Home / Blog / Business & Economy

Atasi Masalah Karyawan dengan Financial Support

financial support solusi mengatasi masalah krisis keuangan karyawan
Daftar isi
Mode

Financial support dalam menjadi solusi untuk menghadapi permasalahan karyawan yang tidak kunjung berakhir.

Masalah ini perlu ditangani secepatnya sebab dapat berdampak pada terganggunya produktivitas kerja dan operasional perusahaan.

Salah satu permasalahan sering karyawan hadapi dan diluar rencananya dalam hal ini adalah krisis keuangan.

Berdasarkan studi dari Alight International mengenai Workforce and Wellbeing Mindset Study tahun 2022:

60% Karyawan merasa gaji atau pendapatannya tidak sanggup meng-cover pengeluaran pokoknya

Meskipun perusahaan di Indonesia mulai banyak menerapkan program kesejahteraan karyawan. Program kesejahteraan finansial seperti financial support atau dukungan keuangan yang masih cukup sering terabaikan.

Melalui artikel dari Mekari ini, akan memaparkan berbagai pembahasan mengenai financial support dan dampaknya terhadap karyawan.

Peran Financial Support

Masalah atau krisis keuangan dapat mempengaruhi karyawan dalam berbagai aspek salah satunya tekanan diri dan rasa stres berkepanjangan.

Berdasarkan survei dari PWC:

32% karyawan mengatakan stres karena finansial mempengaruhi kesehatannya, 32% mempengaruhi hubungan dalam rumah, 21% mempengaruhi produktivitas kerja, dan 10% mempengaruhi kehadiran kerjanya

Peran dan fungsi keberadaan financial support di suatu perusahaan adalah untuk membantu meringankan masalah atau krisis keuangan yang tengah karyawan perusahaan hadapi.

Namun, yang menjadi sebuah kesalahan adalah ketika perencanaan financial support hanya menargetkan tujuan dalam jangka pendek dan tidak dalam jangka panjang.

Hal ini sepenuhnya sebuah kesalahan sebab jika program hanya ditargetkan dalam jangka pendek, kemungkinan untuk terjadinya masalah yang sama dapat muncul di masa yang akan datang.

Terdapat 6 aspek yang dapat berperan untuk membantu karyawan jika financial support dapat terencana dengan baik dan tepat, yaitu:

  • Kejelasan: Mendapat pemahaman yang lebih jelas mengenai rencana keuangan dan bagaimana melakukannya.
  • Empowered: Karyawan merasa diberdayakan dan lebih percaya diri tentang keuangan mereka.
  • Pikiran yang damai: Karyawan menjadi tidak terlalu khawatir mengenai keuangan mereka sehingga dapat lebih fokus pada pekerjaan dan karirnya.
  • Decision Making: Karyawan sekarang dapat membuat keputusan keuangan yang lebih tepat.
  • Orientasi ke masa depan: Karyawan mendapat gambaran yang lebih jelas tentang masa depan dan capaian tujuan keuangan mereka.
  • Better prepared: Setiap karyawan sekarang jauh lebih siap menghadapi masa depan dan berbagai tahapan kehidupan.

 

 

Bentuk-bentuk Financial Support

Ada beberapa bentuk financial support yang bisa Anda terapkan dalam perusahaan dan membantu mengatasi krisis keuangan yang karyawan hadapi, antara lain:

Penawaran Diskon dan Promo 

Diskon dan promo produk termasuk ke dalam financial support yang dapat menjadi salah satu cara untuk membantu meringankan tekanan finansial dalam menghadapi kebutuhan hidup harian.

Hal ini karena diskon dan promo dapat membantu mengurangi pengeluaran biaya karyawan melalui pemotongan harga produk atau jasa.

Pemberian bantuan ini dapat dimulai dengan melakukan kerjasama atau berafiliasi dengan perusahaan pemberi layanan dan jasa.

Selain memotong pengeluaran biaya karyawan, penawaran diskon dan promo dapat menjadi gambaran bahwa perusahaan menghargai keberadaan dan kerja keras karyawan.

Pembayaran Karyawan yang Fleksibel

Sistem pembayaran gaji perusahaan saat ini mayoritas masih menerapkan sistem pembayaran tradisional pada akhir atau awal bulan (sistem bulanan).

Padahal, sistem penggajian bulanan seperti ini pada dasarnya tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang pastinya menghadapi urusan keuangan yang dapat muncul setiap hari secara tidak terencana.

Hal ini akan terus terjadi sebab masih terdapat berbagai faktor pengelolaan pembayaran gaji yang masih menjadi masalah seperti rumitnya proses penggajian dan kurangnya integrasi digital.

Namun, saat ini sudah terdapat suatu model pembayaran gaji karyawan yang fleksibel, yaitu model Earned Wage Access (EWA).

Dengan EWA, karyawan dapat dengan mudah mengontrol arus keuangannya dengan mudah karena dapat mengakses gajinya kapan dan dimana saja.

Faktor ini yang dapat membantu karyawan untuk mengelola dan mengatasi masalah finansial karyawan yang dapat terjadi kapan saja.

Penerapan model EWA pada perusahaan terlaksana dengan berbasis teknologi dan digital sesuai perkembangan teknologi saat ini. Sehingga penggunaannya dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Selain berbagai manfaat yang dapat karyawan dan perusahaan rasakan. Fungsi EWA juga memungkinkan pengintegrasian teknologi untuk memberikan solusi penggajian. Hal ini dapat mengurangi kesalahan yang dapat terjadi karena manusia (human error).

EWA, Fitur Unggulan dari Mekari Flex

Mekari Flex merupakan sebuah software yang dapat membantu perusahaan untuk dapat mengelola benefit untuk karyawannya dengan efektif dan mudah.

Terdapat berbagai macam fitur yang terdapat dalam Mekari Flex, salah satu fitur unggulannya yaitu Earned Wage Access (EWA).

Dengan EWA dari Mekari Flex, perusahaan dapat membantu karyawan meringankan masalah finansial yang mereka alami, serta mengurangi masalah-masalah lain yang berkaitan dengan masalah finansial seperti masalah kesehatan, produktivitas, dan kehadiran kerja.

Tertarik untuk menggunakan Mekari Flex? Anda dapat menghubungi dan berkonsultasi dengan tim ahli kami lewat whatsapp.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami