Home / Blog / Business & Economy

4 Ide Unik dalam Menerapkan Program Kesejahteraan Karyawan

5 ide untuk menerapkan program kesejahteraan karyawan di perusahaan
Daftar isi
Mode

Program Kesejahteraan Karyawan adalah sebuah strategi yang diterapkan dalam perusahaan untuk meningkatkan dan mengembangkan kesehatan karyawan, dalam hal ini seperti kesehatan fisik, kesehatan psikologis, kesehatan sosial, hingga kesehatan finansial.

Pada dasarnya kesehatan-kesehatan tersebut dapat mempengaruhi berbagai indikator seperti kepuasan, kebahagiaan, kehadiran/absensi dan produktivitas karyawan ketika bekerja.

Lalu apakah program kesejahteraan karyawan berperan penting terhadap hal ini?

Berdasarkan Deloitte Global Human Capital Trends:

Penting

61% Unit Usaha atau Perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan melalui program kesejahteraan karyawan 

Salah satu program kesejahteraan karyawan yang unik dan berhasil dengan sukses adalah VirginPulse. VirginPulse menjalankan program dengan mengembangkan aplikasi seperti Facebook yang khusus digunakan karyawannya.

Memberikan dampak terhadap peningkatan 9% produktivitas, 32% penurunan turnover, dan 65% karyawan merasa lebih terikat dan dihargai oleh perusahaan.

Melihat hal ini, maka Anda perlu memperhatikan dengan lebih baik berbagai program yang khusus meningkatkan kesejahteraan karyawan dalam perusahaan.

Mekari akan mencoba untuk membagikan berbagai ide yang unik dan bermanfaat untuk dapat Anda terapkan dalam perusahaan.

4 Ide Program Kesejahteraan Karyawan

Banyak sekali ide dan tipe program kesejahteraan karyawan yang dapat Anda terapkan dalam perusahaan.

Mulai dari program yang bersifat fun dan playfulness, menenangkan jiwa, unik, bersifat kompetitif, hingga berfokus pada solusi untuk mengatasi permasalahan karyawan secara universal.

Pada caranya, konsep yang diangkat harus membawa sisi yang posisi dan berfokus kepada satu tujuan, yaitu untuk membahagiakan, membantu mengatasi masalah karyawan, dan meningkatkan performa perusahaan.

Untuk itu, berikut ide-ide unik program kesejahteraan karyawan yang dapat Anda terapkan dalam perusahaan Anda.

Program Healthy Snacks

Bekerja secara penuh selama 8 jam dalam sehari tentunya akan sangat menguras banyak energi.

Sudah menjadi sebuah untuk kewajiban bahwa karyawan mendapatkan waktu istirahat di sela-sela waktu kerjanya.

Namun, jika pekerjaannya cukup padat maka terkadang rasa lapar memanggil. Karyawan akan menurunkan fokus pekerjaannya jika tidak ada energi yang cukup untuk menyelesaikannya.

Oleh karena itu, Anda dapat membentuk program kesejahteraan karyawan dengan cara menyiapkan makanan ringan yang dapat dikonsumsi oleh karyawan di sela waktu kerjanya.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa terapkan makanan ringan yang menyehatkan (healthy snack bar) karena snack yang mengandung tinggi gula akan malah menimbulkan masalah baru pada karyawan seperti meningkatkan resiko diabetes dan obesitas.

Dengan healthy snacks, karyawan dapat mempertahankan kesehatannya, produktivitas kerja, dan mengganggu kesehatannya seiring berjalannya waktu.

Beberapa rekomendasi healthy snacks yang dapat Anda persiapkan di kantor, antara lain:

  • Kacang-kacangan
  • Yoghurt
  • Oatmeal
  • Chia Pudding
  • Salad Buah
  • Sereal kaya nutrisi
  • Berbagai snack bar yang tinggi serat
  • Kopi dengan creamer yang tinggi serat
  • Berbagai buah-buahan

Teknologi Penunjang Kerja

Teknologi saat ini menjadi kebutuhan yang paling utama dalam bekerja.

Selain mendukung karyawan dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari, teknologi juga menjadi acuan dalam mendapatkan berbagai data penting perusahaan dalam menjalankan operasionalnya.

Beberapa teknologi penunjang yang paling sering dimanfaatkan seperti smartphone, laptop, tablet, dan jaringan wi-fi yang cepat dan stabil.

Selain teknologi yang berbentuk hardware, pekerjaan saat ini juga banyak memanfaatkan teknologi yang bergerak dalam sistem software dan aplikasi.

Seperti divisi HRD dari perusahaan yang mengelola karyawannya dengan memanfaatkan software dan aplikasi khusus HR Talenta dan pengelolaan benefit karyawan Mekari Flex.

Baca Juga: Kepuasan Kerja Karyawan: Definisi, Indikator, dan Manfaat

Standing Desk  

Ini merupakan salah satu fasilitas yang dapat menunjang program kesejahteraan karyawan khususnya mengubah kebiasaan duduk berlama-lama di meja kantor.

Pada dasarnya melakukan hal ini secara terus-menerus secara tidak langsung juga dapat mengubah postur tubuh.

Oleh karena itu terciptalah ide untuk mengembangkan standing desk, atau tepatnya meja kantor yang berdiri.

Dengan adanya standing desk ini, karyawan dapat mengurangi rutinitasnya yang duduk secara terus-menerus dengan menyelingnya dengan memanfaatkan fungsi dari standing desk ini.

Kelas Yoga dan Meditasi

Bekerja secara terus menerus tanpa beristirahat tentunya akan banyak menguras tenaga dan pikiran.

Kelas yoga dan meditasi dapat membantu karyawan Anda dalam menghilangkan stres dan dampak burnout akibat bekerja tanpa kenal waktu.

Selain menghilangkan stres, yoga dan meditasi dapat menenangkan pikiran dan jiwa, mengembalikan perasaan yang positif, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga memperbaiki postur yang pastinya karyawan kantor cenderung bekerja dengan duduk secara terus menerus.

Poin yang paling utama dari mengadakan yoga dan meditasi untuk karyawan adalah dapat meremajakan pikiran sehingga dapat kembali produktif seperti semula atau bahkan meningkatkannya.

 

 

EWA, Akses Dana Darurat Mudah untuk Karyawan

Beberapa permasalahan yang sering muncul pada karyawan dan mengganggu pekerjaannya biasanya terjadi karena masalah keuangan atau krisis finansial.

Oleh karena itu, perusahaan dapat memfokuskan program kesejahteraan karyawannya untuk dapat mengatasi atau memberi masukan seputar keuangan dan finansial.

Salah satu yang bisa perusahaan gunakan dan manfaatkan yaitu software pengelolaan benefit karyawan seperti aplikasi benefit karyawan Mekari Flex.

Mekari Flex merupakan sebuah software yang dapat membantu perusahaan dalam mengakomodir berbagai tunjangan dan benefit karyawan dengan mudah melalui aplikasi mobile.

Salah satu fitur unggulannya yaitu Earned Wage Access (EWA) yang dapat memberikan kemudahan akses menuju dana darurat karyawan melalui gaji yang sudah mereka dapatkan sebelum tanggal penggajian.

Dengan ini, karyawan tidak perlu kerepotan lagi untuk melakukan pinjaman uang secara online untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang mereka hadapi.

Coba fitur-fitur unggulan dari Mekari Flex sekarang dengan berkonsultasi dan menghubungi tim ahli kami.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami