Image

Laporan Penjualan: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Pembuatan

Laporan penjualan atau yang juga dikenal sebagai laporan rincian dari hasil penjualanan ini merupakan salah satu hal yang begitu penting dalam proses kegiatan bisnis ataupun usaha, baik itu usaha dengan skala kecil maupun dengan usaha yang memiliki skala besar. Akan tetapi, tidak jarang bisnis atau usaha dengan skala kecil masih sering melewatkan hal penting seperti membuat laporan penjualanan bulanan.

Kebanyakan dari para pengusaha tersebut memberi alasan jika proses pembuatan laporan penjualanan yang harus dilakukan setiap bulan ini cukup rumit untuk dibuat, bahkan proses pengerjaan dari laporan penjualanan juga memakan waktu yang cukup banyak. Padahal proses laporan penjualanan ini tidak sulit jika para pengusaha memahami bagaimana laporan penjualanan itu sendiri.

Selain itu, laporan penjualanan ini sangat penting proses pengerjaannya dan sebaiknya dilakukan oleh suatu usaha atau bisnis karena laporan penjualanan merupakan sebuah informasi yang berisi tentang rangkuman transaksi penjualan yang sudah dilakukan oleh seorang pengusaha. Dengan membuat laporan penjualanan yang baik dan secara rinci hal ini bisa menjadi sebuah dasar dalam mengambil sebuah keputusan, menentukan harga produk usaha kedepannya, hingga seperti apa metode yang tepat agar produk atau barang yang dijual terus laku.

Jika Anda belum begitu memahami tertarik untuk mengetahui proses laporan penjualanan ini lebih detail, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan sebuah penjelasan mengenai laporan penjualanan lebih dalam. Berikut ulasannya untuk Anda!

karyawan perusahaan mengerjakan laporan penjualan

Mengenal Lebih Jelas Apa Itu Laporan Penjualanan

Pembuatan dari laporan penjualanan ini akan berisi kumpulan dari beberapa informasi mengenai penjualan produk usaha perusahaan yang nantinya akan diinformasikan kepada pihak pihak terkait untuk dilakukan sebuah analisa penjualan. Bisa dikatakan, dengan membuat laporan penjualanan akan memberi bantuan kepada Anda sebagai bahan yang bisa digunakan sebagai evaluasi penjualan produk perusahaan yang dilakukan dalam periode tertentu.

Untuk proses pembuatan laporan penjualanan mungkin bagi yang baru memulainya akan merasa cukup sulit karena Anda harus secara detail memperhatikan beberapa hal yang menjadi aspek dalam pembuatannya di mana proses pengerjaan laporan ini tidak boleh dilakukan secara asal karena nantinya data yang akan digunakan menjadi tidak valid lagi, tetapi bagi seorang akuntan yang sudah ahli dan berpengalaman tentu akan lebih mudah untuk membuat laporan data penjualanan ini.

Selain itu, laporan penjualanan tidak hanya digunakan dalam periode tertentu saja, tidak jarang sebuah perusahaan penjualan akan membuat laporan data penjualan harian di mana informasi yang ada di dalam laporan ini mencakup transaksi penjualan yang terjadi setiap harinya.

Fungsi Laporan Penjualan Yang Harus Diketahui

Seperti yang sudah kami jelaskan jika pembuatan laporan penjualanan ini tidak boleh dilakukan secara asal karena akan membuat data penjualan menjadi tidak valid, dalam prosesnya laporan data penjualan memiliki peranan yang penting sebagai salah satu aspek untuk mengambil sebuah keputusan dalam bentuk harga, bentuk pemasaran, hingga bagaimana metode penjualan yang baik khususnya bagi perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan.

Beberapa kegiatan penjualanan perusahaan yang wajib untuk diketahui yaitu analisa penjualan, penentuan harga, pemasaran produk, pemesanan, penawaran harga, pengiriman barang, pencatatan pelanggan, penagihan pembayaran, penerimaan pembayaran, hingga pembuatan laporan data penjualan. Setelah proses pembuatan laporan data penjualan dilakukan nantinya laporan tersebut akan dianalisis.

Ketika informasi dari laporan data penjualan yang disampaikan ini prosesnya semakin cepat maka akan membuat pihak manajemen yang bertugas untuk menganalisis data tersebut akan semakin cepat dalam membuat sebuah keputusan. Hal ini tentu saja akan memberikan sebuah dampak yang baik pada tingkat produksi barang perusahaan. Tidak hanya itu, para pekerja pun akan lebih tanggap menghadapi berbagai perubahan yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, laporan data penjualan ini harus dilakukan secara rinci karena jika tidak maka informasi yang akan diterima menjadi tidak lengkap dan tingkat dari keakuratan data penjualan yang disajikan pun menjadi tidak terjamin.

Jika hal tersebut masih terus dilakukan maka akan membuat pihak yang menganalisis laporan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memahami isi laporan data penjualan. Hal ini akan memberikan risiko terjadinya kesalahan pemahaman yang membuat analisa mungkin tidak kan sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Selain itu, jika informasi yang dihasilkan tidak cepat maka pengambilan keputusan akan menjadi lebih lambat.

Beberapa Jenis Laporan Penjualan

Laporan data penjualan memiliki beberapa jenis yang sebaiknya Anda ketahui karena jenis laporan ini memiliki fungsi yang berbeda sehingga untuk membuat laporan yang tepat dan sesuai Anda tentunya perlu mengetahui jenis laporan seperti apa yang sebaiknya digunakan. Berikut adalah beberapa jenis dari laporan data penjualan, antara lain:

1. Laporan Serta Jurnal Penjualan

Untuk jenis laporan data penjualan yang satu ini akan berisi tentang berbagai rincian dari seluruh transaksi penjualan produk perusahaan yang telah terjadi.

2. Penjualan Rangkuman

Laporan yang satu ini merupakan laporan yang berisi tentang informasi mengenai segala rangkuman dari penjualan yang telah terjadi terhadap seluruh pelanggan.

3. Penjualan Rincian

Untuk laporan data penjualan yang satu ini akan berisi tentang segala informasi mengenai rincian penjualan yang telah dilakukan seluruh pelanggan.

4. Laporan Penjualan Sederhana

Laporan yang satu ini akan berisi sebuah informasi mengenai berbagai rangkuman sekaligus penyederhanaan penjualan dari seluruh pelanggan.

5. Laporan Grafik Dari Laba Rugi Tahunan Ataupun Bulanan Dengan Detail

Jenis laporan data penjualan yang satu ini akan berisi mengenai sebuah informasi terhadap rincian dari grafik laba rugi bulanan maupun tahunan / 12 bulan dari penjualan yang sudah terjadi.

6. Laporan Laba Rugi Anggaran

Jenis laporan yang satu ini akan mencakup segala informasi mengenai laba rugi sekaligus perbandingan antara anggaran biaya maupun realisasinya.

7. Laporan Data Laba Rugi Tahunan

Untuk jenis laporan data penjualan laba rugi tahunan ini akan berisi tentang perbandingan laba rugi dari bulan sebelumnya dengan laporan laba rugi pada bulan yang saat ini sedang berjalan.

Manfaat Penggunaan Laporan Penjualan Terhadap Usaha Yang Harus Diketahui

Pada dasarnya segala informasi yang dibuat oleh suatu perusahaan tentu memiliki manfaatnya masing masing begitu juga dengan pembuatan laporan data penjualan di mana pengerjaan laporan data penjualan perusahaan bisa digunakan sebagai bahan acuan yang nantinya akan dianalisa oleh pihak manajemen untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Produktivitas usaha ini merupakan sebuah gambaran di mana kondisi penjualan perusahaan akan terlihat apakah mengalami penurunan atau peningkatan secara kualitas ataupun kuantitas produk yang akan digunakan sebagai perbandingan output maupun input karena seperti yang diketahui bahwa aspek penjualan sendiri merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, disini laporan data penjualan perusahaan akan berperan sebagai media untuk menyampaikan informasi bagaimana perubahan yang terjadi pada kegiatan penjualan perusahaan apakah mengalami sebuah peningkatan atau malah penurunan.

Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan laporan data penjualan pada perusahaan, yaitu:

1. Gambaran Tentang Bagaimana Kondisi Bisnis Perusahaan

Laporan data penjualan bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui bagaimana kondisi bisnis perusahaan berjalan. Jika laporan memberikan data yang menguntung maka bisa dipastikan jika bisnis perusahaan yang sedang berjalan masih dalam keadaan yang baik, tetapi jika data yang diberikan sebaliknya atau mengalami penurunan maka perusahaan harus tanggap untuk membuat sebuah langkah yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Untuk laporan data penjualan yang dilakukan secara harian memang tidak bisa digunakan secara langsung untuk melihat kondisi bisnis tersebut secara garis besar, tetapi laporan harian penjualan ini akan membantu perusahaan untuk memantau bagaimana grafik naik turunnya penjualan dengan lebih akurat.

2. Bahan Untuk Melakukan Evaluasi

Laporan data penjualan akan memberikan sebuah data analisis yang nyata untuk memberi gambaran apakah perusahaan sedang dalam kondisi yang baik atau tidak. Jika terdapat perubahan walaupun sedikit maka perusahaan harus tanggap untuk mengendalikan usaha tersebut agar tidak semakin mengalami penurunan. Untuk mengatasi hal ini bisa digunakan laporan data penjualan harian misalnya berdasarkan data penjualan harian selama tiga hari terakhir telah mengalami penurunan. Jika hal ini terjadi maka perusahaan bisa membuat sebuah strategi seperti melakukan promosi untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Dengan penggunaan laporan harian penjualan ini akan membantu perusahaan dalam menyusun sebuah strategi karena setiap harinya data akan mengalami pembaharuan. Oleh karena itu, kebiasaan pelanggan bisa dibaca dan dianalisis untuk meningkatkan proses pemasaran produk perusahaan.

3. Sebagai Bentuk Pertanggung Jawaban

Laporan penjualan juga bisa digunakan sebagai bentuk pertanggung jawaban suatu perusahaan kepada beberapa pihak terkait yang ada di dalam perusahaan. Oleh karena itu, laporan data penjualan ini harus dibuat dengan sangat akurat dan proses pengerjaannya pun tidak boleh asal.

Dengan membuat sebuah laporan data penjualan harian maka data transaksi penjualan produk perusahaan tersebut bisa diakumulasi sebagai laporan keuangan per akhir periode yang lebih akurat dan tepat. Adanya bukti transaksi penjualan seperti kuitansi, nota, faktur, dan berbagai bentuk transaksi lainnya bisa digunakan sebagai bentuk pertanggung jawaban dan membuktikan jika laporan yang dikerjakan memiliki data yang valid karena besar atau kecilnya penjualan yang terjadi akan disesuaikan dengan bukti transaksi yang ada.

Sebagai contoh produk dagangan dibeli oleh perusahaan A maka bukti penjualan tersebut bisa dibuktikan dengan faktur maupun kuitansi.

Dengan pembuatan laporan harian penjualan maka akan membuat laporan penjualan per/akhir periode akan lebih mudah dan tepat sehingga pemegang saham maupun jajaran direksi akan lebih percaya terhadap usaha yang sedang dijalankan.

4. Bisa Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dari data penjualan harian maka perusahaan bisa mengetahui sebanyak apa transaksi yang terjadi setiap harinya dan dari data tersebut perusahaan bisa membuat ketentuan mengenai target penjualan pada hari hari kedepannya. Dengan penerapan target ini tentu bisa meningkatkan produktivitas para pekerja perusahaan untuk terus mengembangkan bisnis perusahaan terus menjadi lebih baik lagi kedepannya.

5. Sebagai Acuan Yang Digunakan Dalam Mengambil Sebuah Keputusan

Pembuatan laporan data penjualan ini bisa menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengambil keputusan bagi para pimpinan perusahaan. Ketika perusahaan mengalami peningkatan laba yang besar karena adanya kenaikan penjualan produk maka data penjualan ini bisa dijadikan acuan dalam melakukan berbagai aktivitas penjualan agar perusahaan bisa bergerak semakin maju dan berkembang. Dengan strategi yang tepat sasaran untuk meningkatkan penjualan barang juga bisa didapat dari laporan data penjualan ini.

6. Sebagai Gambaran Kredibilitas Perusahaan

Dengan laporan data perhitungan banyaknya jumlah transaksi harian yang akurat maka hal ini bisa dijadikan sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut mampu untuk beroperasi dengan baik.

7. Sebagai Data Evaluasi Perusahaan

Seperti yang Anda ketahui bahwa evaluasi perusahaan ini wajib untuk dilakukan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. Salah satu alat yang bisa digunakan sebagai evaluasi adalah laporan data penjualan yang sudah dilakukan selama ini. Laporan tersebut biasanya merupakan kegiatan penjualan yang dilakukan selama perbulan / pertahun sehingga jika perusahaan tidak mengalami kenaikan omset bisa segera dilakukan strategi untuk mengatasi hal tersebut.

8. Sebagai Langkah Awal Untuk Melakukan Inovasi

Ketika sebuah perusahaan memiliki data penjualan maka ini akan memungkinkan perusahaan tersebut untuk mendapatkan celah agar terus melakukan terobosan terobosan baru atau peningkatan pembaharuan untuk usaha yang dijalankan. Ketika penjualan perusahaan mengalami penurunan maka perusahaan bisa mengetahui penyebab dari data penjualan yang dilakukan dan hal ini akan membuat

Anda bisa mengetahui kira kira langkah seperti apa yang sebaiknya dilakukan untuk bisa meningkatkan kembali penjualanan bisnis. Salah satu strateginya adalah dengan membuat sebuah terobosan atau inovasi baru di mana dalam hal ini bisa menarik lebih banyak pelanggan lagi untuk membeli produk dari perusahaan Anda.

Cara Membuat Laporan Penjualan Yang Tepat

Sebenarnya untuk menyusun laporan data dari hasil penjualan produk perusahaan tidak begitu sulit kalau Anda memahami bagaimana prose pembuatan laporan secara tepat. Berikut adalah cara untuk membuat laporan data penjualan perusahaan yang tepat, yaitu:

1. Menentukan Lebih Dulu Tujuan Dari Pembuatan Laporan Penjualan

Untuk memastikan jika laporan penjualan yang telah dibuat bisa digunakan secara tepat maka Anda harus menentukan tujuan dari pembuatan laporan data penjualan ini. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan mulai dari penerima laporan data penjualan, rentang waktu yang akan dibahas nantinya misalnya seperti laporan harian, mingguan, hingga bulanan. Menentukan tujuan dari pembuatan laporan merupakan hal yang sangat penting karena tidak hanya sebagai alat menghitung laba rugi perusahaan, tetapi juga akan digunakan sebagai alat untuk menganalisa penjualan produk perusahaan.

2. Mengumpulkan Segala Bukti Transaksi

Mengumpulkan bukti-bukti transaksi penjualan ini harus dilakukan sesuai dengan rentang dari laporan data penjualan yang Anda buat. Agar laporan yang Anda buat lebih rapih dan mudah dibaca maka Anda bisa mengurutkan bukti bukti transaksi tersebut mulai dari tanggal awal hingga rentang waktu yang sudah Anda pilih. Dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur lengkap mulai dari pencatatan transaksi hingga laporan penjualan barang seharusnya akan membuat Anda menjadi lebih cepat untuk mendapatkan semua bukti transaksi dari awal hingga akhir periode.

3. Menyusun Laporan Data Penjualan

Menyusun data penjualan maka Anda juga harus menyiapkan laporan lainnya mulai dari neraca, laporan arus kas perusahaan, hingga laporan laba rugi. Nantinya aspek pendudukan data penjualan tersebut akan dicatat menggunakan kebijakan dari aturan debit dan kredit. Dengan memiliki rincian hasil dari penjualan yang sangat lengkap maka data akan lebih mudah dipahami. Selain itu, Anda juta bisa melihat bagaimana perkembangan dari usaha yang Anda jalankan kedepannya dengan laporan ini.

Demikianlah penjelasan kami mengenai laporan penjualan yang menjadi salah satu aspek penting bagi sebuah perusahaan. Dengan memahami penjelasan yang sudah kami berikan, tentu Anda bisa menarik kesimpulan bahwa pembuatan laporan data penjualan produk perusahaan ini sangat penting karena memiliki manfaat manfaat yang baik untuk perusahaan kedepannya. Selain itu, proses pengerjaan dari laporan data penjualan perusahaan ini pada dasarnya tidak akan sulit kalau Anda mau mempelajari dan menerapkan langkah langkah yang tepat untuk proses pembuatannya.

Bagaimana pun, laporan data penjualan yang dibuat oleh seorang akuntan atau tenaga kerja keuangan ini tidak boleh dikerjakan secara asal asalan, apalagi tanpa adanya bukti transaksi penjualan. Hal ini karena data transaksi penjualan perusahaan ini bisa dijadikan sebuah acuan yang valid dan akurat untuk melihat bagaimana kredibilitas yang dimiliki oleh perusahaan.

Biasanya setiap perusahaan akan melakukan evaluasi kinerja setiap periode, pada saat ini lah laporan data penjualan perusahaan akan diperlihatkan kepada pemegang saham dan pimpinan perusahaan. Dengan bukti penjualan produk perusahaan yang baik dan mengalami peningkatan laba akan membuat pemegang saham menganggap perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang bagus.

Selain itu, pengerjaan laporan data penjualan ini juga bisa digunakan sebagai penentuan strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan setelah data tersebut di analisis oleh pihak manajemen perusahaan. Dengan strategi yang tepat sasaran, pasti penjualan produk perusahaan bisa mengalami peningkatan.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami