CRM

Implementasi CRM itu sendiri merupakan kepanjangan dari customer relationship management atau dalam sistem management perusahaan. Implementasi CRM bisa dikenal sebagai suatu pendekatan maupun sebuah sistem yang mengelola hubungan antara pihak korporasi atau perusahaan dengan seorang pelanggan pada suatu level bisnis. Biasanya implementasi CRM akan sangat terbantu jika perusahaan menggunakan bantuan teknologi seperti aplikasi CRM Mekari Qontak.

Oleh karena itu, bisa dikatakan jika implementasi CRM ini bisa memaksimalkan sebuah komunikasi pemasaran melalui kontak dari user yang berbeda beda. Bisa dikatakan jika melakukan pendekatan dengan implementasi CRM ini akan sangat memungkinkan karena customer relationship management ini dapat mempertahankan seorang pelanggan dan memberikan sebuah nilai tambah pada customer tersebut.

Sistem customer relationship management atau dikenal sebagai hubungan antara pihak korporasi perusahaan dengan seorang pelanggan ini akan mengombinasi sebuah kebijakan, proses, hingga strategi di dalam satu kesatuan yang nantinya akan diimplementasikan pada suatu perusahaan.

Untuk Implementasi CRM ini sendiri juga bisa dilakukan dengan model kerja hybrid. Sistem customer relationship management (CRM) dengan model hybrid ini dianggap sangat menguntungkan perusahaan sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan untuk bisa meningkatkan produktivitas karyawan perusahaan.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing

Tujuan Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Perusahaan

Implementasi CRM pada jalannya suatu perusahaan ini tentu memiliki sebuah tujuan dan customer relationship management (CRM) ini memiliki beberapa tujuan yang sangat menguntungkan perusahaan.

Berikut adalah beberapa tujuan dari manajemen hubungan pelanggan (CRM) yang sebaiknya Anda ketahui, antara lain:

1. Sistem CRM Bisa Meningkatkan Keuntungan

Tentunya keuntungan merupakan hal yang sangat dicari ketika sedang menjalankan suatu bisnis. Menariknya, sistem dari customer relationship management (CRM) ini memiliki sebuah tujuan untuk meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan.

Meningkatkan keuntungan yang bisa didapatkan melalui sistem manajemen hubungan pelanggan ini adalah dengan menjalin hubungan yang baik antara korporasi atau perusahaan dengan pihak pelanggan perusahaan.

2. Dapat Menyediakan Informasi Yang Lengkap

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika implementasi dari sistem customer relationship management (CRM) ini adalah dapat membantu korporasi atau perusahaan bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan terkait.

Salah satu cara yang bisa memaksimalkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan adalah informasi dari data pelanggan yang lengkap dan sistem satu ini akan menyediakan suatu informasi yang lengkap mengenai data data pelanggan kepada perusahaan. Hal ini pun akan membuat hubungan korporasi atau perusahaan dengan pelanggan melalui penjualan secara up selling maupun cross selling bisa berjalan secara maksimal.

3. Informasi Yang Tersedia Telah Terintegrasi

Anda tidak perlu khawatir karena sistem customer relationship management (CRM) ini hanya menggunakan informasi informasi yang sudah terintegrasi. Tentunya, hal ini pun akan menghasilkan suatu sistem pelayanan pelanggan yang maksimal dan memuaskan.

4. Konsistensi Yang Baik Dalam Membuat Prosedur

Sistem dari customer relationship management (CRM) ini akan menghasilkan suatu konsistensi yang sangat baik ketika melakukan pembuatan prosedur dari penyaliran jawaban kepada para pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu CRM? Ketahui Pengertian, Jenis, dan Strategi CRM

Manfaat Dari Penerapan Implementasi CRM (Customer Relationship Management)

Pada dasarnya, penerapan dari implementasi CRM (customer relationship management) ini tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga hubungan baik antara korporasi atau perusahaan dengan pelanggan, tetapi dengan penerapan implementasi CRM ini akan membantu perusahaan miliki Anda untuk mendapatkan dorongan profit atau keuntungan laba perusahaan yang tinggi.

Namun, manfaat dari penerapan manajemen hubungan pelanggan ini tidak hanya berhenti sampai situ saja karena sebenarnya masih begitu banyak manfaat manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan ketika menggunakan sistem customer relationship management (CRM) ini.

Berikut adalah beberapa manfaat dari penerapan sistem manajemen hubungan pelanggan atau CRM pada suatu perusahaan yang perlu untuk Anda ketahui, antara lain:

1. Membantu Tim Perusahaan Memahami Apa Yang Diinginkan Oleh Pelanggan

Untuk menjalin dan memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan tentu suatu perusahaan harus mengetahui kira kira apa yang menjadi keinginan pelanggan. Ketika tim perusahaan dalam hal ini tim sales dan marketing tidak memiliki analisis yang baik, maka kepuasan dari pelanggan pasti tidak akan maksimal dan membuat hubungan antara korporasi dengan pelanggan tidak lagi terjalin dengan baik.

Akan tetapi, jika perusahaan menerapkan aplikasi sales crm pada perusahaan mereka maka sistem ini akan membantu tim baik sales dan marketing perusahaan dalam memahami apa yang diinginkan oleh para pelanggan. Sistem manajemen hubungan pelanggan ini akan memberikan suatu sistem serta layanan yang sangat baik dan mumpuni di mana hal ini tentu akan meningkatkan hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan.

2. Memperbaiki Sistem dan Prosedur Pada Administrasi Penjualan

Hal menarik dari penerapan sistem CRM ini adalah jika ada prosedur administrasi penjualan yang bermasalah maka sistem tersebut bisa memperbaikinya. Keberhasilan dari administrasi penjualan juga akan memengaruhi peningkatan dari laporan penjualan.

3. Kemudahan Akses

Hal yang membuat orang orang tertarik untuk melakukan implementasi CRM pada perusahaan mereka adalah selain akan memberikan begitu banyak manfaat yang baik bagi perusahaan, customer relationship management juga memiliki kelebihan yaitu mudah untuk diakses.  Sistem manajemen hubungan pelanggan ini bisa diakses dalam berbagai perangkat mulai dari komputer, laptop, bahkan hingga ponsel sekalipun.

4. Memudahkan Monitoring

Memiliki karyawan dengan jumlah yang banyak tentu akan membuat tim management perusahaan cukup kewalahan dalam memonitor bagaimana aktivitas penjualan yang telah dilakukan oleh anggota atau tim penjualan mereka.

Akan tetapi, dengan bantuan sistem customer relationship management (CRM) segala hal yang menyangkut monitoring dapat dilakukan dengan mudah dan efisien meskipun jumlah dari anggota tim penjualan perusahaan sangat banyak.

5. Menawarkan Produk Dengan Lebih Spesifik

Salah satu hal yang bisa membuat profit laba perusahaan mengalami peningkatan salah satunya adalah kepuasan para pelanggan terhadap kinerja perusahaan. Ketika kepuasan tersebut bisa didapatkan maka tidak akan heran jika pelanggan akan datang kembali untuk membeli produk yang diproduksi oleh perusahaan, bahkan tidak jarang pelanggan lain akan ikut mempromosikan perusahaan Anda sehingga akan semakin banyak pelanggan yang membeli produk produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan menawarkan produk dengan spesifik.

Sistem customer relationship management akan menawarkan produk dengan sangat spesifik dan membantu para pelanggan untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

6. Mengurangi Duplikasi Informasi

Ketika suatu database bisa diakses oleh setiap pengguna maka tidak jarang jika suatu informasi yang masuk akan terduplikasi. Tentunya, hal ini akan sangat mengganggu, tetapi dengan penggunaan sistem customer relationship management ini setiap informasi yang terduplikasi bisa berkurang.

7. Penyimpanan Data Yang Aman

Sistem customer relationship management ini memiliki suatu sistem yang sangat aman. Oleh karena itu, ketika perusahaan menyimpan data atau informasi pelanggan pada sistem ini tidak akan menjadi suatu masalah sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang menerapkan implementasi CRM pada perusahaan mereka.

8. Menyajikan Laporan Penjualan Perusahaan Dengan Detail

Manfaat dari penerapan sistem customer relationship management (CRM) yang bisa perusahaan dapatkan adalah sistem ini akan memberi sebuah informasi penjualan produk perusahaan dengan detail.

Komponen Implementasi CRM (Customer Relationship Management)

Penerapan dari sistem customer relationship management (CRM) ini pada dasarnya memiliki tiga komponen utama dalam penerapan sistemnya, yaitu:

1. Komponen Management

Untuk komponen management ini sendiri akan berfokus pada sistem pengelolaan sekaligus peningkatan hubungan antara korporasi atau perusahaan dengan pelanggan terkait. Nantinya hal ini akan memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan pengembangan baik itu dari segi keunggulan maupun dari segi yang kompetitif.

2. Komponen Hubungan (Relationship)

Untuk komponen ini sendiri adalah suatu komponen di mana suatu perusahaan ataupun instansi tentu sangat membutuhkan adanya komunikasi dan biasanya komunikasi itu sendiri akan dilakukan secara dua arah. Tujuan dari komunikasi dua arah ini sendiri adalah memberi kepuasan kepada pelanggan dengan jangka waktu yang panjang.

3. Komponen Pelanggan (Customer)

Untuk komponen pelanggan atau customer ini merupakan orang yang pernah, sedang, atau akan menggunakan jasa suatu perusahaan baik itu untuk proses melihat, saat melakukan transaksi, ataupun melakukan perbaikan atau maintenance.

Tahapan Ketika Ingin Melakukan Implementasi CRM (Customer Relationship Management)

Ketika ingin melakukan tahapan implementasi CRM (Customer Relationship Management) ini sebenarnya ada beberapa tahapan yang harus atau wajib untuk dilakukan setiap korporasi atau perusahaan.

Berikut tahapan tahapan dari penerapan implementasi CRM (customer relationship management) yang harus sebaiknya harus Anda ketahui, yaitu:

1. Memperoleh Pelanggan Baru (Acquired)

Agar suatu perusahaan bisa mendapatkan pelanggan yang baru maka Anda harus secara pasti memastikan jika perusahaan akan memberikan suatu kenyamanan yang baik dari sisi pelayanan di mana hal tersebut untuk menarik minat dari para pelanggan.

2. Menambah Nilai Dari Pelanggan (Enchanted)

Pada dasarnya, untuk bisa meningkatkan hubungan antara korporasi dengan pelanggan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cara up selling dan cross selling. Untuk penggunaan dari up selling ini sendiri akan memberikan penawaran suatu produk yang sama, tetapi produk yang akan ditawarkan kepada  Anda ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

Sementara, untuk cross selling ini merupakan suatu strategi di mana perusahaan akan melalukan pemasaran terhadap produk tersebut dengan melakukan penawaran penawaran produk pelengkap kepada barang yang sudah dimiliki oleh pelanggan.

3. Mempertahankan Pelanggan

Tentunya, suatu perusahaan harus bisa mempertahankan pelanggan. Hal ini merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan untuk mempertahankan profit agar tetap dalam keadaan yang baik. Jika perusahaan ingin mempertahankan pelanggan maka perusahaan harus bisa memberikan suatu pelayanan maupun dukungan aplikasi yang baik serta bermanfaat bagi para pelanggan mereka dan dengan penggunaan aplikasi yang baik sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan perusahaan ini secara bersamaan bisa memberikan sebuah kredibilitas yang baik kepada perusahaan.

Anda pun juga bisa melakukan cara lain seperti menyediakan waktu untuk mendengarkan bagaimana pendapat maupun masukan yang diberikan oleh para pelanggan. Misalnya ketika Anda sedang melayani ketidak puasan seorang konsumen akan suatu produk yang sudah ditawarkan maka cara untuk menanganinya adalah dengan cara perusahaan bisa melakukan evaluasi ataupun memperbaiki sistem layanan serta fitur aplikasi yang dimiliki.

Alasan Perusahaan Menerapkan Implementasi Customer Relationship Management

Banyak sekali perusahaan yang menerapkan implementasi customer relationship management ini pada perusahaan mereka dan tentunya hal ini dilakukan karena akan memberikan suatu keuntungan terhadap perkembangan bisnis perusahaan. Berikut adalah alasan bagi para perusahaan memutuskan untuk melakukan implementasi CRM (customer relationship management), antara lain:

1. Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Akan Mendorong Loyalitas Pelanggan

Dengan melakukan penerapan dari implementasi customer relationship management ini akan memungkinkan suatu perusahaan untuk bisa memanfaatkan data pelanggan baik itu melalui call center, website, maupun data pelanggan yang didapat melalui staf pemasaran produk perusahaan. Dengan memberi hasil yang baik dan positif hal ini akan meningkatkan bisnis dari perusahaan milik Anda.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional Kerja Perusahaan

Menerapkan fungsi dari implementasi customer relationship management ini akan memberi suatu keuntungan kepada perusahaan untuk dapat melakukan proses penjualan produk dan layanan kepada para pelanggan lebih mudah. Tidak hanya itu, penerapan dari implementasi satu ini pun bisa mengurangi tingkat dari risiko turunnya kualitas pelayanan serta beban cash flow.

Demikianlah penjelasan kami mengenai ulasan implementasi CRM di mana sesuai dengan apa yang sudah kami jelaskan di atas implementasi dari customer relationship management ini merupakan suatu hal yang sangat penting dan baik untuk diterapkan pada suatu perusahaan karena ada begitu banyak keunggulan ketika menggunakan implementasi dari customer relationship management.

Ketika konsumen bisa merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan maka bukan hal yang tidak mungkin ini akan membuat pelanggan sangat loyal sehingga bisa menjadi salah satu hal yang akan meningkatkan profit laba dari perusahaan.

Selain itu, kepuasan yang dialami oleh pelanggan pada suatu korporasi ini bukan hal yang tidak mungkin membuat pelanggan semakin banyak yang tertarik untuk membeli barang atau produk yang diproduksi oleh perusahaan Anda dan semakin meningkatkan profit perusahaan.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami